Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Manajemen Email

Dikirim: July 8th, 2008 | Oleh: | Kategori: Tips | 43 Komentar »

Email saat ini sudah menjadi alamat kedua setelah alamat rumah. Bahkan, beberapa orang (termasuk saya sendiri) lebih sering menanyakan alamat email dibandingkan alamat rumah atau kantor jika bertemu dengan seseorang :d

Saya sendiri sudah memiliki email lebih dari 15 tahun. Alamat email pertama saya dibuat di hotmail, sayang alamat riyo at hotmail.com saat ini sudah dicaplok orang :(

Banyak orang dibuat bingung dengan banyaknya alamat email yang saya miliki namun tidak lantas membuat saya repot. Ke alamat mana pun email dikirim, saya bisa membacanya tanpa alasan: “Oalaa, kirimnya ke alamat email yang itu toh … “. Sebuah alasan yang sering kita dengar dari beberapa orang yang memiliki banyak alamat email :p Bagaimana caranya? Berikut  manajemen email yang telah saya lakukan bertahun-tahun:

Buat satu inbox dengan alamat email yang dirahasiakan
Saya selalu memiliki alamat email rahasia. Inbox dari alamat ini selalu diletakkan pada fasilitas email yang diberikan ISP. Dan inilah satu-satunya inbox email  yang selalu saya donwload.

Lho, alamatnya rahasia tapi kok ada yang mengirim?
Ada dong ;) karena saya memanfaatkan yang namanya email forward :)

Selanjutnya,

Manfaatkan Email Forward
Dengan fasilitas ini, saya bisa memiliki banyak alamat email namun hanya didownload atau dibaca disatu tempat saja. Semua email yang saya miliki, me at riyogarta.com, riyo at bedeng.com, riyo at situsfoto.net, riyo at pbs-consult.co.id, riyo at creates-id.com, riyo at ifesindo.org, me at riyo.web.id dsb sebenarnya hanyalah sebuah email alias yang di forward ke alamat email rahasia diatas :) Jadi, pengiriman ke alamat email manapun yang saya miliki akan diterima di inbox alamat email rahasia tadi ;)

Dengan cara seperti, perpindahan ISP tidak lantas membuat email saya berubah.

Mengapa alamat email tersebut dirahasiakan?
Karena saya ingin agar tidak seorang pun mengirimkan email ke alamat tersebut. Hal ini dilakukan agar saya tidak perlu repot-repot memberitahukan jika alamat tersebut sudah berubah akibat pergantian ISP yang mungkin dilakukan.

Dulu saya merasakan betapa sulit mengubah alamat email riyo at cbn.net.id ketika tidak menggunakan CBN lagi. Dari pengalaman inilah saya akhirnya membuat domain khusus untuk pembuatan alamat email selain digunakan juga sebagai blog dan lain sebagainya.

Tentu saja, membuat email seperti ini membutuhkan biaya, minimum untuk membayar domain pertahun. Namun adakalanya pengeluaran biaya menjadi tidak berarti ketika kita bisa memanfaatkannya untuk produktifitas :)

Ah, dan lagi tidak semua domain harus saya bayar :p
Karena beberapa domain adalah domain milik kantor dimana saya bekerja :d

Siapkan email khusus untuk mencegah spam
Saya menyiapkan email untuk hal ini, diantaranya adalah riyogarta at yahoo.com. Saya gunakan alamat email ini untuk mengisi berbagai registrasi di internet, khususnya untuk registrasi yang saya ragukan manfaatnya tetapi tetap dilakukan karena rasa penasaran :d

Banyak juga yang kecele mengirim email ke alamat yahoo tersebut. Lagi pula siapa suruh ngirim email ke alamat itu? :p Asal tahu saja, saya sangat jarang memeriksa email yahoo, kecuali saat melihat email konfirmasi dari registrasi yang saya lakukan. Dan saya juga tidak pernah memberikan alamat email yahoo yang saya miliki kepada siapa pun kecuali kepada spammer :p

Siapkan inbox khusus untuk backup email
Kadang kala sebuah email dibutuhkan disaat notebook tidak saya bawa, padahal seluruh email yang didonwload ada didalam notebook. Saya juga mengatur agar email yang telah didownload langsung dihapus agar inbox di ISP selalu siap menerima email (menghindari quota penuh). Nah, untuk inilah saya membutuhkan email backup yang bisa dilihat dimanapun. Jadi seluruh email alias yang saya miliki, selain di forward ke email rahasia juga di forward ke email backup yang saya letakkan di GMail dan Live.

Seringkali email backup juga digunakan ketika ISP megalami gangguan sehingga menyebabkan keterlambatan masuknya email. Mmm, ini sering terjadi di ISP yang saya gunakan :(

Selain itu, sesuai dengan tujuannya yakni backup email, maka inbox ini akan menjadi backup dari seluruh email yang sudah didwonload jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Membuat filter
Saya sering heran melihat mereka yang mendownload email menggunakan email client tetapi tidak memanfaatkan filter untuk memilih-milah email kedalam folder tertentu (saya menggunakan email client Thunderbird). Dengan memanfaatkan filter, email dari berbagai milis bisa dipisah kedalam folder masing-masing, email dari seseorang juga bisa dipisahkan kedalam folder tertentu dengan kriteria tertentu dan lain sebagainya. Dengan cara inilah saya bisa membuat skala prioritas email mana yang seharusnya dibaca terlebih dahulu :)

Fasilitas yang sama juga bisa didapatkan di GMail dengan memanfaatkan Label.

Begitulah manajemen email yang telah saya lakukan selama bertahun-tahun, semoga ada manfaatnya bagi para pembaca :)


43 komentar untuk “Manajemen Email”

  1. 1
    rama
    berkomentar pada jam 7:21 pm
    tanggal 8 July 2008

    iya jadi inget… rama@ymail.com juga dihack… ~X(

    rama’s last blog post..dasar stress!!

  2. 2
    Hedi
    berkomentar pada jam 7:22 pm
    tanggal 8 July 2008

    dulu saya punya akun email banyak, sekarang cukup dua atau tiga dengan password yang sama ;))

    Hedi’s last blog post..The Guardian dan Gosip Bola (1)

  3. 3
    jimmy
    berkomentar pada jam 10:34 pm
    tanggal 8 July 2008

    betul mas riyo, emang repot kalo harus pindah alamat email.. saya juga pakai fasilitas email forwarding, tapi saya forward ke email gmail, jadi sampai kapan pun gak akan ditutup kecuali google bangkrut :d

    jimmy’s last blog post..Ayo Buka Toko Online Sendiri

  4. 4
    Nurdiansyah
    berkomentar pada jam 10:43 pm
    tanggal 8 July 2008

    Jika ingin mengirim atau me-reply email, apakah bisa menggunakan account email “alias”, atau harus email “rahasia” tadi?

    Nurdiansyah’s last blog post..Firefox Download Day

  5. 5
    made eka
    berkomentar pada jam 11:59 pm
    tanggal 8 July 2008

    pertanyaannya sama dengan Nurdiansyah. Klo kita reply kan ntar alamat email yang kita sembunyikan akan muncul. Gmana nih??

    made eka’s last blog post..Bandungku (semakin) Terancam!!

  6. 6
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 12:58 am
    tanggal 9 July 2008

    @Nurdiansyah & made eka:
    Kalau pakai Thunderbird bisa tuh mereply dengan alamat email tertera adalah email yg diinginkan :)

    Yuliazmi’s last blog post..On Air di i-Radio

  7. 7
    Luthfi
    berkomentar pada jam 6:56 am
    tanggal 9 July 2008

    setidaknya 60% poin2 di atas sudah saya lakukan :D

    Luthfi’s last blog post..Postingan nomer 526

  8. 8
    annmolly
    berkomentar pada jam 8:08 am
    tanggal 9 July 2008

    klo saya sech di filter dulu di webmailnya jadi klo di email client di ponsel ngga nyedot ribuan email dari milis-milis yang sebenarnya jarang juga saya baca. :wishtling:

    annmolly’s last blog post..Instalasi 5 Menit WordPress di PC

  9. 9
    hasx
    berkomentar pada jam 8:17 am
    tanggal 9 July 2008

    Gw pake Thunderbird buat gantiin OutLooks yang gw kira kurang ok karena gw pake Lotus Domino. Seandaiya Proxy gw gak ngeblog pop3 ama port smtp pasti google mail gw juga pake client Thunderbird … he he he

  10. 10
    Koko
    berkomentar pada jam 8:39 am
    tanggal 9 July 2008

    Saya pake email di hp juga, jadi saya memilih gmail. Enaknya gmail sekarang filternya bisa langsung mark as read, jadi gak perlu ngelihat email2 yang unread.

    Manajemen email saya sederhana. Inbox zero. Artinya di Inbox setelah selesai reply, delete, moving, di inbox harus nol untuk menerima email berikutnya.

    Koko’s last blog post..Why are you moving your blog(s)?

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:02 am
    tanggal 9 July 2008

    @Nurdiansyah, @made eka
    Tentu, bisa sekali. Saya menggunakan Thunderbird, melalui fitur manage identity saya bisa memasukan alamat pengirim yang lain dari alamat inbox sebenarnya :)

    Dan Thunderbir cukup cerdas karena bisa secara otoatis mendeteksi alamat email yang tercantum pada TO sehingga saat reply (jika alamat email tersebut sudah terdaftar di manage identity) Thundrbird akan secara otomatis memilih alamat email yang sesuai.

    @Luthfi
    60% atau 68% ;))

    @annmolly
    Nah kalau yang ini memang sudah rencana saya juga untuk membuat inbox khusus yang akan dibaca secara mobile. Jadi saya akan memilih dengan filter email2 tertentu yang bisa dibaca mobile.

  12. 12
    Tomi yahya
    berkomentar pada jam 10:28 am
    tanggal 9 July 2008

    Artikel yang sangat bagus bung Riyo. Saya juga melakukan email forwarding untuk beberapa email saya yang bejibun. Saran yang bagus menggunakan Gmail untuk backup. Ini yang belum saya lakukan. Cukup disini dulu komennya. Mau buat account gmail untuk backup ah.
    Thanks Bro.

  13. 13
    aLe
    berkomentar pada jam 1:29 pm
    tanggal 9 July 2008

    masih 50% yg dipraktekin ^^

  14. 14
    newbie
    berkomentar pada jam 2:25 pm
    tanggal 9 July 2008

    makasi tipsnya
    selama ini memang agak kerepotan kalo punya banyak akun.
    5 akun sudah terasa banyak untuk saya :-?

    newbie’s last blog post..Contoh Landing Page

  15. 15
    angus
    berkomentar pada jam 2:43 pm
    tanggal 9 July 2008

    :crying: :jangaann: :tidaaakk: :dongkol: :cepedeh:
    Ga paham ini maksudnya apah,…. :confused:

    angus’s last blog post..menolong teman

  16. 16
    okta sihotang
    berkomentar pada jam 4:04 pm
    tanggal 9 July 2008

    pengennya sih spp itu sih, cuma kemarin aku liat bayar 20rbpertahun…
    trus, pakai email yang dihost bayar kenapa mas ??
    seperti admin@oktasihotang.com, dsb ??

    sama saja kan ?, ya cuman spp yang mas bialng ntar klo saya bangkrut dan nggak bisa lanjtin pembayaran host, jadi bermasalah..ya kan ?

    okta sihotang’s last blog post..No design, no activity, no..no..no…ASTRA(7)

  17. 17
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:38 pm
    tanggal 9 July 2008

    @okta sihotang
    Saya memilih email rahasia saya di inbox ISP untuk memanfaatkan kecepatan downloadnya saja.

  18. 18
    achoey sang khilaf
    berkomentar pada jam 6:41 pm
    tanggal 9 July 2008

    kalo alamat mail kan mudah dikunjungi :)
    kalo alamat rumah bisa nyasar2 tuh

    wah ni postingan bener2 informatif :)
    makasih sobat

    achoey sang khilaf’s last blog post..Apalah Arti Sebuah Nama?

  19. 19
    Jed
    berkomentar pada jam 9:31 pm
    tanggal 9 July 2008

    tips-tipsna bagus….setujuuuu :)

    Jed’s last blog post..Quizzes and Presents

  20. 20
    Anang
    berkomentar pada jam 12:52 am
    tanggal 10 July 2008

    sekarnag masih setia sama yahoo aja… ama gmail kadang2

    Anang’s last blog post..Arah Kiblat

  21. 21
    mysyam
    berkomentar pada jam 11:48 am
    tanggal 10 July 2008

    saya juga punya banyak email, kalau sekiranya ada yang menarik, segera saya akuisisi :D, tapi satu yang tidak ada fasilitas forward, yaitu YAHOO DOT COM gratisan, kalau yahoo smallbusiness bisa di forward :hahaha:

  22. 22
    Terasi Rumah
    berkomentar pada jam 12:36 pm
    tanggal 10 July 2008

    Dan saya juga tidak pernah memberikan alamat email yahoo yang saya miliki kepada siapa pun kecuali kepada spammer :p

    Waduh…
    padahal mas Riyo nyebutin imel yahoo-nya ke kita….
    :d

    Terasi Rumah’s last blog post..Playboy Membuat Polling, Blogger Cewek Mana yang Anda Inginkan Berpose Bugil?

  23. 23
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 4:54 pm
    tanggal 10 July 2008

    Yup, ane juga udah pake filter atau label di gmail, tapi belum manfaatin email yang di domain sendiri :D

    Donny Reza’s last blog post..Guitar Player

  24. 24
    Rafki RS
    berkomentar pada jam 8:09 pm
    tanggal 10 July 2008

    Ternyata kalau email nggak di manaj dengan baik juga bisa bikin pusing sendiri ya. Apalagi punya alamat email seabrek-abrek. Thanks infonya Mas Riyo.

  25. 25
    ridu
    berkomentar pada jam 8:12 pm
    tanggal 10 July 2008

    duh pas banget.. ridu gara2 banyak imel malahan ada undangan penting gak tau coz tuh imel jarang ridu buka.. huhu..

    tapi ridu khususkan imel ada yg buat imel aja, kalo gak buat milis aja.. hehehe.. biar gak cape bacanya..

    ridu’s last blog post..Blog Ridu Di HACK!!

  26. 26
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:37 am
    tanggal 11 July 2008

    @Terasi Rumah
    Berarti … :p

    @ridu
    Makanya, biar gak capek bacanya … pakai filter :p

  27. 27
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 10:45 pm
    tanggal 11 July 2008

    :d hampir sama, email pertamaku di hotmail th 96, dipakai smp awal 2000, ada jeda tak nyentuh internet smp akhir 2001. Stlh itu pakai telkom.net dan outlook express. Dan mulai punya banyak email. Baru 2th ini pake thunderbirp. Tp di kantor tetap pake windows dan outlook. dr dulu diarsipkan ulang dan dititipkan ke ftp tertentu. Krn byknya kl sdg pergi lama byk ketinggalan berita… Hehe

  28. 28
    aRuL
    berkomentar pada jam 3:20 pm
    tanggal 12 July 2008

    weh..saya kahirnya fokus sama satu email aja. walau byk SPAM tapi kalo satu lebih terkendali :D

    aRuL’s last blog post..Pemulung berteknologi

  29. 29
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 4:17 pm
    tanggal 12 July 2008

    Sama. Aku juga biasanya siapin email khusus buat spam. Biasanya buat daftar ke klik iklan2 gitu. :D

    Rosyidi’s last blog post..Pemeriksa Pajak yang Jujur (bagian-1)

  30. 30
    harr51
    berkomentar pada jam 8:44 pm
    tanggal 12 July 2008

    mantab mantab tipsnya.. spam yg sering bikin rusuh

    harr51’s last blog post..Download File Torrent Tanpa Aplikasi Torrent

  31. 31
    bayu
    berkomentar pada jam 10:23 pm
    tanggal 12 July 2008

    =)) =)) =))
    apa neh!?@!@?#!?@#!!@!
    cara kita sama banget!!! huaehuahueahuaha,..

    semua email ke satu inbox email rahasia dimana dari email itu ada semua alamat sender dari email2 yang masuk. kira2 seperti itu yang kepikiran ama saya pada waktu mencoba trik ini.

    AND IT WORKS!!!

    bayu’s last blog post..Notepad++ 5.0

  32. 32
    Riri Audiya
    berkomentar pada jam 5:38 am
    tanggal 13 July 2008

    email aku juga punya banyak..
    tapi yg aktif cuma 2 :p

    Riri Audiya’s last blog post..reminiscing “you”

  33. 33
    Wibisono Sastrodiwiryo
    berkomentar pada jam 3:50 pm
    tanggal 13 July 2008

    Mengelola banyak account email sebenarnya ada beberapa cara. Bagi yang punya mail server sendiri seperti Riyo bisa pakai cara forward. Bisa juga pakai cara pop email. Bagi pengguna gmail ada fasilitasnya, namanya Mail Fetcher.

    Wibisono Sastrodiwiryo’s last blog post..Pemecahan Rekor Blogging MURI

  34. 34
    waterbomm
    berkomentar pada jam 7:54 am
    tanggal 16 July 2008

    manajemen email yang keren..
    patut di curigakan contoh tuh..

    saiah juga punya banyak email mas. tapi semuanya dipake :( buat milis, ada 1 yang saiah pake khusus :D hihi..

    waterbomm’s last blog post..Picture from Bandung (12 – 13 July 2008)

  35. 35
    Frank
    berkomentar pada jam 12:35 pm
    tanggal 20 July 2008

    ~X( Beautiful Posting!
    Thank you for sharing this with us !!
    Congrants!!

  36. 36
    Zhang
    berkomentar pada jam 9:29 pm
    tanggal 20 July 2008

    Setuju Pak dng saran2nya…..
    Memang paling enak pake banyak email forward dan satu POP3 yg rahasia… :)

    Zhang’s last blog post..Proyek 200 Kelenteng

  37. 37
    Roni
    berkomentar pada jam 9:08 pm
    tanggal 23 July 2008

    Salam Kenal,
    saya juga pernah menggunakan email client outlook & thunderbird untuk mendownload email saya di gmail tapi sayang sekali tidak semua email dapat didownload & ada yang lebih aneh email yg sudah didownload semua juga sudah dihapus tapi ketika saya menggunakan fasilitas automatic download semua yg sudah terhapus malah kembali lagi didownload oleh email client & semua sisa email yg masih ada di inbox gmail tetap tidak bisa didownload, kejadian ini terus menerus berulang. 1 hal lagi saya tidak bisa mengirimkan email melalui email client lewat account gmail saya padahal semua settingan sudah benar, setelah mencari tau di forum google ternyata saya bukan satu-satunya manusia di muka bumi ini yg mengalami masalah yg sama ~X( .

  38. 38
    SEPTIAN BAYU
    berkomentar pada jam 7:36 pm
    tanggal 11 December 2008

    =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) Knapa email saya tidak bisa membuka alamat email teman teman yang lain? :-?? :-? :-? :-? :-? :-? :-?

  39. 39
    SEPTIAN BAYU
    berkomentar pada jam 7:50 pm
    tanggal 11 December 2008

    :kiss: :lari: :lari: :lari: :alapu: :ohmygod: :ohmygod: :cepedeh: :kiss: :jangaann: :jangaann: :jangaann: :jangaann: :jangaann: :jangaann: :ohhhh:

  40. 40
    khenasso
    berkomentar pada jam 8:59 pm
    tanggal 24 December 2008

    makasih mas infonya matur suwun.. :)

  41. 41
    umar
    berkomentar pada jam 11:39 am
    tanggal 7 January 2010

    mas bgaimana cara membuka email yahoo saya yg terhapus permanent.thks sblmnya

  42. 42
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:46 am
    tanggal 7 January 2010

    @umar
    wah ya namanya sudah terhapus permanent ya tidak akan bisa dibuka lagi dong.

  43. 43
    Robert
    berkomentar pada jam 5:53 am
    tanggal 28 November 2014

    .

    ñïàñèáî çà èíôó!!


Isi Komentar