Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Bulan Melamun

Dikirim: November 7th, 2012 | Oleh: | Kategori: Agha, Pengetahuan | 2 Komentar »

“Yayooo, kenapa kalo malam matahawri nggak ada, adanya buwan?” tanya Agha tiba-tiba.

“Matahari dan bulan bekerja secara bergantian Gha. Kalau siang matahari kerja, lalu menjelang malam matahari istirahat diganti bulan sampai matahari terbit lagi,” jawabku berusaha mengarang sesuatu yang tak jauh meleset dari ilmu pengetahuan mengenai gerakan bumi, bulan dan matahari. Tentu, penjelasan ilmiah belum memungkinkan untuk diceritakan kepada anak berusia tiga setengah tahun.

“Kenapa kalo malam ada buwan Yahhh”, sambungnya setelah mendengar penjelasanku.

“Ya, kalau malam harus ada bulan Gha, biar malam bisa terlihat lebih terang.”

“Tapi kenapa siang bisa ada buwan?”

Eh? Nah ini dia!!

“Tapi kalo matahwari nggak pernah ada malam-malam Yahhh?” tanya Agha melanjutkan.

“Ohhh, iya Gha,” sebentar berpikir sejenak. “Sebentar Gha, Yahyo konsentrasi menyetir dulu,” ujarku antara mencari alasan untuk memberi waktu berpikir dan karena memang sedang menyetir di tengah macetnya Jakarta.

“Bulan itu kadang melamun sehingga kerja di siang hari. Kalau Bulan sedang melamun maka malamnya tidak kerja lagi. Itu sebabnya nanti Agha juga akan melihat bahwa bulan tidak akan ada di malam hari ketika dia melamun bekerja di siang hari. Nah, biasanya dalam satu bulan, Bulan akan melamun satu kali,” jawabku.

“Matahari nggak pernah melamun Gha, makanya matahari nggak pernah kerja di malam hari. Begitu Agha,” sambungku untuk jawaban pertanyaanya yang kedua. Terlihat senyum di wajahnya dan aku membayangkan suatu hari nanti Agha akan ingat pelajaran “Bulan Melamun” :)


2 komentar untuk “Bulan Melamun”

  1. 1
    Larry
    berkomentar pada jam 12:38 am
    tanggal 21 November 2014

    .

    ñïñ.

  2. 2
    clifton
    berkomentar pada jam 12:49 am
    tanggal 22 November 2014

    .

    ñïñ.


Isi Komentar