Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Kenapa Presiden Harus Marah?

Dikirim: April 21st, 2008 | Oleh: | Kategori: Bingungsiana | 42 Komentar »

Ini tanggapan saya atas sikap seorang pemimpin yang marah ketika pidatonya tidak didengar oleh seorang audiens karena tertidur. Dalam point-point dibawah ini, saya mengadaikan jika saya menjadi seorang pemimpin dan mengalami hal tersebut.

  • Kenapa harus marah? Mungkin saya sebagai orang yang berpidato tidak bisa menyampaikan topik pembicaraan yang menarik, atau mungkin pidato saya membosankan sehingga menimbulkan rasa kantuk bagi yang mendengar. Mungkin seharusnya saya menyelingi pidato saya tersebut dengan sesuatu yang segar, seperti humor ringan yang membuat suasana menjadi lebih fresh.
  • Kenapa harus marah? Jika tenyata saya juga tidak pernah mendengar apa yang dikatakan audiens kepada saya dalam bentuk masukan maupun kritik. Bisa jadi hal ini merupakan balasan yang mereka lakukan tanpa disadari. Atau jangan-jangan ini adalah karma bagi saya yang sering tidak mau mendengar atau memperhatikan keinginan audiens.
  • Kenapa harus marah? Karena bisa jadi seseorang yang tertidur itu dalam keadaan sakit. Maka saya akan mendatanginya, turun dari podium dan berjalan mendekati orang yang tertidur itu. Saya akan tanya langsung, “Pak, apakah Anda sakit?”
    Hahaha, coba Anda bayangkan jika orang yang tertidur itu adalah Anda. Dan coba bayangkan apa yang akan ditulis wartawan yang meliput acara tersebut. Berita dari kejadian ini akan menimbulkan efek yang jauh lebih bagus.
  • Kenapa harus marah? Karena bisa jadi saya mulai kehilangan pesona yang membuat saya terpilih dulu. Mungkin ini saatnya saya untuk melakukan introspeksi meraih kembali pesona yang pernah saya miliki.
  • Kenapa harus marah? Kalau toh kemarahan saya sebenarnya muncul karena saya merasa diabaikan? Kecuali jika marah karena benar-benar tidak suka melihat wakil rakyat yang tidur saat bertugas seperti halnya yang sering kita lihat di televisi.

Jadi kenapa harus marah?

Link terkait: Presiden Marah


42 komentar untuk “Kenapa Presiden Harus Marah?”

  1. 1
    sawali tuhusetya
    berkomentar pada jam 11:25 pm
    tanggal 21 April 2008

    Yups, idealnya seorang pemimpin mesti bisa bersikap sperti yang disampaikan mas riyo itu. sayangnya, banyak pemimpin kita yang masih gagal mengendalikan emosi dari dalam dirinya sendiri. semua orang, khususnya yang dipimpin, selalu diminta untuk memperhatikan mereka. padahal, sejatinya seorang pemimpin justru harus bisa melayani dan memperhatikan yang dipimpin. ternyata, memang bukan persoalan mudah untuk bisa mencari dan menemukan seorang pemimpin yang mampu mengendalikan nafsu amarahnya ~X(

    sawali tuhusetya’s last blog post..Bloger Bersatu untuk Hak Asasi Manusia

  2. 2
    HabsQ
    berkomentar pada jam 12:07 am
    tanggal 22 April 2008

    Kok linknya ga bisa dibuka ya?

    HabsQ’s last blog post..Chinca (Cinta) Laura’s Traffic Signs

  3. 3
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 4:05 am
    tanggal 22 April 2008

    Mungkin untuk menunjukkan wibawanya.
    Tapi sebagai peserta seharusnya menghormati pembicaranya. Walaupun gak enak tapi jangan tidur. Mendingan gak usah ikut sekalian kalo misalnya capek. Dalam Islam diajarkan ini, karena itu ketika jumatan tidak boleh berbicara satu sama lainnya, tidak boleh tidur, dll. Memang sih kalo ceramah biasa diluar Jumatan lebih longgar, tapi dari Jumatan itu mengajarkan suatu training bentuk kedisiplinan. Menurutku seperti itu.
    Wallahua’lam bishowab.

    Rosyidi’s last blog post..You are Banned

  4. 4
    robee
    berkomentar pada jam 5:46 am
    tanggal 22 April 2008

    sabar sabar..
    mudah”an ga marah” lagi..
    kecuali klo bawahannya ga becus, marah” lah..
    hehe..

    robee’s last blog post..Editor Koran Pemuat Karikatur Nabi Mati!

  5. 5
    krisna
    berkomentar pada jam 6:23 am
    tanggal 22 April 2008

    whew, mantaf lah komentarnya mas riyo.. :d
    moga2 ga ada lagi pejabat or wakil rakyat yg ga ke gap ketiduran lagi…

    mungkin pak presiden sering ngliat di tv bnyk yg suka ketiduran pas lagi rapat tp ga percaya, pas kmrn ngliat dengan mata kepalanya sndiri, jadi emosi d… :begitu:

    krisna’s last blog post..New Generation Certification Lifecycle Policies

  6. 6
    jimmy
    berkomentar pada jam 6:59 am
    tanggal 22 April 2008

    mas riyo nih calon pemimpin yang sejati ^:)^

    jimmy’s last blog post..Kabar Sedih dari Easy Share

  7. 7
    Labyrinth
    berkomentar pada jam 7:51 am
    tanggal 22 April 2008

    Bapak presiden kita mungkin punya pertimbangan lain, mengapa beliu harus marah.

    Mungkin itu salah satu bentuk pembuktain bahwa beliu memperhatikan audience nya ketika beliau ber”komunikasi dengan audience”

    Mungkin….
    just a thought… :D

    Labyrinth’s last blog post...:: ‘Depdiknas’ Keluarkan Larangan ::.

  8. 8
    Arief
    berkomentar pada jam 8:05 am
    tanggal 22 April 2008

    Kalau Bapak sampai marah ya jangan salahin 100% dong mas…

    Bagaimanapun yang dimarahi itu kan sedang sekolah, Sedangkan Beliaunya sedang memberikan pengarahan dalam kapasitas sebagai guru dan atasan.

    Itu kan kontras. Mungkin Beliau tersinggung karena merasa bahwa Beliau kurang dihargai, dan mungkin juga sebagai cerminan bagaimana sih pemimpin pemimpin kita.

    Lagi pula, sepertinya ndak pantes kalo dilihat. Keliatannya ndak respect sama atasan… apalagi sama rakyat…..

  9. 9
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:45 am
    tanggal 22 April 2008

    @HabsQ
    Iya, saya salah kasih link, sekarang sudah bisa. Thanks infonya :)

    @Rosyidi
    Salah besar jika seseorang ingin menunjukkan kewibawaan dengan cara marah :p Masalah peserta saya setuju, hanya cara menghadapinya pesertanya yang saya tidak setuju.

    @Labyrinth
    Apa ini lantas menjadi bukti bahwa dia memperhatikan rakyatnya juga? Hehehe

    @Arief
    Memangnya saya menyalahkan 100% ya? Saya hanya mengandaikan jika saya yang menjadi beliau tuh :)
    Tersinggung? Jadi benar kan menurut Anda beliau marah karena tersinggung? Bukan marah karena para wakil rakyatnya tidur? hehehe.
    Bagaimana bawahan atau rakyat akan respek dengan atasan jika atasannya juga tidak respek kepada bawahan atau rakyatnya?
    Dan marah bukan solusi terbaik untuk mengatasi ini :)

  10. 10
    Bonar
    berkomentar pada jam 9:13 am
    tanggal 22 April 2008

    karena ketika sang peserta tidur, yang dihina bukanlah presidennya, tapi lembaga kepresidenannya.

    Plus itu adalah acara yang amat sangat serius dan resmi, di lembaga yang membahas ketangguhan bangsa. Jika pemimpin-pemimpinnya tidak tangguh dan tidur2an, pasti presidennya juga dikritik karena tidak berhasil mendidik anak buahnya.

  11. 11
    Alam
    berkomentar pada jam 9:23 am
    tanggal 22 April 2008

    ini nih…Pembuatan Judul / Topik spt RS bilang biar Bombastis ?! hahaha

    Mr.President tidak marah ,cuma tulisan / topik ini seakan mengiring orang untuk membicarakan dan membuat opini seakan president marah?

    nah, 1 kata Mr.President Menegur secara langsung Audiens ( Pejabat 2 ) yang notabene adalah bawahannya dlm struktural Pemerintahan.

    wajar dong Menegur ?Kapan lagi negara ini mau disiplin ?dan cara menegur nya saya salut…di depan peserta beliau lgs tegur , kenapa ?? biar dijadikan contoh lainnya, dan gak terulang lagi.

    Negara ini perlu disiplin tinggi,kalau ama Boss nya gak takut dan suka tidur…gimana dia dengan Rakyat / bawahannya ??malah menyepelekan ?

    so, saya ngak setuju tulisan topiknya, yg terjadi nanti persepsi Arogansi Pememimpin, padahal pemimpin tugasnya memberikan contoh bawahannya.

    terima kasih

  12. 12
    Tomi Yahya
    berkomentar pada jam 9:29 am
    tanggal 22 April 2008

    Wah mulai membicarakan sang presiden nih..Hati-hati ntar di block,mas. :d . Saat ini coba anda bayangkan diri anda bukan hanya sekedar pemimpin, tetapi seorang presiden. Anda dalam kondisi membacakan pidato tentang sesuatu yang sangat penting buat negara ini (sangat penting). Coba anda dalam kondisi capek karena sudah menyiapakan naskah semalaman dan mengurangi waktu tidur anda. Mungkin tanggapan anda akan lain.
    Respon seseorang bisa sangat berbeda2 tergantung kondisi orang tersebut. Jadi untuk menghadapi situasi yang sama belum tentu sang presiden akan merespon dengan kemarahan lagi. Bisa jadi di langsung WO,atau mendatangi orang tersebut.

  13. 13
    Jed
    berkomentar pada jam 9:37 am
    tanggal 22 April 2008

    wah, berdasarkan info intel, kejadian di lemhanas itu didalangi oleh Fatigon yang kontak SBY sebagai bintang iklan. ;))

    Jed’s last blog post..Global Citizen Anyone?

  14. 14
    Henry
    berkomentar pada jam 10:02 am
    tanggal 22 April 2008

    Presiden marah seperti itu sangat wajar sekali…

    Kenapa harus tidur ? Kalau pidato yang disampaikan tidak menarik cukup D3 – Datang, Duduk, Diam terus pulang terima duit. Kerjaan apa yang begitu santai tapi dibayar mahal2. Kalau begitu aja nggak bisa, yach mending di pecat saja !

    Kenapa harus tidur ? Kalau merasa tidak diperhatikan presiden yach So what.. ?! toch itu sudah menjadi bagian dari tugas mu untuk mendengarkan pidato presiden.

    Kenapa harus tidur ? Kalau sakit, minta diganti wakil gpp koq.

    Kenapa harus tidur ? Bikin rakyat marah saja…
    Buat presiden, good job !!

  15. 15
    yoza anshori
    berkomentar pada jam 10:09 am
    tanggal 22 April 2008

    ya harus marah doonk
    biar ntar 2009 kalhnya ga jauh2 amat
    tebar pesona dikit lah
    gapapa kan
    presiden gitu loh
    =))

  16. 16
    ochie
    berkomentar pada jam 12:04 pm
    tanggal 22 April 2008

    Yah harus marah dong…udah dipilih untuk jadi pemimpin daerah, ngabisin anggaran daerah untuk pemilihan..kok denger pidato aja tidur..ada orang ampe mati kelaparan karna anggaran kesehatan disunat hanya untuk pemilihan langsung…ini enak-enakan tidur…

    Yah harus marah dong…lah wong diajak sama-sama mikirin kepentingan rakyat kok molor (hehehehe ngutip omongan pak presiden)

    Yah harus marah dong…dah diterbangkan naek pesawat eksekutif dari daerah masin-masing, minta kamar hotel termahal, lum lagi service2 lainnya, meluangkan waktu sebentar buat melek aja berat…

    Semangat pak SBY…emang harus begitu…coba aja kita pidato terus audience tidur, emang enak …

    ESMOSI nih… X(

  17. 17
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:08 pm
    tanggal 22 April 2008

    Hehehe, lebih banyak yang setuju dengan sikap presiden. Tidak masalah, disinilah indahnya perbedaan, Saya menghargai pendapat mereka yang setuju bahwa presiden memang harus bersikap demikian. Namun saya juga boleh dong mempunyai pendapat sebaliknya yakni tidak setuju dengan sikap presiden yang marah.

    Karena, biar bagaimana pun, bagi saya marah bukan lah penyelesaian yang baik. Menegur boleh, dan ini saya setuju, tetapi kalau kita lihat dalam cuplikan rekaman, saya menilai beliau terlalu emosi dalam melakukan peneguran (cenderung bersikap marah).

    Banyak cara menegur yang lebih bijak, apalagi bagi seorang negarawan seperti beliau :)

  18. 18
    Alam
    berkomentar pada jam 12:20 pm
    tanggal 22 April 2008

    Coba mas Riyo dicontohkan cara menegur atasan ke bawahan yang sangat bijak dan baik dalam lingkup kerja kenegaraan dan dalam kondisi Formal ?

    bisa dicontohkan mas ? hehehe ?

    example :

    “…bapak bupati ….kuloo lagi pidato mbok ojo sare”(tidur) tho yoo…??” mengko wae tidur e” pas ngasooo…” ( truk..took..tooxx…toxx… ) ( harap dibaca dg logat nya srikandi waktu ketemu arjuna) hahuahahahahhaha

    ayoo mas….riyoo dicontohkan..aku wis ngasih contoh gaya srikandi lho…
    heheehehe

    btw : salut buat mas riyo acara RS aku liat sambil ketawa2 ..soalnya dia dulu ketemu aku waktu ngomongin teknologi cdma …blas…persis ber api2..ning salah…huhahahah rs..rs….

  19. 19
    HabsQ
    berkomentar pada jam 12:35 pm
    tanggal 22 April 2008

    Makasih Mas Riyo, linknya udah OK. Mungkin Pak Presiden ingin “memperbaiki” mental orang-orang kita, makanya beliau jadi keras soal itu (ini bukan kasus pertama kan?).

    Yang jadi pertanyaan, ada cara yang lebih elegan nggak?

    HabsQ’s last blog post..Chinca (Cinta) Laura’s Traffic Signs

  20. 20
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:44 pm
    tanggal 22 April 2008

    @Alam
    Lhaa , kapan ada contohnya diatas. Udah saya tulis tuh …. :p

    Riyogarta’s last blog post..Kenapa Presiden Harus Marah?

  21. 21
    toim
    berkomentar pada jam 12:51 pm
    tanggal 22 April 2008

    beneran nih klo anda yang ngomong ato pidato di depan umum trus dicuekin, lantas nggak marah? :D

    toim’s last blog post..Tergoda Presenter

  22. 22
    ridu
    berkomentar pada jam 12:57 pm
    tanggal 22 April 2008

    eh gak berasa tahun depan udah pilpres lagi yah.. kira2 nanti siapa yah capresnya..

    ridu’s last blog post..Mana Ahlinya???

  23. 23
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:08 pm
    tanggal 22 April 2008

    @toim
    Pertanyaanya adalah: Kenapa Harus Marah?
    mas toim tanya saya kan? Kalau saya jelas akan introspeksi diri, mereka mengabaikan saya artinya ada sesuatu yang tidak beres. Paling-paling kalau saya niat menegur, maka akan saya lakukan dengan cara menyindir, tidak frontal seperti itu. Misalnya,

    “Wah hawa ruangan tenyata terlalu nyaman sehingga ada beberapa yang tidur rupanya di ruangan ini”

    .. gak perlu marah kan? Hal ini pasti akan disambut dengan bengong, lirik kiri kanan dan tawa dari para hadirin. Bagi yang tidur pasti akan mendapat pelajaran dari sekitarnya. Setelah itu, saya lanjutkan pidati saya, gitu ajah repot :p

    Tetapi kalau saya, lebih memilih tidak melakukan teguran di depan publik apalagi di depan kamera. Karena hal ini justru akan membuka mata kepada semua pemirsa, bahwa saat saya pidato ternyata ada yang tidur ;(

  24. 24
    Tomi Yahya
    berkomentar pada jam 1:23 pm
    tanggal 22 April 2008

    Terlepas dari Presiden marah atau cuma menegur.Ada satu hal yang membuat saya gembira yaitu keberanian Presiden. Lihat di Gedung yang lain saat ada sidang soal rakyat. Saya belum liat rekaman pemimpin sidang menegur atau marah jika ada anggota yang tertidur. Kalau saya tidak melihat marah atau menegurnya, tapi inti pesan yang disampaikan presiden “Kita harus bertanggung jawab atas apa yang telah diamanatkan kepada kita.”

  25. 25
    ario dipoyono
    berkomentar pada jam 1:27 pm
    tanggal 22 April 2008

    ^:)^ ^:)^ Presiden khan juga manusia :-??

  26. 26
    yusdi
    berkomentar pada jam 2:03 pm
    tanggal 22 April 2008

    mungkin masih kurangnya tenggang rasa antar sesama..
    ke egoisan masih diutamakan..maunya minta hak dan tidak melaksanakan kewajiban…(no offence)

    silahkan berkaca pada diri sendiri

    yusdi’s last blog post..Menyimpan Status CheckBox pada Delphi

  27. 27
    xonket
    berkomentar pada jam 6:02 pm
    tanggal 22 April 2008

    Mas Riyo disitu keliatan sangat arif… *karena tidak mengalami sendiri dan bukan presiden* :d

  28. 28
    Riza Azmi
    berkomentar pada jam 6:44 pm
    tanggal 22 April 2008

    :confused: Presiden kan juga manusia, masa gak boleh marah sih? Saya justru tergelitik melihat judul tulisannya: Kenapa Presiden Harus marah? Kalau saya boleh jawab: Kenapa enggak? Toh Bapak Presiden juga manusia.

    Ada beberapa hal yang mungkin tidak enak dihari seorang Presiden, sudah dia capek2 pidato, tidak dihargai pulak…. Udah gitu yg tidur kerjanya gak beres … Beuh….. Kesel lah. Didepan Presiden aja tidur, gimana dibelakangnya dia???? Gw sih setuju aja dimarahin tuh tukang tidur.

    *Perumpamaan diatas juga berlaku untuk:
    DPR aja didepan rakyatnya saat sidang tidur, lah gimana dibelakang :upil: .

  29. 29
    arizane
    berkomentar pada jam 11:18 pm
    tanggal 22 April 2008

    waduh klo mslh politik..saya hands off deh,,

    tapi kebetulan waktu itu juga liat di sctv
    saya nanggapin pak SBY bukan marah, tapi mungkin agak menegur, dan memang terkesan agak keras, karena mungkin jabatan yang diemban peserta yang tertidur, dianggap “tidak” serius dlam mengikuti rapat tersebut..

    tapi diluar itu kita pun nggak tahu, apa emang pak sby pidatonya betein, atau memang si audience lagi sakit, tapi mungkin pula pak sby memiliki kondisi apa yang mas riyo sampaikan..mungkin sedang sakit atau ngantuk pula, sedangkan sebagai seorang pimpinan negara, katanya tidur bisa kurang dari 4 jam..

    tapi mudah2an tindakan yang diambil pak sby kemarin, nggak sekedar “anget2 taekotok” kepada para audience..dan mudah2an pak sby bisa ngambil tindakan yang lebih “calm” kepada para audience…

    tapi kadang banyak orng yang malah nyeleneh klo di kalem2in :P heheh

    arizane’s last blog post..Mematikan Kendaraan Dari Jarak Jauh Dengan Handhone

  30. 30
    syamsu
    berkomentar pada jam 1:02 am
    tanggal 23 April 2008

    kalo presiden gak marah, pasti gak bakal jadi berita……

    syamsu’s last blog post..Saya bukan PSK tapi Mahasiswi

  31. 31
    erri
    berkomentar pada jam 10:58 am
    tanggal 23 April 2008

    Walah, garta ngga merhatikan konteks pidatonya ya? Pidato itu bukan seremonial belaka, tapi bagian dari kursus Lemhanas dimana “pembekalan” dari Presiden adalah salah satu bagian dari syarat kelulusan. Terlepas dari materi pidatonya yg boring atau ngga, tidak ada alasan bagi peserta yg didalam ruangan untuk tidur. Suka-tidak-suka ya harus dengerin.
    Sepertinya kita musti melatih diri dengan mengurangi sikap “pemakluman” atas keteledoran..

  32. 32
    hariadhi
    berkomentar pada jam 10:59 am
    tanggal 23 April 2008

    Hm.. kalau nanti pidatonya di depan DPR, terus ada anggota yang ketiduran bakal diusir juga ga, yah? :dancing:

    Saya sih suka ngeliat pengusiran itu. Kalau memang sakit kepala daerah itu bisa ngambil izin sakit, kan? Tidur juga bukan bentuk dari kritik, jadi saya pikir ga ada hubungannya dengan perbaikan diri seorang presiden.

    Apalagi bicara budaya kita yang terlalu sopan, takut melabrak orang lain. Sampe sekarang saya belum sering lihat ada pemimpin yang bisa blak-blakan. Yang pintar menjilat dan menyenangkan hati orang lain mah banyak.

    Semua acara itu kan bayar pake pajak kita, masa dipakai untuk sarana males-malesan.

    Maaf kalau kasar, Mas Riyo. ^:)^

    hariadhi’s last blog post..What Kind of Drug I Am

  33. 33
    waterbomm
    berkomentar pada jam 11:13 am
    tanggal 23 April 2008

    iya ya.. kenapa harus marah.. :-? :-??

    waterbomm’s last blog post..Minggu ini dan Minggu Depan

  34. 34
    roger
    berkomentar pada jam 1:33 pm
    tanggal 23 April 2008

    point kedua ttg karma, hati-hati ya mas meskipun ini hanya seandainya. aslinya karma itu bukan ajaran islam. kalau dalam islam setiap perbuatan itu ada balasannya, baik itu perbuatan baik ato perbuatan jahat, dan Allah swt maha berkehendak dalam ‘membalas’, mau memberi siksa ato memberi nikmat….ngustad nih… :) kalo tdk mendengarkan audiens bukan berarti akan dibalas dgn tdk didengarkan….cmiiw

  35. 35
    bee
    berkomentar pada jam 5:16 pm
    tanggal 23 April 2008

    Sebagaimana marah bukan solusi yg tepat untuk segala situasi, sikap kalem juga begitu. Gak selamanya teguran kalem, lemah lembut, dan sejenisnya adalah solusi tepat di segala situasi. Lagipula kalo diperhatikan cara penyampaian dan konteks yg dibicarakan, gak pantes pendengarnya tertidur.

    Kali ini, saya mendukung SBY. :)

    bee’s last blog post..Mengenal Firebird dalam 2 menit

  36. 36
    Gunawan
    berkomentar pada jam 2:55 am
    tanggal 26 April 2008

    kenapa harus marah ??

    Karena saya adalah manusia yang punya nafsu emosi dan akal. Tapi terkadang karena beban pisikologis saya lagi berat banyak kerjaan banyak segala macam tetek bengek di dunia ini membuat saya sensitif maaf saya juga manusia hehehe

  37. 37
    Rafki RS
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 26 April 2008

    Jadi pemimpin sepertinya memang harus bisa marah. Bahkan terbukti para pemimpin besar dunia tidak hanya pemarah tapi juga cenderung agak kejam. Marah yang di manaj dengan baik merupakan strategi untuk bisa dihormati orang lain. Marah yang tidak terkontrollah yang akan membawa celaka. X(

    Rafki RS’s last blog post..Strategi Menyerang

  38. 38
    Amrul
    berkomentar pada jam 6:38 am
    tanggal 27 April 2008

    marahnya pemimpin merupakan motivasi bagi yang dipimpin…

    omangan pemimpin yang bagus adalah omongan yang bisa sampai dihati yang dipimpin hingga yang dipimpin pun tertarik untuk fokus pada omongan pemimpinnya

    Amrul’s last blog post..Ikan Bakar MARLIN, Rajanya HIU !

  39. 39
    herla
    berkomentar pada jam 11:37 am
    tanggal 14 May 2011

    saya rasa wajar, karena sebagai pemimpin harus tegas, klo dalam pengarahan tidur bagaimana bisa menyerap apa yang di sampaikan, toh ini untuk kepentingan bangsa dan negara, harusnya tidak boleh tidur saat acara tsb

  40. 40
    Stephen
    berkomentar pada jam 1:34 pm
    tanggal 22 November 2014

    .

    ñïàñèáî çà èíôó!

  41. 41
    craig
    berkomentar pada jam 1:22 am
    tanggal 26 November 2014

    .

    thanks for information!

  42. 42
    Roland
    berkomentar pada jam 10:56 am
    tanggal 26 November 2014

    .

    áëàãîäàðåí!!


Isi Komentar