Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Jenglot

Dikirim: August 1st, 2008 | Oleh: | Kategori: Jepret | 149 Komentar »

Mungkin sudah banyak yang mendengar nama Jenglot, tapi mungkin tidak banyak yang sudah melihatnya secara langsung. Kakak saya yang tinggal di Paseh Majalaya kebetulan memilikinya sebagai koleksi. Ya, kakak saya yang satu ini memang memiliki hobi untuk mengkoleksi barang-barang antik seperti ini :) –tapi beliau bukan dukun ataupun paranormal lho.

Jenglot sebenarnya masih menjadi kontroversi, apakah memang sebuah mumi berumur lebih dari 3.000 tahun atau hanya sebuah boneka akal-akalan. Namun, terlepas dari kontroversi yang ada, menurut penuturan yang saya dapat dari kakak, rambut si Jenglot memang selalu bertambah panjang.

Jadi kalau memang boneka akal-akalan, bagaimana bisa rambutnya menjadi tambah panjang dari waktu ke waktu?

Dari beberapa info yang saya dapatkan, Jenglot ini (katanya) dahulunya adalah manusia yang menuntut ilmu Bhetara Karang. Jangan tanya deh ini ilmu apaan, karena saya juga gak tahu :p Yang jelas gara-gara ilmu inilah manusia tersebut akhirnya menjadi Jenglot.

Saya menyempatkan diri untuk menjepret Jenglot di tangan kakak saya  beberapa minggu yang lalu. Bagi yang belum pernah melihatnya, silakan lihat hasil jepretan tersebut dibawah ini.


149 komentar untuk “Jenglot”

  1. 1
    KiMi
    berkomentar pada jam 7:25 pm
    tanggal 1 August 2008

    Serem amat…

  2. 2
    dhany
    berkomentar pada jam 7:26 pm
    tanggal 1 August 2008

    mmm begitu toh bentuknya jenglot baru tau saya….saya kira jenglot itu jenggotnya panjang skali

    dhany’s last blog post..mobilnya mana?????

  3. 3
    sawali tuhusetya
    berkomentar pada jam 7:51 pm
    tanggal 1 August 2008

    wah, kecil, tapi menyeramkan, mas riyo. saya hanya pernah melihat di sinetron yang memang suka banget dengan cerita2 horor yang kurang membumi.

    sawali tuhusetya’s last blog post..Dirgahayu dan HUT Ke-63 RI

  4. 4
    Jed
    berkomentar pada jam 7:53 pm
    tanggal 1 August 2008

    cuma boneka doank…. :wishtling:

    Jed’s last blog post..Nim’s Island & The Love of Nature

  5. 5
    Luthfi
    berkomentar pada jam 8:07 pm
    tanggal 1 August 2008

    kalo sekedar boneka rambutnya tumbuh jadi panjang, di ipb ada boneka horta
    http://bonekahorta.blogspot.com/
    *males ngetik html*
    tp ndak tau juga sih ama si jenglot ini
    di wiki juga belum ada

    Luthfi’s last blog post..Solo-IrianJaya pp

  6. 6
    iman brotoseno
    berkomentar pada jam 8:13 pm
    tanggal 1 August 2008

    kukunya juga nambah panjang ?

    iman brotoseno’s last blog post..Achilles

  7. 7
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 9:13 pm
    tanggal 1 August 2008

    Aku jg br liat sekali di jogja… Tp malah merinding jadinya…

    Andy MSE’s last blog post..Terimakasih

  8. 8
    NURHASIM GNET
    berkomentar pada jam 10:24 pm
    tanggal 1 August 2008

    yang bikin serem kayaknya taring dan kukunya apa juga tambah panjang? wah serem makanannya apaan? dak kayaknya perlu diadakan penelitian deh tentang jenglot ini biar kta bener-bener ngerti, jangan -jangan keturunan Vampire….. hi………

  9. 9
    rama
    berkomentar pada jam 10:28 pm
    tanggal 1 August 2008

    hmmm.. mirip siapa ya…. :d

    rama’s last blog post..Lho Kok Kopdar Lagi?

  10. 10
    nita
    berkomentar pada jam 10:30 pm
    tanggal 1 August 2008

    dulu jenglot ini pernah populer ya, sampai masuk koran segala. selain utk dikoleksi apa mungkin dipakai buat jimat :-?

    nita’s last blog post..LIHAT TUBUHKU PENUH DENGAN TATO

  11. 11
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 8:53 am
    tanggal 2 August 2008

    Trus dikoleksi buat apa?
    nyerimin banget.

    Rosyidi’s last blog post..Beli Stavolt atau UPS, Bonus Batu Bata

  12. 12
    toim
    berkomentar pada jam 12:32 pm
    tanggal 2 August 2008

    kalo ditabok, mbales gak? :D

    toim’s last blog post..Kenapa Terlalu Serius?

  13. 13
    iyo9
    berkomentar pada jam 1:19 pm
    tanggal 2 August 2008

    MasyaAllah dikira tanganku tidak terambil/terekam oleh camera saat memegang BK, dikoreksi ya mas Riyo itu bukan jenglot tapi BK (Batara karang) kalau jenglot wah bisa-bisa abis deh nih sirop di badan ….he…he ntu tuh yang warnanya merah oke ! selamat anda sudah menyaksikan hal yang mustahil diterima akal tapi nyata ada Wasallam

  14. 14
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 2:03 pm
    tanggal 2 August 2008

    Wuah… ada koreksian tuh… hihihihi… aku juga nggak mudheng mana jenglot mana bethara karang… kupikir juga sama saja alias sami mawon…

    Andy MSE’s last blog post..jakarta menyebalkan; segar dan tidak segar

  15. 15
    ABah
    berkomentar pada jam 5:55 pm
    tanggal 2 August 2008

    gondrong yah…

  16. 16
    okta sihotang
    berkomentar pada jam 7:55 pm
    tanggal 2 August 2008

    hii…atuttttttt [-O<

    okta sihotang’s last blog post..No design, no activity, no..no..no…ASTRA(7)

  17. 17
    Rafki RS
    berkomentar pada jam 11:08 pm
    tanggal 2 August 2008

    Dunia kedokteranpun jadi heran dibuatnya. Sebenarnya jenglot itu sejenis apa ya?

    Rafki RS’s last blog post..Tentang Trade-Off

  18. 18
    waterbomm
    berkomentar pada jam 8:25 am
    tanggal 3 August 2008

    emangnya gapapa mas asal maen koleksi gitu aja???

    waterbomm’s last blog post..Bike To Work Day 2008

  19. 19
    ario saja
    berkomentar pada jam 9:05 am
    tanggal 3 August 2008

    waks… serem bos

  20. 20
    jimmy
    berkomentar pada jam 11:32 am
    tanggal 3 August 2008

    mas itu rambutnya pernah dicukur gak? kalo udah dicukur, beneran panjang lagi ya? :-o seremmm

    jimmy’s last blog post..Siapa Bilang Bengkel Resmi Pasti Lebih Mahal?

  21. 21
    orangutanz
    berkomentar pada jam 12:11 pm
    tanggal 3 August 2008

    Wah……….. baru tau kalo ternyata ga cuma rambut dan kuku, gigi juga bisa manjang. huehehe…
    jadi penasaran, jenis kelaminnya apa ya? apkah ikut manjang juga?? Kalo emang bisa, kita semua wajib belajar bethara karang. huahahhaha….

    orangutanz’s last blog post..Don’t Judge a book by it’s cover… Pelajaran untuk anak-anak

  22. 22
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 7:07 pm
    tanggal 3 August 2008

    Yah, percaya gk percaya … tapi apa untungnya buat saya kalau percaya, apa untungnya kalau nggak? :))

    Donny Reza’s last blog post..Dicolek Malaikat Maut

  23. 23
    Jed
    berkomentar pada jam 8:37 pm
    tanggal 3 August 2008

    ya jelas tambah panjang rambutnya soalnya di dalemnya emang isinya ijuk, kalo ditarik, ya manjang….

    niwei bung Riyo, saya beri anda Excellent Blog Award….

    bisa di cek di sini:
    http://jed.revolutia.info/2008/08/blogger-awards-pass-them-on.html

    thanks ;))

    Jed’s last blog post..Blogger Awards: Pass Them On…

  24. 24
    pudakonline
    berkomentar pada jam 10:50 pm
    tanggal 3 August 2008

    Hm…. sampean ikutan megang nggak mas?

    pudakonline’s last blog post..Children

  25. 25
    norjik
    berkomentar pada jam 11:11 pm
    tanggal 3 August 2008

    di kalimantan ada yg pnya, namanya emg jenglot. tp matanya slalu ditutup dg kain putih. kl gk gitu, ntar bs nenbahayakan nyawa si pemiliknya atau org lain. Yg jelas gk bisa maen2 deh sama barang 1 ini ^:)^

    norjik’s last blog post..Istri Pertama VS Istri Kedua

  26. 26
    dimas
    berkomentar pada jam 5:29 am
    tanggal 4 August 2008

    ya benda mati yang bisa tumbuh rambutnya? masuk akal gak? berarti itu ada jinnya..
    hati mengoleksi benda2 seperti itu.. serem.. :-o

    dimas’s last blog post..Rian si homo..

  27. 27
    yusdi
    berkomentar pada jam 8:15 am
    tanggal 4 August 2008

    ih ampun deh……katanya minum darah jg ya om? dulu pernah liat pamerannya sih, disebelahnya ditaruh gelas isi darah….

    yusdi’s last blog post..d’Masiv – Diantara Kalian

  28. 28
    Yeni Setiawan
    berkomentar pada jam 10:59 am
    tanggal 4 August 2008

    Sesekali Mas Riyo perlu untuk membuat penelitian kecil-kecilan nih, ngukur panjang rambut jenglot itu dari bulan ke bulan :D

    Yeni Setiawan’s last blog post..Cuil Yang Tidak Cool

  29. 29
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:14 am
    tanggal 4 August 2008

    @iman brotoseno
    Kurang tahu saya Mas apakah kukunya juga nambah panjang :-?

    @Andy MSE
    Merinding … iya, hal yang sama pun terjadi pada diri saya saat melihatnya. Serem euy …

    @rama
    Mirip jenglot :p

    @nita
    Beberapa orang yang saya tahu memang menggunakannya sebagai jimat. Tapi saya tahu banget bahwa kakak saya tidak menggunakannya untuk itu melainkan hanya koleksi semata.

    @Rosyidi
    Buat apa? Ya untuk dikoleksi saja. Namanya mengkoleksi itu kan tujuannya ya untuk dikoleksi.

    @iyo9
    Hehehe, yang punya ternyata melihat langsung blog ini :d

    @Andy MSE
    Saya pikir juga begitu Pak, hanya ternyata menurut penuturan kakak saya, jenglot atau apa pun namanya dalam foto diatas tidak meminum darah. Tapi kalau Jenglot yang banyak dibahas orang minumnya memang minum darah meskipun cara minumnya masih misterius.

    @ABah
    Heu-euh, godrong, tapi bukan penggemar metal lho :p

    @Rafki RS
    Saya sudah sempet googling untuk mencari tahu hal ini, dan jawabannya masih belum ada yang memuaskan. Jadi untuk sementara masih menjadi misteri.

    @waterbomm
    Insya Allah tidak apa-apa, buktinya tidak terjadi masalah apa-apa terhadap kolektornya :)

    @jimmy
    Kayaknya belum pernah dicukur.

    @orangutanz
    Hehehe, dilarang berpikiran ‘ngeres’ :p

    @Donny Reza
    Gak ada untungnya, kecuali sekedar menambah pengetahuan saja sih. Semakin kita mempercayai hal seperti ini maka semakin menjadi yang namanya Jenglot itu. Jadi posisikan saja bahwa hal gaib memang selalu ada dan bukan untuk digunakan sebagai jimat.

    @Jed
    Waduh, terimakasih atas anugerah ‘E’-nya untuk blog ini :)

    @pudakonline
    Gak, gak sempet. Foto diatas pun diambil terburu-buru karena sudah mau pulang.

    @norjik
    Begitu ya? Nah biar kakak saya juga tahu infonya. Thanks.

    @dimas
    Bisa jadi. Atau bisa jadi juga memang ada fenomena lain yang belum bisa ditemukan melalui jalur penelitian ilmiah saat ini.

    @yusdi
    Nah, yang ini katanya bukan peminum darah seperti yang dituturkan pemiliknya dalam komen diatas.

    @Yeni Setiawan
    Wah, biar yang punya ajah yang meneliti :)

  30. 30
    wira
    berkomentar pada jam 12:18 pm
    tanggal 4 August 2008

    :-? kayaknya memang percaya ga percaya deh… dulu saya pernah lihat juga dipameran di sebuah mall di Bali

    wira’s last blog post..Internet Just Like Alcohol

  31. 31
    annmolly
    berkomentar pada jam 3:45 pm
    tanggal 4 August 2008

    wah serem ya kira2 ngegangguin orang ngga yach. :-o

    annmolly’s last blog post..Bad Mood

  32. 32
    dani
    berkomentar pada jam 5:47 pm
    tanggal 4 August 2008

    jd ‘bahan bakar’ utk rambut, kuku, gigi panjang..darimana ya..

    dani’s last blog post..Elearning Indonesia melalui Inisiatif Edufiesta

  33. 33
    Bu Noor
    berkomentar pada jam 8:17 pm
    tanggal 4 August 2008

    kok ada yang berani pegang ya? padahal liat aja sudah ngeri.

    btw; pilihan identitas komentar di blog saya sudah dibukak byak

    Bu Noor’s last blog post..Hadiah yang Gagal

  34. 34
    gus, bukan Anonymous Loh
    berkomentar pada jam 9:45 pm
    tanggal 4 August 2008

    takuuuut……takut lanjutin baca postingannya. kirain tentang pak jenggot ternyata ttg mbah jengloot…ngacir ah….

    (eits, tak ngucapin salam kenal dulu deh)

    gus, bukan Anonymous Loh’s last blog post..Mari Saling Bertukar RSS dengan Feed API untuk keramahan Society Blogger Kita

  35. 35
    Anggie
    berkomentar pada jam 7:08 am
    tanggal 5 August 2008

    Itu di badan jenglot-nya ada port USB-nya ga? Biar bisa sync ke Komputer,hehehe……. :P

    Btw, nyeremin amat…..

    Anggie’s last blog post..Vista di Lingkungan Bisnis

  36. 36
    Ivan
    berkomentar pada jam 10:09 am
    tanggal 5 August 2008

    Wow! Sekarang aku ga bakalan bisa tidur malem ini …. ~X(

    Ivan’s last blog post..7 Tips Blogwalking Secara Efektif

  37. 37
    Pangeran
    berkomentar pada jam 1:04 pm
    tanggal 5 August 2008

    saya baru tau klo jenglot bentuknya gitu… dan ternyata jenglot tidak berjenggot!!! (halah!)

    Pangeran’s last blog post..Nasionaliskah Saya??

  38. 38
    hanif
    berkomentar pada jam 5:05 pm
    tanggal 5 August 2008

    :angry: Denger kata “jenglot” aja masih sekali ini :embrassed:
    :-S apa itu semacam dikutuk gitu ya? :-S (bentar… googling ilmu Bhetara Karang dulu… ) :-?

    hanif’s last blog post..Ajax not AJAX, I’m not Stupid!

  39. 39
    ridhoyp
    berkomentar pada jam 5:28 pm
    tanggal 5 August 2008

    WUih.. keren.. tapi serem ah.. ga mo megang.. tar ke tularan :-??

    ridhoyp’s last blog post..Cara mengakali rapidshare not at happy hours … ?

  40. 40
    andif
    berkomentar pada jam 8:28 pm
    tanggal 5 August 2008

    wahh masa manusia kayak gitu ya… nauzubillah….

    andif’s last blog post..Multimedia on Fedora 9

  41. 41
    lies.surya
    berkomentar pada jam 9:58 pm
    tanggal 6 August 2008

    serem banget ya mas. untung hanya rambutnya aja yang tambah panjang. sekali2 di bawa kesalon trus di bonding bilang ke kakak hehehe

    lies.surya’s last blog post..dohh ! 1 Jam Terkurung di Kamar Mandi

  42. 42
    reza
    berkomentar pada jam 11:47 am
    tanggal 7 August 2008

    Ups….. silauw man…….. !!!

    pake Shampo apa ya, iso hitam dan mengkilat gitu :-?

  43. 43
    orangutanz
    berkomentar pada jam 1:59 pm
    tanggal 7 August 2008

    Wah baru kepikir, punya barang kayak gini bisa buat sidejob ya. bikin konde 5 minggu sekali. Jual ke ibu-ibu pejabat dah.

    orangutanz’s last blog post..Alat Bantu Sex dan Copotnya Kelamin. The Sequel….

  44. 44
    Riri Audiya
    berkomentar pada jam 9:40 am
    tanggal 8 August 2008

    kakak mu beli dimana? serem banget.

    apa ga ada yang neliti ya? di bedah dalemnya. sapa tau itu spesies baru..

    Riri Audiya’s last blog post..Rekaman Black Box Adam Air

  45. 45
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:31 am
    tanggal 9 August 2008

    @annmolly
    Selama ini sih pemilik dan keluarganya tidak merasa terganggu

    @gus, bukan Anonymous Loh
    Salam kenal juga :)

    @Riri Audiya
    Kakak saya tidak membelinya. Dikasih ama orang.

  46. 46
    oky
    berkomentar pada jam 8:37 pm
    tanggal 15 August 2008

    serem pisan euy :-o

    oky’s last blog post..Belah Duren ala ScribeFire | Dengan blog editor menulis blog jadi makin mudah

  47. 47
    hebiryu
    berkomentar pada jam 1:04 am
    tanggal 18 August 2008

    wah.. kemarin juga ditawarin suruh melihara jenglot.

    langsung aja gw tolak. kakak ente suruh siap2 jadi kaya tuh. selamat ya. hehehe

    keliatannya kakak ente suka ngelmu ya. klo gak suka ‘ngelmu’ pasti tuh jenglot gak berjodoh sama kakak ente. hehehe

    itu memang makan darah atau minyak wangi. cara minumnya gaib. taruh aja darah ayam disebelah dia. tinggal semalam… nanti kan habis. klo gak percaya bandingin sama darah ayam yang ditaruh tidak disebelah jenglot.

    oh ya.. makasih dah diterima di ruangkopi.. ;)

    hebiryu’s last blog post..Meditasi Kesadaran Nafas Tingkat Lanjut

  48. 48
    ERRI
    berkomentar pada jam 1:49 am
    tanggal 19 August 2008

    Bagian luarnya plastik, kulit, aluminium atau karet??

  49. 49
    rd Limosin
    berkomentar pada jam 10:20 am
    tanggal 28 August 2008

    mak, serem euy [-O<

    rd Limosin’s last blog post..WongKito Aggregator Open Submission

  50. 50
    auliahazza
    berkomentar pada jam 8:02 pm
    tanggal 30 August 2008

    duh, ga mau lihat ahhh

    auliahazza’s last blog post..Ciri-Ciri Mau Merampok

  51. 51
    squiddy
    berkomentar pada jam 3:36 am
    tanggal 10 September 2008

    beneran nih?

  52. 52
    marr ;)
    berkomentar pada jam 1:23 pm
    tanggal 17 September 2008

    kerrrrrrrrrrrrrrrrrrrreeeennnnn !!!! :alapu:

  53. 53
    ayahthari
    berkomentar pada jam 5:52 am
    tanggal 18 September 2008

    wow…serem….gile kalau bisa jalan dan terbang2 trus isap darah….

  54. 54
    timkecil
    berkomentar pada jam 2:47 pm
    tanggal 7 October 2008

    hiiiii serem deh

  55. 55
    sufehmi
    berkomentar pada jam 12:08 pm
    tanggal 23 October 2008

    Posting ini sudah saya link dari artikel Wikipedia tsb ;)

    sufehmi’s last blog post..Welcome : Pesta Blogger 2008 !

  56. 56
    Arip
    berkomentar pada jam 12:44 pm
    tanggal 24 October 2008

    sok cool gitu ya tampangnya.. :d :wishtling:

  57. 57
    siti latifah
    berkomentar pada jam 1:33 pm
    tanggal 30 October 2008

    mmmm…. jangan2 jenglotnya masih hidup tu mas riyo, trus kalo tengah malam pas orang2 pada tidur2an dia (atau rohnya) malah jalan-jalan ke sekeliling rumah :-o nyari hewan piaran atau ketemu tikus, ular, kucing atau ayam tetangga (tanyain ada yang ayamnya mati kehabisan darah apa nggak… :d ) kalo ukuran kecil kaya gitu sih yang diisep juga skala kecil ya kira-kira seukuran tikus lah, tapi sebaiknya jangan diletakan dikamar tidur ya mas, kali aja dia pelototin orang bobo malam2… :d dan yang paling susah nih mas, mungkin keluarga merasa tidak terganggu secara nyata… tapi dalam bentuk gangguan lainnya (secara batin mungkin? :-w ) nah kalo pesan saya sih mas, berhati-hatilah punya barang kayak gitu…. dan tidak lupa dekatkan diri kepada sang Pencipta…

  58. 58
    Darojatun
    berkomentar pada jam 2:38 am
    tanggal 6 November 2008

    hueh jadi sampe kemari gara-gar beritanya detik.

    ada jenglot yang baru ditemukan. :-)

  59. 59
    chio
    berkomentar pada jam 7:16 pm
    tanggal 10 November 2008

    Apa sey beda jenglot ma bathara karang??

  60. 60
    cybergrass
    berkomentar pada jam 12:17 am
    tanggal 20 November 2008

    hwe he he :)
    kemaren dek q nemuin kyak gtuan di kali e malah dia nya lari abis ngliat muka si Jenggot E jenglot Klo dijual Laku gak kang????? Bisa kaya neh klo harganya mahal…… :d :-??

  61. 61
    safin
    berkomentar pada jam 3:07 pm
    tanggal 14 December 2008

    pernah ngliat. Di pameran. kecilnya sama, rambutnya sama panjang kukunya juga. Tapi wajahnya lebih manusia, dan pake sorban. Ditaruh di wadah kaca. Hanya bisa dilihat dan ga bisa dipegang.

  62. 62
    Ragil
    berkomentar pada jam 11:05 am
    tanggal 19 December 2008

    Jeglot ama Bhatara Karang itu beda.
    Kalo Jenglot itu asalnya dari hewan (monyet) yang bertapa.
    Kalo Bhatara Karang itu asalnya dari manusia yg punya ilmu.
    Mereka semua itu masih hidup.

  63. 63
    achmad
    berkomentar pada jam 12:10 pm
    tanggal 22 December 2008

    mas……..aku udah pernah liat makhluk yang namanya jenglot…..

    coba diliat deh….

    http://bocahnakal.catatanku.com/2008_12/1364.html

    seremmmmmmm……. ;))

  64. 64
    nadya
    berkomentar pada jam 1:13 pm
    tanggal 18 January 2009

    ^:)^ tai serem bgt ^:)^

  65. 65
    nadya
    berkomentar pada jam 1:15 pm
    tanggal 18 January 2009

    saya pernah ngeliat jenglot. [-O<

  66. 66
    agus
    berkomentar pada jam 5:30 pm
    tanggal 19 January 2009

    mas…..!knapa ko dinamain jenglot????????????????

  67. 67
    aris
    berkomentar pada jam 2:55 pm
    tanggal 31 January 2009

    aku prnh liat n bnr matany dttp krn bs brbhaya.sbnrny dia mahluk hdp jg.mahluknya alloh swt.dia jg mmpnyai kekuatan magis tp waallohua’lam

  68. 68
    nbvnvbv
    berkomentar pada jam 2:02 am
    tanggal 5 February 2009

    Palsu. coba ja browse ke –>www.infometafisika.com mrk jualan barang kayak gitu ; Rp400rb.

    info : rambut n’ kuku orang mati juga masih bisa tumbuh ampe derajad tertentu. klo tumbuh berarti mang pake rambut manusia asli.

  69. 69
    Adie Nash
    berkomentar pada jam 9:35 pm
    tanggal 20 February 2009

    Duh…mas emang kalo pengen ngehindar dari serangan jenglot itu gimana sih mas??entar takutnya ada yang usilin…. :(

  70. 70
    karin
    berkomentar pada jam 11:26 am
    tanggal 21 February 2009

    emang bener yagh jenglot t punya unsur magic???
    q siy percya aj, tapi ak lebih percaya sama kekuatan TUHAN tak ada yang bisa mengalahkan beliau……
    jdi kalian jng khilaf yagh…. ingat tuhan umur akn bertambah!!!!! :) [-O< ^:)^

  71. 71
    Anty
    berkomentar pada jam 11:46 am
    tanggal 24 February 2009

    Ampyuuun ..

    Menyeramkan bgt yaaa ..

    Gak kebayang dh ketemu beneran m makhluk ky gt ..

    Hiiiiiiii

  72. 72
    I kentut wicaksana
    berkomentar pada jam 4:23 pm
    tanggal 14 March 2009

    wah itu bk sudah bisa kentut ga ya ?! klo bisa khan lumayan ntux ngeracun ikan disungai ya tho..

  73. 73
    ANGGANA
    berkomentar pada jam 9:31 am
    tanggal 18 March 2009

    :)) haha…… tu jenglot mirip t’men gue ya!!!!!!!!!!!!!!!!!

  74. 74
    Tabib Mohammad Dwi
    berkomentar pada jam 9:42 am
    tanggal 18 March 2009

  75. 75
    Tabib Mohammad Dwi
    berkomentar pada jam 9:43 am
    tanggal 18 March 2009

    http://www.youtube.com/watch?v=m6TZb-qmwlo

  76. 76
    Abah Yudhi
    berkomentar pada jam 6:26 am
    tanggal 19 March 2009

    Saya punya jenglot…. jika berminat bisa anda beli. Juga saya sedia anakan kidungan, harganya murah, untuk jenglot: 15 juta dan untuk kidungan: rp. 2.500.000,-

  77. 77
    Chris duamdes
    berkomentar pada jam 10:10 pm
    tanggal 14 April 2009

    Keramas nggak ya?
    samponya apa? bisa lebat gitu…

  78. 78
    syammi
    berkomentar pada jam 5:43 pm
    tanggal 26 April 2009

    ngemeng-ngemeng lumayan serem ya! :-$ terus gigi nya kuning buanget gak pernah gosok gigi ya! :-? tapi ati-ati tu yang punya :-o ih nanti 8-X seremdah

  79. 79
    andy
    berkomentar pada jam 11:06 am
    tanggal 9 May 2009

    =D>
    ngedaptinnya gmn yagh??

    ^:)^

  80. 80
    een
    berkomentar pada jam 11:14 am
    tanggal 14 May 2009

    :)) mysterius,,,
    indonesia emang kaya akan kemisteruisan,,,

  81. 81
    Michael
    berkomentar pada jam 10:04 am
    tanggal 16 May 2009

    :-?? Ini beneran gak sih ?

  82. 82
    breakerolic
    berkomentar pada jam 11:45 am
    tanggal 16 May 2009

    wah jd bingung???? sebulan yg lalu temen saya nunjukin BK atw jenglot, tp sih katanya BK. Nah dia jg bingung, krn tu BK dibadannya ada satu tombol yg kita pencet matanya nyala (merah)… tu asli atw palsu????? jk didandingkan sama persis kyk yg diphoto tu,,, (seingat saya) krn jenglotkan ga bertaring… mohon petunjuk yg bener tuh mereka cuma boneka atw memang ada???

  83. 83
    abi
    berkomentar pada jam 9:15 am
    tanggal 17 May 2009

    Cobah dah di RUQYAH lo mang hebat, terus lo lebih hebat coba dibakarhangus gak? lo gak baru tu hebat, tapi lo hangus ngapain kita percaya gituan…dah dosa, gak logis mubazir lagi :)

  84. 84
    Adry
    berkomentar pada jam 8:29 pm
    tanggal 22 May 2009

    aq sngat suka skali dgn cerita2 mistis kya gini…. :)

  85. 85
    saiful
    berkomentar pada jam 4:27 pm
    tanggal 29 May 2009

    mas riyo, jenglot itu masih ingin jadi barang koleksian atau,ingin di sempurnakan!!
    terlepas benar apa tidak konon mahluk tersebut berharap ada yang bisa menyempurnakan, dalam arti mahluk tersebut bisa di terima di bumi, atau di kubur..

    itu sekilas informasi yang saya dapat mas.

  86. 86
    fallah
    berkomentar pada jam 4:34 pm
    tanggal 31 May 2009

    mas aku mau tannya, ada efek samping nya ga kalau kita pelihara/koleksi jenglot ? soal nya aku punnya ni 1, aku dapat boleh nemu di pohon bambu yg rindang banget. di daerah bekasi.

  87. 87
    yogi si jampang
    berkomentar pada jam 12:42 pm
    tanggal 11 June 2009

    gw tertarik tuch ma yang namanya jenglot….dulu kakek gw pnya..tpi paz kakek gw mw pergi ngejual merah delima …kakek gw ketabrak mobil,dan dy meninggal…ga tw sekarang jengloynya kmna???

  88. 88
    ekokomarudin
    berkomentar pada jam 10:21 am
    tanggal 17 June 2009

    Sepengetahuan saya:
    sebagaimana jin bisa menampakkan diri (berubah menjadi kasat mata) dalam bentuk ular, anjing, dll (di hadist Rosulullah dikatakan demikian), maka jinpun bisa berubah menjadi jenglot.

  89. 89
    supermen
    berkomentar pada jam 6:15 pm
    tanggal 19 June 2009

    apa aja sih kesaktian dari jenglot tsb

  90. 90
    xxx
    berkomentar pada jam 8:52 pm
    tanggal 19 June 2009

    ah gitu aja ko serem sih??????

  91. 91
    xxx
    berkomentar pada jam 8:54 pm
    tanggal 19 June 2009

    ya elah .. cmn ptg doang ko d’rbtn sh????

  92. 92
    obby
    berkomentar pada jam 7:30 pm
    tanggal 4 July 2009

    boleh tanya ga? klo boleh twu jenglot tuh ada berapa banyak?
    knapa klo memang jenglot tuh ga diterima dibumi knapa jenglot ada banyak..?

  93. 93
    IWan
    berkomentar pada jam 11:03 am
    tanggal 13 July 2009

    Jangan pade percaye ama barang gituan…SYIIIRIIIKK!!!!!!
    .-= IWan´s last blog ..What are top 10 online cultural center based on the website traffic? =-.

  94. 94
    shams
    berkomentar pada jam 2:20 pm
    tanggal 14 July 2009

    bentuk jenglot dan BK itu berbeda. yang di foto itu jenglot cirinya ada taringnya yang asli ada yang palsu banyak banget. Begitu juga dengan BK (tanpa bertaring) ada yang asli, palsunya juga sangat banyak. ada yang asli tapi pemiliknya tak bisa gunakan. ada yang palsu tapi isian pemiliknya dokter beneran. keduanya bener2 tak ada gunanya. Tetapi… kalo BK nya asli dan pemiliknya seorang praktisi asli waaah jangan ditanya deh…kalo dia mau duitnya trilyunan….biasanya sih biasa2 aja… yang berduit biasanya orang yang minta tolong dan berhasil. jenglot dan BK yang asli banyak kegunaannya…makanannya dorah O. pemilik ga perlu bawa kemana-mana cukup pake kode sandinya dia muncul.kekuatannya ada yang 5-10 ton. usianya ada yang 250-6000 tahun dan masing2punya nama sendiri. mata harus ditutup pake kapas atau kain putih tebal. kalo yang asli tak akan nampak bila dilihat dicermin atau telur bisa masak bila diletakan di kakinya. sang pemilik harus bisa menguasainnya. adik saya, isteri saya, kawan saya, abah saya kebetulah memilikinya. tapi… jangan langsung tebak saya sebagai trilyuner yah…..

  95. 95
    ullhyes
    berkomentar pada jam 9:45 pm
    tanggal 14 July 2009

    kalo orang bugis sich nyebut jenglot itu sebagai “kasabandiya”…q jg belum pernah liat langsung sich..

  96. 96
    lutfi
    berkomentar pada jam 3:52 pm
    tanggal 19 July 2009

    serem sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    .-= lutfi´s last blog ..How can i promote my website to get traffic? =-.

  97. 97
    rochim
    berkomentar pada jam 12:59 pm
    tanggal 7 August 2009

    klo boleh tau kelaminnya pa ya???
    oya bsa bwat jimat gak

  98. 98
    tasya
    berkomentar pada jam 2:02 pm
    tanggal 19 August 2009

    ampun dech gituan dikoleksi ya
    tapi aq blom liat jenglotnya yang mana

    sukses wat pembuat artikel ini mudah mudahan

    dapat jenlot yang lainnya
    .-= tasya´s last blog ..032: Andere indeling =-.

  99. 99
    Saeful Bahri
    berkomentar pada jam 12:37 pm
    tanggal 26 August 2009

    SAYA MAU TAHU ALAMAT KAKAK ANDA YANG LENGKAP BISA KAN TLG KIRIM SEGERA

  100. 100
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:11 pm
    tanggal 28 August 2009

    @Saeful Bahri
    Memangnya ada urusan apa?

  101. 101
    ricci
    berkomentar pada jam 11:48 am
    tanggal 24 September 2009

    kl mnurut saya dia bukan makhluk gaib..,krena tidak ad aura yg sama dg mkhluk gaib..,kl saya bleh berpendapat jenglot mungkin manusia yg mnuntut ilmu utk sesuatu tpi dia tdk dapat mengendalikannya akhirnya dia sendiri yang termakan ilmu itu?ksimpulan sya dia mnusia yg msh brnyawa(terbukti dg tmbuhnya rambut)bertubuh kcil tpi dia tidak dapat berbuat ap2(bergerak tanpa bantuan).terlepas dari semua itu Allah adalah maha mengetahui.

  102. 102
    PenCaRi TuHaN ^^v
    berkomentar pada jam 5:40 pm
    tanggal 11 October 2009

    Thx info nya

    sgt membantu

  103. 103
    budak betuah
    berkomentar pada jam 1:41 pm
    tanggal 19 October 2009

    untuk ap benda gtuin di koleksi..
    da tau setan,tp dkoleksi..
    lucu y org kita nee(indonesia)…

  104. 104
    Rina Mutzzz
    berkomentar pada jam 9:06 am
    tanggal 25 October 2009

    dah pernah d test dna blum,,,,????????
    test aja kulitnya tuh jenis kulit apaan..???
    rambutnya jg, rambut beneran or cuma ijuk..????
    kan ilmu kedokteran bisa tahu jenis kulit mahluk hidup.

  105. 105
    De Marco
    berkomentar pada jam 5:16 pm
    tanggal 29 October 2009

    Jenglot udah pernah di teliti secara ilmu kedokteran di RSCM,ternyata tidak memiliki struktur tulang selain kuku dan taring, dalemnya ga ada tulangnya,dan tidak hidup,namun setelah di cek DNA dari sampel kulit menunjukan bahwa kulitnya adalah kulit dr primata seperti monyet atau manusia..namun ini jg belum bisa di pastikan karena jenglot diberi makan darah manusia yg dapat mengkontaminasi kulitnya sehingga waktu di cek bisa menunjukan DNA dr sisa darah tsb. Kemungkinan Jenglot adalah buatan manusia mungkin jg kulitnya dr kulit manusia asli, bisa diambil dr orang yng sudah mati…dr kuburan dan rambutnya juga..dan kekuatan di dalam “benda” yg bernama jenglot bukan tidak mungkin, karena memang di masukin kekuatan layaknya batu akik, keris,tombak,dan benda jimat lainnya…sangat mungkin dlm tubuh jenglot banyak didiami jin jahat yang suka dg bentuk2 mengerikan..bahkan patung benda hidup yg lucu sekalipun bisa didiami oleh jin…
    Nah sekarang jelas khan apa jenglot itu…tak lebih dr jimat..yng bentuknya dibuat seram…

  106. 106
    Begos ceng
    berkomentar pada jam 7:47 pm
    tanggal 3 November 2009

    Kalo mang da yg bikin, siapa y?? Dan yg sring d jmpai ko d sekitar pantai, pa duluNya da yg Bawa trus jatuh? ya kya Adam Air gtoo..

  107. 107
    ryana dari singapor
    berkomentar pada jam 8:25 am
    tanggal 5 November 2009

    saya amat ingin tahu tentang jenglot ini.Saya juga ingin tahu lebih informasi dari anda.Harap call saya di hp singapor:94470875

    Tolong jawab secepatnya.T’kasih

  108. 108
    citra amalia
    berkomentar pada jam 4:02 pm
    tanggal 23 November 2009

    huamph..selem beth
    wat pa d koleksi???
    klw nanti mnum darah gmn???
    nanti dy cri korban
    O_0

  109. 109
    Fember Sentana
    berkomentar pada jam 3:53 pm
    tanggal 5 January 2010

    Lucu Sekali Yaaaaaaaaaah…
    .-= Fember Sentana´s last blog ..Forex Trading not Easy =-.

  110. 110
    iwan hans
    berkomentar pada jam 8:35 am
    tanggal 18 January 2010

    Ieeeehh,,,, q pnya boneka santet lg , hahahahahaha

  111. 111
    yuni
    berkomentar pada jam 10:35 am
    tanggal 27 January 2010

    iiiihhh….
    serem
    buanged duech…!!
    ampe merinding…!
    so teneng ja…!
    cmand jenglot bkan vampir…!!

  112. 112
    Tantan
    berkomentar pada jam 12:40 pm
    tanggal 9 February 2010

    Ga percaya gw, ini hanya akal2an pedukunan supaya akidah kita bergeser. hal gaib memang mutlak dan wajib hukumnya untuk percaya…tp…kalo mempercaiyai bahwa jenglot itu hidup karena bla..bla..bla trus jd abadi…sorry gw ga percaya.
    di jaman para nabi saja praktek model begini banyak supaya kita jadi percaya trus di sembah deh ngambil berkahnya lah ato apa lah…contohnya pas jaman nabi (lupa jaman nabi ibrahim / jaman nabi musa) ada salah satu umatnya yg iseng ngambil bekas telapak kaki malaikat yg berkunjung kepada nabi tersebut lalu di masukan ke dlm sebuah patung sehingga bisa berbicara…nah dibilang ama dia bahwa tuhan yg asli adalah patung trsbt karena bs bicara…trus hubnya dengan jenglot np dia bisa hidup (sy setuju banget dg saudara De Marco) itu adalah pekerjaannya JIN, Syaitan, Iblis yg mau menggoda dan menyesatkan manusia.

  113. 113
    genjer-genjer
    berkomentar pada jam 1:24 pm
    tanggal 26 March 2010

    Ngemeng aja loe bau!!!

  114. 114
    sekawan
    berkomentar pada jam 1:53 pm
    tanggal 8 May 2010

    vivanews 05 mei 2010; nasional : jenglot ditemukan di jimbaran – bali;

  115. 115
    Hilman
    berkomentar pada jam 5:05 pm
    tanggal 8 May 2010

    Apa c sebenernya itu tu………… boneka atau mumi udah tahunan…. bikin penasaran yha….

  116. 116
    nenek & kakek
    berkomentar pada jam 12:11 pm
    tanggal 9 May 2010

    ihhhhhhhhhhhhhh ………….
    bentuk’ny anehhhh ………….

  117. 117
    Tantan ajalah
    berkomentar pada jam 9:10 pm
    tanggal 14 May 2010

    Wei smuanya,….klo ada yg mau jual jenglot…..hubungi aja no mbah dukun,,,,jangan promosi ke website. Berbahaya lho,…. bisa2 lho dimakan tu jenglot.

  118. 118
    Nama.widhi
    berkomentar pada jam 4:48 pm
    tanggal 15 May 2010

    MUKA MAS RYO CAMA KAYA JENGLOTNYA YA……..

  119. 119
    uber
    berkomentar pada jam 8:08 pm
    tanggal 14 June 2010

    mantap ya gambarnya.trus jenglot sama ga di semua tempat..?? soal nya di belawan medan dapat 2 jenglot.baru2 ini.katanya ada di kantor polsek kp3 belawanmedan lg di selidiki dan di intoregasi kwkwkw jawab ya

  120. 120
    notebook centre
    berkomentar pada jam 7:58 pm
    tanggal 26 June 2010

    wuih, mengerikan sekali tuh gambarnya mas, jenglot memang masih menjadi kontrofersial sampai saat ini, apa betul betul asalnya hidup ya?

  121. 121
    HIRMAN
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 30 June 2010

    kalau kakak anda mau di jual kami siap pasilitas kepada pembeli. asal jenglot ini memiliki keistimewaan hub 02292349154 081219565325

  122. 122
    welly
    berkomentar pada jam 11:22 pm
    tanggal 1 July 2010

    mas ko jenglot palsu di pajang2,,malu atuh,,,

  123. 123
    Andrew Hayes
    berkomentar pada jam 7:29 pm
    tanggal 23 July 2010

    What the fuck is wrong with you people?

  124. 124
    rizki budiantoro
    berkomentar pada jam 3:57 am
    tanggal 26 July 2010

    gw udah pernah liat juga secara langsung,memang bener rambutnya bisa panjang karna yang gw tau jenglot juga makan. yang utama nya minyak2kan, sebetulnya orang yang punya jenglot punya tujuan tertentu dari kehidupannya sendiri & hati 2 ketawan ustad tar diceramahin lagi….

  125. 125
    اhassanmackie
    berkomentar pada jam 9:59 pm
    tanggal 12 August 2010

    این موجود واقعی
    واقعا موجود عجیب و ترسناک
    الان از این موجودات هنوز هست

  126. 126
    ardyansa
    berkomentar pada jam 10:51 pm
    tanggal 26 August 2010

    sekedar informasi: jenglot pertama kali di temukan pada thun..1997 yg merupakan jelmaan prajurit kerajaan mataram …. untuk lebih jelasx buka situs wong alus……

  127. 127
    aci
    berkomentar pada jam 6:52 pm
    tanggal 17 October 2010

    tu bnrn ad ya kak……..??????

  128. 128
    yayan
    berkomentar pada jam 12:17 pm
    tanggal 21 October 2010

    serem ya……. kalo kita bacain doa kira2 apa reaksinya ya????? trus kl rambutnya d potong ja biar rapihan dikit gmn? ada efeknya ga ya????

  129. 129
    Gia
    berkomentar pada jam 1:01 am
    tanggal 23 October 2010

    sereeemmmm oi.
    keturunan drakula nih!!

  130. 130
    ryy ryy
    berkomentar pada jam 6:13 pm
    tanggal 4 November 2010

    mmm ,,

    di liadt mank serem ,, tappi semakin serem semakin menarik buat aquw lebih tau ,,

    apa sih jenglot tuu ??

    banyak tu denger ,, law terkena darah dya bisa hidup ,, dan nyari darah lagi ,, waktu itu ada kok pamerannya ,, sangking takutnya sampe bawa dukun(pakar) segala ??

    mmm ,,

    bagaimana ituu ??

    apakah mungkin jenglot terbagi menjadi beberapa macam ??

    kaya spesies aja ??

  131. 131
    dede
    berkomentar pada jam 11:21 pm
    tanggal 29 November 2010

    nanaonan ngurus nu kitu mending usaha

  132. 132
    =
    berkomentar pada jam 10:55 pm
    tanggal 16 December 2010

    I need to contact site admin urgently. Can you understand me?
    Thank you

  133. 133
    melki
    berkomentar pada jam 10:14 am
    tanggal 31 March 2011

    ihhhhhhhhhhhhh….jenglot nya serem…..by 1 yuk 26 252 room 1………..saya tunggu lah cacaddddddddddddddd

  134. 134
    Alena
    berkomentar pada jam 10:24 pm
    tanggal 19 May 2011

    Jenglot sepertinya akal-akalan deh! masa’ jaman sudah jaman internet masih percaya tahayul?

  135. 135
    Wall
    berkomentar pada jam 8:48 pm
    tanggal 21 May 2011

    hiiii serem, tapi kenapa kecil gitu bisa bahaya ya. ?

  136. 136
    umhy
    berkomentar pada jam 3:16 pm
    tanggal 18 September 2011

    itu jenglot.a b’grak nga’.?? kok kyak bneka gitu :|

  137. 137
    http://www.barang-antik-antik.blogspot.com
    berkomentar pada jam 6:53 pm
    tanggal 11 November 2011

    merinding juga melihatnya,namun ada yang lebih unik lagi,silahkan di lihat rame rame ya!!

  138. 138
    dwi
    berkomentar pada jam 9:56 am
    tanggal 27 February 2012

    d maharkan jenglot. anti cukur. dpt mematikan lampu. tester max 2 orang.
    lokasi semarang
    088211042494

  139. 139
    popo.jawa timur
    berkomentar pada jam 12:18 am
    tanggal 1 March 2012

    Dicari anti cukur (BK,JENGLOT,RANTAI BABI) untuk penyempurnaan / kerjasama penarikan uang tunai sistim bagi hasil tanpa biaya.anda cukup bawa bendanya ketempat kyai kami.kalau benda anda asli kuat anti cukur waktu ditest kyai semua ongkos anda akan diganti oleh kyai yg akan memprosesnya. Jika ada yg berminat serius hub saya. Popo 085258330599/085258844642

  140. 140
    Sarticca
    berkomentar pada jam 12:12 pm
    tanggal 19 March 2012

    iiiiiirrggghh serem bgtz,merinding liat amit2 deh liat kaya gtuan..

  141. 141
    Ki Agung Sang Ibliz
    berkomentar pada jam 2:20 pm
    tanggal 8 June 2012

    menurut aku jenglot ki mung wong topo ra gugah..
    koyo sijine bathara kala.

  142. 142
    Oete
    berkomentar pada jam 2:16 pm
    tanggal 3 October 2012

    sy percaya bahwa jenglot itu ada…….

  143. 143
    apri
    berkomentar pada jam 12:49 pm
    tanggal 1 May 2013

    waooo..,, kalo yang kaya gitu.. emang bener ada isi nya /nga sih,,

  144. 144
    ratu rosdiana
    berkomentar pada jam 7:51 pm
    tanggal 15 June 2013

    Maaf ya Gan…perlu di ralat itu bukan Jengglot tapi BK (Batara Karang), krn saya juga memiliki persis spt itu dan punya nama ketika semasa hidup dulu memiliki ilmu yang sangat sakti. Sehingga yang merawatnya tentu akan dilindungi meski saya hanya yakin semua adalah kuasa Allah SWT. BK ini hanya membantu saja,
    jika dulu ada pecahan gelas pasti akan berdarah, tergores bahkan pecahan gelasnya bisa menusuk kulit kita. Sejak saya memiliki BK badan saya kebal dengan pecahan gelas/kaca, ditusuk jarum juga kebal, ada yang bilang membantu kita dari serangan gaib orang yg hendak mencelakakan kita.
    Bentuk Jenglot tdk spt itu lebih seram matanya hidup dan minumnya darah.
    Jika BK hanya senang wangi2an non alkohol dan bunga kantil, kenanga, melati.
    Saya juga sudah coba ambilkan mustika air, batu pirus hanya dengan dialog saja
    belum coba yg lain2 ada yang bilang bisa utk menarik harta terpendam tapi saya
    tidak mau lakukan itu. Cukup bagi saya membantu untuk kebaikan krn banyak
    yang sakit krn teluh/guna2 nah jika minta tolong saya sudah pasti sembuh krn
    akan berbalik ke orang yg berbuat jahat tsb. Sebab saya juga berlindung dan memohon petunjuk ALLAH SWT jadi saya tdk pernah melupakan ALLAH SWT, sebab BK juga harus selalu dikirimin doa sbb BK itu kan orang yang sudah meninggal. Jika Jengglot saya tdk mau merawat krn minum darah, dulu sebelum
    punya BK saya di tawari oleh orang yang menurunkan ilmu dari Leluhur saya yaitu Saciduh Metu Saucap Nyata krn Jengglot miliknya ingin dirawat saya krn
    yg bisa lihat Jengglot itu hidup hanya saya, pdhl waktu itu dipadepokan banyak
    orang dan ada yang ingin memiliki Jengglot tsb. Jadi saya tahu mana Jengglot dan mana BK. Cuman saya tdk sempat memfoto Jengglot tsb habis lebih seram dari BK. Tapi untuk masalah kekuatan BK lebih tinggi daripada Jengglot.
    Ini sekedar informasi yang saya alami sendiri. Saya dapat BK dari suami ketika
    beliau sedang berdialog dengan Kanjeng Sinuwun Sunan Gunung Jati dimana beliau diberi batu berlafatkan ALLAHU AKBAR lalu disuruh menarik BK krn diperuntukan buat saya sebab saya banyak menolong orang meski saya bkn paranormal. Saya diminta tolong ya saya bantu kalau saya bisa.

  145. 145
    yosep
    berkomentar pada jam 10:25 pm
    tanggal 2 August 2013

    ada dokter anti cukur yg di semarang ga? nih ada anti cukurnya.. 083870590082

  146. 146
    fhaiz
    berkomentar pada jam 7:28 am
    tanggal 16 August 2013

    ass,,,,
    mau tanya bang…
    posising barang ada d mna….?
    klau bleh sya minta info no hp….
    no sya>082345569595

  147. 147
    tya
    berkomentar pada jam 2:15 pm
    tanggal 18 September 2013

    jenglot makan nasi gk ?

  148. 148
    yanto
    berkomentar pada jam 11:20 pm
    tanggal 2 September 2014

    saya punya jengklot warisan dari almarhum bapak, saya niat untuk di maharkan. bagi yg berminat serius hub : 081315329992 pin bb 2b15a3b1

  149. 149
    yanto
    berkomentar pada jam 11:26 pm
    tanggal 2 September 2014

    saya mempunyai batara karang / jengklot warisan dari orangtua saya, saya berniat untuk memaharkan benda tersebut. bagi yg berminat hubungi : 0813 1532 9992 bagi yg mau lihat fotonya pin bb : 2b15a3b1


Isi Komentar


  • *