Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Lirik Lagu Anak-Anak

Dikirim: August 22nd, 2009 | Oleh: | Kategori: Diary | 45 Komentar »

Semenjak kedatangan Agha, kami kembali mengingat lagu-lagu lama saat kecil dulu. Lagu-lagu tersebut sangat luar biasa karena benar-benar terngiang dalam ingatan meskipun sudah lebih dari 30 tahun yang lalu terdengar. Beberapa teks memang sengaja kami ganti agar lebih mendidik dan pas dengan  kondisi kami. Terimakasih saya sampaikan kepada para pencipta lagu anak-anak dibawah ini. Mereka adalah seniman-seniman pencipta lagu yang hebat :)

Bebek-Bebekku

Bebek-bebekku, mari kemari
Ikutlah aku, ke kebun Bibi
Disana banyak, kesukaanmu
Cacing yang gemuk hoy ayo diserbu
Wek wek wek, wek wek wek kesukaanmu
Wek wek wek, wek wek wek ayo diserbu

Naik Delman

Pada hari minggu kuturut Ayah ke kota
Naik delman istimewa ku duduk di muka
Kududuk samping pak kusir yang sedang bekerja
Mengendali kuda supaya baik jalannya
Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuk
Tuk tik tak tik tuk tik tak suara sepatu kuda

Naik Kereta Api

Naik kereta api tut tut tut, Siapa hendak turut
Ke Bandung Surabaya, bolehlah naik dengan percuma naiklah dengan membeli tiket
Ayo kawanku lekas naik, keretaku tak berhenti lama

Aku Seorang Kapiten

Aku seorang kapiten, mempunyai pedang panjang
Kalau berjalan prok prok prok
Aku seorang kapiten

Burung Hantu

Matahar terbenam, hari mulai malam
Terdengar burung hantu, suaranya merdu
Kukuk, kukuk, kukuk kukuk kukuk
Kukuk, kukuk, kukuk kukuk kukuk

Ambilkan Bulan

Ambilkan bulan Bu, ambilkan bulan Bu
Yang selalu bersinar di langit
Di langit bulan benderang
Cahayanya sampai ke bintang bumi
Ambilkan bulan Bu, untuk menemani
Tidurku yang lelap, di malam gelap

Kapal Api

Lihatlah sebuah titik jauh di tengah laut
Makin lama makin jelas bentuk rupanya
Itulah kapal api yang sedang berlayar
Asapnya yang putih mengepul di udara

Balonku

Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya
Hijau kuning kelabu, merah muda dan biru
Meletus balon hijau dor, hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat

Lihat Kebunku

Lihat kebunku, penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari, kusiram semua
Mawar melati, semuanya indah

Pelangi

Pelangi-pelangi, alangkah indahmu
Merah kuning hijau, dilangit yang biru
Pelukismu agung, siapa gerangan
Pelangi-pelangi, ciptaan Tuhan

Hujan Rintik-Rintik

Hujan rintik-rintik, turun tak berhenti
Di jalan, di taman payung warna-warni
Seperti jamur, untuk berlindung
Hujan rintik hujan rintik-rintik

Tik tik tik, bunyi hujan

Tik tik tik, bunyi hujan diatas genting
Airnya turun, tdak terkira
Cobalah tengok, dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

Cicak di Dinding

Cicak-cicak di dinding, diam-diam merayap
Datang seekor nyamuk, hap lalu ditangkap

Burung Kutilang

Di pucuk pohon cempaka, burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari, dengan tak jemu-jemu
Mengangguk-angguk, sambil berseri
Trilili lili lililili

Jari

Ibu jari berkata pertama
Telunjuk yang kedua, ketiga jari tengah
Keempat pakai cincin jari manis
Kelima jari kelingking
Lalalalalalala, lalalalalalala
Lalalalalalala, lalalalalalala

Satu-satu

Satu-satu aku sayang Ibu Bunli
Dua-dua juga sayang Ayah Yahyo
Tiga-tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya

Pergi Sekolah

Oh Ibu Bunli dan Ayah Yahyo selamat pagi
Kupergi belajar sampailah nanti
Selamat belajar Nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman

Twinkle twinkle

Twinkle twinkle litle star
How I wonder what you are
Up above  the world so high
Like a diamond in the sky
Twinkle twinkle litle star
How I wonder what you are

Burung Kakaktua

Burung kakaktua, menclok di jendela
Nenek sudah tua, giginya tinggal dua rambutnya sudah beruban
Tekdung tekdung tekdung tralala
Tekdung tekdung tekdung tralala
Tekdung tekdung tekdung tralala
Burung kakak tua

Naik gunung

Naik naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali
Naik naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali
Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara
Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara

Potong Bebek Angsa

Potong bebek angsa, angsa di kuali
Nyonya minta dansa, dansa empat kali
Dorong kekiri, dorong kekanan
Lalalalalalalalala la la
Dorong kekiri, dorong kekanan
Lalalalalalalalala la la

Pelanduk dan Kelinci

Di hutan ada rumah, didiami pelanduk
Datang kelinci berlari, mengetuk pintu
Pelanduk, pelanduk tolonglah, nanti aku ditembak
Kelinci, kelinci masuklah,
Ulurkan tanganmu … ulurkan tanganmu

Kasih Ibu

Kasih Ibu, kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi, tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia

Mandi Cibang-cibung

Mandi dulu cibang cibung, pakai sabun cibang cibung
Biar bersih biar rapi cepet rampung
Mandi dulu cibang cibung, pakai sabun cibang cibung
Biar bersih biar rapi cepet rampung

Bunda Piara

Bila kuingat lelah ayah bunda
Bunda piara piara akan daku
sehingga aku besarlah
Waktuku kecil hidupku amatlah senang
senang dipangku dipangku dipeluknya
serta dicium dicium dimanjakan
namanya kesayangan

Bintang Kecil

Bintang kecil, dialngit yang tinggi
Amat banyak, menghias angkasa
Aku ingin, terbang dan menari
jauh tinggi di tempat kau berada

Bangun Tidur

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong Ibu
Membersihkan temat tidurku

Bintang Kejora

Kupandang langit penuh bintang bertaburan
Berkelap kelip seumpama bintang berlian
Tampak sebuah lebih terang cahayanya
Itulah bintangku bintang kejora yang indah selalu

Dua Mata Saya

Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
Dua telinga saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan

Layang-layang

Kuambil buluh sebatang
Kupotong sama panjang
Kuraut dan kutimbang dengan benang
Kujadikan layang-layang
Bermain berlari
Bermain layang-layang
Berlari kubawa ke tanah lapang
Hatiku riang dan senang

Topi Saya Bundar

Topi saya bundar, bundar topi saya
Kalau tidak bundar, bukan topi saya

Awan

Kulihat awan, seputih kapas
Arak berarak dilangit luas, andai kudapat
Kesana terbang, akan kuraih kubawa pulang

Pelaut

Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudera
Menerjang ombak tiada takut
Menempuh badai sudah biasa

Ada yang masih bisa menyanyikan lagu-lagu diatas? Mudah-mudahan masih banyak yang bisa menyanyikannya, karena lagu-lagu ini dibuat dengan nada dan teks yang sederhana sehingga mudah diserap oleh anak-anak.

Nah, selain lagu-lagu diatas, Bunli juga menciptakan sendiri beberapa lagu buat Agha. Lagu-lagu tersebut adalah sebagai berikut:

Namanya Agha

Anak Bunli, namanya Agha
Anak manis anak lucu
Anak Yahyo, namanya Agha
Anak ganteng, anak pinter

Perut Kembung

Anak Bunli kembung perutnya dung  dung dung
Dung dung dung, dung dung dung, dung dung dung dung dung
Anak Bunli kembung perutnya dung  dung dung
Dung dung dung, dung dung dung,
bunyinya dung dung dung dung

Anak Sayang

Agha sayang, Agha manis
Anak sayang, jangan nangis
Anak manis, anak lucu
jangan nangis, senyum slalu
Anak sayang, anak manis
Anak sayang jangan nangis


45 komentar untuk “Lirik Lagu Anak-Anak”

  1. 1
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 10:17 pm
    tanggal 23 August 2009

    Tambahan untuk lagu Pelaut:

    “angin bertiup layar terkembang
    ombak berdebur di tepi pantai
    pemuda brani, bangkit sekarang
    ke laut kita, beramai-ramai…”

    Eh, lagu Pak Pos belum ada tuh! udah nggak ada surat ya, cukup pakai sms, hihihi
    .-= Andy MSE´s last blog ..Solve With It =-.

  2. 2
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:57 am
    tanggal 24 August 2009

    Hehehehe…. ini lagu2 1 kaset yang diperlukan kalau Agha rewel pas mobil berhenti kalau macet atau sedang lampu merah
    .-= Yuliazmi´s last blog ..Candle Light Photo with Agha =-.

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:19 pm
    tanggal 24 August 2009

    @Andy MSE
    Lagu pak email? hihihi
    Kring-kring ada email …

    @Yuliazmi
    Lagu satu kaset, maksudnya yang jadi kaset itu kami berdua wekekeke *kami tidak punya kaset lagu-lagu tersebut*

  4. 4
    Pradna
    berkomentar pada jam 11:18 am
    tanggal 25 August 2009

    jadi kalo pas macet, buka blog ini trus nyanyiin buat Agha… cool
    .-= Pradna´s last blog ..18th Linux Anniversary =-.

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 3:39 pm
    tanggal 25 August 2009

    @Pradna
    Gak perlu buka blog ini, kan sudah hafal :p

  6. 6
    orangutanz
    berkomentar pada jam 5:02 pm
    tanggal 31 August 2009

    anu, mohon saran untuk kereta api lebih baik diganti
    “jangan lupa beli dulu tiketnya”
    lebih rhyming… (kepoh.com)
    .-= orangutanz´s last blog ..BUKA-BUKAAN DI BULAN PUASA… =-.

  7. 7
    omond
    berkomentar pada jam 8:59 pm
    tanggal 3 November 2009

    saya nak cari tajuk lagu kanak-kanak ini…lagu nya bermula macam ni

    angin bertiup awan berarak,
    itu tandanya hari nak hujan….

  8. 8
    zepe
    berkomentar pada jam 5:22 pm
    tanggal 8 December 2009

    Makin banyak lagu2, cerita2 (film, sinetron, majalah), dll yang tidak mendidik..
    kalau pengen lagu2 anak dan cerita2 anak yang mendidik..

    saya buatkan blognya nih…
    klik aja..

    lagu2anak.blogspot.com

    atau

    funchildsongs.blogspot.com

  9. 9
    YOLANDA
    berkomentar pada jam 11:24 am
    tanggal 8 March 2010

    aduuuuhh mana not ny??? kok gk di sertakan??

  10. 10
    Zepe
    berkomentar pada jam 3:10 pm
    tanggal 27 March 2010

    HE IS TONO,
    HE IS A BOY.
    SHE IS TINI,
    SHE IS A GIRL.

    THEY ARE MY GOODFRIEND
    AND MY NEIGHBOURHOOD.

    itu lah sepenggal lagu yang telah saya ciptakan untuk membantu anak dalam belajar bahasa inggris.
    sebuah lagu yang sederhana namun mudah diingat dan dipahami oleh buah hati anda.
    untuk mendapatkan lagu tersebut berikut not angkanya??
    klik saja:
    http://www.lagu2anak.blogspot.com

    (zepe)
    .-= Zepe´s last blog ..Ronny, SI Anak Rakus =-.

  11. 11
    Anita
    berkomentar pada jam 8:38 pm
    tanggal 26 April 2010

    Situsnya bagus banget Kak Zepe….

    Makasih ya…

    http://www.lagu2anak.blogspot.com

    emang keren!!!

    Temen-temenku pada suka..

    Mereka bisa menari dan bernyanyi

    sambil belajar bahasa Inggris!!
    .-= Anita´s last blog ..Position =-.

  12. 12
    imaji79
    berkomentar pada jam 6:26 pm
    tanggal 4 May 2010

    mau lagu yang lain gak? ada banyak nih di blog ane. Buat yang udah tuaan bisa buat nostalgia. buat yang masih mudaan bisa buat bersenang-senang loh

  13. 13
    Rhiyo zZZz
    berkomentar pada jam 5:47 pm
    tanggal 12 May 2010

    Tambahin Lagu ya vierra donk!!

  14. 14
    henry
    berkomentar pada jam 9:53 pm
    tanggal 19 May 2010

    lagunya tetep keren og
    waspada pembajak hak cipta

  15. 15
    andilta
    berkomentar pada jam 6:56 am
    tanggal 30 August 2010

    wah ku suka banget lagu2 diatas,inget dulu waktu msih kcil, q jg termasuk bintang cilik.ayo kita nyanyi rame2

  16. 16
    Sipri Palit
    berkomentar pada jam 9:00 am
    tanggal 17 September 2010

    Saya senang mengoleksi lagu-lagu anak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Muda-mudahan masinh banyak lagi lagu yang kami dapat peroleh lewat situs ini

  17. 17
    Ubaid
    berkomentar pada jam 8:04 pm
    tanggal 16 December 2010

    sebaiknya notnya jga d sertakan…..

  18. 18
    HexSploit
    berkomentar pada jam 12:42 am
    tanggal 14 February 2011

    nie yang bikin suram anak indonesia
    liat angka pada warna nya (saya copy langsung dari lirik nya, kalau tidak percaya silahkan liat di atas {tue pun klo ga di rubah ma pembuat nya})

    “Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya
    Hijau(1) kuning(2) kelabu(3), merah muda(4) dan biru(5)
    Meletus balon hijau(6) dor, hatiku sangat kacau
    Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat”

    yang hijau muncul dai mana???
    ____________
    sebenar nya ga hanya lagu itu saja yang terlihat aneh, tapi lagu lain juga aneh dan semua itu tidak masuk akal seperti “Ambilkan Bulan Bu”, apakah ibu kita harus ke bulan??? sedangkan bulan lebih besar dari ibu. tidak hanya itu, lirik tersebut juga mengajarkan setiap anak untuk bermalas-malasan (makanya di indo banyak yang malas), dari kutipan “Ambilkan Bulan Bu” sudah mengartikan bahwa anak tersebut memerintahkan ibu nya, Dimana etika seorang anak jiga beranjak dewasa???

  19. 19
    HexSploit
    berkomentar pada jam 12:43 am
    tanggal 14 February 2011

    nie yang bikin suram anak indonesia
    liat angka pada warna nya (saya copy langsung dari lirik nya, kalau tidak percaya silahkan liat di atas {tue pun klo ga di rubah ma pembuat nya})

    “Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya
    Hijau(1) kuning(2) kelabu(3), merah muda(4) dan biru(5)
    Meletus balon hijau(6) dor, hatiku sangat kacau
    Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat”

    yang hijau muncul dai mana???
    ____________
    sebenar nya ga hanya lagu itu saja yang terlihat aneh, tapi lagu lain juga aneh dan semua itu tidak masuk akal seperti “Ambilkan Bulan Bu”, apakah ibu kita harus ke bulan??? sedangkan bulan lebih besar dari ibu. tidak hanya itu, lirik tersebut juga mengajarkan setiap anak untuk bermalas-malasan (makanya di indo banyak yang malas), dari kutipan “Ambilkan Bulan Bu” sudah mengartikan bahwa anak tersebut memerintahkan ibu nya, Dimana etika seorang anak jiga beranjak dewasa???

  20. 20
    HexSploit
    berkomentar pada jam 12:44 am
    tanggal 14 February 2011

    nie yang bikin suram anak indonesia
    liat angka pada warna nya (saya copy langsung dari lirik nya, kalau tidak percaya silahkan liat di atas {tue pun klo ga di rubah ma pembuat nya})

    “Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya
    Hijau(1) kuning(2) kelabu(3), merah muda(4) dan biru(5)
    Meletus balon hijau(6) dor, hatiku sangat kacau
    Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat”

    yang hijau muncul dai mana???
    ____________
    sebenar nya ga hanya lagu itu saja yang terlihat aneh, tapi lagu lain juga aneh dan semua itu tidak masuk akal seperti “Ambilkan Bulan Bu”, apakah ibu kita harus ke bulan??? sedangkan bulan lebih besar dari ibu. tidak hanya itu, lirik tersebut juga mengajarkan setiap anak untuk bermalas-malasan (makanya di indo banyak yang malas), dari kutipan “Ambilkan Bulan Bu” sudah mengartikan bahwa anak tersebut memerintahkan ibu nya, Dimana etika seorang anak jiga beranjak dewasa???

  21. 21
    HexSploit
    berkomentar pada jam 12:45 am
    tanggal 14 February 2011

    nie yang bikin suram anak indonesia
    liat angka pada warna nya (saya copy langsung dari lirik nya, kalau tidak percaya silahkan liat di atas {tue pun klo ga di rubah ma pembuat nya})

    “Balonku ada lima, rupa-rupa warnanya
    Hijau(1) kuning(2) kelabu(3), merah muda(4) dan biru(5)
    Meletus balon hijau(6) dor, hatiku sangat kacau
    Balonku tinggal empat, kupegang erat-erat”

    yang hijau muncul dai mana???
    ____________
    sebenar nya ga hanya lagu itu saja yang terlihat aneh, tapi lagu lain juga aneh dan semua itu tidak masuk akal seperti “Ambilkan Bulan Bu”, apakah ibu kita harus ke bulan??? sedangkan bulan lebih besar dari ibu. tidak hanya itu, lirik tersebut juga mengajarkan setiap anak untuk bermalas-malasan (makanya di indo banyak yang malas), dari kutipan “Ambilkan Bulan Bu” sudah mengartikan bahwa anak tersebut memerintahkan ibu nya, Dimana etika seorang anak jiga beranjak dewasa???

  22. 22
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:57 pm
    tanggal 14 February 2011

    @HexSploit
    Lho hijaunya memang ada toh??

  23. 23
    ardhanie
    berkomentar pada jam 8:24 pm
    tanggal 13 September 2011

    apa tidak ada not nya :D

  24. 24
    george
    berkomentar pada jam 10:01 am
    tanggal 14 September 2011

    benar om riyo , lagu anak anak sekarang sdh tdk terdengar lagi , hayo para musisi ciptakan kembali lagu terbaru utk anak2 …..generasi bangsa …

  25. 25
    bill
    berkomentar pada jam 10:09 am
    tanggal 14 September 2011

    benar om riyo …. anak ku aja klu naik mobil dari berangkat sampai pulang stel lagu dunia anak …..

  26. 26
    JON
    berkomentar pada jam 10:38 pm
    tanggal 7 December 2011

    DARIPADA KALIAN KOMEN DAN GANTI2 LIRIK SEENAKNYA, LEBIH BAIK BIKIN LAGU SENDIRI, KALO GANTI SESUATU MINTA IJIN DULU SAMA PENCIPTANYA…BIARKAN LIRIK LAGU LAHIR SEPERTI APA ADANYA.. MALU DONG

  27. 27
    angel girll
    berkomentar pada jam 6:42 pm
    tanggal 20 December 2011

    lagu yg paling bgus dari yg di atas lgu pa s?

  28. 28
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:06 pm
    tanggal 20 December 2011

    @JON
    ASAL KOMEN, BACA DULU BARU KOMEN JANG!

  29. 29
    vira
    berkomentar pada jam 9:09 pm
    tanggal 6 January 2012

    lagu-lagu yang berbahasa inggris, ditambah donk

  30. 30
    Ranger Pink
    berkomentar pada jam 11:20 am
    tanggal 9 January 2012

    Benar-benar keren dan lucuu… (^_^)

  31. 31
    Elisabet maranatha
    berkomentar pada jam 1:35 pm
    tanggal 16 February 2012

    kurang not angka&not baloknya

  32. 32
    inche
    berkomentar pada jam 5:53 pm
    tanggal 22 February 2012

    ow,,,yach,,,minta lirik lagu bahasa inggrisnya juga pak n yang banyak yach pak,,,,,,mkasih sbelumnya…

  33. 33
    febri
    berkomentar pada jam 5:11 pm
    tanggal 28 February 2012

    lagu nya yg sdh truzz di nyanyi kan,
    gw mau cri lgu anak2,
    tpi smua da tau gw,
    lgu ana2 ny,
    hanya itu doang,
    malaz pun gue cari pr l
    klaw begini,
    mending main fb,
    iya kan.

  34. 34
    blog keren
    berkomentar pada jam 3:01 am
    tanggal 18 March 2012

    lagunya cleopatra bagus. Itu lagu anak2 lho, da tahu khan?

  35. 35
    grinzzie
    berkomentar pada jam 7:50 pm
    tanggal 5 April 2012

    waaah terimakasih bny buat kumpulan lirik di atas..jd brusaha mengingat laguny..buat dinyanyikan kmbali ni buat baby adrian.. :)
    Thankss yaah

  36. 36
    diyah
    berkomentar pada jam 2:30 pm
    tanggal 7 June 2012

    makasih…

  37. 37
    nadila novia yusrina
    berkomentar pada jam 11:27 am
    tanggal 16 June 2012

    Gak ada lagu “selamat pagi semua kunantikan dirimu di depan kelasku ku naanti tak bisa baca tulis mengerti banyak hal guruku terima kasihku guruku tersayang, guruku tercinta tanpamu apa jadinya aku”

  38. 38
    edotz
    berkomentar pada jam 2:32 pm
    tanggal 17 July 2012

    waaah waaah …
    gue jadi gak enak udah nulis lagu anak-anak itu absurd ..
    jangan ditanggapi serius ya baaang :D

  39. 39
    gemes
    berkomentar pada jam 1:17 pm
    tanggal 22 August 2012

    kalaua udah hari libur mendingan main gemes di google pastikan asik

  40. 40
    yodi
    berkomentar pada jam 1:20 pm
    tanggal 22 August 2012

    minal adzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin

  41. 41
    adi
    berkomentar pada jam 11:15 am
    tanggal 4 September 2012

    tambah lagu
    sesuk dinane minggu
    aku kabeh ora mlebu
    neng umah karo ibu
    dolanan karo adikku.

  42. 42
    desie
    berkomentar pada jam 9:01 am
    tanggal 3 October 2013

    Thanks bgt….lagu2nya buat sikecil di rumah…..hbs byk lp lyric nya.hehe

  43. 43
    mala
    berkomentar pada jam 10:15 am
    tanggal 3 December 2013

    ada lagi yang belum, tukang bakso sama semut2 kecil..

  44. 44
    dewa
    berkomentar pada jam 9:18 pm
    tanggal 21 February 2014

    menanam jagung?

  45. 45
    cuma resep
    berkomentar pada jam 9:11 pm
    tanggal 19 May 2014

    Makasih kebantu banget :)

    cari di yutub gak ketemu, soalnya anak nyanyinya cuma sepotong (masih PG) – karena cuma sepotong, dikirain judulnya “dihutan ada rumah”.. eee.. gak taunya “pelanduk dan kelinci”

    makasih ya


Isi Komentar


  • *