Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Mouse Dan Touchpad

Dikirim: September 8th, 2008 | Oleh: | Kategori: Uncategorized | 55 Komentar »

Entah pasnya tahun berapa ketika untuk pertama kalinya saya menggunakan mouse. Saat itu saya agak bingung bagaimana mensingkronisasikan gerakan tangan agar cursor di layar bergerak sesuai dengan kemauan. Tidak sedikit pula saat itu yang merasa sulit menggunakan mouse, bahkan beberapa ada yang anti menggunakannya dan memilih mengoperasikan komputer menggunakan shortcut. Namun lambat laun mouse menjadi peripheral yang penting, bahkan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan jika tidak menggunakan mouse.

Puncak dimana mouse semakin banyak digunakan adalah saat keluarnya Windows 3.1. Sistem operasi yang menumpang diatas DOS inilah yang akhirnya lebih mempopulerkan penggunaan mouse di kalangan pengguna komputer.

Lalu mouse makin berkembang, dari sebuah bola yang menggerakkan mekanik sehingga pendeteksi 2D tahu kemana arah mouse digerakan hingga tidak lagi menggunakan bola tetapi menggunakan cahaya berwarna merah. Mungkin masih ingat bagaimana kegiatan rutin pengguna mouse bola membersihkan kotoran :p Kegiatan rutin ini otomatis hilang ketika mouse beralih teknologi menggunakan cahaya untuk mendeteksi gerakan mouse.

Sayang dalam perkembangannya saya banyak melewatkan alat-alat sejenis seperti trackball, josytick yang berada di tengah-tengah keyboard notebook dan terakhir touchpad. Sebenarnya, semua itu dibuat untuk kepraktisan pengguna notebook agar tidak perlu repot-repot membawa mouse dalam pengoperasiannya. Namun bagi saya, ketiganya tetap tidak bisa menggantikan peran mouse dalam hal keluwesan bergerak. Apalagi jika digunakan untuk mengoperasikan games komputer, sudah barang tentu ketiga barang ini tidak kompeten untuk digunakan :p

Tetapi situasi dan kondisi terkadang memaksa kita untuk lebih praktis. Saya melihat seorang kawan saya yang begitu lihai menggunakan touchpad, dari sekedar mengoperasikan aplikasi pengolah kata hingga games komputer. Dia dengan notebooknya menjadi sangat praktis, buka, nyalakan dan operasikan. Tidak ada upacara memasang mouse dan menggeser-geser barang disekitar untuk mencari lahan buat mouse bergerak. Lebih-lebih jika mouse yang digunakan masih bukan bertipe laser sehingga membutuhkan tatakan khusus (mouse pad) agar mouse dapat digunakan dengan benar.

Dari pemikiran praktis itulah akhirnya saya mencoba menggunakan touchpad dalam beberapa bulan ini. Awalnya memang terasa sulit, kontrol gerakan susah, jauh lebih luwes menggunakan mouse. Meskipun terasa susah dan kadang menghambat pekerjaan, saya terus memaksakan diri untuk menggunakan touchpad. Saya pikir semua ini terjadi karena kebiasaan bertahun-tahun menggunakan mouse yang sudah mendarah daging.

Alhasil setelah 2 bulan jalan, saya mulai bisa merasakan nikmatnya menggunakan touchpad. Hanya lagi-lagi, menurut saya kok tetap lebih enak menggunakan mouse ya? Touchpad menang dalam hal praktis, sementara mouse menang dalam hal keluwesan bergerak.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pengguna setia mouse atau touchpad?


55 komentar untuk “Mouse Dan Touchpad”

  1. 1
    Arip
    berkomentar pada jam 2:02 am
    tanggal 10 November 2008

    sekarang sih sering pake touchpad, tapi mouse tetep ada di tas. soalnya gak tau kenapa kalo keseringan pake touchpad ujung telunjuk sering terasa tipis..

    Arip’s last blog post..Walking-walking to Jatim

  2. 2
    aum
    berkomentar pada jam 10:37 am
    tanggal 13 May 2009

    karena make macbook alu jadi saya pake touchpad aja..
    lebih enak dan gak ribet..
    tapi kao buat main game, barulah mousenya dikeluarin..
    hehehe
    :d

  3. 3
    Shahib
    berkomentar pada jam 4:32 pm
    tanggal 5 October 2009

    wah,kalau aku soal mouse dan toucpad itu gampang.Tinggal gabungin saja keduanya jadi….malah ribet ya!he..he..he

  4. 4
    firhan
    berkomentar pada jam 12:37 am
    tanggal 6 February 2010

    gua ada mslh nighh pada touch pad.,.,
    pada saat kita klik atau drag.,itu tidak berfungsii.,.,knp yagh.,???
    truus satu lg cara mengaktifkan tombol stand by gmn yagh.,????
    makasih yaghh.

  5. 5
    aksesoris komputer
    berkomentar pada jam 10:43 am
    tanggal 6 May 2011

    enakan pake mouse donk.
    lebih cepat kerja nya dan lebih terbiasa.

    klo pake touchpad cuman pas kagak ada meja ajah :d


Isi Komentar