Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Dialog di SMS

Dikirim: April 17th, 2008 | Oleh: | Kategori: Diary | 37 Komentar »

Sebetulnya saya ingin cerita mengenai talkshow saya di Green Radio yang ternyata bersama Kang Onno. Wow :d Hanya diperjalanan dari Green Radio (akhirnya) saya terlibat dalam dialog bersama Seseorang Yg Lebih Memilih Media SMS dibandingkan blog (SYLMMS) :d Jadi saya cerita ini dulu, lalu nanti dalam posting terpisah saya akan cerita bagaimana kesan bertemu langsung dengan kang Onno.

Sebelum menceritakan isi dialog, terlebih dahulu saya ucapkan terimakasih kepada Yuliazmi yang menjadi julis (juru tulis) SMS. Saya tidak bisa mengetikkan balasan SMS langsung karena sedang menyetir mobil. Berikut isi dialog tersebut.

Riyogarta (16 April 2008 7:27:06 PM):

Sesuai yang saya yakini, ternyata wartawan tidak melakukan plintiran (mispersepsi). Buktinya SMS saya sebagai counter SMS Mas ke Okezone ditulis sesuai tanpa salah :p

SYLMMS (17 April 2008 9:54:41 AM)

Saya terus terang belum membaca Okezone, tapi seharusnya memang Blogger lebih baik introspeksi, kenapa kerjaannya begitu-begitu saja. Tunjukkan karya yang positif, Mas!

Riyogarta (17 April 2008 9:57:06 AM)

Menurut aya sih, Mas ***** juga harus introspeksi atas statement-statement Mas. Jadi sebenarnya kita semua lah yang harus introspeksi

SYLMMS (17 April 2008 10:01:22 AM)

Maturnuwun, Mas. Mari kita buktikan karya-karya positif yang lebih nyata dan diterima masyarakat saja (tentu di dunia nyata, tak hanya maya), biarkan media menilainya.

Riyogarta (17 April 2008 11:23:14 AM)

Akur Mas. Biar media yang menilai. Saya sangat PERCAYA dengan media. Saya YAKIN media bisa menilai siapa yang memelintir, siapa yang dipelintir ;)

SYLMMS (17 April 2008 11:27:32 AM)

Ha-ha-ha … Ini bukan soal pelintiran, tetapi siapa yang cuman terus bisanya berceloteh negatif dan siapa yang tetap tegar berkontribusi positif untuk masyarakat.

Riyogarta (17 April 2008 9:57:06 AM)

Hehehe. Masalah kontribusi positif sebenarnya bisa langsung dinilai dari diri kita sendiri. Apakah kita sudah bekontribusi positif atau jangan-jangan malah memberikan kontribusi negatif. Orang yang memberikan kontribusi positif pastinya tidak akan banyak dikiritik. Kalaupun di kritik balasannya adalah sesuatu yang positif bukan lalu menjadi dendam pribadi yang akhirnya mengorbankan komunitas yang lebih besar dengan cara menuduh, mencari kambing hitam tanpa dasar yang logis. Ah jadi nasehati mas ***** deh :)

SYLMMS (17 April 2008 11:45:27 AM)

Ha-3x, terimakasih atas “nasehat”-nya Mas. Sekali lagi silakan mereka-mereka itu disuruh introspeksi, lha panjenengan saja sudah gentle dan kita datang di acara saja, masih terus dikomentarin “tidak punya kapasitas mewakili Blogger dan hanya datang selaku pribadi” dsb, oleh mereka yang terus berceloteh minus.

Riyogarta (17 April 2008 11:53:33 AM)

Celoteh minus mah sudah biasa Mas, gak didunia maya gak di dunia nyata. Kadang dijadikan masukan kadang juga saya cuekin, simplified ajah. Oh ya, mereka itu siapa ya Mas?

SYLMMS (17 April 2008 11:56:01 AM)

Hmm… “kura-kura dalam perahu, alias pura-pura tidak tahu”, nih? :) Yo wis, Mas. Kalau saya lihat juga simple, Siapa yang gentle (seperti panjenengan) & yang tidak.

Riyogarta (17 April 2008 12:07:28 AM)

Asli gak tahu :p Tapi Mas, seandainya saya tahu, Mas bersedia gak berdialog dengan mereka? Insya Allah saya mau jadi mediatornya.

SYLMMS (17 April 2008 9:54:41 AM)

Keledai-pun tidak akan terjatuh ke lubang yang sama untuk keduakalinya, Mas … Sudahlah, orang-orang seperti itu hanya mau cari perhatian saja, tidak ada manfaatnya.

Riyogarta (17 April 2008 12:20:54 PM)

Hah? Keledai? Hehehe, jadi mas kapok berdialog ya? :p Saya pikir semua ada manfaatnya. Mereka mengkritik Mas ada dasarnya sementara Mas menuduh mereka tanpa ada dasar, ini sebetulnya sumber permasalahannya.

SYLMMS (17 April 2008 12:25:43 PM)

Ha-3x, sudahlah. Sekali lagi biarkann masyarakat (dan media) yang menilai. Saya tahu pasti, media bonafide tidak terpengaruh ajakan agitatif mereka … :)

Jadi kalau ada media yang terpengaruh dengan ajakan tersebut bukan media bonafide? Atau sebaliknya, media bonafide adalah media yang tidak mengikuti ajakan tersebut. Halah. Mudah-mudahan gak kebaca ama media :d

Note:
Ternyata SYLMMS sudah membaca bahwa kata “idiom” pada pernyataannya itu salah :d Makanya tidak disebut lagi sebagai “idiom agitatif” tapi menjadi “ajakan agitatif” seperti masukan dari Eko ;)

Riyogarta (17 April 2008 12:46:00 PM)

Dengan kata lain, Mas takut kan dengan ajakan “Jangan kutip …” itu? Saya YAKIN media apa pun, mau bonafide atau tidak, justru perlahan dan pasti mengikuti ajakan tersebut. Ini karena masyarakat kita semakin cerdas dan kritis.

SYLMMS (17 April 2008 1:18:57 PM)

Takut … ? Ha-3x, sama sekali tidak, Mas. Kita buktikan saja masyarakat dan media akhirnya akan berpihak kepada siapa. Saya hanya takut kepada Allah SWT :)

Riyogarta (17 April 2008 01:27:08 AM)

Oke, orang yang takut sama Allah juga takut sama dosa dong hihihi. Oke Mas, senang berdiskusi dengan Mas, insya Allah kita akan bertemu dalam waktu dan kesempatan yang lain.

Demikian dialog saya tutup.

Pernyataan setelah mencoba:
Ternyata dialog menggunakan SMS itu tidak praktis, selain boros ongkos SMS, juga capek menulisnya :))


37 komentar untuk “Dialog di SMS”

  1. 1
    ryosaeba
    berkomentar pada jam 3:26 pm
    tanggal 17 April 2008

    kok diragukan yah soal takut berdosanya. menghasut, memfitnah, semuanya dilakukan dengan enteng seolah tanpa dosa… patut dipertanyakan tuhannya yang mana tuh.

    ryosaeba’s last blog post..kompor induksi

  2. 2
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 4:27 pm
    tanggal 17 April 2008

    Ah, saya lebih tertarik diskusinya dengan Kang Onno,..mana? kapan? btw, diskusinya direkam nggak? pengen denger..

    Donny Reza’s last blog post..Tentang Wanita Berjilbab

  3. 3
    Freddy Hernawan
    berkomentar pada jam 4:46 pm
    tanggal 17 April 2008

    wah, ternyata masih berlanjut tho ceritanya :)

    Freddy Hernawan’s last blog post..Midtou, Mana Janjimu?

  4. 4
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 5:06 pm
    tanggal 17 April 2008

    Iya bener mendingan lewat email. Aku aja kalo ada yg sms, aku bales. Ntar aku jawab lebih lengkap lewat email :D
    hehehe..

    Rosyidi’s last blog post..Ketika Wartawan Salah Kutip

  5. 5
    xonket
    berkomentar pada jam 5:11 pm
    tanggal 17 April 2008

    :)) Masih kurang “Puas” rupanya… =))

  6. 6
    dwi
    berkomentar pada jam 5:24 pm
    tanggal 17 April 2008

    memang setiap orang boleh memilih media yg diinginkan dlm berkomunikasi, tapi hareeeee geneee msh ada ja yg mau lbh mahal, memang yg lebih mahal banyak tp gak ada yang sehebat *** kan :) loh kok jd kyk iklan ya :-?? Salam dr newbie ^:)^

    dwi’s last blog post..Perpanjang SIM

  7. 7
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 5:28 pm
    tanggal 17 April 2008

    oh ya mas, katanya cooling down?
    Koq bahas ini lagi.
    mas, boleh kasih masukan dikit gak?Terserah mo terima ato gak. Kalo gak hapus aja komentar ini :)>-
    Menurutku lebih baik tidak selalu menyudutkan pihak manapun. Kalau kita terus menerus menyudutkan pihak tertentu, lalu apa bedanya kita dengan dia? So, sesekali aja kita peringatkan dia, mo dengerin ya alhamdulillah, gak dengerin ya sudahlah. Itu menurutku pribadi.

    Rosyidi’s last blog post..Ketika Wartawan Salah Kutip

  8. 8
    Labyrinth™
    berkomentar pada jam 5:33 pm
    tanggal 17 April 2008

    Walah selama beliau tidak berhenti, anda juga ngak berhenti ya… :)

    Sekarang sih coba saja kita lihat respon dari media

    Labyrinth™’s last blog post...:: Feed Mati ::.

  9. 9
    Pak è
    berkomentar pada jam 6:07 pm
    tanggal 17 April 2008

    wheew …

    masih ada lanjutannya toh … dan keliatannya susah ada dialog bagian II
    nech … orangnya kapok gitu … :d

    btw .. yang mulai tuch mas rio dulu or dia ??

    Pak è’s last blog post..Kaos KRMT … Confirm …

  10. 10
    roger
    berkomentar pada jam 6:09 pm
    tanggal 17 April 2008

    orang bijak (Imam Ghazali) berkata dlm kitabnya ‘Bidayatul Hidayah’ (wah gw spt ustad nih :)) ) tinggalkan orang2 bodoh!
    gw protes nih…. tidak perlu lagi dialog ii itu

  11. 11
    Darkum Sudiro
    berkomentar pada jam 6:17 pm
    tanggal 17 April 2008

    Kalo menurut saya sih, bukan masalah menyudutkan seseorang. Ini terkait dengan bagaimana cara orang itu melakukan manuver2 yang sangat merugikan pihak lain. Soalnya, tuduhan2 yang diberikan itu ndak ada dasarnya sama sekali. Dan ketika ditanyakan tentang tuduhan2 itu, orang itu malah berbelit-belit menjawabnya.
    Jadi memang orang itu harus dikasih tau, yang ini salah, yang ini benar.
    Tapi sayangnya, belum dikasih tau, baru diklarifikasi, malah menuduh pihak lain lagi.
    kan aneh… dan menurut saya ndak adil sama sekali.
    Yang begini2 inilah yang harus diluruskan.
    ..::mumet kata2ne::..
    :D

    Darkum Sudiro’s last blog post..RarCrack!, Program Pembongkar Password File-file Kompresi

  12. 12
    -ta
    berkomentar pada jam 6:42 pm
    tanggal 17 April 2008

    for god’s sake, stop the insanity please…
    i think, mas riyo terlalu berpanjang lebar berurusan dengan mas sakti yang satu ini. ngapain juga sih ngeledanenin orang yang jelas2 jago memutarbalikkan fakta?
    apa mas riyonya yang betah jadi selebriti?

  13. 13
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:48 pm
    tanggal 17 April 2008

    @ryosaeba
    :)) … no komen kalau yang ini :p

    @Donny Reza
    Gak kerekam :((

    @Freddy Hernawan, @Rosyidi, @Labyrinth™, @-ta
    Sebenarnya saya pun tidak mau melanjutkan. Hanya gara-gara berita kemarin di Okezone saya akhirnya membukanya kembali. Saya pikir orang seperti dia tidak bisa didiamkan, karena dampaknya akan semakin membuat ketidakbenaran terpelihara. Insya Allah, saya tidak pernah akan membenci orang kecuali hanya perkataannya saja.

    @roger
    Tinggalkan orang-orang bodoh. Tetapi bagaimana jika orang tersebut tidak pernah meninggalkan sikap untuk membodohi orang lain? Apakah kita harus kita diamkan?

    @Darkum Sudiro
    Setuju Mas :)

  14. 14
    palelopeyang
    berkomentar pada jam 7:38 pm
    tanggal 17 April 2008

    ya… repot deh… kalo ‘cuma’ bisanya ‘old school’ (maksudnya SMS doang). Mbok ya lebih bermartabat, bikin blog / website pribadi atau apalah. Gitu kan lebih dihargai, ketimbang ‘nyiyir’ lewat SMS, yang notabene hanya dapat dikirim ke satu orang, kesannya jadi nggosip..

    ya… ga salah dong, button “jangan kutip roy suryo”. so mas Riyo, kalau bole kasih saran, ikuti button diatas, termasuk kalau dia kirim SMS. Nanti dia bilang, mas riyo ‘memelintir SMS nya’, dan malah dituduh ‘idiom agitatif” hehehe… nanti ada 68% kemungkinan Mas Riyo nanti dianggap blogger negatif / blogger vocal hehehehe :d

    Mas Riyo, kalau nanti dia kirim SMS lagi, bilang aja, “waduhh… saya blogger, bukan SMS er, jari tangan saya terbiasa ngetik di keyboard bukan keypad… :d

  15. 15
    -ta
    berkomentar pada jam 10:16 pm
    tanggal 17 April 2008

    si oom mah sama aja ma dewi persik.
    semakin banyak ngomong, semakin ketahuan kosong and stupiditynya.
    pathetic…

  16. 16
    arizane
    berkomentar pada jam 11:03 pm
    tanggal 17 April 2008

    masih berlanjut yah?

    yah kita-kita pun sebagai manusia muslim pasti takut sama Allah dan bener kata mas riyo dosa pun perlu di khawatirin heheh. ;))

    anyway dah ketauan manusianya koq masih disensor yah mas :-w

    hehehe…dah gitu tanda bintangnya sama lagi sama length namanya heheh ;;)

    yah gag kerekam yah dialog ma kang onno? [-(

    arizane’s last blog post..How to Cracking and Hacking Login Form (part-1)

  17. 17
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:17 am
    tanggal 18 April 2008

    @palelopeyang
    SMS-nya sudah saya backup, jadi saya punya bukti otentik ;)

    @arizane
    Iya, soalnya kalau ditulis namanya nanti kejaring oleh Google, jadi main ngetop dong :p

  18. 18
    away
    berkomentar pada jam 7:54 am
    tanggal 18 April 2008

    kenapa dia lagi seh yang dibicarain?
    kenapa jg dia masih berbicara hal positif dan negatif?
    sudahlah, anggap saja angin lalu
    udah males ngomongin dia lagi :-p

    away’s last blog post..Perpanjang KTP

  19. 19
    Wibisono Sastrodiwiryo
    berkomentar pada jam 9:54 am
    tanggal 18 April 2008

    saya mencium bau arogansi
    mari kawan kawan Jangan Kutip Roy Suryo…

    Wibisono Sastrodiwiryo’s last blog post..Selamat Buat Dede Yusuf

  20. 20
    asn
    berkomentar pada jam 10:16 am
    tanggal 18 April 2008

    usul aja, gmana kalo mulai skr riyo stop 100% (bukan 68%) untuk membahas pakar negatif kita ini?

    cape mas..

    ato perlu kita mulai menghimbau media/mayasrakat untuk ga bahas smua hal yg berhubungan dgn u-know-who. bukan karena alasan pribadi, cum aga rela aja masyarakat dibodo2in :D

    anyway, salut dan slamat atas “dialog”-nya

    asn’s last blog post..fix me

  21. 21
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:02 pm
    tanggal 18 April 2008

    @asn
    Ya, setuju. Saya juga memang tdk mau membahasnya lg KECUALI jika ada media yg tetap atau masih mengutip pernyataannya yg membodohi /menyesatkan publik.

    Riyogarta’s last blog post..Tatap Muka Dengan Kang Onno

  22. 22
    Gak punya blog
    berkomentar pada jam 8:07 pm
    tanggal 18 April 2008

    Di detik ada survey tuh. Ternyata orang yg selalu make sms adalah pengecut

  23. 23
    yusdi
    berkomentar pada jam 11:04 pm
    tanggal 18 April 2008

    mungkin aja si “u-know-who” mau cari mangsa artis lagi..nungguin foto2 panasnya dewi perssik….. ;))

    yusdi’s last blog post..Menyimpan Status CheckBox pada Delphi

  24. 24
    s_
    berkomentar pada jam 3:28 am
    tanggal 19 April 2008

    dulu si RS ini sarankan untuk lebih percaya media berita yg resmi daripada blog.
    sekarang bilang kalau media yg pelintir kata-katanya.
    berarti kan apa yg dibilang dulu dengan sekarang itu agak kontradiktif.

    s_’s last blog post..The 2nd Anti Hunger Campaign, Organized by Angingmammiri.org

  25. 25
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 2:34 pm
    tanggal 19 April 2008

    Ya, setuju. Saya juga memang tdk mau membahasnya lg KECUALI jika ada media yg tetap atau masih mengutip pernyataannya yg membodohi /menyesatkan publik.

    @ riyo : Aku setuju juga. Tapi hanya bila pernyataannya salah. Kalo bener ya patut kita dukung juga. :)

    Rosyidi’s last blog post..Daftar Contekan Film Indonesia

  26. 26
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:44 pm
    tanggal 19 April 2008

    @Rosyidi
    Betul .. kan saya bilang jika ada media yg tetap atau masih mengutip pernyataannya yg membodohi /menyesatkan publik, ;)

    Kalau pernyataannya bener ya kenapa harus dibahas :)

  27. 27
    Albert Andreas
    berkomentar pada jam 5:18 pm
    tanggal 19 April 2008

    Mas klo males sms karna ga praktis dan boros ongkos ya telpon aj la. :d
    tapi klo nelpon ga praktis juga sih ya? Ga ada bukti “tertulis”.
    Klo Sms ada.
    =))

  28. 28
    Markus
    berkomentar pada jam 12:06 pm
    tanggal 20 April 2008

    Capek deh SMS-an nya.. hehe..

    Markus’s last blog post..CPanel Problem Upgrading MySQL 5

  29. 29
    M.Ali.Hardityan.f
    berkomentar pada jam 3:22 pm
    tanggal 20 April 2008

    yap,betul…sekali…
    kalo dialog pake sms mah capek ngetiknya,kata-kata terbatas,dan mahal lagi.. :))
    enakkan dialog pake yahoo messenger aja,selain ada buktinya,cepat,dan gratis lagi.hhe… :p

  30. 30
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:53 am
    tanggal 22 April 2008

    duh om Riyo, bersyukur ada tante Yuliazmi yang masih sempet ngtikin sms buat yayangnya…. duuuhh klo akyu… ~X( tobat dah…

    Riyogarta’s last blog post..Kenapa Presiden Harus Marah?

  31. 31
    dina pratikto
    berkomentar pada jam 8:56 am
    tanggal 22 April 2008

    duh om Riyo, bersyukur ada tante Yuliazmi yang masih sempet ngtikin sms buat yayangnya…. duuuhh klo akyu… ~X( tobat dah…

    hwadoooohhhh mwaaaaap om riyo ^:)^ suwerrr ga niat fitnah dan mlintir… salah ngisi addressssnya… hiks… :blushing:

  32. 32
    Hr
    berkomentar pada jam 12:16 pm
    tanggal 22 April 2008

    doh cape deeeeh~X( …. , ya sudah karna beliau ini suka membawa-bawa hukum mendingan, someone, somewhere ajakin dia ke ranah yg dia suka bawa2 aja, yaitu hukum !
    biar bisa lebih clear deh…

  33. 33
    dikzi
    berkomentar pada jam 1:52 pm
    tanggal 22 April 2008

    wah…. kayaknya mending dibuat sinetron aja deh..
    biar sama2 jadi seleb..
    ngikutin kemauan siom yang narsis [-(

  34. 34
    waterbomm
    berkomentar pada jam 8:53 am
    tanggal 23 April 2008

    smsan agh sama mas.. :”> kali2 aja diposting di postingan selanjutnya (halah, belepotan :D )

    waterbomm’s last blog post..Minggu ini dan Minggu Depan

  35. 35
    mautauaja
    berkomentar pada jam 4:14 pm
    tanggal 29 April 2008

    Wuih… bener-bener capek nulis SMS panjang kayak gitu…
    Walau tarif SMS antar operator telah diturunkan (per 1 April 2008) tetep aja gue pribadi males nulis panjang-panjang kayak gitu… mending nelpon lewat CDMA aja langsung (sesama operator tentunya) hehehe…
    Mas Riyo… tolong “ungkit” juga dong masalah Smart Card pembatasan BBM… Soalnya di media sudah mulai “hangat” nih…

  36. 36
    renypayus
    berkomentar pada jam 12:02 am
    tanggal 5 May 2008

    Kalo bs si,semua org imel2an aj,dah.Biar PUAS.Daripd sms,ga puas.Mahal,lg.

  37. 37
    Tramadol withdraw.
    berkomentar pada jam 11:34 am
    tanggal 25 March 2009

    Tramadol for dogs….

    Tramadol fda. Tramadol side effects. Hydrochloride tramadol….


Isi Komentar


  • *