Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Agha di Foto Studio

Dikirim: October 21st, 2009 | Oleh: | Kategori: Gamitra | 22 Komentar »

DSC03348Ceritanya, Agha mendapatkan voucher dari teman Yahyo untuk foto studio. Mulanya kami mengantar Agha di hari Sabtu, 10 Oktober yang lalu, namun ternyata kami diharuskan untuk janjian terlebih dahulu dengan fotografernya. Kami kan tidak tahu harus bikin janji terlebih dahulu, soalnya di vouchernya pun tidak ada tulisan aturan seperti itu. Untung lah jarak studio foto dengan tempat tinggal kami tidak terlalu jauh, jadi kami pun bersedia ketika mereka memberikan jadwal sessi pemotretan jam 15.00 esok harinya, yakni hari Minggu, 11 Oktober.

Esok harinya kami pun berangkat mengantar Agha untuk memenuhi jadwal sessi pemotretan di studio. Dalam hati, kami juga ingin melihat bagaimana sebenarnya studio menangani sessi pemotretan anak dibawah satu tahun. Asal tahu saja, memotret anak di bawah satu tahun itu susah-susah gampang lho. Diperlukan pendekatan yang baik sehingga si anak merasa nyaman dan mau di foto dengan gaya yang sesuai dengan keinginan fotografer atau pemesan foto.

Namun sayang, pendekatan terhadap anak kelihatannya kurang baik dilakukan oleh mereka. Pada akhirnya kami lah yang sibuk membantu si fotografer untuk membuat Agha nyaman di foto. Tapi sudahlah, kami tidak mempermasalahkan hal tersebut. Toh pada akhirnya Agha mau difoto dengan berbagai gaya yang bisa dia lakukan :)

Selanjutnya, setelah sessi pemotretan selesai dilakukan, kami diharuskan memilih sendiri foto yang hendak di bawa (di burn ke CD). Dari 19 foto yang diambil, yang boleh kami bawa hanya 12. Jadi kami harus merelakan membuang 7 buah foto dengan memilih 12 foto terbaik menurut kami. Berikut ke-12 foto yang kami pilih.

kumpul

Fotografernya agak jorok dalam pengambilan foto. Studio tidak dilengkapi oleh layar putih sebagai background, namun hanya menggunakan tembok yang ada saja. Perhatikan batas lantai yang ikut ke foto dan juga kaki tripod yang ikut masuk dalam frame. Ketika kami minta agar backgroundnya dibersihkan, yang mereka lakukan adalah memotong (cropping) foto agha dengan teknik yang kasar sehingga potongannya sangat jelas terlihat. Akhirnya saya memutuskan untuk meminta foto aslinya saja (yang belum mereka cropping) dan mengembalikan foto yang telah mereka cropping (karena memang tidak diperbolehkan dibawa dua-duanya).

Setelah itu, kami diharuskan memilih 5 buah foto diantara 12 foto yang kami pilih itu untuk dibuatkan montasenya. Kami pun melakukannya dengan hikmat, memilih foto yang kami suka dari foto-foto yang kami suka semua. Setelah selesai, kami pun memberikan kelima nama file yang telah kami pilih.

Apa yang terjadi? Mereka bilang bahwa foto-foto yang kami pilih tidak bisa di montase. Lho? Kami protes karena diawal saat kami disuruh memilih tidak ada aturan foto seperti apa yang harus kami pilih. Jadi sudah jelas pula kami menolak untuk memilih kembali. Lha capek dong, udah milih-milih terus suruh mengulang memilih lagi, moodnya sudah hilang. Lalu mereka akhirnya berjanji akan mencoba melakukan montase terhadap foto-foto yang kami pilih setelah saya katakan, bahwa jika mereka tidak bisa melakukan montase terhadap foto-foto ini, maka biar saya saja yang melakukannya ;)

Mereka minta waktu satu minggu untuk melakukan montase foto-foto tersebut dan mereka menawarkan kepada kami untuk melihat terlebih dahulu hasil montasenya sebelum dicetak Sabtu, 17 Oktober.

Hari Sabtu yang lalu kami pun datang untuk melihat hasil montase foto-foto Agha. Terus terang, kami sudah pesimis hasilnya tidak bagus, dan ternyata dugaan kami tidak salah. Ini hasilnya:

montase-studio

Terus terang, kami agak bingung ketika ditanya apa yang kurang dengan hasil montase yang mereka buat. Karena kami pikir kurangnya banyak sekali, dan maaf, bagi kami tidak bagus sama sekali. Hanya saya tidak tega untuk mengatakannya jadi hanya diam seribu bahasa.

Karena saya tidak puas atas hasil montase yang mereka buat, akhirnya saya memberikan penawaran, yakni bagaimana jika saya sendiri saja yang melakukan montase foto-foto Agha? Mereka mulanya agak bingung, tapi kelihatannya si Mbak yang melayani juga agak sadar kalau hasil montasenya tidak bagus. Alhasil, kesepakatan dibuat, saya akan membuat montase sendiri dan akan dibawa secepatnya ke studio foto untuk dicetak dengan ukura 80 x 30 cm.

Nah, hari Selasa tanggal 20 kemarin, saat SBY dan Boediono dilantik menjadi Capres dan Cawapres, saya selesaikan tugas membuat montase tersebut. Sambil belajar menggunakan GIMP maka jadilah montase hasil karya Yahyo-nya Agha seperti dibawah ini:

studio-2

Berbagai perbaikan foto juga saya lakukan, menghilangkan kotoran di backgroud (di tembok), menghilangkan batas lantai, menghilangkan kaki tripod dan sebagainya. Ternyata menggunakan GIMP sama mudahnya dengan menggunakan Photoshop ;)

Sekarang Agha punya foto hasil montase spesial dengan ukuran 80 x 30 cm. Spesial juga karena Ayahnya sendiri yang membuat :)


22 komentar untuk “Agha di Foto Studio”

  1. 1
    budhe
    berkomentar pada jam 6:10 pm
    tanggal 21 October 2009

    haiyyyyyaaaaaahhhh….seru aja ya Buni ma Yahyo…itu studio apa ga disarankan ikut kuliah qu ajah dulu…:p lha wong hasil montase koq malah ngrusak foto hohohohoooo… untungnya cuma satu tuh mo diapa2in juga Agha teuteuuup kaseeep ceuk urang sunda mah…heuheuuu… nah yang di montase Yahyo bagoooos koq… dah Yahyo ajah yang buka studio potona…:):):)

  2. 2
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 6:15 pm
    tanggal 21 October 2009

    Hehehehe… Agha juga bingung tuh… saking bingung dan gak suka sama hasil foto pertama, Agha tendang2 tante yang kasih lihat hasil montasenya.

    Sekarang sih Agha seneng lihat hasil montase buatan Yahyo… tinggal nunggu di figura nih :)

  3. 3
    Yu2n
    berkomentar pada jam 10:48 pm
    tanggal 21 October 2009

    hohoho jelas hasil montase Yahyo-nya Agha jauh lbh bagus, lebih nyeni. kreatiplah pokona mah, hehe.
    Ampun deh itu studionya, untung hasil capture-nya cukup baik jd bisa kepake, tinggal diretouch sendiri.

    Agha pinter jg fotonya ya.. :) cute bgt.

  4. 4
    Chic
    berkomentar pada jam 11:23 am
    tanggal 22 October 2009

    photo studio di mana Mas? dari kapan tau pengen bawa Vio ke studio ga pernah kesampean :D

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:26 am
    tanggal 22 October 2009

    @Chic
    Pokoknya kalau cari foto studio anak, dari pengalamanku ini, ya kudu cerewet kitanya :) Ini Agha foto di studio hanya gara-gara dapat voucher gratis foto ajah sih dari temenku, kalau gak ya mungkin juga gak foto studio hehehe.

  6. 6
    sufehmi
    berkomentar pada jam 12:38 pm
    tanggal 22 October 2009

    ahhh Agha lucu bangettt :) :) foto2nya nanti upload ke facebook yaaa :D

    Tadi lagi buka foto2 ini, lalu anak saya Kaitlyn lihat… dia langsung bikin suara2 lucu … gemas sekalli dia melihat Agha, hahahaa

  7. 7
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:15 pm
    tanggal 22 October 2009

    @Sufehmi
    Lha? Kan sudah diupload semua Datok hehehe

  8. 8
    andri
    berkomentar pada jam 1:06 am
    tanggal 23 October 2009

    lucunya si agha… kaya indo, hehe.

  9. 9
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:16 am
    tanggal 23 October 2009

    @Andri
    Terimakasih om Andri :)

  10. 10
    arihevea
    berkomentar pada jam 8:05 am
    tanggal 23 October 2009

    Wuahhhh.. gemeess deh liatnya.. Nitip cubitin Agha dunk Kang Riyo… hahahaha…

  11. 11
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 11:36 am
    tanggal 23 October 2009

    wah…wah… bakat…bakat…
    gayane Agha sudah propesional!… :-D

  12. 12
    Pradna Satunya
    berkomentar pada jam 9:23 pm
    tanggal 24 October 2009

    Agha kayak model baby di kalender2…cool

  13. 13
    eko
    berkomentar pada jam 4:09 pm
    tanggal 26 October 2009

    wah lutcu banget baby nya… gak seperti papi nya.. :D

  14. 14
    oCHa
    berkomentar pada jam 10:24 am
    tanggal 28 October 2009

    uwaaahhh….agha juga narsis, rupanya… errrr, yang narsis ini sebenernya agha atau Yahyo ama Buni yah? :-”

  15. 15
    oCHa
    berkomentar pada jam 10:29 am
    tanggal 28 October 2009

    walah! emoticon siyul2 koq jadi begono…. :))

  16. 16
    andif
    berkomentar pada jam 1:56 pm
    tanggal 28 October 2009

    hehehe lucu kang anaknya :)

  17. 17
    Afrianti Takaful
    berkomentar pada jam 9:54 am
    tanggal 2 November 2009

    Wah agha bikin gemes aja.. Jadi kangen agha..

  18. 18
    Rangga
    berkomentar pada jam 3:37 pm
    tanggal 2 November 2009

    Itu dengan gimp lebiiiiiihhhh bagus dari bikinan tukang photo yang (harusnya) profesional dan (banyakan) menggunakan photoshop (bajakan?) ….. Mmmmm

  19. 19
    Rangga
    berkomentar pada jam 3:45 pm
    tanggal 2 November 2009

    Saya suka foto yg aghanya di tutupin selimut putih sambil melotot…. Imut banget. Jadi pengen tau si agha lg mikir apa serius banget, hehe :P sayang enggak masuk ke montase. .

  20. 20
    info bisnis
    berkomentar pada jam 9:07 am
    tanggal 3 November 2009

    ihhh..gemesin, apik bos hasile. :)

  21. 21
    imam ma'ruf
    berkomentar pada jam 7:52 am
    tanggal 17 December 2010

    mas izin copi kata2 di atas,thanks sblumnya.

  22. 22
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:09 pm
    tanggal 17 December 2010

    @imam ma’ruf
    Silakan mas … :)


Isi Komentar


  • *