Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Kisi-kisi Buat Sdr. Roy Suryo

Dikirim: April 5th, 2008 | Oleh: | Kategori: Diary | 77 Komentar »

Untuk menunjukkan niat baik kepada Sdr. Roy Suryo yang sudah konfirmasi akan datang tanggal 11 April 2008 dalam acara Dialog Terbuka di Universitas Budi Luhur, maka saya posting kisi-kisi yang bisa diisi pertanyaan dari kawan-kawan blogger yang mungkin akan muncul saat dialog dilakukan.

Hal ini diperlukan, selain untuk efisiensi waktu pada saat acara berlangsung, juga agar Sdr. Roy Suryo lebih bisa mempersiapkan materi dialog jika memang membutuhkan beberapa referensi untuk memperkuat argumentasinya.

Kepada rekan-rekan blogger, silakan untuk menulis pertanyaan yang ingin diajukan di bagian komentar posting ini. Saya yakin kawan-kawan blogger akan membuat dan menuliskan pertanyaan-pertanyaan tanpa didasari oleh emosi, bertanggung jawab dan santun.

Saya yakin Sdr. Roy Suryo sering memantau blog saya, jadi silakan Anda (Sdr. Roy Suryo) melihat dan memantau daftar pertanyaan yang mungkin akan selalu terupdate. Mau langsung dijawab juga boleh ;) Mudah-mudahan posting ini bermanfaat.

Mohon maaf kepada teman-teman blogger –ini adalah pertama kalinya saya lakukan. Saya akan menghapus komentar-komentar yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan posting ini. Atau menghapus komentar-komentar yang berisi pertanyaan dengan nada emosi dan tidak santun. (6 April 2008)

Update
Posting ini sudah saya kirim ke email Sdr. Roy Suryo.

Rangkuman Pertanyaan
Akan selalu diupdate sesuai dengan bertambahnya pertanyaan yang disampaikan lewat komentar dibawah.

  • Apa yang mendasari Sdr. Roy Suryo untuk memberikan statemen yang bernada negatif terhadap blog, baik pada kegiatan bloggingnya maupun terhadap blogger-nya.
  • Apa definisi atau batasan dari Blogger Positif dan Blogger Negatif?
  • Apakah Sdr. Roy Suryo berminat memiliki blog? Dan apakah Anda sering membaca blog?
  • Sesuai berita di media, “Tunggu Aksi Saya”, bisakan Sdr. Roy Suryo menjabarkan apa dan bagaimana yang diaksud dengan “aksi” tersebut?
  • Darimanakah Sdr. Roy Suryo mendapatkan ilmu mengenai informasi teknologi? Dan darimanakah gelar “Pakar” yang melekat pada diri Anda.
  • Apa definisi Blogger, Hacker dan Cracker menurut Anda.
  • Sesuai dengan pemberitaan bahwa Sdr. Roy Suryo sudah mengetahui pelakunya, bisakah saudara memberi gambaran apakah pelakunya benar seorang blogger dan hacker?
  • Apa sebenarnya spesialisasi kepakaran Sdr. Roy Suryo?
  • Apakah Anda beniat membuat buku sebagaimana umumnya dilakukan oleh seorang pakar.
  • Apa Alasan Sdr. Roy Suryo dengan pernyataan bahwa blogger dianggap menghambat masyarakat untuk mengakses dunia maya?
  • Sehubungan dengan pernyataan Sdr. Roy Suryo mengenai “68% pengguna FS adalah palsu”, bisakah Anda menjelaskan darimana angka tersebut berasal?
  • Dari pernyataan Sdr. Roy Suryo, “Coba dilakukan survei kepada masyarakat mengenai peran blogger. Saya bisa pastikan publik sekarang ketakutan buka internet karena sikap sebagian blogger”. Bisakah Anda menjelaskan darimana keyakinan tersebut?
  • Bisakah Anda menjelaskan lebih detil apa yang dimaksud dengan pernyataan Saudara “Blog adalah trend sesaat”?
  • New Adakah unsur ketidaksukaan Sdr. Roy Suryo kepada ‘beberapa’ blogger yang pada akhirnya membuat ketidakharmonisan hubungan Anda dengan umumnya semua blogger di Indonesia?
  • New Mmm, ada permintaan kepada Sdr. Roy Suryo agar membuktikan kepiawaiannya menganalisa keaslian multimedia dalam hal ini foto. film atau suara. Hanya kelihatannya ini sulit diperagakan kecuali Sdr. Roy Suryo memang ingin memeragakannya. Saya rasa penjelasan dari bersangkutan juga sudah lebih dari cukup.
  • New Dalam beberapa pernyataan, Anda (Sdr. Roy Suryo) sangat yakin dengan tidak mungkinnya sebuah metadata mengalami perubahan. Disisi lain, banyak software yang mampu bukan hanya mengubah bahkan menghilangkan metadata. Bagaimana komentar Anda mengenai hal ini.
  • New Mengenai klaim lagu Indonesia Raya yang Sdr. Roy Suryo temukan. Banyak orang meyakini bahwa Anda hanya mengklain hasil kerja teman-teman di Yayasan Air Putih. Bisakan hal ini Anda klarifikasi?
  • New Bagaimana menurut Sdr. Roy Suryo, apakah UU-ITE akan berdampak pada perkembangan blog di tanah air?

Yang ini pertanyaan untuk saya dari JaF
waduh, kudunya ini ada di blognya punya Roy dong dengan judul Kisi-kisi buat Sdr. Riyogarta :d

  • New Bung Riyo, RS pernah nampak kesal dengan ulah orang yang membuat blog, friendster dan Wiki atas namanya. Berbagai ejekan juga sering diarahkan kepada RS, mulai dari sekedar Hi Roy! sampai ke banner2 valentine dll. Belum lagi makian dan kata-kata kasar yang sering muncul di berbagia blog. Menurut anda, adilkah sikap orang-orang seperti itu terhadap seorang RS? Bagaimana sikap anda sendiri terhadap statement RS tentang blogger?

Catatan:
Saya mungkin akan menyertakan nama rekan-rekan yang pertanyaannya saya rangkum diatas saat dialog berlangsung.


77 komentar untuk “Kisi-kisi Buat Sdr. Roy Suryo”

  1. 1
    palelopeyang
    berkomentar pada jam 4:08 pm
    tanggal 7 April 2008

    gue ada pertanyaan nih:
    apa sih menurut bung Roy dikategorikan “identitas palsu” di internet? apa jika seseorang tidak menggunakan nama aslinya, maka dianggap “identitas palsu”??

  2. 2
    agus
    berkomentar pada jam 4:35 pm
    tanggal 7 April 2008

    Tambahan nih mas. Abis baca okezone.
    http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/04/07/55/98233/55/enda-nasution-gara-gara-media

    Pak enda kayaknya mulai melemah, entah kenapa bisa begitu. Padahal jelas2 di elshinta, pak enda di sebut blogger negatif. Dan di http://bloggerdanhacker.wordpress.com
    Saya harap mas riyo bisa membuat segalanya bener2 lurus, bukan terus menyalahkan media kayak pak enda. Terus terang saya agak kecewa baca berita itu tadi =((
    Jujur, saya cuman pengen om roy tuh sadar, satu kata “maafkan saya”, mungkin sudah cukup.

    agus’s last blog post..Kebiasaan Baru (ku)

  3. 3
    Bi[G]
    berkomentar pada jam 4:58 pm
    tanggal 7 April 2008

    Kalo saya mau ngasih kisi-kisi ke semua yang mo dateng ke Dialog Terbuka nanti boleh nggak?
    Jangan deh si you-know-who dihujat dan dicela bahkan ditindas

    nantinya malah kontra produktif, orang-orang indonesia kan “demen” dengan hal2x yang tertindas.. dianggep senasib kali yeee… :D
    apalagi media bisa2x nulis dengan kalimat yang bombastis

    jangan sampe ada yg lempar telur busuk ke you-know-who deh..

    dan perjuangan pun bisa gagal…

    Bi[G]’s last blog post..Akhirnya…

  4. 4
    Surat Terbuka Untuk Roy Suryo
    berkomentar pada jam 5:07 pm
    tanggal 7 April 2008

    Saya berharap Bung Roy bisa klarfikasi pernyataannya yang saya tulis juga disini, karena apa yang bloger lakukan masih ada hal yang positif.

    Disini juga saya mengundang rekan-rekan untuk ikut dalam petisi ini

    Surat Terbuka Untuk Roy Suryo’s last blog post..Oleh: dee

  5. 5
    mashendra
    berkomentar pada jam 6:15 pm
    tanggal 7 April 2008

    buat RS,,,coba deh check blog saya di omhendra.blogspot.com….kira kira ini blog negatif apa positif ya,,,jawab dengan jejujuran hati,,,,kata kerispatih,,,,kalo bisa RS suruh nyanyi donk,,,jujur dari jadja,,,,(becanda : mode ON) :))

  6. 6
    Alkeiser
    berkomentar pada jam 6:19 pm
    tanggal 7 April 2008

    Sebelumnya saya minta maaf bila pertanyaan saya diluar topik.

    Sebenarnya apa sih yang diharapkan dan ingin dicapai dari dibentuknya UU-ITE?
    Saya berpikir kalau UU-ITE itu merupakan hal yang sia sia dan buang buang uang…

    Terima kasih..

  7. 7
    rusydi
    berkomentar pada jam 9:04 pm
    tanggal 7 April 2008

    Saudara roy,

    Bersediakah anda meminta maaf kepada masyarakat komunitas internet di Indonesia atas statement-statement anda selama ini di media, yang menyinggung beberapa pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung ?

    rusydi’s last blog post..Gak malu Om ?

  8. 8
    Radeonator
    berkomentar pada jam 10:18 pm
    tanggal 7 April 2008

    bos. maaf, saya cuma ingin memberi komentar…

    entah kenapa, saya merasa ini seperti jebakan. seandainya roy suryo sudah bertemu dengan anda sendiri, saya merasa ada yang ganjil di pertemuan ini.

    seperti yang anda ketahui, om Roy mempunyai back-up pemerintah. apa yang bakalan terjadi jika ini usaha dia untuk mengkambing-hitamkan kita2 warga sipil dan blogger itu sendiri? apa yang terjadi jika ajakan ini hanya untuk mengumpan para blogger untuk dijebloskan ke penjara dan diusut dengan hukum yang tidak berkaitan dengan kasus hack itu sendiri?

    saya sarankan kepada anda untuk segera membuang ‘material2 illegal’ yang berada di hard disk anda, dan segala VCD/DVD bajakan ataupun produk illegal yang ada di tempat2 kita untuk mencegah dia menghasut kita dengan tuntutan yang mungkin membuat kita bermasalah? kita tidak boleh lengah, karena siapa tahu ada maksud tertentu yang tersembunyi di balik pertemuan ini.

    salam.

  9. 9
    B4d_53ct0r
    berkomentar pada jam 10:57 pm
    tanggal 7 April 2008

    Roy Suryo menyama ratakan para blogger sebagai penjahat.Roy Suryo terbukti secara sah telah dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dari para blogger yang tidak ada hubungannya dengan kejahatan.Ini jelas-jelas melanggar pasal 3 UU ITE, yang telah berlaku.Oleh karena itu Roy Suryo layak didenda 1 milyar. :-w

  10. 10
    soemandjaja
    berkomentar pada jam 9:12 am
    tanggal 8 April 2008

    mau dipinjemin buku tentang Blog gak om roy ? =))

    soemandjaja’s last blog post..Kota dan Konsistensi

  11. 11
    Rontal
    berkomentar pada jam 9:45 am
    tanggal 8 April 2008

    Untuk Sdr Roy Suryo,

    Belakangan marak pertanyaan dari para penggiat IT tanah air mengenai pernyataan Sdr tentang “Metadata” yang dapat digunakan sebagai dasar pembuktian keotentikan gambar digital. Orang awam IT seperti saya mungkin akan hanya membaca pro dan kontra pernyataan tersebut, yang lebih ingin saya tanyakan adalah bukan mengenai bagaimana (how) Sdr Roy Suryo membuktikan keotentikan gambar digital tsb tetapi mengapa (why) Sdr memilih “metadata” sebagai dasar pembuktian? Dalam kalimat yang berbeda, adakah metodologi lain yang bisa digunakan sebagai dasar pembuktian selain metadata?

  12. 12
    kangtutur
    berkomentar pada jam 10:05 am
    tanggal 8 April 2008

    :-?
    Mampir, bung!

    kangtutur’s last blog post..Blogger

  13. 13
    Rio Octaviano
    berkomentar pada jam 12:10 pm
    tanggal 8 April 2008

    jadi gak sabar buat tanggal 11 nih…
    dikasih booran gini..nanti yang jawab “temennya” yang beneran pakar..

    oiya..tulung di cek ke kuping om RS..sapa tau pake transmitter…jadi yang jawab orang lain..tapi dia yang ngomong… (selama ini enggak kaya gitu yah?)

  14. 14
    boby
    berkomentar pada jam 3:57 pm
    tanggal 8 April 2008

    :) Pak, denger2 mau ada acara debat terbuka antara blogger dan MR.ROY kalau boleh saya ingin mengikuti.. saya butujh informasi waktu &tempat yang pasti, karna posisi saya dipedalaman desa Indramayu – Jawa barat.
    Saya merasa perlu untuk hadir & mengetahui jawaban2 dari Sdr. Roy yang selama ini selalu mendiskreditkan Blogger ( saya sendiri Blogger). mohon informasinya.. terimakasih..

    boby’s last blog post..Konfigurasi Modem ADSL

  15. 15
    Juwana
    berkomentar pada jam 7:19 pm
    tanggal 8 April 2008

    Bung Roy,

    mintalah maaf kepada keluarga dan kerabat almarhumah Sukma Ayu! jangan lupakan itu seumur hidupmu…

  16. 16
    Hair
    berkomentar pada jam 7:35 pm
    tanggal 8 April 2008

    Apa sebenarnya spesialisasi kepakaran Sdr. Roy Suryo?

    Kalo saya gak salah, Sarjana Ekonomi

    Hair’s last blog post..Hiatus

  17. 17
    Ilham
    berkomentar pada jam 8:10 pm
    tanggal 8 April 2008

    Sebagai Pakar Telematika, apa saran anda untuk pemerintah dalam rangka peningkatan Teknologi Informasi di negara ini, dan langkah apa yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat bahwa internet memiliki jauh lebih banyak sisi postifnya dari pada sisi negatifnya, karena jumlah masyarakat yang melek IT masih sangat memprihatinkan di negeri ini.

  18. 18
    milanisti7
    berkomentar pada jam 10:02 pm
    tanggal 8 April 2008

    nitip pertanyaan kepada roy suryo

    pak roy :)
    1.kenapa anda tidak mempunyai website pribadi ?
    apa takut di hack ? atau anda tidak bisa membuat web ?

    2. kenapa anda terkesan “banci tampil” sehingga dalam acara yang diadakan bos Riyoga saja harus ada media ?

    3. kenapa anda selalu muncul ketika ada gambar porno artis ? anda ini ahli telematika, matematika atau pornomatika ?

    4. saya iseng melakukan googling dan ketika saya mengunakan nama roysuryo dan saya cek link link nya semua nya adalah keburukan dan kejelekan anda ? apakah anda tidak mendapatkan respek di dunia maya sama sekali ?

    terima kasih :)

  19. 19
    Rudi
    berkomentar pada jam 2:02 am
    tanggal 9 April 2008

    Untuk Om RS, lebih baik harus benar-benar “well prepare”, karena anda akan berhadapan dengan Riyogarta……, sepertinya ini akan menjadi “suffer ending” buat karir anda (RS) di dunia IT, jadi anda harus2 benar2 siap loh…, Karena saya cukup tahu siapa itu Riyooo

  20. 20
    guest
    berkomentar pada jam 1:29 am
    tanggal 10 April 2008

    saya jadi ingin ikutan nanya:
    1. apa benar pernah mengirimkan sms intimidasi ke orang2 yang pernah menjelek2an dirinya?

    2. apakah punya trauma masa lalu (atau masa kecil) seputar kehidupan sosial/percintaan? apakah itu?

    3. kamu termasuk anak yang sangat dimanjakan oleh orang tua? atau sebaliknya?

    4. apa tanggapannya terhadap orang yang mengatakan “asbun”?

    5. bagaimana sikap istri/pasangan hidup roi mengenai statement2 “asbun” tersebut? apakah ia melek IT?

    6. apakah kamu cukup percaya diri bila ada orang2 yang ingin tau lebih jauh tentang hidup dan masa lalumu dengan cara googling / menggali informasi tersebut dari internet? atau ada yang ingin kamu sembunyikan/tutup2i?

    (the truth hurts, silence is golden…)

  21. 21
    Nining
    berkomentar pada jam 4:59 pm
    tanggal 10 April 2008

    Buat Roy Suryo

    Kenapa Anda bisa begitu yakin” kalau lagu Indonesia Raya ada 3 stanza dan baru saja anda temukan melalui you tube ?”…padahal saya udah sering diajarin lagu Indonesia Raya 3 stanza tadi sejak SD

  22. 22
    zymanq
    berkomentar pada jam 9:45 pm
    tanggal 10 April 2008

    Apakah roy suryo merasa tercemar nama baiknya? kalo jawabannya iya, berarti 100 buat RS, sudah seharusnya memang merasa dicemarkan.

    DICEMARKAN OLEH DIRI SENDIRI ^_^

    zymanq’s last blog post..Keyword blok vs porno

  23. 23
    YuLy
    berkomentar pada jam 12:22 am
    tanggal 12 April 2008

    Ternyata hasil diskusi terbukanya hanya seperti itu…
    sungguh kecewa…
    tidak ada hasilnya sama sekali..
    pertanyaan banyak yang tidak dijawab…
    dan tepat sekali salah satu komentar diatas yang bilang
    “media salah mengutip pernyataan saya”
    arghhhh

  24. 24
    ponakan sus
    berkomentar pada jam 8:16 am
    tanggal 24 April 2008

    ^:)^ Om iki ngomong opo tho? ajari aku jadi bloger, hacker n cracker, kelihatannya keren gichu loh,Ya om! nek gak aku nangis lho!

  25. 25
    erna
    berkomentar pada jam 12:21 pm
    tanggal 11 November 2009

    bang roy ? tolong di bantu ,apa bisa sms yang terkirim bisa di lihat kembali. trims

  26. 26
    yola
    berkomentar pada jam 7:56 am
    tanggal 10 May 2011

    Hmmm…Mas RS termasuk orang hebat yaa, dan salut sama dia karena sudah mau meminta maaf didepan publik atas kesalahan dia dengan salah satu maskapai pernerbangan.

  27. 27
    Muhammad Irwan
    berkomentar pada jam 3:59 pm
    tanggal 14 November 2011

    Tidak perlu anda pedulikan orang2 seperti itu, orang yang anda negatif tidak perlu di besar2kan. Bikin besar kepala saja dia. Pada konsepnya ANDA TIDAK BUTUH ROY SURYO ! tanpa ROY SURYO pun anda tetap eksis. Kalo anda merasa dihina, loh? banyak kan byk orang suka menghina menutupi ketidakmampuannya. Karena ketidakmampuannya sehingga mengeluarkan statemen yang menggambarkan KAPASITAS otaknya…hehehehehehe…. Tidak perlu anda menggelari PAKAR dsb. , bagi saya PAKAR adalah PAndai berkelaKAR. OKAY???? tidak usah hiraukan!!!!


Isi Komentar