Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Kekuasaan

Dikirim: January 7th, 2013 | Oleh: | Kategori: Agha, Definisi Kata | 34 Komentar »

“Ketuwasaan, apa itu Yah?” tanya Agha tiba-tiba menyela pembicaraan yang sedang terjadi antara saya dan Bunli.

“Kekuasaan itu kemampuan Gha. Kemampuan itu segala suatu yang bisa dilakukan,” jawab saya menjelaskan pertanyaan anak yang usianya beranjak 4 tahun.

“Misalnya Agha sekarang sudah bisa mengubah-ubah rel kereta Thomas di rumah. Nah, Agha bisa mengubah-ubah jalur kereta sesuai yang Agha mau. Artinya rel kereta yang menjalar kemana-mana di rumah itu, yang juga bikin berantakan rumah itu, adalah kekuasaan Agha.”

“Yayyoo juga bisa,” timpalnya sesaat setelah mendengarkan penjelasan tentang arti kata kekuasaan. “Yayyoo bisanya banyak. Yayyoo bisa buat kopi sendiwri, bisa masak tewlowr yang enak buat Agha, bisa mandiyin Agha, bisa beliyin susu buat Agha, bisa cawriin mainan buat Agha,” katanya terus berceloteh mengenai berbagai kebisaan Ayahnya terhadapnya. “Bisa buwat powgwram komputewr, bisa kasih makan ikan, bisa nyetiwr mobi,” lanjutnya terus membuat daftar.


Saya dan Bunli tersenyum geli memperhatikan mimiknya mendaftar satu-persatu kebisaan saya. Lucu saja melihat bagaimana seorang anak kecil berusaha meneruskan definisi terhadap suatu kata yang baru dikenalnya.

Pernah suatu hari Agha menanyakan kepada Bunlinya mengenai arti kata otomatis. Setelah Bunli menjelaskan apa artinya, maka Agha pun membuat daftar berbagai kejadian yang menurutnya merupakan contoh dari kejadian otomatis. Diantaranya menyebutkan pintu yang bisa terbuka sendiri saat masuk mall, lampu di rumah yang otomatis menyala saat gelap, kunci mobil yang otomatis terbuka saat mobil dimatikan dan lain sebagainya.

Hal itu terus dilanjutkan hingga kini saat menemukan berbagai hal yang menurutnya merupakan bagian dari definisi otomatis yang telah diketahuinya. Memang tidak semuanya tepat, seperti saat dia katakan bahwa mengganti channel tv juga bagian dari yang disebutnya otomatis. Namun usahanya untuk menerjemahkan definisi dari sebuah kata patut diacungi jempol.

“Kawlo Bunli bisanya lewbih sediki dari Yayyoo,” kata Agha melanjutkan pembicaraan mengenai definisi kekuasaan.

“Lho kenapa bisa begitu Gha?” tanya saya heran atas kesimpulannya.

“Kawrena Bunni lewbih kecii dari Yayyoo,” jawabnya membandingkan tubuh saya yang memang lebih tinggi dari Bunli. “Kawrena Bunli lewbih kecii, jadinya Bunni bisanya sedikit.”

“Ohhhh begitu,” tanggap saya menganggukan kepala. Terlihat Bunli senyum simpul memperhatikan anaknya yang masih mengerutkan jidat memikirkan sesuatu untuk diucapkan.

“Agha lewbih kecii lawgi dari Bunni. Jadinya Agha bisanya lewbih sedikit dari Bunni,” sambungnya.

“Memangnya Agha bisanya apa aja?” tanya Bunli penasaran.

“Agha masih kecii. Agha bisanya maen, bobo, makan, minum, tuwlis-tuwlis aja, nonton,” jawabnya menggantung karena masih memikirkan hal lain yang merupakan kebisaannya. Dengan kata lain, hanya hal-hal itulah yang menjadi kekuasaannya saat ini.

Saya tersenyum dan kagum melihat bagaimana seorang anak kecil tanpa disadari berusaha menjelaskan arti kekuasaan dalam kehidupan berumah tangga. Dengan kosa kata seadanya, Agha berusaha menempatkan posisi besar kecilnya kekuasaan dalam konteks tanggung jawab kehidupan berkeluarga. Yahyo sebagainya Ayahnya ditempatkannya pada posisi paling tinggi, disusul Bunli sebagai Bundanya dan Agha sebagai anak dari keduanya.


34 komentar untuk “Kekuasaan”

  1. 1
    Ilmu Pengasihan
    berkomentar pada jam 10:15 am
    tanggal 28 January 2013

    ajib ghan phostingannya ,, salam sukses dan selalu berkarya ghan

  2. 2
    Belajar Hikmah
    berkomentar pada jam 10:08 am
    tanggal 29 January 2013

    Barokallah,,,, mantap ghan artikelnya

  3. 3
    Tasbih Segala Hajat
    berkomentar pada jam 9:53 am
    tanggal 4 February 2013

    subhanallah ,,, semoga dapat berkah semuanya

  4. 4
    Benda Pusaka
    berkomentar pada jam 9:55 am
    tanggal 4 February 2013

    berkah selalu buat saudara blogger semua

  5. 5
    mustika pengasihan
    berkomentar pada jam 9:57 am
    tanggal 4 February 2013

    apapun itu yang penting hidup penuh cinta dan kedamaian

  6. 6
    Azimat dan Rajah
    berkomentar pada jam 9:58 am
    tanggal 4 February 2013

    informasi dan artikelnya bagus banget

  7. 7
    kalung bertuah
    berkomentar pada jam 9:59 am
    tanggal 4 February 2013

    nice artikel ghan

  8. 8
    buka aura
    berkomentar pada jam 11:10 am
    tanggal 4 February 2013

    nice pos ndannn

  9. 9
    Ilmu Kecerdasan (Cerdas tanpa belajar)
    berkomentar pada jam 11:12 am
    tanggal 4 February 2013

    informasinya bantu ane banget ghan ,,

  10. 10
    mustika kecerdasan
    berkomentar pada jam 11:13 am
    tanggal 4 February 2013

    good artikel ndan,,,

  11. 11
    pesugihan islam
    berkomentar pada jam 11:13 am
    tanggal 4 February 2013

    semoga berkah melimpah buat kita semua ghan ,, thanks infonya unik

  12. 12
    uang asmak
    berkomentar pada jam 11:17 am
    tanggal 4 February 2013

    mantep nih artikelnya ndan

  13. 13
    afrilla
    berkomentar pada jam 5:32 pm
    tanggal 21 February 2013

    Homepage
    saya

  14. 14
    cevi
    berkomentar pada jam 8:56 am
    tanggal 1 April 2013

    bagus nii infonya…

  15. 15
    phiew
    berkomentar pada jam 8:58 am
    tanggal 1 April 2013

    mantap gan infonya…

  16. 16
    pinjaman tanpa agunan
    berkomentar pada jam 2:43 pm
    tanggal 6 April 2013

    lucunya anak-anak kalo sedang bertanya dengan logat nya yang belum begitu lancar..btw anak saya juga suka banget ama thomas, hampir tiap hari bajunya thomaaas melulu

  17. 17
    Remo Harsono
    berkomentar pada jam 1:06 am
    tanggal 24 April 2013

    sebwenere dia pwengen bikin dwaptar yg lwebih pwanjang tapi bwerhubung ga diswodorin excel akhirnya ga jwadi dweh wkwkwk

  18. 18
    OBAT HERBAL ALAMI
    berkomentar pada jam 1:42 pm
    tanggal 24 April 2013

    Bagus juga boz infonya….
    Mohon ijin lewat gan hehehe

  19. 19
    ace maxs
    berkomentar pada jam 7:21 pm
    tanggal 1 May 2013

    artikel mantaap banget gan,, sangat bermnfaat buat Q …. makasih ya

  20. 20
    Penyembuhan Stroke
    berkomentar pada jam 10:33 am
    tanggal 6 May 2013

    Bahagia selalu keluarga mas riyo….

  21. 21
    Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui
    berkomentar pada jam 4:21 pm
    tanggal 26 September 2013

    Komennya banyak yang punya ilmu aneh nih….

  22. 22
    Cara Terbaru
    berkomentar pada jam 8:47 am
    tanggal 5 October 2013

    Keren yah, bisa menjadi panutan tuh nanti besar nya :D

  23. 23
    Paling Asik
    berkomentar pada jam 8:49 am
    tanggal 5 October 2013

    Iyah nih komen-komen atas punya ilmu tinggi-tinggi nih kayanya :D

  24. 24
    lowongan Kerja Jepara
    berkomentar pada jam 11:33 am
    tanggal 7 October 2013

    Hal Terindah adalah dimana kita bisa menemani dan menjadi tutor atas tumbuh kembang anak kita

  25. 25
    InfoSik.Org
    berkomentar pada jam 1:29 pm
    tanggal 17 October 2013

    Terima kasih banyak untuk artikel nya, salam kenal

  26. 26
    jual baju muslimah
    berkomentar pada jam 5:36 pm
    tanggal 28 November 2013

    subhanallah…
    very inspiring

    salam sukses mulia

  27. 27
    nova
    berkomentar pada jam 11:56 am
    tanggal 21 December 2013

    subhanalloh begitu menakjubkan

  28. 28
    Jakarta Restaurants
    berkomentar pada jam 2:25 pm
    tanggal 29 January 2014

    subhanallah sungguh luar biasa dan menakjubkan :)

  29. 29
    dewa
    berkomentar pada jam 9:26 pm
    tanggal 21 February 2014

    jadi senyum kerana baca ini, Agha kecil diberi kesempatan berpendapat sehingga ia punya kemampuan berbicara dengan kata-katanya anak kecil. itu bagus

  30. 30
    toko herbal online
    berkomentar pada jam 6:24 pm
    tanggal 3 April 2014

    artikelnya menghibur banget, titip salam juga gan buat agha hehee

  31. 31
    kredit tanpa agunan
    berkomentar pada jam 3:52 pm
    tanggal 30 April 2014

    mantaf gann postingan nya ,,, jadi ada rutinitas bagi saya
    posting lagi ya yg lain nya .

  32. 32
    Jasa Beli Barang dari Luar Negeri
    berkomentar pada jam 2:00 am
    tanggal 25 May 2014

    terima kasih buat sharingnya mas

  33. 33
    obat tradisional
    berkomentar pada jam 8:31 am
    tanggal 13 July 2014

    ijin nyimak aja gan

  34. 34
    samiri
    berkomentar pada jam 1:10 am
    tanggal 26 September 2014

    Saya baru beli tadi sore kartu as knpa tidak bisa di daftar


Isi Komentar


  • *