Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Film 2012: Kiamat Ala Holywood

Dikirim: November 14th, 2009 | Oleh: | Kategori: Diary | 27 Komentar »

Akhirnya kami bisa juga menyempatkan diri untuk menonton film bertema isu kiamat di tahun 2012 ini di hari pertama pemutarannya. Saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mengikuti berita perkembangan isu kiamat di tahun itu. Isu ini sangat menarik karena didukung oleh banyak hal, dari mulai penanggalan bangsa maya, ramalan para cenayang hingga sains yang belakangan dibantah oleh NASA.

Isu kiamat tahun 2012 bisa dikatakan merupakan isu kiamat yang terbesar yang pernah terjadi. Sebelumnya ada pula berbagai isu kiamat, seperti kiamat di tahun 2.000, kiamat ketika matahari dan semua planet hingga pluto terletak dalam satu garis (tahun 80-an), hingga isu kiamat yang diramalkan oleh segelintir orang dan sekte yang tak tehitung banyaknya.

Sayang film dengan durasi 2.5 jam ini justru tidak banyak memaparkan berbagai hal yang menyangga isu ini menjadi isu kiamat terbesar. Padahal hal tersebutlah yang justru akan membuat film ini menjadi jauh lebih menarik.

Film ini hanya berkosenstrasi pada isu ledakan matahari yang membuat suhu inti bumi menjadi panas. Pemanasan suhu inti bumi ini membuat kerak bumi menjadi labil dan menyebabkan gempa besar disertai tsunami yang luar biasa. Selanjutnya film tenggelam dalam aroma hollywood dengan plot cerita yang sangat mudah ditebak. Bencana demi bencana pada akhirnya hanya menjadi bumbu dalam rangkain besar cerita utama yang kadang membosankan. Pada akhirnya kita semua bisa mengambil kesimpulan bahwa cerita ini bukanlah cerita isu kiamat 2012, namun hanya sekedar cerita modern dari bahtera nabi Nuh.

Sungguh disayangkan film berdana besar ini justru tidak memuat nasehat mengenai global warming yang seharusnya bisa disisipkan.

Film ini bukan hanya gagal dalam membuat sebuah cerita dari isu kiamat terbesar, namun juga gagal dalam membuat suasana mencekam ketika kiamat yang sudah diramalkan itu datang. Akhirnya, film ini hanyalah sebuah film biasa yang tidak meninggalkan kesan dan pesan. Film biasa yang menjual sebuah isu besar menjadi ladang uang tanpa melihat  peluang, bahwa film tersebut bisa menjadi media untuk menyadarkan umat manusia akan bahaya yang mengancam kehidupan di masa yang akan datang.


27 komentar untuk “Film 2012: Kiamat Ala Holywood”

  1. 1
    arihevea
    berkomentar pada jam 5:48 pm
    tanggal 14 November 2009

    Belon liat Bang Riyooo… Ehmmm berarti masih bagusan “The Day After Tomorrow” dunk.. ada pesan ttg global warming…

    Tapiiii… saya juga pgn liat ah.. 2012…

  2. 2
    oCHa
    berkomentar pada jam 6:36 pm
    tanggal 15 November 2009

    om riyo, kalo saya sih selalu nggak percaya dengan isu-isu yang disebarkan lewat film semacam ini. Biasanya nonton karena pengen lihat teknologi dibalik pembuatan film itu :))

  3. 3
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 7:36 pm
    tanggal 15 November 2009

    setahu saya, baru kali ini tukang nonton filem sampai2 nulis repiu-nya… hihihi
    *agha ikutan nonton ya om???*

  4. 4
    Chic
    berkomentar pada jam 12:19 pm
    tanggal 16 November 2009

    ya ya.. just another disaster movie, ngga ada bedanya kayak nonton The Day After Tomorrow.. :|

  5. 5
    Maria
    berkomentar pada jam 1:50 pm
    tanggal 16 November 2009

    Yang tahu kapan kiamat dunia ini bukan manusia atau pun peramal (manusia yg mempunyai indra ke – 6).
    tetapi yang tahu hanyalah tuhan (kepercayaan kita masing-masing).

  6. 6
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:30 pm
    tanggal 16 November 2009

    @Ariheva
    Mmmm, kurang lebih sama lah :)
    Sayang sekali, karena serunya isu 2012 itu justru di berbagai temuan sains yang ada dikaitkan dengan berbagai ramalan. kalau ini yang diangkat menjadi cerita tentu jauh lebih menarik.

    @Ocha
    Iya iya … hehehe.
    Mulanya juga saya berharap banyak dengan tampilan CGI di film ini, hanya kok –lagi-lagi– menurut saya tidak terlalu baru :(

    @Andy
    Dulu nontonnya kebanyakan pakdhe, seminggu bisa 3-4x nonton wekekekek, jadi nulisnya bingung hahaha

    @Chic
    Ya kurang lebih begitu :(

    @Maria
    Waduh Mbak, kalau masalah kepercayaan dalam hal kiamat itu sih siapa yang bisa menyangkal? memang hanya Allah yang tahu :) Saya membaca dan ingin menonton film ini hanyalah sebagai kesenangan saya dalam mengikuti sains. Baru kali ini ada sebuah ramalan kiamat yang dibarengin dengan berbagai fakta temuan dan sains, meskipun beberapa hal sudah dibantah. Banyak hal menarik yang sebenarnya bisa menjadi pelajaran manusia dalam temuan-temuan sains akibat isu kiamat 2012. Begitu loh …

  7. 7
    Irvan Setya Nugraha
    berkomentar pada jam 4:10 pm
    tanggal 17 November 2009

    maaf..ralat sedikit..
    Nabi yang diselamatkan oleh kapal yang sangat besar bukan Nabi Musa As, melainkan Nabi Nuh As.
    Thanks..Regard.

  8. 8
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:10 am
    tanggal 18 November 2009

    @Irvan
    Astagfirullah … hehehe, iya BENER. Terimakasih ralatnya :)

  9. 9
    andri
    berkomentar pada jam 12:16 am
    tanggal 20 November 2009

    Iya tuh, payah… masa katanya kiamat tapi masih ada yang selamat. Trus sayang banget ya, ngga ada pesan moral yang tersirat. Padahal berita tentang film ini heboh dan pasti banyak yang nonton. Eh iya, 2012 juga ada beberapa versi ya bang?

  10. 10
    ehan
    berkomentar pada jam 10:01 pm
    tanggal 20 November 2009

    Naudhubillah summa naudhubillah bila ada orang atau kelompok yang berani-beraninya menawarkan berita apalagi tampilan semacam film yang berkaitan dengan wewenang mutlak Sang Penguasa/khalik. jujur aja aku yang telah malang melintang merasakan perjalanan hidup yang diberikan Sang Khalik merasa tersinggung dan tidak sependapat dengan beredarnya film 2012 itu. tapi aku setuju bila bahasan tentang akhir alam semesta ini dirupakan dengan sebuah implementasi kenyataan alam yang bisa menyadarkan umat manusia agar segera membuat pembenahan, terutama bagi pribadi-pribadi

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:02 am
    tanggal 21 November 2009

    @ehan
    Anda sudah nonton film 2012? Film ini bukan film yang menceritakan hari kiamat, jadi jangan tersinggung dulu :)

  12. 12
    farizal ghifari
    berkomentar pada jam 2:50 pm
    tanggal 21 November 2009

    ah elu kaya yang bisa bikin film kya gini aja. .. .

    klo lu bisa buat yang lebih canggih buktiin dong jangan Omong Doang.. .

    orang film ini bukan ceritain kiamat, , apalagi ngehubungin sama agama . . jauh banget bro ,, ini emang kejeniusan si rollan aja bikin visual efek yang hebat, ,

    menurut gua mah film ini bagus buat memotivasi kita, buat TOBAT, , coba deh nonton dulu, , ,

  13. 13
    dony
    berkomentar pada jam 2:40 am
    tanggal 22 November 2009

    buat pelajaran aj,smg qt gk slh menanggapinya

  14. 14
    Republika
    berkomentar pada jam 9:22 am
    tanggal 22 November 2009

    Kiamat kok masih ada yg hidup ya di ending film ?

  15. 15
    feisal mohamad
    berkomentar pada jam 1:31 pm
    tanggal 22 November 2009

    eh mana tau aja bener

  16. 16
    feisal mohamad
    berkomentar pada jam 1:36 pm
    tanggal 22 November 2009

    eh bener lagi yang di bilang replubika
    gue setuju

  17. 17
    Abu Bobe
    berkomentar pada jam 4:05 pm
    tanggal 23 November 2009

    Nimbrung ya mas-mas dan mbak-mbak :)

    Saya sempetin nonton itu pilem Sabtu lalu (21/11).. ternyata memang banyak yang tertipu sama propaganda negatif filem itu… Termasuk (mohon maaf) MUI pun saya pikir tertipu…

    Kenapa?
    Karena (beberapa orang ‘alim -pemikir-) MUI mengambil keputusan ‘mengharamkan’ filem tersebut. Kok bisa? Ya mungkin karena termakan ‘isu’ bahwa filem itu tentang kiamat… padahal menurut saya itu filem cuma tentang fenomena alam (rekaan penulis cerita fiksi ilmiah) yang sama sekali bukan cerita tentang kiamat sesungguhnya seperti yang diceritakan Al-Qur’an.

    Siapa lagi yang tertipu?
    Ya… yang beli tiket nonton laahh… karena jelas2 ‘dibohongi’ oleh propaganda negatif jadi rela berdesak2an antre di tiga studio … berharap sempat melihat kiamat… HAHAHAHA…

    Siapa yang pinter?
    Jelas pihak marketing 21cineplex dong! Mereka kebanjiran uang dan meraup untung setelah berhasil memanipulasi pikiran orang awam dan pikiran orang ‘alim (MUI)… dengan isu kiamat… HAHAHAHA (lagi)

    Gimana supaya ga merasa tertipu?
    Jangan pernah datang nonton dengan niat ingin tahu kiamat itu seperti apa… karena pasti akan kecewa… Niatkan untuk mengetahui gimana sih canggihnya efek filem tersebut… hehehehe.. (SUMPAH CANGGIH BANGET!!!)

    Satu lagi biar ga kecewa… Jangan membayangkan bahwa (Presiden) AS itu ga manusiawi… ternyata (di filem itu) beliau gentle banget LOCH!!! (huwekkkk…. bentar saya ke toilet dulu… mual nih)

    (balik lagi…)
    Pesen buat orang2 ‘alim (‘ulama) MUI… sebaiknya bikin counter propaganda yang positif.. bahwa filem tsb bukan tentang kiamat… karena rahasia kiamat itu ga ada satu mahluk pun yang tahu… Biar umat ini terbuka matanya… bukan malah ditutup mata umat ini dengan fatwa… Kita yang awam ini masih butuh belajar membedakan mana yang beneran dan mana yang cuma ‘isu’… Itu tugas ilmuwan MUI untuk meluruskan. Ga ada gunanya berdebat tentang kapan datangnya kiamat. Itu GHOIB tau nggak!!

    1-0 buat 21cineplex vs. MUI

  18. 18
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:56 pm
    tanggal 23 November 2009

    @Abu Bobe
    1-0 bukan buat 21cineplex dong, tapi buat sony pictures :p

  19. 19
    rico
    berkomentar pada jam 3:44 pm
    tanggal 26 November 2009

    wah film na ga bagus…….
    nonton online ja diinternet…..coba kalo sinyal internet dikita lebih cepat sperti dispore sudah 7.2 mb speed

  20. 20
    Hafidz
    berkomentar pada jam 1:31 pm
    tanggal 2 December 2009

    Mnurut gue. .filmxa cnggih banget. .tp klau mau disamakan ama kiamat, kykxa beda jauh bngt, ko msh ada yg hdp di ending filmxa. . . ?it namaxa bukan kiamat tp bncana alam.iya gk?

  21. 21
    yonobae
    berkomentar pada jam 9:06 pm
    tanggal 2 October 2011

    itu hanya sebuah film bikinan manusia, dan tidak ada siapapun didunia ini yang mengetahui kapan hari kiamat itu tiba,,,

  22. 22
    rojas
    berkomentar pada jam 9:09 pm
    tanggal 2 October 2011

    mari kita ambil positifnya,,,bahwa itu semua untuk mengingatkan kepada kita semua , apakah kita sudah siap apabila waktunya telah tiba?

  23. 23
    Noy
    berkomentar pada jam 9:11 pm
    tanggal 2 October 2011

    bagus untuk peringatan kepada semua umat manusia untuk tidak menjadi sombong,,,

  24. 24
    lucy
    berkomentar pada jam 9:14 pm
    tanggal 2 October 2011

    filmnya sih bagus dengan teknik efek yg luar biasa,,apakah nanti kiamat yg sebenarnya akan seperti itu atau bahkan lebih dari itu.

  25. 25
    nobay
    berkomentar pada jam 9:17 pm
    tanggal 2 October 2011

    sutradaranya hebat ya, udah pernah ngerasain kiamat,,

  26. 26
    Ian Gillan
    berkomentar pada jam 9:19 pm
    tanggal 2 October 2011

    sepertinya tanda2 akhir jaman memang sudah mulai kelihatan ya,,cuma memang tidak ada yang tahu,,,

  27. 27
    nabila
    berkomentar pada jam 10:32 pm
    tanggal 15 October 2011

    hebat memang yg bikin film itu, saya udah liat dan memang luar biasa teknik pembuatannya,,tapi memang cocoknya bukan kiamat tetapi bencana paling dahsyat yg pernah ada,,


Isi Komentar