Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Selamat Jalan Sahabat

Dikirim: June 15th, 2008 | Oleh: | Kategori: Diary | 34 Komentar »

Sudah lebih dari 10 tahun kami menjalin persahabatan, sejak semester awal di bangku kuliah Universitas Budi Luhur, menjadi teman kost di Gaim no. 11, sahabat dalam suka dan duka, bersama-sama mengerjakan program permainan Domino yang akhirnya menjadi skripsi, bekerja dalam kantor yang sama sebagai anak buah hingga menjadi partner bisnis dalam mendirikan perusahaan. Namun akhirnya persabahatan kami kandas akibat ketidakmampuannya mengendalikan keinginan terutama ketidakmampuannya untuk bersikap profesional terhadap campur tangan istrinya di kantor baru kami.

Sayang sekali, jalinan persahabatannya dengan diri saya yang sudah dibina bertahun-tahun ternyata sedemikian tipis dan mudah sekali robek hanya karena uang dan pengaruh istrinya. Dua hal yang memang bisa dan sering menghancurkan sebuah persabahatan.

Ah sudahlah, bagi saya cukup sudah persahabatan ini dan rasanya bodoh jika saya masih tetap berharap persabahatan ini tetap terpelihara setelah berbagai peritiwa yang telah dilalui. Dari mulai fitnah yang dilakukan istrinya kepada istri saya, berpolitik untuk menjatuhkan diri saya hingga akhirnya melakukan telikungan bisnis yang sama sekali tidak etis.

Harapan saya setelah kejadian ini, mudah-mudahan, sahabat saya itu bisa lebih banyak belajar mengenai arti sebuah persahabatan, makna dari kata partner dalam menjalankan usaha bersama dan  tanggung jawab sebagai pemegang saham serta sebagai salah satu pimpinan dalam perusahaan.

Karena sahabat saya itu sudah menyatakan diri untuk mundur dan berbohong kepada saya atas alasan yang diberikannya, maka saya hanya mengucapkan, “Oke eks sahabatku, mudah-mudahan Anda akan sukses di tempat yang lain, selalu diberi kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.”


34 komentar untuk “Selamat Jalan Sahabat”

  1. 1
    robee
    berkomentar pada jam 10:53 am
    tanggal 15 June 2008

    sepertinya ada kemiripan dengan saya. tapi alasan aja yang beda.
    sama2 ada seseorang yang pergi.

    robee’s last blog post..Dan Dia pun Pergi

  2. 2
    Rafki RS
    berkomentar pada jam 11:24 am
    tanggal 15 June 2008

    Ikut prihatin Mas Riyo. Memang kehilangan sesuatu itu sangat menyakitkan apalagi seorang sahabat baik. Semoga masing-masing menyadari kekeliruannya dan persahabatan dapat terjalin kembali seperti sedia kala. Biasanya perpecahan hanyalah bentuk dari kesalahpahaman.

    Rafki RS’s last blog post..Selamat Jalan Sahabat

  3. 3
    Jed
    berkomentar pada jam 12:42 pm
    tanggal 15 June 2008

    wah sedih sekali…koq bisa istri cemburu sama temen cowok suaminya? ;))

    Jed’s last blog post..From The Blogosphere – 001

  4. 4
    nenyok
    berkomentar pada jam 12:48 pm
    tanggal 15 June 2008

    Salam

    Ah begitulah, kisah yang hampir sama dengan saya kehilangan sahabat karena salah faham dan yang lebih sakit lagi salah fahamnya soal apa saya ga pernah tahu :(

    nenyok’s last blog post..Persahabatan by Kahlil Gibran

  5. 5
    hanif
    berkomentar pada jam 12:56 pm
    tanggal 15 June 2008

    :confused: eks sahabat??? kata yang jarang q dengar…
    amin aja deh, semoga dapet jalan yg terbaik :)

    hanif’s last blog post..Teriak Kebebasan…!!!

  6. 6
    Habib
    berkomentar pada jam 1:08 pm
    tanggal 15 June 2008

    Cerita sama yang berulang-ulang terus… :(

    Habib’s last blog post..Oh God, I Beg You

  7. 7
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:35 pm
    tanggal 15 June 2008

    @hanif
    Heheh, ada 3 hal yang tidak mungkin diberi embel-embel eks,
    1. orang tua
    2. saudara
    3. dan anak sendiri :)
    Jadi kalau sahabat bisa pakai kata eks :d

  8. 8
    langitjiwa
    berkomentar pada jam 4:55 pm
    tanggal 15 June 2008

    kehilangan seorang sahabat adalah hal yg begitu menyakitkan bagi saya pribadi dimana saat dai melepas nafas kehidupan tepat di depan mata saya.

    langitjiwa’s last blog post..perjalanan

  9. 9
    gunawanwe
    berkomentar pada jam 6:20 pm
    tanggal 15 June 2008

    memang susah untuk bersikap profesional di bidang kita kalo keluarga (apalagi istri/suami) dah mulai ikut2an.
    semoga deh, saya gak mengalaminya.. salam..

    gunawanwe’s last blog post..Perkenalkan…. Jagoan Baru !

  10. 10
    sawali tuhusetya
    berkomentar pada jam 6:51 pm
    tanggal 15 June 2008

    ternyata tidak sedikit orang yang tega mengkhianati persahabatan, mas riyo. memang tidak ada manfaatnya mempertahakan persahabatan dengan orang2 berwatak culas semacam itu, mas, hehehehe :d apalagi sudah ada campur tangan istrinya. repot!

    sawali tuhusetya’s last blog post..Dunia Pendidikan Kita Miskin Sentuhan Pembelajaran Elektronik?

  11. 11
    Jiewa
    berkomentar pada jam 9:52 pm
    tanggal 15 June 2008

    Ada 3 hal yang bisa membiat pria melupakan sahabatnya : harta, tahta, wanita :)

    Jiewa’s last blog post..Tour de Kampoeng Bag. 2 : Kampung Kungfu

  12. 12
    jimmy
    berkomentar pada jam 10:22 pm
    tanggal 15 June 2008

    memang sering sekali kejadian persahabatan bahkan persaudaraan yang rusak gara2 bisnis dan uang, karena itu kalau mau buka usaha lebih baik sendirian saja..

    jimmy’s last blog post..Buku ProBlogger Telah Tiba

  13. 13
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 8:57 am
    tanggal 16 June 2008

    whew, udah berapa banyak ya saya denger kasus seperti ini? dulu sama bos juga diingetin, kalau bisnis sama temen, hitung2an nya dari awal harus jelas, jangan 50:50 :))

    Donny Reza’s last blog post..Darussalam: Masjid yang Patut Dicontoh

  14. 14
    Nurdiansyah
    berkomentar pada jam 9:12 am
    tanggal 16 June 2008

    Saya juga pernah mengalaminya walaupun dengan kasus yang berbeda… Ayo tetap semangat Mas… Jadikan kejadian tersebut sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi kita ;;)

    Nurdiansyah’s last blog post..Akashu, Penghemat BBM !!

  15. 15
    edoth
    berkomentar pada jam 10:16 am
    tanggal 16 June 2008

    positif thinking saja, ambil hikmah-nya… jangan sampai enggan untuk mempunyai sahabat lagi…
    “punya 1 orang sahabat lebih baik daripada punya 1 orang musuh….”

    edoth’s last blog post..TEMU AKTIVIS 23-25 JUNI 2008

  16. 16
    waterbomm
    berkomentar pada jam 10:26 am
    tanggal 16 June 2008

    8-}
    waw.. masalah yang takkan pernah diduga sebelumnya.. :ohmygod: :ohmygod:

    waterbomm’s last blog post..Ya, Saya kalah

  17. 17
    quelopi
    berkomentar pada jam 5:16 pm
    tanggal 16 June 2008

    siapa yah? :wishtling: :wishtling:

  18. 18
    ridu
    berkomentar pada jam 12:55 pm
    tanggal 17 June 2008

    wew.. urusan pribadi berlanjut ke urusan profesional?

    ridu’s last blog post..So Little Time So Much to Do

  19. 19
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 5:24 pm
    tanggal 17 June 2008

    masih Alhamdulillah siy ketahuan saat ini sebelum semakin berlarut-larut, sebelum makin menghujam jantung. ** flashback mode on :bah:

    Yuliazmi’s last blog post..DVD-RW si Axioo Sembuh

  20. 20
    bayu
    berkomentar pada jam 3:33 pm
    tanggal 19 June 2008

    wowww,..
    klasiknya, uang emang membuat urusan antara manusia bisa terganggu. akan tetapi, moral yang saya dapat dari postingan ini justru, kalo punya usaha sendiri, jangan beri tau istri :D

  21. 21
    arizane
    berkomentar pada jam 1:26 am
    tanggal 21 June 2008

    mirip sekali ma crita sahabat saya yang keilangan sahabatnya..cuma gara2 lahan usaha..

    yah sampe skrg…

    yang beratny…saya ga ada dikubu sapa2..
    jadi penengah kadang pusing

    btw mudah2an sahabat yang dimaksud pak riyo..bukan sahabat pak riyo yang saya kenal

    *emang saya kenal banyak yah**
    **SOK KENAL MODE : ON***

    arizane’s last blog post..About Money – Chinese Proverbs

  22. 22
    Pak è
    berkomentar pada jam 11:51 am
    tanggal 21 June 2008

    wheew …
    Seorang sahabat … klo memang sudah jadi Sahabat … tentunya pasti akan terus jadi sahabat … kecuali kalau levelnya cuma sebagai teman …

    Turut berduka deh mas … [-O<

    Pak è’s last blog post..Wheew …

  23. 23
    Ali Imran
    berkomentar pada jam 3:43 pm
    tanggal 23 June 2008

    Yo,

    Gw turut prihatin atas kejadian ini walau udah telat kasih komentar, tp sebagai sesama anak BL dan kita bertiga pernah sekantor..cuma bisa berharap supaya persahabatan bisa normal lagi.

  24. 24
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:20 pm
    tanggal 23 June 2008

    @Ali Imran
    Wah … kayaknya udah susah Li :(

  25. 25
    suradi
    berkomentar pada jam 10:45 pm
    tanggal 23 June 2008

    coba aja lagi :)

  26. 26
    M Santaka
    berkomentar pada jam 10:08 am
    tanggal 25 June 2008

    Wah mas Riyo. Sama ceritanya ama saya yah? Tapi bedanya ama saudara saya sendiri. :(

    Anggap aja jalan buat sesuatu yang baru yang lebih baik mas. Seperti saya ini, AlhamdulIlah dikasih jalan yang lebih bagus buat cari uang. Sempet susah dulu, waduh hidup dah rasanya gak hidup deh selama 2 tahun. Sukur sekarang dah ketemu silver liningnya.

    Dan sekarang hubungan saya ama saudara saya sudah ok lah.

    All the best. :d

    M Santaka’s last blog post..Firefox3 Download Day 2008!

  27. 27
    Erri
    berkomentar pada jam 9:58 am
    tanggal 27 June 2008

    Ingat pepatah tua, ” Musuh terdekat adalah orang terdekat anda”!!
    Ingat pepatah terbarukan “Perekat persahabatan adalah lawyer”. hehehehe
    jadi .. mulai sekarang, carilah lawyer untuk menghilangkan rasa sungkan terhadap siapapun karena kedekatan keluarga, pertemanan & hubungan batin. Bisnis is bisnis… musti pahit2xan dari awal. Ada masalah? cari pihak ke tiga? siapa? lawyer!!!

  28. 28
    fori
    berkomentar pada jam 2:49 pm
    tanggal 27 June 2008

    Wah, sedih juga ya dengernya. Gue baru baca hari ini , dari judulnya gue kirain ada temen Riyo yg meninggal. Mudah – mudahan tidak terulang lagi dan membuat Riyo lebih waspada di masa yg akan datang.

  29. 29
    Ismawan
    berkomentar pada jam 9:38 am
    tanggal 30 June 2008

    Turut berduka cita Mas…

    Jangankan hanya sahabat, orang yang masih ada hubungan famili aja juga bisa berbuat seperti itu. Kalau udah begitu, hubungan persaudaraan lah taruhannya. Makanya saya nggak mau punya partner famili…

    Ismawan’s last blog post..Customer Service #3…

  30. 30
    ardee
    berkomentar pada jam 11:51 am
    tanggal 9 July 2008

    Jadi inget sama pernyataan seorang mentri iran beberapa waktu setelah delegasi indonesia mengeluarkan pernyataan sikap abstain di PBB soal embargo terkait nuklir iran: “Diserang oleh musuh memang menyakitkan, tapi lebih menyakitkan lagi ditusuk dari belakang oleh sahabat sendiri.”. ITu saya dapat di khotbah jumat.

    ardee’s last blog post..Carilah Kontrakan Sampai…

  31. 31
    | 8 Jam 27 Menit | Catatan
    berkomentar pada jam 8:06 am
    tanggal 22 July 2008

    […] Eks Sahabat saya sudah membuatan tools untuk hal ini menggunakan Delphi. Hanya berdasarkan pengalaman yang […]

  32. 32
    erna
    berkomentar pada jam 3:41 pm
    tanggal 4 December 2008

    ^:)^ :girl: menurut saya sebagai sahabat hrs sling tlong menlong , , , dan tdk bersifat selalu egois mamantingkan diri sndri . . :ohmygod: (*) :tidur:

    okeys, thank you !!! :-h :-h :-h :-h :happy:

  33. 33
    Bagus From Cari Uang Gratis
    berkomentar pada jam 9:19 am
    tanggal 20 May 2010

    Wah, sungguh mengena bngt di hati artikelnya gan, persahabatan memang butuh kepercayaan. Saat hal itu hilang dari hati tiap sahabat, saat itulah kehancuran akan datang

  34. 34
    Evan
    berkomentar pada jam 7:52 am
    tanggal 23 November 2014

    .

    hello.


Isi Komentar