Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Ubuntu

Dikirim: December 12th, 2008 | Oleh: | Kategori: Ubuntu | 49 Komentar »

Melanjutkan posting sebelumnya, Hampir Setahun Dengan Ubuntu, saya hendak menyampaikan berbagai keuntungan yang telah saya peroleh setelah menggunakan Ubuntu. Mungkin di beberapa hal lebih tepat dikatakan manfaat menggunakan Ubuntu. Tentu keuntungan atau manfaat serupa bisa juga didapatkan pada distro linux lainnya meskipun tidak sama secara spesifik. Berikut beberapa keuntungan atau manfaat tersebut.

  • Gratis
    Hal ini sudah menjadi ciri khas utama dari Ubuntu. Jika ada yang gratis dan memiliki kemampuan yang sama dengan sistem operasi lainnya yang tidak gratis, apalagi memiliki bayak kelebihan, kenapa tidak dimanfaatkan? Dengan menggunakan Ubuntu paling tidak kita bisa berhemat dalam situsasi dan kondisi perekonomian yang kurang kondusif saat ini.
  • Tidak ada virus, trojan ataupun malware
    Salah satu yang membuat saya memutuskan untuk menggunakan linux, dalam hal ini Ubuntu, adalah banyaknya virus yang bersliweran di dunia sistem operasi Windows. Pernah suatu ketika hardisk saya ‘habis’ hanya karena sebuah flashdisk yang ditancapkan pada USB notebook. Entah kenapa, mungkin karena virusnya baru, anti virus yang saya gunakan sama sekali tidak memunculkan warning atau sejenisnya. Padahal saya selalu rajin mengupdate antivirus yang digunakan.
    Nah, karena virus agak sulit hidup di lingkungan Linux, maka saya tidak perlu lagi pusing-pusing mencari antivirus terbaik dan selalu mengupdatenya. Saya pun tidak pernah khawatir lagi ketika ada sebuah flashdisk yang ditancapkan pada USB, atau tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan aktifitas di internet karena takut akan malware atau pun trojan.
  • Stabil
    Nah yang satu ini kelihatannya tidak (atau mungkin belum) bisa ditandingi oleh Windows. Saat saya menggunakan Windows saya kerap mengalami yang namanya ‘hang’ yang hanya bisa diselesaikan dengan mereset komputer. Di Ubuntu hal seperti ini sangat jarang terjadi. Tidak percaya? Silakan coba dan bandingkan ;)
  • Aman
    Linux sebagai turunan dari sistem operasi Unix memang terkenal dengan masalah keamanannya. Berbeda dengan sistem di Windows, di Linux seorang pengguna tidak bisa melakukan apa pun sebatas operasi-operasi yang berhubungan dengan file-file miliknya sendiri. Di Ubuntu,  satu-satunya cara untuk melakukan installasi, menghapus, merename dan menambahkan sesuatu kedalam sistem hanyalah dengan menggunakan perintah sudo, yang dilanjutkan dengan pertanyaan password. Hal ini kelihatannya mulai diimplementasikan di Windows Vista, sayang  implementasinya masih belum sempurna.
    Dengan sistem keamanan seperti ini lah, virus (jikalau pun ada) akan sulit hidup di Ubuntu.
  • Tidak terlalu membutuhkan hardware berspesifikasi tinggi
    Ubuntu tidak membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi. Bahkan ada banyak distro turunan Ubuntu yang sengaja dibuat untuk digunakan pada komputer-komputer dengan spesifikasi yang minim.
  • Update OS dan aplikasinya secara keseluruhan
    Windows memiliki Windows Update yang sayangnya hanya mengupdate sistem operasinya dan produk-produk Microsoft lainnya. Sementara di Ubuntu update akan dilakukan tidak hanya pada sistem operasinya tetapi pada seluruh aplikasi yang diinstall menggunakan repository.
  • Sudah terdapat banyak sekali repository yang diletakkan pada server-server lokal
    Dengan menggunakan repository yang ada pada server-server lokal, maka kegiatan menginstall dan mengupdate sistem dan aplikasi menjadi lebih cepat. Selain itu, karena hampir semua aplikasi yang kita butuhkan terdapat dalam repository maka risiko penyebaran virus (jikalau pun ada) bisa dihindari. Banyak virus menyebarkan dirinya melalui berbagai aplikasi bajakan, ah … Anda sudah pasti tahu mengenai hal ini ;)
  • Tidak perlu pusing mencari crack atau keygen :d
    Sudah bukan rahasia lagi, para pengguna Windows akan selalu disibukkan untuk mencari crack atau keygen agar aplikasi atau tools yang akan digunakan bisa dimanfaatkan :p Tentu berikut crack untuk menggunakan sistem operasinya :d Nah, hal ini tidak perlu dilakukan di Ubuntu karena hampir semua aplikasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan dari repository-nya dengan gratis!
  • Tampilan desktop yang bisa diubah semaunya
    Anda dengan mudah dapat mengganti tampilan default dari Ubuntu (baik GNOME atau KDE) jika memang tidak menyukainya. Bahkan, Anda bisa menggunakan desktop-environtment yang lain selain GNOME atau KDE, ada Xfce, Fluxbox, IceWM, EDE, Enlightenment, Window Maker, Openbox, Blackbox dsb. Semua disediakan (lagi-lagi) secara gratis!
  • Bisa belajar
    Hampir semua yang ada di linux besifat opensource. Lalu apa keuntungannya? Jika Anda adalah seorang programmer maka Anda dengan mudah bisa mempelajari berbagai hal di linux dengan membuka dan mempelajari dari source code-nya. Tetapi ingat, jangan sembarangan mengubah dan mengakuinya sebagai hasil karya Anda :p
  • Memungkinkan untuk membuat distro sendiri :)
    Jika Anda tidak puas dengan dengan Ubuntu yang ada, Anda bisa membuat sendiri distro turunan Ubuntu yang isinya sesuai dengan  kebutuhan Anda. Selanjutnya distro ini bisa Anda gunakan untuk keperluan pribadi, kantor atau pun akan disebarkan sebagai distro baru bikinan Anda ;)
  • Komunitas yang selalu siap membantu
    Terdapat banyak sekali komunitas pengguna Ubuntu yang siap membantu jika Anda menemui kesulitan atau masalah. Anda bisa masuk kedalam milis Ubuntu atau sekedar mencari solusi dengan memanfaatkan Google. Hampir semua masalah bisa diatasi hanya dengan modal mencari dan membaca ;)
  • Yang terakhir adalah, paling tidak saya sudah bisa mengurangi dosa di sektor IT :)

Catatan:
Banyak tuduhan tidak bertanggungjawab yang saya dapatkan. Saya dituduh sebagai manusia yang anti dengan produk Microsoft, padahal saya sama sekali tidak anti. Kalau pun saya dibilang anti, saya hanya anti sebatas pada mereka yang menggunakan produk-produk Microsoft bajakan –anti pada prinsipnya lho ya, bukan sama orangnya :) Jika memang mampu membeli Windows beserta aplikasi-aplikasi lainnya kenapa tidak? Tidak ada salahnya toh? Kalau tidak mampu membeli, kenapa harus ‘keukeuh’ menggunakan bajakan? Toh ada Ubuntu atau distro linux lainnya? Kalau mampu membeli, kenapa juga masih menggunakan bajakan? Kalau alasannya adalah untuk bekerja … nah ingat, bekerjalah sebisa mungkin menggunakan tools yang halal :)


49 komentar untuk “Berbagai Keuntungan Menggunakan Ubuntu”

  1. 1
    gagahput3ra
    berkomentar pada jam 10:03 pm
    tanggal 12 December 2008

    Setuju, pada intinya menggunakan Ubuntu memang banyak keuntungannya daripada kerugiannya, tapi sebenarnya judul postingan ini bisa juga dirubah jadi “Berbagai Keuntungan Menggunakan Linux” ya :p

    *suka openSUSE juga selain ubuntu soalnya :)) *

    gagahput3ra’s last blog post..Because now I only see my dreams…

  2. 2
    mr.bambang
    berkomentar pada jam 10:41 pm
    tanggal 12 December 2008

    Wahh… tumben nih udah posting lagi. :-o Semangat ngeblognya sudah tumbugh lagi ya? <:-P

    mr.bambang’s last blog post..Selamat Hari Raya Idul Adha 1429

  3. 3
    robee
    berkomentar pada jam 7:30 am
    tanggal 13 December 2008

    Mau full pindah belum bisa nih mas..
    di kampus OS nya masih MS bgt..
    tugas-tugas pun harus hasil dari OS jendela-jendela..

    sedih nya..

  4. 4
    hanif
    berkomentar pada jam 1:56 pm
    tanggal 13 December 2008

    Kebanyakan hardware yang dipasang tidak perlu driver tambahan & biasanya otomatis terdeteksi :upil:

  5. 5
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 7:54 pm
    tanggal 14 December 2008

    1. banyak hal saya sepakat, terutama soal keamanan termasuk aman dari virus, kestabilan, dan kebutuhan resource yang tidak banyak menuntut. kali ini saya pakai intrepid ibex di celeron 1.5 dengan memory 512. lancar-lancar wae tuh… keren kan???
    2. soal update dll… lha ini justru seringkali jadi permasalahan dan kelemahan… ketika diinstall sendirian tanpa akses internet beberapa hal pasti nggak jalan… (untungnya seringkali tertutupi dengan kelebihan, sekali install semua katut –persis seperti komentar mas hanif)…
    3. soal memungkinkan membuat distro sendiri, sepertinya ini hal yang tidak bisa saya capai, saya hanyalah penguna saja, hehehe

  6. 6
    KaiToU KiD
    berkomentar pada jam 5:37 am
    tanggal 15 December 2008

    pokoknya bisa semua, deh.. di windows maupun ubuntu :D

  7. 7
    didit
    berkomentar pada jam 10:46 am
    tanggal 15 December 2008

    wah.. saya masih belum sukses ‘upgrade’ ubuntu studio saya nih..
    pengennya sih install dari awal, tapi kok gagal terus waktu detect disk ya.. (saya pakai card FastTrak TX2000). padahal waktu install ubuntu studio Hardy lancar aja loh..
    sekarang lagi mau coba pakai versi desktop Intrepid, kalo masih gagal juga.. hmm.. masa balik lagi pakai Hardy?

  8. 8
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 10:52 am
    tanggal 17 December 2008

    hehehe, sudah posting lagi , boleh juga nih nanti di link kalau aku bikin posting soal Ubuntu juga :)

  9. 9
    norjik
    berkomentar pada jam 5:26 pm
    tanggal 17 December 2008

    Setuju bro, Linux memang menyediakan tantangan untuk maju !. Beda dg microsot windows yg tampil slalu serba ada ….bikin org banyak terlena dan lupa :d <:-P

  10. 10
    aLe
    berkomentar pada jam 4:17 pm
    tanggal 18 December 2008

    Blm familier dg Ubuntu
    *msh pengguna Jendela* ^^
    :d

  11. 11
    widik
    berkomentar pada jam 9:41 pm
    tanggal 18 December 2008

    Penegennya pake linux, tapi kerjaan di kantor mengharuskan pake M$, Jadi ya belajarnya setengah-setengah hehehe…

  12. 12
    ari_san
    berkomentar pada jam 11:50 am
    tanggal 20 December 2008

    Waaaah.. kalo ini saya juga setuju dg Bang Riyo….. sekarang dalam proses migrasi kok Bos… btw.. ini saya br pk gratisan wifi d Amplas Jogja.. lt 3.. eh ada yg kasih sticker “Powered by Ubuntu Linux”… hehehe.. klop Deh… tapi sayang.. saya belum sempet nanya mas-nya yg kasih stiker itu siapa.. eh masnya udah ngabur duluan… :D

  13. 13
    CKCybers
    berkomentar pada jam 11:48 am
    tanggal 24 December 2008

    Menarik :D , aku sendiri lagi mau coba UBuntu tapi hanya sebatas Virtual saja :) nanti mungkin akan migrasi ke Ubuntu :)

  14. 14
    eenx
    berkomentar pada jam 4:07 pm
    tanggal 26 December 2008

    Miss u ubuntu, sudah lama sejak mendapatkan hadiah “windows vista” tidak bercengkrama dan tertawa bersama lagi.

    Sudah pesen “8.10” tapi belum datang juga :D

  15. 15
    andi felani
    berkomentar pada jam 1:23 pm
    tanggal 29 December 2008

    yup ubuntu emang yahut <:-P

  16. 16
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 2:13 pm
    tanggal 3 January 2009

    Saya belum terlalu sanggup mengatakan selamat tinggal pada Footbal Manager -bajakan pastinya =))

  17. 17
    hielmy
    berkomentar pada jam 8:19 am
    tanggal 15 January 2009

    setuju banget mas, semua yang disebutin diatas saya rasakan semua, termasuk “tuduhan” anti microsoft segala. saya nggak anti kok, bahkan saya nggak pernah menyebut mereka denan mikocok Microsuck atau micro$oft dan semacamnya. kenapa mesti sentimen gitu? apa juga dosa mereka terhadap anda secara pribadi? iya ga? ada juga kita2 yang dosa sama MS udah pake produk bajakan ^:)^
    tp secara pribadi saya udah betah banget pake ubuntu.

  18. 18
    Mega
    berkomentar pada jam 4:37 pm
    tanggal 15 January 2009

    Saya setuju. alhamdulillah. mari kita berjuang bareng, saudaraku… ^:)^ ^:)^ ^:)^

  19. 19
    dani
    berkomentar pada jam 5:35 pm
    tanggal 22 January 2009

    tanpa melihat brand yg diusung, saya vote for linux aja :D
    tp benar bahwa kadang lingk pendidikan dan kerja masih banyak yg “tergantung” pd suatu sistem operasi :(

  20. 20
    adi
    berkomentar pada jam 9:19 am
    tanggal 12 February 2009

    Keren penjelasannya bosss. bisa nggak beritahu bagaimana cara menggunakan mulai dari aplikasi dan sebagainya. Terus semangat untuk berkarya…..!!!!!!!!!!!! :) :) :) :smile: :alapu:

  21. 21
    Lutvi
    berkomentar pada jam 8:59 am
    tanggal 24 February 2009

    Apa sih keuntungan dari linux dan apakah linux itu gratis?
    dan apakah program open source sangat cocok pada linux?

  22. 22
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:13 pm
    tanggal 24 February 2009

    @Lutvi
    Ubuntu itu linux, jd keuntungan dari Linux ya kurang lebih seperti yang sudah saya terangkan diatas. Dan sudah tentu, Ubuntu itu gratis.
    Program opensource sudah pasti cocok dengan linux.

  23. 23
    Adi
    berkomentar pada jam 8:17 pm
    tanggal 26 February 2009

    Hm, saya juga pingin banget pake Ubuntu. Tapi kartu grafis tidak mendukung. Saya pake Axioo NVE818PC, kalo g salah kartu grafisnya VIA.
    Klo ada saran, mohon email bang ^:)^ ^:)^

  24. 24
    Adi
    berkomentar pada jam 8:18 pm
    tanggal 26 February 2009

    Halah, saya dari tangerang kok kedetek Australia :)) :)) =)) =)) . Tanda2 mau lulus S2 Australi nih :d :d

  25. 25
    goen
    berkomentar pada jam 2:32 pm
    tanggal 14 May 2009

    Padahal baru mikir mo diformat ulang, bawaannya Ubuntu, dah mo diganti XP or Vista, krn baca postingannya Bapaknya Agha, ga jadi deh … mo nyoba pake Ubuntu aja.

    – udah pernah usus buntu, dah dioperasi !!

  26. 26
    yogiie
    berkomentar pada jam 9:17 pm
    tanggal 18 May 2009

    sya mengenal linux pada tahun 2006 ..
    awal ada seorang senior di kampus menggunakan suse.. nah kemudian saya tertarik dan mencobanya.. yah awal nya iseng-iseng..pengentahu aja siech trus, pada akhir tahun 2008 saya mengunakn ubuntu 8.04 (hardy heroen)

    dan saya mau bikin TA pake ubuntu nih …. ada yang bisa bantu gak kalau ada kirim file tutorial nya ke sene ya yoga.fratama@gmail.com

  27. 27
    kurniawan danu
    berkomentar pada jam 12:29 pm
    tanggal 29 September 2009

    mas, mas, mau nanya, caranya pindah dari xp ke ubuntu 100 % gemana ya?
    kebetulan saya pengen pindah ni.
    trus spek driver bagemana supaya saya bisa install ubuntu di laptop saya (acer extensa 4620).
    trims banget atas jawabannya.

  28. 28
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:21 am
    tanggal 2 October 2009

    @kurniawan danu
    Coba jalankan saja dulu menggunakan Ubuntu Live CD. Biasanya Ubuntu tidak membutuhkan driver2 tambahan, jadi tinggal install OS nya dan gunakan :)

  29. 29
    muzzy vadel
    berkomentar pada jam 1:29 pm
    tanggal 15 November 2009

    nero 8 pny LG bs gk ya maz dipake di ubuntu?

  30. 30
    anwar
    berkomentar pada jam 9:09 pm
    tanggal 28 November 2009

    bagus sekali apa yang ditulis, saya setuju bangeet. Kami berusaha akan migrasi ke Ubuntu

  31. 31
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:11 am
    tanggal 29 November 2009

    @Muzzy Vadel
    Kenapa harus pakai nero? di ubuntu sudah ada software serupa namanya brasero, sudah menjadi software default installasi di ubuntu (artinya saat Anda menginstall ubutu, software ini sudah terinstall didalamnya)

    @Anwar
    Sip, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat :)

  32. 32
    ragiel cah jogja
    berkomentar pada jam 12:35 pm
    tanggal 4 December 2009

    seru nih, baru belajar oh agak sedikit rumik karena kebiasaan dengan MW…….haha

  33. 33
    rangga aditya
    berkomentar pada jam 5:13 am
    tanggal 5 December 2009

    sejak kenal ubuntu jadi enggak terlalu nafsu ingin memiliki laptop high performance layaknya ketika fokus di windows

  34. 34
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:23 am
    tanggal 5 December 2009

    @rangga
    Betul banget :d

  35. 35
    Dewa
    berkomentar pada jam 4:57 pm
    tanggal 19 July 2010

    ku mau cobak deh……….
    bikin web server dan dns server pake ubuntu…..
    klihatan nya lebih asik dri red hat ne….

  36. 36
    Catatan » Blog Archive » Tips Menjadi 100% Pengguna Linux (Ubuntu)
    berkomentar pada jam 10:19 pm
    tanggal 1 October 2010

    […] terkait: Berbagai Keuntungan Menggunakan Ubuntu Gerakan Mengurangi Dosa di Sektor […]

  37. 37
    obar
    berkomentar pada jam 11:09 am
    tanggal 6 December 2010

    ubuntu makyusssss…

  38. 38
    cms
    berkomentar pada jam 5:15 am
    tanggal 24 February 2011

    terimakasih, sya sekarang pake ubuntu… hoho

  39. 39
    Various Benefits Using Ubuntu « mysains2011
    berkomentar pada jam 7:25 am
    tanggal 20 March 2011

    […] Source: riyogarta.com […]

  40. 40
    sutrisno
    berkomentar pada jam 8:50 am
    tanggal 28 November 2011

    semangat kawan, semoga ubuntu semakin jaya. tidak hanya di pake golongan tertentu akan tetapi di pake semua (umum). ada hal yang perlu kita cermati, melihat perkantoran dan yang lainya, ngk usah jauh jauh di pemerintahan aja masih banyak mengunakan bajakan. berarti banyak dosa ya hahaahahaaa…..

  41. 41
    Ade Malsasa Akbar
    berkomentar pada jam 12:40 pm
    tanggal 30 November 2011

    Posting seperti inilah yang sangat diperlukan oleh pengguna yang masih kosong mengenai Linux. uat saya, posting Mas Rio ini dengan posting Mas Frijal (http://frijal.com/perangkat-lunak-populer-gnulinux/) bisa saling melengkapi promosi ke pengguna awam :D

    Semangat terus, Mas! Tetaplah gunakan yang halal lagi baik.

  42. 42
    arie kusuma
    berkomentar pada jam 2:49 am
    tanggal 10 December 2011

    saya sudah baca dari atas ampek bawah. jujur emg linux ubuntu tuh keren abiessss. gag ada tandingannya.
    tapi, masalahnya saya belum punya server linuk. dimana download ya? yang punya link nya info donk. thnk…

  43. 43
    Muhammad Wahyu Nur Pratama
    berkomentar pada jam 8:45 pm
    tanggal 17 January 2012

    kalau main game Windows kayak GTA IV, Counter Strike : Source gitu bisa ngga di jalankan di Ubuntu?

  44. 44
    Moh.Tafwidi Sukri
    berkomentar pada jam 10:43 am
    tanggal 2 May 2012

    Okey saluuuuuuuuuuuuuuuuuuut dengan Ubuntu.

  45. 45
    murdi
    berkomentar pada jam 5:16 pm
    tanggal 30 December 2012

    ya nggak gratis 100% sih, beli CD/DVD installernya nya 30 ribu perak, trus konek internetnya…..Tapi emang kok Ubuntu sekarang (12.04) udah enak dipakai nggak seperti yang dulu-dulu…..

  46. 46
    Bagz
    berkomentar pada jam 3:42 pm
    tanggal 20 January 2013

    Linux sekarang memang lebih berkmbang dibanding sebelum2nya..
    klo boleh ngasih saran sih buat narik pengguna MS, coba kasih distro yang agak mirip dengan os MS, biar pertama kali tidak terlalu rumit.. klo boleh kasih saran sih, coba dlu pclinuxos, tampilannya ciamik khas KDE, makan resource nya lebih kecil dibandingkan distro2 lainnya(pengalaman saya). BTW nice artikel bang :)

  47. 47
    David
    berkomentar pada jam 8:05 pm
    tanggal 7 July 2014

    Slah satu ny yg lain ini
    -Berguna. Ketika anda hendak memformat harddisk, anda menggunakan Windows XP. Itu akan merusak harddisk, bahkan motherboard anda. Karena setelah format, tidak ada pilihan untuk keluar instalasi sistem operasi sehingga komputer harus dicabut dari listrik supaya format harddisk tidak berlanjut instalasi Windows XP. Sedangkan dengan Linux, anda bisa lakukan format harddisk dengan aman karena ada LiveCD, masuk ke sistem komputer tanpa harus menginstalnya.

  48. 48
    daryl
    berkomentar pada jam 8:13 pm
    tanggal 22 November 2014

    .

    ñïàñèáî!

  49. 49
    Karl
    berkomentar pada jam 4:53 pm
    tanggal 26 November 2014

    .

    good info!!


Isi Komentar


  • *