Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Kerugian Menggunakan (Linux) Ubuntu!

Dikirim: June 23rd, 2009 | Oleh: | Kategori: Ubuntu | 111 Komentar »

imagesSetelah menggunakan Ubuntu selama hampir 3 tahun, saya akhirnya menyadari bahwa tanpa disadari, sistem operasi ini ternyata bisa merugikan penggunanya secara langsung. Berikut beberapa kerugian yang saya alami sejak 100% menggunakan Ubuntu untuk bekerja.

  1. Tidak pernah tahu berita perkembangan virus komputer
    “Mas, tahu virus xxx gak? ngilanginnya gimana sih?”
    Terus terang saya bingung kalau ada orang bertanya seperti itu. Bilang tidak tahu karena tidak pernah kena virus nanti dibilang belagu, tapi apa boleh buat, memang nyatanya seperti itu :d Dulu saya benar-benar mengikuti berita perkembangan virus karena memang ingin berjaga-jaga agar virus tersebut tidak menulari notebook yang saya miliki, atau minimal saya bisa membasminya jika memang tertular. Itu pula sebabnya banyak diantara teman-teman yang sering menanyakan cara memusnahkan virus kepada saya. Namun itu dulu, sekarang saya tidak pernah lagi mengikuti berita perkembangan virus.

    Notebook saya memang sudah sangat lama tidak tersusupi virus, atau mungkin tersusupi namun saya tidak sadar karena virusnya tidak bisa melakukan apa pun di Ubuntu.

  2. Tidak pernah tahu antivirus mana yang terbaik
    Sebenarnya ini merupakan akibat dari kerugian nomor satu diatas. Karena tidak pernah tertular virus maka saya pun tidak pernah lagi mencari-cari dan melakukan perbandingan antivirus mana yang terbaik.
  3. Tidak bisa mengkambinghitamkan OS
    Terkadang, BSOD, hang, file rusak, komputer dan serangan virus  bisa dijadikan alasan mengapa pekerjaan kita tidak selesai pada waktunya. Sayang hal ini tidak bisa dijadikan alasan di Ubuntu, karena memang nyaris tidak pernah terjadi ;)
  4. Tidak bisa mengajukan permohonan untuk mengupgrade hardware
    Cukup susah mencari alasan untuk mengajukan permohonan upgrade hardware. Hal ini dikarenakan Ubuntu (dan tentu seluruh distro linux lainnya) justru semakin mengoptimalkan kinerja di versi-versi berikutnya. Artinya, versi baru yang keluar bukan selalu harus diinstall di mesin yang punya kekuatan lebih dibandingkan mesin sebelumnya. Diluar itu, jika ternyata Ubuntu masih dianggap terlalu berat, masih ada alternatif lain yakni dengan menggunakan Xubuntu atau LinuxMint, distro lain yang memang dibuat untuk komputer berspesifikasi menengah kebawah.
  5. Lupa cara menginstall driver
    Ah, hampir semua driver peripheral sudah disediakan di Ubuntu. Jadi lupa deh kalau ternyata ada kegiatan menginstall driver ketika hendak menyambung peripheral tambahan :d Yang ada hanya bisa berkata, “Lho, harus install drivernya dulu?” :d
  6. Jadi lupa bagaimana meng-crack software bajakan
    Hahaha, ya.

Jadi ini sebenarnya kerugian apa keuntungan sih? “Ah, judul diatas sebenarnya hanya provokasi saja bagi Anda yang belum mencoba Ubuntu. Atau Anda sudah menggunakan Ubuntu? Lalu apakah Anda memiliki “kerugian” yang lain sebagai pengguna (Linux) Ubuntu?


111 komentar untuk “Kerugian Menggunakan (Linux) Ubuntu!”

  1. 1
    koprawi
    berkomentar pada jam 1:38 am
    tanggal 25 April 2012

    Artikel ini saya banget mas . . .:)

    padahal saya dulu adalah pengkoleksi banyak software pak tani, sering berlangganan majalah yang ngasih antivirus. Sejak kenal sama Linux Dunia saya terbalik…

  2. 2
    pipessteel
    berkomentar pada jam 3:26 pm
    tanggal 27 April 2012

    Nice work!
    However, it seems the speed of price arising of steel products,like steel pipe,Flanges and Fasteners etc, eventually slow donwn presently!

  3. 3
    virmansyah
    berkomentar pada jam 5:55 pm
    tanggal 17 December 2012

    hehehe, saya pakai linux mint tapi agak ingat pertanyaan-pertanyaan di atas :D

  4. 4
    pemula ubuntu
    berkomentar pada jam 6:34 pm
    tanggal 17 December 2012

    asli saya bener-bener rugi banget-banget kenapa gak dari dulu pake ubuntu…:D
    salam kenal

  5. 5
    budinur
    berkomentar pada jam 2:15 pm
    tanggal 22 March 2013

    jiaaah ini siiih bukan kerugiaaan tapi andanya aja yang kurang blog walking nyari2 virus terbaruuu lagian juga gag bosen apa pakek OS bajakan???

    terus kalau masalah antivirusnya juga, kan ada internet jadi segala hal yang berhubungan dengan yang terbaru sudah ada internet tinggal agan-nya aja yang mau mencari informasinya atau bukan

  6. 6
    kamal
    berkomentar pada jam 7:50 pm
    tanggal 21 August 2014

    ih takut aku ama judulnya –,– dan aku kebalikan ama yg nomer 20-an, jadi banyak yg pinjem :v ……entah mungkin karena unik……oh iya aku pake versi 14.04 samsung nc108 :D

  7. 7
    azai
    berkomentar pada jam 5:39 pm
    tanggal 22 August 2014

    yg kebiasaan make win jelas merasa susah dengan sistem ubuntu,,,karna disana maen ketik perintah..(kira2 seperti itu)..

    tp kalo udah hapal perintah ubuntu,,dijamin berasa enaknya,,dan virus biasanya ga jalan,,,(ane ga pernah denger linux pernah ketular virus)..

    minusnya cuman kalo untuk ank gemer,,banyak app game ga jalan,,,sekian pendapat saya,..klo ada yg salah saya mohon mf,,makasih,,, :))

  8. 8
    Bradley
    berkomentar pada jam 3:19 am
    tanggal 28 November 2014

    .

    tnx for info!!

  9. 9
    Brandi
    berkomentar pada jam 11:44 pm
    tanggal 6 May 2016

    I think the susiipotpon here is that the laboratory system generates an abnormal flag for this result.I suspect that the EHR is just presenting the same report on screen as it would appear on paper.The laboratory staff should actually call the physician in charge of the patient and report the revised findings. That’s what used to happen …

  10. 10
    car insurance quotes
    berkomentar pada jam 9:27 pm
    tanggal 4 June 2016

    3b [78],Which leads me to believe that the worst has already happened and what we’ll have is flat prices for the next couple of years. If we don’t see acceleration in price declines by the latter part of this year, then we’ll know the bottom is near. To say we’re going to get 30% off of peak in this area is a dream.

  11. 11
    http://www.tna1.info/
    berkomentar pada jam 5:25 pm
    tanggal 15 July 2016

    Nous vivons une triste époque où mieux vaut ne pas mettre les doigts dans la machine judiciairo-médiatique: à peine est-on soupçonné que la présomption d’innocence éclate et que les journaleus vautours fouillent le moindre détail de votre vie susceptible de faire polémique et de vous enfoncer encore plus,sans aucun égard sur les répercussions pour la personne et ses proches…


Isi Komentar