Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Kerugian Menggunakan (Linux) Ubuntu!

Dikirim: June 23rd, 2009 | Oleh: | Kategori: Ubuntu | 108 Komentar »

imagesSetelah menggunakan Ubuntu selama hampir 3 tahun, saya akhirnya menyadari bahwa tanpa disadari, sistem operasi ini ternyata bisa merugikan penggunanya secara langsung. Berikut beberapa kerugian yang saya alami sejak 100% menggunakan Ubuntu untuk bekerja.

  1. Tidak pernah tahu berita perkembangan virus komputer
    “Mas, tahu virus xxx gak? ngilanginnya gimana sih?”
    Terus terang saya bingung kalau ada orang bertanya seperti itu. Bilang tidak tahu karena tidak pernah kena virus nanti dibilang belagu, tapi apa boleh buat, memang nyatanya seperti itu :d Dulu saya benar-benar mengikuti berita perkembangan virus karena memang ingin berjaga-jaga agar virus tersebut tidak menulari notebook yang saya miliki, atau minimal saya bisa membasminya jika memang tertular. Itu pula sebabnya banyak diantara teman-teman yang sering menanyakan cara memusnahkan virus kepada saya. Namun itu dulu, sekarang saya tidak pernah lagi mengikuti berita perkembangan virus.

    Notebook saya memang sudah sangat lama tidak tersusupi virus, atau mungkin tersusupi namun saya tidak sadar karena virusnya tidak bisa melakukan apa pun di Ubuntu.

  2. Tidak pernah tahu antivirus mana yang terbaik
    Sebenarnya ini merupakan akibat dari kerugian nomor satu diatas. Karena tidak pernah tertular virus maka saya pun tidak pernah lagi mencari-cari dan melakukan perbandingan antivirus mana yang terbaik.
  3. Tidak bisa mengkambinghitamkan OS
    Terkadang, BSOD, hang, file rusak, komputer dan serangan virus  bisa dijadikan alasan mengapa pekerjaan kita tidak selesai pada waktunya. Sayang hal ini tidak bisa dijadikan alasan di Ubuntu, karena memang nyaris tidak pernah terjadi ;)
  4. Tidak bisa mengajukan permohonan untuk mengupgrade hardware
    Cukup susah mencari alasan untuk mengajukan permohonan upgrade hardware. Hal ini dikarenakan Ubuntu (dan tentu seluruh distro linux lainnya) justru semakin mengoptimalkan kinerja di versi-versi berikutnya. Artinya, versi baru yang keluar bukan selalu harus diinstall di mesin yang punya kekuatan lebih dibandingkan mesin sebelumnya. Diluar itu, jika ternyata Ubuntu masih dianggap terlalu berat, masih ada alternatif lain yakni dengan menggunakan Xubuntu atau LinuxMint, distro lain yang memang dibuat untuk komputer berspesifikasi menengah kebawah.
  5. Lupa cara menginstall driver
    Ah, hampir semua driver peripheral sudah disediakan di Ubuntu. Jadi lupa deh kalau ternyata ada kegiatan menginstall driver ketika hendak menyambung peripheral tambahan :d Yang ada hanya bisa berkata, “Lho, harus install drivernya dulu?” :d
  6. Jadi lupa bagaimana meng-crack software bajakan
    Hahaha, ya.

Jadi ini sebenarnya kerugian apa keuntungan sih? “Ah, judul diatas sebenarnya hanya provokasi saja bagi Anda yang belum mencoba Ubuntu. Atau Anda sudah menggunakan Ubuntu? Lalu apakah Anda memiliki “kerugian” yang lain sebagai pengguna (Linux) Ubuntu?


108 komentar untuk “Kerugian Menggunakan (Linux) Ubuntu!”

  1. 1
    rangga aditya
    berkomentar pada jam 6:52 am
    tanggal 10 September 2009

    hehehe.. bisa aja… emang bener mas 100 persen terlepas dari jeratan mikocok? wahh hebat! saya juga insyaalloh kalow xp dah di support nanti 100 persen ubuntu. soalnya gedex engga ada diskon 80% off dari om bill gates karena telah menggunakan xp genuine. orang MacOSx aja upgradeannya cuman 25 dollar kalow engga salah….
    .-= rangga aditya´s last blog ..9-9-09 =-.

  2. 2
    reza aseli....
    berkomentar pada jam 2:17 pm
    tanggal 12 October 2009

    Huh…. Aku terpaksa pake Ubuntu…. karena salah nginstall…..

    tapi lama kelamaan asyik juga….. xixixixixii. cuman nih Modem hungkwe lum bisa nyambung-2 juga….. Ini yang masih bikin rugi….

    wkwkkkwkwk

  3. 3
    pengemis
    berkomentar pada jam 12:34 am
    tanggal 14 October 2009

    Wah, hampir aja naik pitam tuh liat judul Kerugian Menggunakan Linux Ubuntu…eh gak taunya cuma profokasi aja…

    Salam kenal mas, hehehe

    Hidup Ubuntu!!!

  4. 4
    d.o
    berkomentar pada jam 6:57 pm
    tanggal 17 October 2009

    HAHAHA untung gua pakek ubuntu jadi happy g da virus masuk hahahaha

  5. 5
    Laya
    berkomentar pada jam 8:42 pm
    tanggal 18 October 2009

    Waduchhh…mazz.. soft ubuntu dah punya nech, eh.. bingungnya he3,,,, mazz..applicationnya g punya,,,, downloadnya dimana yow….?
    H,,,i,,,D,,,u,,,PPPP…….UbUnTu….

  6. 6
    andy
    berkomentar pada jam 10:39 pm
    tanggal 20 October 2009

    jdi pengen nyoba linux…

  7. 7
    haris
    berkomentar pada jam 9:21 am
    tanggal 26 October 2009

    saya juga mengalami hal tersebut diatas, namun tambahan satu, yaitu kagak pernah maen need for speed, warcraft dan kawan-kawan. :D

  8. 8
    eko
    berkomentar pada jam 4:17 pm
    tanggal 26 October 2009

    inilah susahnya kenapa males pake linux. kerjaanku ngurusin virus di kantor. kalo pake linux malah kurang sering belajar soal bersihkan virus… :D

  9. 9
    dMk
    berkomentar pada jam 3:24 am
    tanggal 13 November 2009

    nggak pake linux lagi, gila 10 tahun aku menunggu CAD di linux gak nongol2, mungkin kalo Autodesk buka sourcenya AutoCAD baru ada openCAD, kayak StarOffice -> OpenOffice, Netscape -> Firefox, innotek vb -> virtualbox ose, dll. Hacker linux cuma bikin text editor doang….

  10. 10
    CJDW
    berkomentar pada jam 8:57 am
    tanggal 18 November 2009

    @orangutanz

    pa kabar om riyo…
    Btw, kalo pake ubuntu tetep bisa pake software design yg umum seperti photoshop, corel, illustrator, indesign, dan teman2 macromedia dan adobe lainnya ga ya?

    di linux dah banyak tuch program kayak buat software design…
    photoshop —> GIMP
    Dremweaver —> Quanta plus
    dll, cari aza di om google : )

    pokoknya UBUNTU T.O.P B.G.T dech… :D

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:13 am
    tanggal 18 November 2009

    @CJDW
    Hallo juga :)
    untuk lengkapnya silakan bisa dilihat disini:
    http://linuxappfinder.com/alternatives

  12. 12
    Cybernet13
    berkomentar pada jam 1:47 pm
    tanggal 29 December 2009

    Kalau anda Pgn tau tentang Semua Perkembangan Software gunakan 2 PC. yg satu untuk windows yg satunya lagi Linux n jangan lupa Online. pasti tau semuanya. malahan Saya sndr mau menggunakan Linux Ubuntu.

  13. 13
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:43 am
    tanggal 30 December 2009

    @Cybernet13
    Maksudnya? Kelihatannya Anda tidak membaca posting ini sebelum menulis komen ya? … soalnya komen Anda tidak nyambung. Doh.

  14. 14
    BudiBudiman
    berkomentar pada jam 11:50 am
    tanggal 21 January 2010

    Artikelnya bagus…. Aq jadi semangat pake linux…. rencananya mau beli DELL Vostro 1088 (bukan promosi) yg pake Ubuntu…. Pengen tau, ad gak aplikasi yg bisa buat linux jalanin program Windows? maklum nih aq masih lugu,,, masi bingung,, takut gk bisa pake AutoCad n klo pun harus pake aplikasi linux alternatif pengganti AutoCad, rasany males bgt buat belajar dari awal lagi …. ap harus dual booting dg windows? mkasi

  15. 15
    abimanyu
    berkomentar pada jam 12:23 am
    tanggal 9 February 2010

    saya lg tergila-gila karmic koala ney… tp msh ad kendala sama modem cmotech cgu-628, ad yg bs bantu???

  16. 16
    Endy Tatsuke
    berkomentar pada jam 4:55 pm
    tanggal 9 February 2010

    itu sih keuntungan yang dirugikan hahahaha… :D

    Tapi di Ubuntu saya pernah coba BitDefender versi Trial. Clamav kan juga bisa diupdate ^_^

  17. 17
    Jasiph
    berkomentar pada jam 5:29 am
    tanggal 10 February 2010

    Hahahah. Udah curiga ama judulnya. Sebagai pemakai ubuntu agak was-was bacanya. Apa selama ini saya sudah rugi pake Ubuntu? Hahaha ternyata…. TOP DEH. Nomor 1 itu emang bener loh. Sering bingung jawabnya. Emang gak berurusan ama virus. Masukin USB orang juga gak ada takutnya heheh. Artikel yang menyegarkan! Thanks.

  18. 18
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:43 am
    tanggal 10 February 2010

    @Abimanyu
    Mungkin bisa membantu?
    http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1380048

  19. 19
    ria
    berkomentar pada jam 8:39 am
    tanggal 18 February 2010

    hehehehe…tos dulu mas :D

    3 tahun pake linux juga aku ngerasain hal yang sama, untungnya komputer client di kantor masih pada pake windows asli dan aplikasi yg asli jadi terkadang harus turun tangan juga kalo terjadi masalah…hehehehe…
    .-= ria´s last blog ..Love and Linux =-.

  20. 20
    lemur
    berkomentar pada jam 10:58 am
    tanggal 18 February 2010

    hehe artikel yang bagus, mas ada lg kerugian nya pake linux kok ga bisa aktivasi os nya ya? kalo di jendela yg tentunya bukan “cap pak tani” mengutip dr sdr ari_san, kan musti aktivasi stlh install, lha ini linux sama sekali ndak ada aktivasi, trus kemudahan update, kalo di jendela agak ribet latihan klak-klik dgn motto kalo bisa dipersulit kenapa harus dipermudah? bikin orang nganggur, knp demikian? kalo di jendela kita disibukkan dgn virus musti pasang antivirus, cari antivirus terbaik, tutup lobang gali lobang, jd kalo boss nanya “bagaimana kerjaan kamu? sibuk ya?” >> boss demen nih kalo anak buahnya sibuk, tapi kalo pakai linux beeeeggghh… malah dibilang malas, trus ga produktif lah, menderitanya pakai linux…. :D

  21. 21
    yamato
    berkomentar pada jam 11:27 am
    tanggal 29 March 2010

    ubuntu tidak memiliki kelemahan hanya aja belum ditemukan , ubntu juga dapat dibuat dual boot juga dapat menscan folder diwindows

  22. 22
    yuwono
    berkomentar pada jam 9:46 am
    tanggal 4 April 2010

    he he he
    saya lama pake ubuntu, sekarang balik lagi ke mikocok karena tools2 untuk service handphone gak ada yang jalan di ubuntu.
    sayang juga sih mesti keluar duit lumayan banyak hanya untuk OS sama AV. yang lain2 sih pakenya yang freeware.
    coba phoenix bisa jalan di ubuntu?
    atau ada yang mau bikin deh phoenix yang bisa jalan di ubuntu, aku rela kok pindah lagi ke ubuntu.

  23. 23
    Ganda
    berkomentar pada jam 5:37 am
    tanggal 8 April 2010

    KERUGIANYA PAKE UBUNTU ADALAH :
    1.ADA FLICKER DI SREEN NOTEBOOK SAYA(MUNGKIN KARENA DRIVER VGANYA GK SUPPORT PADAHAL DAH GANTI 3 VERSI UBUNTU 8.10 ,9.04,9.10 SAMA 1 LINUX MINT 7)
    2.DI UBUNTU GK BISA LANGSUNG DENGERIN MUSIK MA LIAT MOVIE!HARUS INSTAL REPOSITORY YG JUMLAHNYA 86,7 ATAU 8 DVD 4 GIGA….WALAHHH CAPEKKK!!!!

  24. 24
    kimsanada
    berkomentar pada jam 9:07 am
    tanggal 9 April 2010

    saat ini saya lagi mengalami kerugian dalam arti sebenarnya.. karena emang kekurangtahuan saya mengenai ubuntu.. :'(
    gimana ya caranya munculin icon wireless sama sound yang biasa nangkring di pojok kanan atas?
    ada yang bisa bantu???

  25. 25
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:35 pm
    tanggal 11 April 2010

    @Ganda
    Nomor satu sepertinya memag driver graphic cardnya yg tdk sesuai. Tidak ada jalan lain kecuali Anda googling mencari tahu graphic card Anda.

    Nomor 2 salah besar! Repository yg Anda sebut adalah repository total dari seluruh program yg disediakan. Jika hanya menginstall apa yg Anda mau totalnya tidak lebih dari hitungan mega bahkan KB.

    @kimsanda
    klik kanan panel, lalu lik Add to Panel. Silakan pilih apa yg mau Anda tambahkan dari window.

  26. 26
    beni
    berkomentar pada jam 3:59 pm
    tanggal 14 April 2010

    slackware :D

    mash persiapan ke freebsd hehe…

  27. 27
    cpamungkas
    berkomentar pada jam 11:49 am
    tanggal 12 May 2010

    ada rugi ada jg untung,rugi na kudu begadang terus buat ngoprek ubuntu, untung na bisa kenal ubuntu dari versi 8.04 mpe 10.04, walau awal nya trauma ma linux mandrake 8.

  28. 28
    mbahdjoko
    berkomentar pada jam 7:30 pm
    tanggal 9 June 2010

    gw sukses jebol 5 server ubuntu modal gw cuma 1 kompi P2 doang pake win98 ama linuxmint……. usaha yang penting mah ……..dasar muka gratisan lo pada ….. kaya gitu aja diribetin apa yang menurut lo gampang ntu yang lo lakuin ….gitu aja ko repot… kaga mau modal + kaga mau susah x kaga mau usaha =mendingan nidup di utan aja lo semua…… gitu aja ko repot/////// hiks hiks hiks

  29. 29
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:35 am
    tanggal 19 June 2010

    @mbahdjoko
    gak ada yg repot kok … air beriak tanda tak dalam :))

  30. 30
    mahyudi
    berkomentar pada jam 12:53 pm
    tanggal 21 September 2010

    Pusing Banget dech mas, Apa karena saya mang rada gaptek ya ma IT makanya jadi ribet bgt nich pake ubuntu….

    aq biasa pake windows 7 n koneksi internet pake modem SU 9000 pake telkomsel flash….
    Coba2 pake ubuntu, modem flash saya malah ga bisa di pake n buat mutar mp3 ma vidio juga ga bisa…

    Aq coba mo update ke warnet temen n bawa laptop saya kesana, ternyata laptop saya juga ga nyambung buat internetan….

    Aq pgn bgt belajar pake ubuntu cuma tolong donk tutorialnya donk mas Rio….

  31. 31
    Ahdian Nurda
    berkomentar pada jam 10:46 am
    tanggal 30 September 2010

    saya sudah 2 stengah taun pake linux (ubuntu) banyak distro linux laen yang saya coba juga, bahkan keluarga solaris dan bsd juga..kalo minix belum sempet dicoba..

  32. 32
    Ken
    berkomentar pada jam 3:24 pm
    tanggal 17 October 2010

    setuju bozzz..
    cuman ada satu yg gw blm ngaarti mpe skrg.. yaito mainin game rune 0f magic indonesia via linux..
    gw pernah liat ma baca artikel luar negeri sono yang ngebahas mainin tuh game pake’ ubuntu .. via play on linux..
    kata dy sich berhasil jalanin.. smooth ‘n more faster.. tp tu kan game runes of magic yg diedarin di luar sono..
    jd yg pingin gq thu .. buat yg edar di indonesia.. cr mainin pake linux gmn yach?????

    Bahas total ya bozz

  33. 33
    razaq
    berkomentar pada jam 7:37 pm
    tanggal 10 January 2011

    keren..
    jJ ke blog saya donk^_^

  34. 34
    ibhe
    berkomentar pada jam 9:24 am
    tanggal 19 January 2011

    kerugian yg laen :
    aplikasi backtrack udah jalan di ubuntu,,,,
    jd rugi klo ndak ngoprek,,,,

  35. 35
    Rieant
    berkomentar pada jam 12:44 am
    tanggal 22 January 2011

    Sial.!!
    Hampir panas duluan baca judulnya…
    eee. rupanya cuma provokasi.
    wkckckcck

    cuma mau nambah kerugian laen make’ ubuntu
    7- G jadi maling lagi. hehehe

    Mantap

    “GO OPEN SOURCE”

  36. 36
    jo
    berkomentar pada jam 4:19 pm
    tanggal 27 January 2011

    Komen ane “hahaha… disaat orang-orang di kantor komputer-nya pada tewas.. ane yang make linux masih dengan rileks oprak-oprek… bisa juga ikut bantu2 ngatasin virus atau files yang hilang dari pandangan jendela.. haha..”

  37. 37
    De Chrish
    berkomentar pada jam 7:34 am
    tanggal 31 March 2011

    Trus dmana aku bsa dapetin Linux Ubuntunya??? :)

  38. 38
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:42 pm
    tanggal 6 April 2011

    @De Chris
    silakan download ISO-nya di http://foss-web.web.id

  39. 39
    jonathan
    berkomentar pada jam 2:26 pm
    tanggal 26 April 2011

    saluutt.. bisa tau sedikit tntng linux…
    btw, kalau bisa cara menggunakan linux tolonng di posting juga biar kami tau :)

  40. 40
    reza
    berkomentar pada jam 3:45 pm
    tanggal 11 May 2011

    uraian diatas hampir semuanya benar akan tetapi menurut saya kerugian2 di atas itu tidak akan terjadi jika si pemakai linux tersebut bergabung dengan komunity yg membahas tentang linux atau dengan kata lain tidak bersosialisasi dengan sekitarnya itulah keteledoran anda yg sangat fatal…….. dan permasalahan d’atas jika d’simpulkan anda kurang update……

  41. 41
    rachmad
    berkomentar pada jam 1:29 pm
    tanggal 20 August 2011

    waw.. jadi lebih baik pilih yang mana donk?

  42. 42
    hesyandi
    berkomentar pada jam 7:59 pm
    tanggal 10 September 2011

    mas.. saya pengen tau tutorial mengembangkan linux ubuntu sebelum saya pindah ke ubuntu.. kekhawatiran saya adalah saya tidak bisa mengembangkan ubuntu.. makasih mas..

  43. 43
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:33 am
    tanggal 13 September 2011

    @hesyandi
    kekhawatiran yang bagaimana maksudnya?

  44. 44
    Raditya adi perdana
    berkomentar pada jam 7:20 am
    tanggal 17 October 2011

    luar biasa jadi semakin yakin pengen migrasi ke linux, selama ini selalu dibayangi ketakutan kalau pake bajakan ntar laptop diambil polisi(kalo ga ditebus dijual). judulnya semakin ingin tahu seperti apa sih linux itu, selama ini saya cenderung beli cd2 linux tapi ga tahu instalasinya. thanks mas bro.

  45. 45
    Widya Walesa
    berkomentar pada jam 1:20 pm
    tanggal 8 November 2011

    Gak bisa koleksi stiker2 OS di badan notebook. Dapetnya selalu notebook non-OS. Jadi cuma punya stiker prosesor doang. Itu kerugian saya jadi pengguna Slackware ~10 tahun.

  46. 46
    aan
    berkomentar pada jam 7:00 am
    tanggal 9 November 2011

    hahahahaha jadi pengen tobat pake OS bajakan.Kapan ya bisa keturutan pake linux.
    tak siapin dulu aja

  47. 47
    Gotama Ndaru Sandi P
    berkomentar pada jam 8:16 pm
    tanggal 13 November 2011

    Haha artikelnya menarik mas. malah menurut saya beberapa kekurangan diatas merupakan kelebihan ubuntu… Harusnya kita ajak aja org yg kompinya kena virus buat pake ubuntu.hehehe

  48. 48
    TokoCatMobil5
    berkomentar pada jam 8:14 am
    tanggal 17 March 2012

    Astaga, artikel lama juga.. kebetulan hari ini aku genap 3 Tahun juga pake Ubuntu nya,. Baru nyadar “kerugian2nya” . Thanks sudah mengingatkan mas…. wkwkwkkw

  49. 49
    rockafello
    berkomentar pada jam 11:41 pm
    tanggal 23 March 2012

    waduh ane asli rugii banget kalo tau gini kenapa gk dari dlu yah… pake ubuntu… aduh…super nyesel2x banget2

  50. 50
    alwanasary
    berkomentar pada jam 9:33 am
    tanggal 21 April 2012

    ijin share bang


Isi Komentar