Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Netbook Asus Eee PC 1215B

Dikirim: February 9th, 2012 | Oleh: | Kategori: Diary, Ubuntu | 127 Komentar »

Akhirnya, setelah dipikir dan dipikir, saya memutuskan untuk membeli netbook baru untuk menggantikan si Axioo yang sudah dipakai sejak tahun 2006. Setelah banyak membaca berbagai review, pilihan saya jatuh pada Netbook merek Asus dengan tipe Eee PC 1215B. Berikut beberapa fakta dari netbook yang mendapat banyak penghargaan sebagai netbook terbaik ini.

  1. Ternyata, meskipun tipenya sama, namun netbook ini tersedia dalam beberapa jenis dengan processor yang berbeda. Dari pemantauan saat membelinya kemarin, ada yang menggunakan processor C-60, C-70, E-350 dan E-450. Tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap harganya. Jadi, hati-hati jika ingin membeli, periksa processor yang digunakan terlebih dahulu.Akibat hal ini, harga Asus Eeee PC 1215B menjadi sangat bervariasi, dari mulai 2.6 juta hingga 3.4 juta.

    Selain itu, netbook ini juga dijual dalam 2 jenis paket. Paket yang membawa serta OS didalamnya yakni Windows & Home dan paket yang tidak membawa OS (Non OS). Saya membeli yang Non OS karena memang tidak berencana menggunakan Windows. Tentu, harga kedua paket ini berbeda jauh.

  2. Meskipun agak membingungkan, namun disimpulkan bahwa hanya Asus Eee PC 1215B dengan processor E-450 lah yang bisa diupgrade memory-nya menjadi 8 GB — CMIIW. Ternyata si penjual netbook-nya pun baru tahu kalau bisa di upgrade hingga 8 GB, karena ASUS-nya sendiri sebagai vendor hanya menginformasikan bahwa netbook ini hanya memiliki kapasitas maksimal 4 GB. Si penjual punya pengalaman pada Asus Eee PC 1215B dengan processor E-350 yang menurutnya hanya bisa diupgrade hingga 6 GB.Banyak penjual bilang tidak ada netbook yang bisa di upgrade ke 8 GB.

    Mereka bilang saya harus beli notebook. Meh!

  3. Saya mengisi netbook ini dengan OS Ubuntu 11.10 64 bit. Sama sekali tidak muncul permasalahan pada hardware. Semua terdeteksi dengan baik. Masalah muncul justru ketika driver Radeon HD 6320 diupgrade sesuai rekomendasi yang muncul pada additional driver. Setelah upgrade dilakukan, muncul Not Supported Hardware di sisi kanan bawah layar. Tapi solusinya mudah, hanya menjalankan sudo apt-get install fglrx-updates –reinstall :) Setelah itu, dengan mematikan Sync to VBlank OpenGL di Compiz dan memilih Enable Tear Free Desktop pada Catalyst, tampilan terlihat menjadi lebih _smooth.

    Jadi jika Anda kebetulan memiliki netbook ini, sebaiknya langsung mengupgrade dengan perintah  sudo apt-get install fglrx-updates, abaikan rekomendasi ytang diberikan additional hardware.Jadi graphic ATi di Ubuntu sudah tidak horor lagi seperti dulu :)

  4. Agak sedikit di luar dugaan, saya mendapatkan Asus Eee PC 1215B dengan HD terpasang sebesar 500 GB. Saya pikir seperti umumnya netbook yang hanya 350 GB.
  5. Ketahanan batere? Indikator batere terlihat berwarna merah setelah digunakan lebih dari 5 jam. Saya menggunakan Jupiter http://www.webupd8.org/2011/09/jupiter-applet-finally-available-for.html yang menyediakan support khusus untuk tipe netbook Eee sehingga bisa memaksimalkan Super Hybrid Engine.
  6. Oh ya, benar kata kawan-kawan, processor AMD sekarang tidak panas ya? :)
    Dulu saya saya masih menjadi pengguna PC, processor inilah yang menjadi brand processor favorit saya. Namun saat saya beralih menggunakan notebook saya tidak memilih yang AMD karena isu panas yang dikeluarkan.
  7. Kekurangannya? tombol pada touchpad agak keras, kurang nyaman digunakan. Tapi bisa menjadi jarang digunakan karena bisa digantikan perannya dengan memanfaatkan fitur multitouch pada touchpad

Mudah-mudahan netbook ini awet seperti notebook Axioo yang telah saya gunakan selama 6 tahun.

Update
Ternyata ada beberapa permasalahan yang muncul –sepertinya– setelah update kernel saya lakukan pada Eee PC 1512B yang menggunakan OS Ubuntu 11.10. Permasalahan berikut solusinya adalah sebagai berikut:

  • IDE native versus IDE -> AHCI
    Opsi ini bisa ditemukan pada BIOS. Saya mengalami kesulitan saat melakukan installasi ketika modenya pada posisi AHCI. Cara mudahnya adalah mengubah pilihan ini ke mode IDE Native terlebih dahulu. Setelah installasi selesai, ubah kembali ke AHCI dan hardisk SATA bisa bekerjan jauh lebih maksimal.
  • Netbook tidak mau bangun kembali setelah Suspend atau Hibernate dilakukan
    Masalah ini dapat diatasi dengan mudah, yakni mematikan fitur C60 pada BIOS :)
  • Ada beberapa kasus yang membuat cursor touchpad freeze sesaat bahkan benar-benar freeze sehingga membuat netbook hang. Pada kasus yang saya alami, permasalahan ini –entah kenapa– tiba-tiba hilang setelah dilakukan update kernel. Namun bagi yang tetap mengalami, silakan baca tips pada link dibawah sebagai solusi dari permasalahan touchpad tersebut:
    http://www.kaskus.us/showpost.php?p=402904806&postcount=2

127 komentar untuk “Netbook Asus Eee PC 1215B”

  1. 1
    rotyyu
    berkomentar pada jam 12:14 pm
    tanggal 9 February 2012

    Saya juga lebih senang pake AMD kalau di desktop, kalau utk mobile kebetulan sampai sekarang blm nemu notebook yg cocok. Dulu pernah kepincut sama Thinkpad, tapi harganya msh terlalu mahal.

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:25 pm
    tanggal 9 February 2012

    @rotyyu
    Sama, sekarang balik lagi, pake AMD tapi di netbook :)

  3. 3
    sufehmi
    berkomentar pada jam 12:54 pm
    tanggal 9 February 2012

    Kalau Asus sih insyaAllah akan awet sampai lama :) amiinn

    Sangat terkesan dengan laptop anak saya (Asus K43U), yang garansi standarnya 2 tahun — bukan 1 tahun seperti merk lainnya :D

  4. 4
    sufehmi
    berkomentar pada jam 1:00 pm
    tanggal 9 February 2012

    @rottyu – Thinkpad yang pakai prosesor AMD jadi murah juga lho harganya :)

    http://www.bhinneka.com/products/sku01111636/lenovo_thinkpad_e125_36a_-_black.aspx

    Ini harga Bhinneka – di toko biasa bisa lebih murah lagi.

    Menyenangkan banget nih AMD mulai bangkit kembali. Kini jadi ada banyak pilihan laptop yang powerful – namun harganya lebih murah 1 s/d 2 juta dibanding yang pakai prosesor Intel, haha.

    btw; menurut saya prosesor AMD itu lebih lengkap fiturnya daripada Intel.

    Prosesor AMD itu bedanya hanya pada jumlah core & speed.
    Selain itu, fiturnya sama semua – 64 bit, hardware virtualization, dst.

    Memilih prosesor Intel tidak semudah itu.
    Contoh: Saya nyaris terkecoh membeli prosesor i3 – yang ternyata belum support hardware virtualization. Duh.

    Di laptop Thinkpad ini sekarang saya jadi bisa jalankan virtual machine 64 bit :) bahkan, menjalankan virtual machine (proxmox) diatas virtual machine (virtualbox) :D
    INCEPTION ! *gdubrak*

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:04 pm
    tanggal 9 February 2012

    @harry
    sayang, garansinya sekarang hanya 1 tahun :(

  6. 6
    Donny Kurnia
    berkomentar pada jam 5:29 pm
    tanggal 9 February 2012

    Beberapa waktu lalu sy nemenin sepupu beli Asus K43U, processornya sama2 E450. Beda ukuran layar aja 14″. Yang dapat garansi 2 tahun sepertinya Asus seri 43, Asus Eee hanya dapat garansi 1 tahun.

  7. 7
    stwn
    berkomentar pada jam 1:08 am
    tanggal 10 February 2012

    Touchpad problems ?

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10244817

    http://rud.web.id/baca/artikel/182/touchpad-asus-eepc-1215b-yang-bermasalah

  8. 8
    Zie
    berkomentar pada jam 1:55 am
    tanggal 10 February 2012

    Temen nawarin saya Netbook Asus Eee PC 1215B 2nd Rp. 3jt dicicil 300rb 10 bulan.
    Gimana Gan, Kemahalan ga.
    terus dia (temen) juga ga kasih tau spek’y.

  9. 9
    susan devy
    berkomentar pada jam 5:36 am
    tanggal 10 February 2012

    aduh, makasih banyak ya buat tips ini, kang yahyo :)

    saya juga dapat masalah dipoin nomor 3, dan setelah melakukan sesuai perintah kang yahyo, hilang deh tulisan ‘not supported hardware’ heheee :D

    tapi cara “mematikan Sync to VBlank OpenGL di Compiz dan memilih Enable Tear Free Desktop pada Catalyst” itu gimana ya ? (maklum ibuk2 gaptek) ^.^

  10. 10
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:26 am
    tanggal 11 February 2012

    @Donny Kurnia
    Ohh begitu ya, artinya yang garansi 1 tahun hanya untuk seri Eee PC

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:26 am
    tanggal 11 February 2012

    @Zie
    Coba baca posting saya diatas, kiranya Anda bisa menentukan apakah mahal atau tidak

  12. 12
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:29 am
    tanggal 11 February 2012

    @susan devy
    Lho, pakai Eee PC 1512B juga?

    Sync to VBlank OpenGL itu ada compizconfig-setting-manager, install dulu kalau belum ada. Untuk Enable Tear Free Desktop pada Catalyst” itu ada di Catalyst, coba buka programnya :)

  13. 13
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:46 am
    tanggal 11 February 2012

    @stwn
    cara membongkar netbook seperti itu cukup berisiko, lebih baik menggunakan tips seperti yang telah saya tulis pada update diatas
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7878779

  14. 14
    susan devy
    berkomentar pada jam 9:41 pm
    tanggal 12 February 2012

    terima kasih ya, kang
    tipsnya sudah saya jalankan :)
    ternyata tipsnya ada juga di ubuntuforums.org :D

  15. 15
    newbie
    berkomentar pada jam 4:41 am
    tanggal 14 February 2012

    biar memory nya di upgrade ber giga giga pun kayaknya performance gk bakal jauh beda,secara prosesor nya setara intel atom…2 giga saya rasa paling optimal untuk sebuah netbook

  16. 16
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:28 am
    tanggal 14 February 2012

    @newbie
    Penambahan memory hingga 8 GB memang bukan mengincar performance — memang saya mengatakan untuk ini dalam tulisan diatas?

    Namun penambahan memory 8 GB ini untuk hal lain seperti virtualisasi dan kebutuhan memory yang akan saya gunakan untuk develop sistem

  17. 17
    sufehmi
    berkomentar pada jam 12:28 pm
    tanggal 14 February 2012

    penambahan memory 8 GB ini untuk hal lain seperti virtualisasi dan kebutuhan memory yang akan saya gunakan untuk develop sistem

    MySQL MEMORY Storage Engine ! :)

    http://dev.mysql.com/doc/refman/5.1/en/memory-storage-engine.html

  18. 18
    sufehmi
    berkomentar pada jam 12:35 pm
    tanggal 14 February 2012

    Beberapa info seputar MySQL MEMORY Storage Engine :

    (1) Performa naik 200x lipat di kasus ini :

    http://www.mysqlperformanceblog.com/2008/02/01/performance-gotcha-of-mysql-memory-tables/

    Yang penting adalah jangan lupa tentukan tipe indexnya adalah btree(bukan defaultnya / hash)

    (2) Tapi, tipe index HASH bisa juga ada kelebihannya :

    http://www.kevinkorb.com/post/33

    Di kasus ini (query dengan operator <= atau >=), menggunakan index tipe Hash jadi meningkatkan performa sampai 9x lipat.

    (3) Lebih edan lagi dengan MySQL Cluster : kalau perlu performa yang lebih mantap lagi, bisa menggunakan NDB :

    http://www.bigdbahead.com/?p=183

    Yah ini untuk kasus yang sudah ekstrim banget sih, hehe :P

  19. 19
    Kendro
    berkomentar pada jam 6:04 am
    tanggal 19 February 2012

    Kualitas speakernya gmn bang? satu2nya yg mngecewakan dr asus a42f saya adalah hal ini.

  20. 20
    Testing Indonesia
    berkomentar pada jam 8:25 am
    tanggal 23 February 2012

    mantapss gan

  21. 21
    Vibrasi Indonesia
    berkomentar pada jam 2:54 pm
    tanggal 23 February 2012

    mantapss gan..salam kenal ya gan

  22. 22
    Berita Terbaru Hari Ini
    berkomentar pada jam 6:47 pm
    tanggal 24 February 2012

    pengen juga rasanya mencoba asus ini, tapi lagi cari informasi dulu mengenai ketangguhan nya bila dibandingkan dengan laptop lain, makasih infonya

  23. 23
    riza
    berkomentar pada jam 1:22 pm
    tanggal 29 February 2012

    dan saya harus beli mas, dari dulu ngincer ni laptop…..
    thanks infonya….:D

  24. 24
    lambang
    berkomentar pada jam 4:22 pm
    tanggal 3 March 2012

    netbook saya asus 1215b kok tombol on off wireless nya ga bisa berjalan dengan baik kira2 apanya ya???wifi nya nyala terus

  25. 25
    kusuma
    berkomentar pada jam 1:11 pm
    tanggal 10 March 2012

    index ratio Processor hanya 2,2 gan.. kurang optimal nih

  26. 26
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:26 pm
    tanggal 12 March 2012

    @kusuma
    kalau mau optimal ya jangan beli netbook, tapi notebook :p

  27. 27
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:26 pm
    tanggal 12 March 2012

    @lambang
    saya pakai OS Ubuntu, dan semua tombol bisa berfungsi dengan baik

  28. 28
    Dema
    berkomentar pada jam 12:46 am
    tanggal 13 March 2012

    Dari dulu yang namanya Asus EEEPc baterenya awet2x ya…Punya saya udah 4 tahun sampai sekarang masih bisa kepake 5-6 jam tanpa charger n pake win 7 pula sekarang…

  29. 29
    arjo
    berkomentar pada jam 11:36 am
    tanggal 13 March 2012

    terima kasih atas ulasan produknya smoga jd bahan referensi

  30. 30
    Mashudi
    berkomentar pada jam 8:46 pm
    tanggal 14 March 2012

    Coment-2 nya sangat membantu, lebih memantapkan pilihan saya untuk membeli netbook ini. Thank’s sob….

  31. 31
    Linda Herbal
    berkomentar pada jam 2:27 pm
    tanggal 15 March 2012

    thanks gan buat tips nya ..

  32. 32
    Rifand
    berkomentar pada jam 3:14 pm
    tanggal 16 March 2012

    Asus ma acer..bgusan mna gan?

  33. 33
    Ferry Ardhana
    berkomentar pada jam 5:50 pm
    tanggal 28 March 2012

    halo mas,
    asus 1215b-nya saat ini apa memakai memory > 4Gb? soalnya gw googling2 kebanyakan memang mentok di 4Gb.

    Thanks,

  34. 34
    Eko Priyanto
    berkomentar pada jam 12:13 pm
    tanggal 3 April 2012

    Gmn cara instal Google Sketcup di netbook ini? sy udah coba di ubuntu pake wine, tidak run normal. Di Windows 7 tidak bisa install.

    Trims sarannya…

  35. 35
    lekko
    berkomentar pada jam 7:59 pm
    tanggal 14 April 2012

    Anda betul, tetapi saya tidak begitu mengetahui netbook, ya langsung bali aja, oh ya thanks infonya

  36. 36
    Irwan
    berkomentar pada jam 2:08 pm
    tanggal 18 April 2012

    Kalo gitu ane jg mau ikut beli netbook ini gan, ntar kalo ane ada kendala mohon dibantu ya gan… :)

    Oya gan mengutip kata2 agan “Dari pemantauan saat membelinya kemarin, ada yang menggunakan processor C-60, C-70, E-350 dan E-450.” kira2 menurut agan sendiri baiknya processor yang mana ya?

  37. 37
    jugglingart.org
    berkomentar pada jam 2:51 pm
    tanggal 18 April 2012

    Ni netbook tampilannya sangat keren, dan spesifikasinya pun sangat mendukung buat aktifitas bisnis internet. luar biasa…Saya menggunakan netbook ini lho..

  38. 38
    Irwan
    berkomentar pada jam 12:52 pm
    tanggal 21 April 2012

    Ane jadi beli gan udah di install tapi performanya sedikt kurang memuaskan, barang kali agan2 ada yang mau bisa bantu(untuk otimalisasi performa)??????

  39. 39
    obat herbal kanker asam urat
    berkomentar pada jam 9:20 am
    tanggal 24 April 2012

    bagus banget tuch, boleh ane beli,

  40. 40
    Tips Trik Komputer
    berkomentar pada jam 9:00 am
    tanggal 1 May 2012

    Wah, sekarang emang zamanya net book
    Nice info :D

  41. 41
    suwarjo
    berkomentar pada jam 3:18 pm
    tanggal 11 May 2012

    netbook mudah dibawa-bawa praktis jg buat kerjain tugas diluar

  42. 42
    Michael
    berkomentar pada jam 6:19 pm
    tanggal 11 May 2012

    Gan mau tanya , punya gw kan memorynya 2 gb klo mau di upgrade bagusnya jadi satu keping 4gb apa 2 keping 2gb? apakah bisa langsung 1 keping 4 gb?

  43. 43
    biro travel haji plus
    berkomentar pada jam 11:36 pm
    tanggal 11 May 2012

    makasih dah di share…….
    penjelasan spesifikasi asus yang sangat jelas dan padat…

  44. 44
    bunga
    berkomentar pada jam 11:11 pm
    tanggal 17 May 2012

    mau nanya, kebetulan gw juga memakai notebook ini, kalo dipakai untuk main game the sims 3 ini notebook sanggup gak ya? soalnya gw ragu buat nge-isntallnya, katanya sih game the sims 3 itu lumayan berat..

  45. 45
    kopi luwak
    berkomentar pada jam 7:44 am
    tanggal 25 May 2012

    waduh gan temen ane beli netbook assus… tapi batrenya cepat panas, kenapa y???

  46. 46
    sulaeboy
    berkomentar pada jam 9:49 pm
    tanggal 27 May 2012

    wah mau tanya apa keuntungan asus d banding leptop yang lain?

  47. 47
    fatur
    berkomentar pada jam 8:22 pm
    tanggal 29 May 2012

    saya ada masalah dengan memory ddr3 4gb sy di notebook asus 1215b c60, nyata2 4 gb tertera pada bios, namun kenapa hanya 2,6 gb usable pada OS.
    kebetulan OS yang terinstal windows 7 ultimate x86 yang sudah terinstal ketika beli.
    adakah saran dan solusi buat saya?

  48. 48
    Scanner Barcode
    berkomentar pada jam 9:10 am
    tanggal 30 May 2012

    Wah bagus banget artikel nya buat referensi yang mau beli netbook.. Kebetulan lagi mau beli NEtbook tapi masih bingung antara Netbook ASUS atau ACER..

  49. 49
    syahroni
    berkomentar pada jam 9:17 am
    tanggal 30 May 2012

    saya membeli asus 1215b, tapi sayangnya saya tidak memperhatikan dengan begitu jeli pada layar LED nya, ternyata ada 1 dot (dead pixel) di tengah layar LED, setelah saya adukan ke asus center, mereka hanya mau mengganti ketika ada lebih dari 5 dot. Sial tuh… buat teman2 semua perhatikan dengan jeli layar LED sebelum membeli….

  50. 50
    brunozzz
    berkomentar pada jam 6:52 pm
    tanggal 1 June 2012

    weww great…
    nice info banget, kebetulan lg cari notebook at netbook, ternyata ulasan demi ulasan semakin gak penasaran. Asus 1215b dg amd-E450 tentunya, udah 12′ bakal enteng dbawa kemana2 mdh2an netbook ini kelak gak akan bermasalah hehehe amin wkakakaa…..


Isi Komentar