Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

DP Tools

Dikirim: July 29th, 2009 | Oleh: | Kategori: Diary | 1 Komentar »

Bermula dari pekerjaan mengkonversikan sejumlah file excel yang memiliki banyak format ke dalam database MySql, akhirnya script yang dibangun tambal sulam, ganti model dan sebagainya digabung menjadi sebuah aplikasi web yang saya beri nama DP Tools (Data Pemilih Tools). Aplikasi ini bertugas sebagai konverter ribuan file Excel dengan berbagai variasi format ( yang formatnya jauh diluar perkiraan :d ) sekaligus memberikan laporan analisis terhadap data-data tersebut. Tentu semua dijalankan secara otomatis, tanpa ada campur tangan manual :)

Aplikasi ini sebenarnya saya persembahkan kepada KPU melalui IFES sebagai akibat dari rasa heran yang muncul atas pendataan DPS/DPT yang jauh dari pemanfaatan IT. Saya katakan jauh disini bukan berarti mereka tidak menggunakan IT, namun tools yang mereka gunakan sangatlah tidak tepat. Anda bisa membayangkan, dengan bermodal Microsoft Excel mereka mengentri data pemilih yang jumlahnya bisa jutaan, terbagi dalam beberapa worksheet dan file. Bagaimana bisa mereka melakukan analisis yang baik dengan situasi seperti ini?

Khususnya untuk analisis pencarian data ganda, penggunaan Excel hanya efektif dilakukan pada sebuah worksheet. Anda bisa membayangkan bagaimana bisa mereka melakukan pencarian data ganda yang tersebar di sekian ratus file Excel dimana masing-masing file memiliki puluhan Worksheet didalamnya?

Semula saya hendak membuat aplikasi yang nantinya disebar dan digunakan untuk mengentry data-data tersebut menggantikan fungsi Microsoft Excel. Namun waktu yang tersedia tidak memungkinkan untuk melakukan pelatihan di lebih dari 400 kabupaten/kota. Jadi saya ambil jalan tengah, mereka tetap menggunakan Microsoft Excel –artinya tidak memerlukan pelatihan karena mereka memang sudah terbiasa menggunakannya– dan saya membuatkan tools yang akan menerima file-file Excel tersebut melalui proses upload.

File-file Excel yang diupload tersebut selanjutnya akan masuk dalam antrian untuk diproses dan dikonversikan kedalam bentuk database terpusat. Dari database yang terkumpul, sistem akan melakukan analisis mencari data-data yang diduga adalah data ganda (duplikat), analisis umur dan ketidaklengkapan data. Selanjutnya, data-data hasil analisis ini akan didownload oleh masing-masing kabupaten/kota. Dari hasil laporan inilah diharapkan para KPUD Kabupaten/Kota akan melakukan perbaikan demi perbaikan sehingga data yang mereka kumpulkan dalam format Excel akan lebih berkualitas. File-file Excel yang sudah diperbaiki ini selanjutnya akan diupload kembali ke DPTools untuk kembali di analisis.


Satu komentar untuk “DP Tools”

  1. 1
    Fredrick
    berkomentar pada jam 11:59 pm
    tanggal 26 November 2014

    .

    ñýíêñ çà èíôó!!


Isi Komentar