Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Stop Merokok!

Dikirim: March 1st, 2009 | Oleh: | Kategori: Diary | 49 Komentar »

Satu dari Resolusi 20091213 insya Allah akan saya jalankan, yakni menghentikan kebiasaan saya untuk merokok. Jadi terhitung sejak tanggal 1 Maret 2009 saya berniat untuk berhenti merokok secara total untuk selamanya. Hal ini saya lakukan dengan 4 alasan utama. Pertama adalah isu kesehatan, karena biar bagaimana pun tidak merokok adalah lebih sehat dibandingkan merokok, dan saya sudah tahu ini sejak saya merokok :(. Kedua, tentu ingin membuat istri saya makin sayang hehehe :d. Ketiga adalah keinginan saya melihat Riyo’s Junior –yang insya Allah lahir di pertengahan bulan ini– menjadi manusia yang tidak merokok, tentu saya sebagai orang tuanya harus memberi contoh  :) Dan yang terkahir, keempat adalah keinginan saya untuk mengajak bapak mertua dan kakak serta adik-adik saya untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Mudah-mudahan dengan melihat saya berhenti, mereka pun terpanggil untuk ikut berhenti merokok.

Berhenti gara-gara fatwa haram? Ah tidak, karena saya sudah merencanakan untuk berhenti merokok jauh-jauh hari sebelum fatwa kontroversial itu di launching :d

Banyak teman dan sahabat disekitar saya meragukan bahwa saya akan benar-benar berhenti merokok. Mereka tetap mengira bahwa apa yang saya lakukan ini adalah guyonan, stop membeli rokok tapi meminta rokok teman :))  Tidak, yang benar adalah saya berniat berhenti merokok untuk selamanya.

Namun, meskipun saya berhenti merokok bukan berarti saya menjadi anti perokok. Maksudnya, jangan sungkan untuk tetap merokok di sekitar saya. Saya memang memutuskan untuk berhenti merokok, tetapi saya tidak memutuskan untuk menjauhi perokok :) Jadi silakan saja. Berhenti merokok itu tidak bisa dipaksakan, karena harus datang dari hati dan keinginan sendiri. Bahkan, sakit pun tidak lantas membuat orang berhenti merokok kecuali sebentar yakni saat sedang sakit saja :d

Baik, dengan mengucap Basmallah:  sesuai dengan Resolusi 20091213 utama nomor 2  –setelah mengurangi kebiasaa merokok– saya memutuskan pertanggal 1 Maret 2009 untuk mematuhi resolusi tersebut yakni berhenti merokok sama sekali . Semoga saya diberi kekuatan dan semangat untuk tetap menjalankan resolusi tersebut selamanya. Amin.


49 komentar untuk “Stop Merokok!”

  1. 1
    ilamona
    berkomentar pada jam 6:49 am
    tanggal 1 March 2009

    moga niat baik ini tercapai. Amin.

  2. 2
    ndin
    berkomentar pada jam 8:29 am
    tanggal 1 March 2009

    good luck!

  3. 3
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:23 am
    tanggal 1 March 2009

    Amiiin…

    Makasih ya Yang :kiss:

  4. 4
    aerapianggis
    berkomentar pada jam 11:42 am
    tanggal 1 March 2009

    sukses mas …:huray:

  5. 5
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 11:44 am
    tanggal 1 March 2009

    :) semoga niat baik mendapatkan jalan yang mudah…
    *kapan ya saya brenti merokok?? :-? :d

  6. 6
    jamsoi
    berkomentar pada jam 2:37 pm
    tanggal 1 March 2009

    wish u all the best deh om! ^:)^

  7. 7
    Blog Archive • JAMSOI
    berkomentar pada jam 3:15 pm
    tanggal 1 March 2009

    […] While commenting Om riyo resolution on quit smoking, I found an interesting mistake or logic in the comment widget. I was […]

  8. 8
    probodj
    berkomentar pada jam 7:58 am
    tanggal 2 March 2009

    [ot]
    Kenapa bukan resolusi 20081213?
    [/ot]

  9. 9
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 3:50 am
    tanggal 4 March 2009

    semoga bisa berlanjut hingga selama lamanya. Kalo berdasarkan cerita dari temen2 godaan yg terberat adalah ajakan orang lain untuk kembali. Jangan sampai tergoda ya :)

  10. 10
    Edi Psw
    berkomentar pada jam 9:26 am
    tanggal 4 March 2009

    Untung aku nggak ngerokok.

  11. 11
    Drajat AG
    berkomentar pada jam 9:11 pm
    tanggal 4 March 2009

    Semoga langkah baik anda bisa tertularkan kepada saya yg samapi sekrang belum isa berhenti merokok dan para perokok lain

  12. 12
    Ersis Warmansyah Abbas
    berkomentar pada jam 11:18 pm
    tanggal 4 March 2009

    Sip … saya memang sedang program mengurangi merokok bergaya evolusi … makasih ya postingan ini semakin menambah bensin untuk berhenti he he

  13. 13
    Poeboe@84
    berkomentar pada jam 9:29 pm
    tanggal 10 March 2009

    wooow, srius nich berhenti! Good luck

  14. 14
    otholo
    berkomentar pada jam 5:23 pm
    tanggal 10 April 2009

    Semoga tidak tergoda lagi ^:)^

  15. 15
    Icha
    berkomentar pada jam 11:12 am
    tanggal 11 April 2009

    Yah,,Yah,,Yah.. :-?
    Harus Stop merokok.. :dancing:
    Karena umur orang yang suka merokok relatif singkat

  16. 16
    Surya
    berkomentar pada jam 3:14 pm
    tanggal 31 August 2009

    Ah .. rokok itu secara perlahan tapi pasti akan membunuh satu-satu penggemarnya!!
    So, mau sehat, MATIKAN ROKOK SEKARANG JUGA!!
    Segeralah berhenti merokok, sebelum rokok itu menghentikan seluruh kesehatan, karir dan cita-cita Anda!

  17. 17
    sujana
    berkomentar pada jam 6:29 pm
    tanggal 19 March 2010

    susah bener berhenti merokok, ada yang atu gak cara jitu berhenti merokok…

  18. 18
    Nh!z@
    berkomentar pada jam 8:34 pm
    tanggal 22 March 2010

    Kapan y pacarku mau mendengarkan aku untuk berhenti merokok….????

  19. 19
    tiga imuet
    berkomentar pada jam 9:37 pm
    tanggal 23 March 2010

    merokok tidak d HrUzkAn uNtk bErhNti…bcOz…ini sdH nNjadi kbiasaAn sE2OrNg,,,UmuMnya yang MrkOk…….ThaNkz

  20. 20
    melilea
    berkomentar pada jam 7:50 pm
    tanggal 25 July 2010

    God Luck !!!! semoga semakin banyak manusia yang seperti anda :)

  21. 21
    mengurangikebiasaan rokok | Iccan16's Blog
    berkomentar pada jam 12:55 pm
    tanggal 28 August 2010

    […] Stop Merokok! […]

  22. 22
    RgagukIp
    berkomentar pada jam 2:23 pm
    tanggal 29 August 2010

    Ya, saya jadi semangat untuk berhenti meroko…
    trim bos…

  23. 23
    Perokok Cerdas
    berkomentar pada jam 5:30 am
    tanggal 3 October 2010

    Silakan mengunjungi http://merokokcerdas.blogspot.com untuk mendapatkan penjelasan dari sisi yang berbeda mengenai rokok.
    Terima kasih..

  24. 24
    didik
    berkomentar pada jam 11:28 pm
    tanggal 13 November 2010

    Kakek saya adalah perokok berat yg seharinya bisa habis 6 bungkus kretek (bukan filter lho) dan beliau meninggal di usia 76 tahun karena sakit jantung. Kakek saya yg satunya juga perokok kretek berat meninggal di usia 65 tahun karena keserempet truk. Saya juga punya kakek angkat yg juga perokok berat dan meninggal di usia 95 tahun karena sakit demam (mungkin jatah usianya di dunia sudah habis). Merokok adalah kegiatan yg unik dan hanya dapat dirasakan kenikmatannya oleh orang2 yg melakukannya. Orang2 yg tidak merokok akan mengalami kesulitan utk melukiskan nikmatnya kegiatan merokok. Kebanyakan orang2 yg sehat sampai usia tua, umumnya/mayoritas adalah perokok berat; ini adalah pengamatan sehari2 yg saya lihat di lapangan (terutama di kampung2 dan wilayah pesantren tradisional). Mungkin ini adalah kesimpulan yg prematur, yaitu; di tempat/kota yg polusi udaranya sangat tinggi dan tingkat stress yg juga tinggi, rasa2nya merokok adalah salah satu alat untuk melepas/menghilangkan pengaruh polusi yg masuk ke tubuh/stress yg menghantui jiwa. Walhasil, jika anda ingin panjang umur seperti kakek2 saya dan orang2 lain yg sehat hingga masa tuanya, maka merokoklah agar anda mempunyai ketahanan tubuh yg sangat tinggi dari berbagai penyakit (terutama penyakit2 baru)! Atau anda ingin mencari tahu dulu, berapa panjang usia anda di dunia yg ingin anda capai?? 50/60tahun, 70/80 tahun,
    90/100 tahun atau bahkan lebih?

  25. 25
    didik
    berkomentar pada jam 11:28 pm
    tanggal 13 November 2010

    Betul komentar anda semua! Lain otak (pikiran) lain isinya… Terlalu banyak orang yg berkaitan dengan rokok; mulai dari petani tembakau, pengepul, bandar, pedagang/toko & karyawannya, pabrik2 dan puluhan ribu karyawannya. Bila perkebunan mau diberangus (gaya2 PKI nih..) dan pabrik2 rokok ditutup; maka kita harus mau memberi ganti ladang usaha bagi mereka, minimalnya menanggung biaya hidup mereka & keluarganya selama sekian lama sampai mereka mendapat usaha/pekerjaan yg memadai. Bila tidak mau; maka anda yg mahasiswa bisa disebut mahasiswa yg tidak bertanggungjwb, anda yg dokter bisa disebut dokter yg tdk bertanggungjwb, anda yg tukang ibadah bisa disebut sbg tukang ibadah yg lari dari tanggungjwb. Atau paling nggak, anda wajib memikirkan atau mengganti besarnya pajak pendapatan yg diperoleh negara dari rokok yg nilainya trilyunan rupiah! Pajak yg digunakan utk kelangsungan pembangunan negara dan kembali buat kesejahteraan rakyat; atau kita berharap negara ngutang lagi…?? Dokter2 mestinya bersyukur bahwa tetap ada pasien yg datang untuk berobat dan membeli obat (obat yg dibuat dari bahan2 kimia yg juga beracun…). Kalau semua orang di dunia sehat, akan terjadi ketidakseimbangan; dokter kekurangan pasien yg berakibat berkurang pendapatan dan bisa2 fakultas kedokteran akan kosong selama satu abad ke depan…… Bertambahnya jumlah penduduk karena semuanya pada terlalu sehat juga sangat membahayakan; karena lapangan pekerjaan akan maha sempit; pemerintah akan kewalahan dan semuanya pasti menderita. Bagaimana dg binatang2 buas seperti singa, harimau dan buaya yg lebih banyak merugikan daripada manfaatnya; yg membuat hidup manusia tidak tenang & nyaman? Semestinya dibunuh/dibasmi?? Harus Ada Keseimbangan di dalam kehidupan ini…!! Salaaam!

  26. 26
    5 Tips Berhenti Merokok | Baturaja Online
    berkomentar pada jam 8:26 pm
    tanggal 25 November 2010

    […] saya, bagaimana saya berubah dari seorang perokok kuat menjadi perokok biasa hingga akhirnya berniat stop sama sekali. Percayalah, hal ini bukanlah perkara yang mudah kecuali disertai dengan kekuatan niat. Sebelum […]

  27. 27
    elice
    berkomentar pada jam 6:37 pm
    tanggal 5 December 2010

    ehmmmmmmmmmmmmmmmmm 0rMut

  28. 28
    Aqwam Z.A.
    berkomentar pada jam 12:00 am
    tanggal 7 January 2011

    Ayahku perokok berat nih…..
    susaaaaaaaaaaaaaah banget suruh berhenti….
    tips yg td udah ku saranin n nyatanya g berhasil juga….
    apa ada tips yg lebih lagii???????

  29. 29
    anyunz
    berkomentar pada jam 11:50 pm
    tanggal 20 January 2011

    … w bakal berhenti merokok .. doain ya

  30. 30
    kids typing games | typing lessons
    berkomentar pada jam 3:45 am
    tanggal 27 January 2011

    saya perokok berat mas.. blm bs berhenti.. belum bs ato blm mau y?.. hehehe..

  31. 31
    albert.edison
    berkomentar pada jam 7:10 am
    tanggal 30 March 2011

    Sebagai perokok aktif , saya sangat mengerti alasan yang sangat kuat utk merokok adalah kenikmatan, kecemasan, kebiasaan.
    Saya pikir rokok tidak ada kadar kecanduan yang berarti. Namun karena terlalu bebas beredar sehingga sudah menjadi kebiasaan.
    Kecemasan akan pekerjaan atau kurang percaya diri dengan aktivitas akan membuat anda stress dan kembali lagi merokok.
    Orang yang merokok sebenarnya sedikit2 adalah tipe orang yang suka mencoba melarikan diri dari masalah.

    Hal yang terpenting dalam berhenti merokok adalah :
    1. Lakukan perlahan-lahan. Jangan dipaksa karena semua hal yang dipaksa maka akan semakin sulit dilakukan. Seperti air semakin ditekan semakin melawan. Jadi di saat anda sudah siapkan waktu yang tepat. Di saat anda tidak banyak aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Mgkn itu saat yang tepat utk mencoba stop merokok 1 hari / 2 hari / dst..

    2. Dekatkan diri dgn banyak belajar agama karena rokok adalah alasan melarikan diri dari masalah. Sebaiknya kita mengatasi dengan belajar agama sehingga hati lebih tentram. Yakinlah pasti anda akan berubah.

    3. Lingkungan anda dengan yang tidak merokok. Karena mau tidak mau, suka tidak suka, “Jika anda tidak bisa mengubah lingkungan anda sebaiknya anda keluar atau menghindarinya”. Lingkungan membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan anda.

    4. Cari alternatif lain untuk memindahkan kebiasaan merokok anda.
    Cara saya :
    a. Hari rabu, Saya pertama beli permen Vicks Mint dan Jahe. Kemudian mulut semakin masam. Berarti tidak cocok.
    b. Hari kamis, Saya beli permen FOX yang rasa buah berry dan fruitty
    c. Ternyata FOX berry cocok dengan saya sehingga saya beli hingga 4 bungkus. Di hari ke-1 saya makan hingga 1 bungkus untuk menghilangkan kebiasaan merokok.
    d. Hari ke-2 stop merokok, Ternyata matahari tetap terbit dari timur dan terbenam dari barat. Badan terasa segar dan tidak cape padahal kondisi udara dan cuaca sekarang sudah sangat ekstrim biasanya orang cepat cape. Apalagi racun dimasukkan ke badan.
    JIKA ANDA GELISAH?? itu hal biasa. Tenang saja itu hanya proses awal. Saya sudah 8 tahun tidak pernah satu haripun stop merokok.
    Bisa dibayangkan saya stop merokok apa yang terjadi?? Stop Bekerja dan beraktivitas. GELISAH, EMOSI DAN CEMAS. Itu biasa saja karena proses awal.
    e. Hari ke-3, Semua menjadi lebih baik. Pertama saya takut ketika saya stop merokok saya akan menganggu lingkungan karena emosi, khawatir tidak bisa beraktivitas, khawatir bekerja tidak maksimal… semua mengenai kekhawatiran. Ternyata merokok hanya membuat saya cepat cape saja. Biasa pukul 5 sore sudah cape padahal masih muda. Sejak stop merokok 3 hari saya bisa beraktivitas hingga jam 12 malam dan bangun pagi lagi jam 6.
    Biasanya karena racun yang masuk, keringat badan saat beraktivitas akan berbau. Sejak mulai berhenti, keringat tidak berbau.
    Ternyata dengan stop merokok semua menjadi lebih baik, tidak ada rasa cape. Hanya nafsu seksual sangat meningkat bagi saya.
    Jadi saya sarankan untuk anda yang disfungsi seksual sebaiknya jgn pikirkan uang terus atau kerjaan terus coba luangkan beberapa hari ga merokok. Nanti anda akan membenci rokok itu sendiri setelah ada yang didapat lebih baik. paling tidak anda tidak mengandalkan rokok sebagai solusi masalah anda.
    f. Hari ke-4, Semua semakin baik. Tidak ada rasa kebutuhan sama sekali. Dan saya sangat senang karena aktivitas kerja saya bisa bertambah sangat lama. Aku ingin melakukan pekerjaan yang berguna bagi hidupku.
    g. Hari ke-5, Bangun tidurku semakin hari semakin pagi. Kerjaku semakin efektif. Hilang kenikmatan kecil dari “rokok tersayangku” namun aku mendapat “hasil yang lebih baik”
    Hidup memang pengorbanan dan dagang. Saya pilih hasil yang lebih baik haha.. Anda Mau Coba ;p

    Life is about balance. The More You Push, The More it Go. Sedikit pengalaman dari hidupku :) Semoga bermanfaat teman-teman.

  32. 32
    Share With Irfan
    berkomentar pada jam 9:38 pm
    tanggal 26 May 2011

    Wah..selamat dan sukses sudah berhasil menghentikan kebiasaan merokok. Aku masih belom nih mungkin entah kapan. Soale hari-hari ku di kiri kanan depan belakang semuanya merokok, mau ngga merokok sendiri nanti dibilang teman ngga solider..bingung deh…

  33. 33
    Hari
    berkomentar pada jam 10:02 pm
    tanggal 27 May 2011

    wah, ane malah tambah banyak ngrokonya nich…ngeri juga…

  34. 34
    Cientha'na Fidya
    berkomentar pada jam 4:07 pm
    tanggal 16 June 2011

    hhhmmmmmmzzzz
    smooking is bad habiet..
    so says good bay to cigarette..

    ^^_._._^^

  35. 35
    joy
    berkomentar pada jam 10:51 pm
    tanggal 21 June 2011

    Niat niat niat ….itulah kunci nya dan jangan coba-coba yang lain

  36. 36
    joyo
    berkomentar pada jam 10:52 pm
    tanggal 21 June 2011

    setuju apa enaknya sih ngerokok ….merusak mata…………
    matapencaharian

  37. 37
    joy
    berkomentar pada jam 10:59 pm
    tanggal 21 June 2011

    ganti aja bro dgn permen

  38. 38
    joyo
    berkomentar pada jam 11:00 pm
    tanggal 21 June 2011

    lebih baik uang beliin aja minunan juice kan lebih sehat ..setuju ?!!!

  39. 39
    tjang
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 21 June 2011

    stop lah merokok , jgn tambahin polusi udara yg sdh semakin kotor …. agar anak cucu kita dapat tumbuh sehat

  40. 40
    Vanie
    berkomentar pada jam 3:32 pm
    tanggal 23 June 2011

    yang sudah terlanjur menjadi perokok coba untuk dikurangi dan lama2 bisa berhenti merokok, jadi uang nya bisa untuk kebutuhan yang lain. Pasti susah sih..tp mesti harus semangaaaattt…

  41. 41
    Santakano 234
    berkomentar pada jam 2:17 pm
    tanggal 19 July 2011

    bagi saya merokok merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam berbagai kesempatan,,, tiga komponen yang tidak bisa di pisahkan yakni waktu,tenaga,dan uang…… namanya merokok terasa begitu nikmat dan rasanya buat hidup lebih berarti,,,,,,,,

  42. 42
    lentho's
    berkomentar pada jam 10:24 am
    tanggal 20 August 2011

    Begitu sulitnya berhenti merokok, mungkin ada paranormal punya tips2 yg jitu?

  43. 43
    dodoy
    berkomentar pada jam 1:53 pm
    tanggal 30 September 2011

    susah menghilangkan rokok.. tidak bisa saperti bikin pisang goreng sekali jadi.. perlu tahapan.. tapi kadang kalanya rokok meninmgkatkan inspirasi baru.. :) btw thanks ya gan info nya sangat bermanfaat..

  44. 44
    miske
    berkomentar pada jam 1:56 pm
    tanggal 30 September 2011

    thanks ya mas infonya… klo emang susah berhenti rokok.. cara pakai hipnotis aja kali yaah.. setiap ada rokok kita mau muntah..hehehehehe

  45. 45
    Clifton
    berkomentar pada jam 10:32 pm
    tanggal 19 November 2014

    .

    ñýíêñ çà èíôó.

  46. 46
    john
    berkomentar pada jam 4:19 pm
    tanggal 22 November 2014

    .

    tnx for info.

  47. 47
    jay
    berkomentar pada jam 9:20 am
    tanggal 29 November 2014

    .

    ñïàñèáî.

  48. 48
    jual suara walet
    berkomentar pada jam 8:22 pm
    tanggal 13 October 2016

    magus mas artikel nya kren 2 jempol

  49. 49
    Alat pemotong bawang
    berkomentar pada jam 12:17 am
    tanggal 23 October 2016

    Berhenti merokok sangatlah sulit
    alat pemotong bawang


Isi Komentar