Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Perangkap Nyamuk Photocatlyst TiO2

Dikirim: June 6th, 2009 | Oleh: | Kategori: Diary | 38 Komentar »

dsc02835Sebetulnya alat ini sudah kami incar sejak lama, namun karena harganya yang lumayan, maka pembeliannya haruslah melalui review dan review sehingga kami yakin alat ini benar-benar ampuh digunakan. Namun sialnya, sampai detik ini saya tidak pernah menemukan review lengkap yang ditulis dari pengguna perangkap nyamuk tersebut. Review singkat jutsru didapatkan dari seseorang ketika saya hendak membayar perangkap nyamuk ini di kasir. Katanya, dia sudah menggunakan perangkap nyamuk tersebut cukup lama dan hasilnya memuaskan. Apakah benar begitu?

Sudah hampir seminggu kami menggunakan alat ini, kesimpulannya alat ini ternyata benar-benar ampuh. Tipuan yang dibuat alat ini ternyata memang bukan isapan jempol, lapisan TiO2 yang terkena sinar UV pada alat ini membuat nyamuk mau menyempat diri melongok untuk kemudian terhisap :d Konon, lapisan TiO2 yang terkena sinar UV akan menghasilkan CO2, senyawa kesukaan nyamuk untuk mendekteksi kebaradaan mahluk hidup yang akan disedot darahnya. Ketika nyamuk ini mendatangi sumber CO2, nyamuk melihat cahaya UV yang kerap menggoda untuk didatangi hewan berkelas serangga. Disinilah kipas yang selalu berputar akan menyedot nyamuk tersebut untuk masuk dalam perangkap.

Memang nyamuk tidak sekonyong-konyong langsung mati. Nyamuk terperangkap didalam  kandang untuk menanti ajal akibat dehidrasi. Kejam bukan? :d

Hebatnya lagi, nyamuk-nyamuk ini termasuk mahluk dengan intelegensia yang rendah. Sehingga ketika seekor nyamuk sudah masuk perangkap, nyamuk ini tidak memberitahukan teman-temannya untuk menjauh. Yang terjadi, satu persatu justru ikut masuk dalam perangkap juga. Berbeda dengan hewan seperti tikus yang kerap membocorkan rahasia perangkap yang dipasang jika dirinya berhasil lolos :d


38 komentar untuk “Perangkap Nyamuk Photocatlyst TiO2”

  1. 1
    Dinda Watson
    berkomentar pada jam 3:30 pm
    tanggal 6 June 2009

    Huaw! Keren.. harganya berapa sih?

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:15 pm
    tanggal 6 June 2009

    @Dinda Watson
    harganya 400 ribuan

  3. 3
    rio2000
    berkomentar pada jam 5:03 pm
    tanggal 6 June 2009

    ha ha ha …. sadis…..

    tapi sebenernya lebih sadis pakai baygon atau photocatlyst TiO2 ? :D

  4. 4
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:08 pm
    tanggal 6 June 2009

    @rio2000
    Lebih sadis yang ditepok =))

  5. 5
    jimmy
    berkomentar pada jam 5:50 pm
    tanggal 6 June 2009

    mas di dalamnya ga ada kawat listrik ya? saya pernah lihat yang seperti itu ada kawat listriknya, jadi begitu nyamuk tersedot, dia langsung mati kesetrum.. hehe tetep sadis sih

  6. 6
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:16 pm
    tanggal 6 June 2009

    @jimmy
    Gak ada kawat listriknya, jadi gak berisik ctek ctek :)

  7. 7
    gagahput3ra
    berkomentar pada jam 12:59 am
    tanggal 7 June 2009

    Wew…sadis ni….ati2 ketahuan Komnas HAN (Hak Asasi Nyamuk) :))

  8. 8
    musa
    berkomentar pada jam 4:39 am
    tanggal 7 June 2009

    Kalo urusan nyamuk, memang tada ampun!

  9. 9
    otholo
    berkomentar pada jam 11:28 pm
    tanggal 7 June 2009

    Walaupun mahal yang penting sekarang bebas nyamuk :)

  10. 10
    suci
    berkomentar pada jam 7:47 am
    tanggal 8 June 2009

    whuaaaaaa sadis! tapi saya tetep milih cara tradisional sih… ditepok heheheeeeeeee

  11. 11
    Chic
    berkomentar pada jam 11:11 am
    tanggal 8 June 2009

    chic [bertanya] beli di mana itu Mas? (woot)

  12. 12
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:53 pm
    tanggal 8 June 2009

    @Chic
    Banyak kok di swalayan2 besar
    Kalau saya belinya di Hardiskon Summarecon Mall Serpong

  13. 13
    sufehmi
    berkomentar pada jam 10:45 am
    tanggal 9 June 2009

    Kejam bukan? :d

    Mukanya demen amat :D

    btw; thanks infonya yaa… 2 tahun yang lalu saya juga beli perangkap nyamuk, tapi waktu itu belum ada di Indonesia. Jadinya beli langsung dari Australia :) lebih mahal ongkos kirimnya (weks) :(

    Jadi ada judul untuk jalan2 ke Summarecon lagi, hehe

  14. 14
    adinata
    berkomentar pada jam 9:37 am
    tanggal 12 June 2009

    kira – kira – mampu membunuh berapa nyamuk ya ???

  15. 15
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:43 am
    tanggal 12 June 2009

    @adinata
    Ya tergantung dengan banyak nyamuknya lha :p
    Besar kecil ruangan juga pasti mempengaruhi.

  16. 16
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 5:51 am
    tanggal 13 June 2009

    alinea terakhirnya bikin ngekek poll… huahaha…
    *walaupun mahal, ini perangkap nyamuk yang ramah lingkungan, tanpa racun sama sekali…*
    saya pernah bikin sendiri dari bekas petromax, pengumpannya sinar UV juga, tapi pembunuhnya pakai aliran listrik semacam di raket listrik itu. cukup efektif, sayangnya sekarang rusak karena jatuh, lagian semenjak anak2 besar jadi jarang dipakai.

  17. 17
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:03 pm
    tanggal 13 June 2009

    @Andy MSE
    Buat lagi pakdhe, cara membuat hingga jadinya di posting :)

  18. 18
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 4:58 am
    tanggal 18 June 2009

    Aku dah pernah coba, kalo menurutku kurang efektif.
    Coba ovitrap. Jadi prinsipnya menangkap jentik2 nyamuknya agar tidak menjadi dewasa.
    http://rosyidi.com/mosquito-trap/
    .-= Rosyidi´s last blog ..Hindari Berurusan dengan Meja Hijau =-.

  19. 19
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:34 am
    tanggal 21 June 2009

    @Rosyidi
    Perangkap nyamuk seperti yang dijelaskan dalam link diatas itu lebih tepat untuk mencegah nyamuk, mengurangi populasi nyamuk, bukan melenyapkan nyamuk yang sudah berterbangan ngieng2 di sekitar kita seketika :)

  20. 20
    alee
    berkomentar pada jam 9:42 am
    tanggal 25 June 2009

    biarin dech keliatan kejem n sadis abis nyamuknya juga ngeyel sih,kadang kalo didiemin malah ngelunjak abis..
    nyamuknya cuma satu tapi temennya boooo pasukan TNI kalah kali banyaknya

  21. 21
    orangutanz
    berkomentar pada jam 9:54 am
    tanggal 25 June 2009

    Om, kalo lampunya abis ribet ga nyari gantinya?
    Terus itu produksi CO2nya apa kaga bahaya buat ruang tertutup or ruang bermain anak?

    kebayang korban CO2 yang pada telanjang di ancol euy…

  22. 22
    maela
    berkomentar pada jam 12:56 am
    tanggal 9 August 2009

    biar balik modalnya, harus menangkap berapa nyamuk om.. trus, mtbf-nya berapa jam? hehe ..
    .-= maela´s last blog ..Tebarkan Humor di Tempat Kerja =-.

  23. 23
    isal
    berkomentar pada jam 11:11 am
    tanggal 20 August 2009

    400 ribu kemahalan om. harga aslinya 275.000.
    Ini lihat reviewnya di blog ane

  24. 24
    Fris
    berkomentar pada jam 5:06 pm
    tanggal 21 August 2009

    Waduh makasih infonya om. Beberpa waktu yang lalu bapak saya sempat membeli pukulan nyamuk lebih dari empat buah. Baru dipakai dua bulan semuanya modar. Bukan nyamuknya sih, pukulan nyamuknya rusak semua kuwalahan ngadapin nyamuk dirumah. Mau kasih tahu bapak ah alat ini.

  25. 25
    Hamdi Pelmanto
    berkomentar pada jam 12:20 pm
    tanggal 5 September 2009

    belinya di jakarta dimana?? apakah ada spartpartnya kalau rusak??

  26. 26
    deDy gomenk
    berkomentar pada jam 11:46 am
    tanggal 13 September 2009

    biaSa aj…..

    yG lBih kEreN 2 aLat pMbunuHx pKe kWat yG d’alIri lIstRik…

    jD pRiNsiP kRjax kYk raket lIstRik,tP bNtuk lampU…

  27. 27
    andi
    berkomentar pada jam 3:59 pm
    tanggal 22 September 2009

    Boleh tuh kayanya saya tertarik, tapi berapa sih harganya ?

  28. 28
    raya_simpLy
    berkomentar pada jam 4:15 pm
    tanggal 8 January 2010

    gW bru nemuin yang lebih sederhana nih….
    klO nyMuk eMg suKa samA CO2, yang gampNg dari hasil reAksi FERMENTASI.
    Coz, hasil dari fermentasi CO2 yang dihasilkN luMyan banyAk.
    Kira”, cuKplaH bwt newasin 1000 ekoR,heheh….

  29. 29
    furniture minimalis
    berkomentar pada jam 6:44 am
    tanggal 28 May 2010

    kalau ditempat yg berAC apa tetap bermanfaat? karena AC kan membuatnya jadi dingin. lampunya menjadi tidak begitu panas lagi.

  30. 30
    Deri Kermelita
    berkomentar pada jam 12:12 pm
    tanggal 27 December 2010

    kalo da mask perngkp nyamuk lsg mati apa tdk…belinya dmn ? harga brp ….aku mau beli jg donk

  31. 31
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:07 am
    tanggal 28 December 2010

    @Deri
    Nyamuk nggak langsung mati, tapi lama2 akan mati krn dehidrasi. Sudah banyak yang jual, coba cari di swalayan, harganya sekitar 300-400rb

  32. 32
    KomAN
    berkomentar pada jam 10:10 pm
    tanggal 19 March 2011

    Yang sudah pakai berapa tlg diinfo dong efektif untuk seberapa luas.

    Nih kalo Harga sekitar Rp500rb-an

    Liat di http://www.glodokshop.com/detail_barang.php?barang=Tissor+Mosquito+Trap&kat=MTYyNA==

  33. 33
    yonobae
    berkomentar pada jam 12:19 am
    tanggal 25 June 2011

    nyamuk akan selalu ada, selama masih ada darah,, mari kita pikirin dari sekarang utk ngerubah kesukaan nyamuk dari darah ke nasi,,,karena nasi harganya masih terjangkau,,,

  34. 34
    rojas
    berkomentar pada jam 12:22 am
    tanggal 25 June 2011

    sepertinya perlu dicoba nih,,,dimatiin satu,,datang sepuluh,,gak abis-abis,,,

  35. 35
    anisa
    berkomentar pada jam 12:55 pm
    tanggal 4 July 2011

    haha.. komen2nya pada lucu2 semua. bkin melek di siang bolong. alat ini ada dijual di carref*ur, ada yang murah 80 ribu (lagi diskon). ada juga yang 200 rb. tp akhirnya saya beli raket karena duit lg cekak. ampun deh bisingnya, ctak ctak!! sadis juga pake raket, langsung pada kobong nyamuknya. cuman baunya ga kuaat..! boleh nih nabung dl buat beli alat ini..

  36. 36
    Mr.Saran Sehat
    berkomentar pada jam 1:31 pm
    tanggal 5 November 2011

    Hi Riyo. saya juga awalnya tertarik dengan alat ini. tapi setelah melakukan survey di internet, saya mengurungkan niat.

    beberapa penelitian mengungkapkan bahwa partikel TiO2 yang terpapar pada tikus, telah menyebabkan kerusakan DNA pada tikus tersebut. hanya dalam 5 HARI! Yg mana ini diindikasikan bisa memicu kanker.

    Walaupun penelitian belum sampai pada bukti kanker, karena mmg penyebab kanker sendiri masih kabur.

    saran saya, silahkan google “tio2 danger”.

    Salam,
    [Mr. Saran Sehat]

  37. 37
    fey
    berkomentar pada jam 5:05 pm
    tanggal 5 November 2011

    ada efek samping bagi manusia gak mas?
    pake raket nyamuk lebih asyik. mantab suaranya jk pas dapetin nyamuk.”pletak-pletek” :-)

  38. 38
    zona99
    berkomentar pada jam 1:31 am
    tanggal 8 November 2011

    terimasih infonya gan


Isi Komentar


  • *