Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Tanggapan SMS Yang Dikirim Kepada Saya

Dikirim: April 4th, 2008 | Oleh: | Kategori: Diary | 77 Komentar »

Saat khhotbah shalat Jumat berlangsung, tiba-tiba PDA saya –yang memang saya buat silent– bergetar. Ah, siapa pula yang meng-SMS saat Jum’at-an berlangsung? Jarang-jarang saya mendapatkan SMS disaat seperti ini. Lalu –karena penasaran– takut ada berita urgent yang memang tidak bisa ditunda diberitakan, maka saya baca SMS tersebut. Berikut isi SMS tanpa saya tambah dan tanpa saya kurangi isinya.

From: +62811282***
Sent: 4/4/08 11:59:06 AM

Kelakuan Hacker yg jelas2 menjadi Cracker (dgn merusak situs2) sudah keterlaluan dan harus segera ditindak. Unit Cybercrime Polri, sesuai Hukum di UU-ITE.Inilah saatnya Blogger harus tampil positif membantu Pemerintah/Aparat, jangan hanya membiarkan tindakan ini atau cuman berceloteh di tiap2 Blognya …

Selanjutnya, kiriman SMS berlanjut:

From: +62811282***
Sent: 4/4/08 12:13:00 PM

Mau Surat Terbuka, Surat Tertutup, maupun Surat Kaleng sekalipun, yg namanya Hacker, Cracker (termasuk juga kalau ada Blogger yg mendukung) adalah salah …

Catatan: SMS ini memang tidak menyertakan nama pengirim.

Setelah posting ini saya publish, saya akan kirim balasan kepada pengirim SMS yang berisi:

Mas, SMS-nya saya balas di blog saja ya? di http://riyogarta.com, soalnya kepanjangan kalau balas menggunakan SMS. Juga supaya pesan Mas tersebut tidak hanya sampai kesaya saja, tetapi juga kesemua blogger. Tq

Saya pribadi sama sekali tidak pernah mendukung yang namanya pengrusakan apa pun bentuknya. Namun kita juga harus bijak menghadapinya, dicari apa sebabnya mereka melakukan itu semua dengan menggunakan foto seseorang. Apakah ada yang salah dengan seseorang tersebut sehingga nama dan fotonya dipampang di berbagai situs yang ter-deface.

Sepengetahuan saya, hanya sedikit mereka para blogger yang tampil negatif. Saya pribadi banyak sekali mendapatkan ilmu melalui tulisan kawan-kawan di blog mereka masing-masing. Ilmu yang mungkin sangat mahal harganya jika saya harus mencari sendiri baik berguru, sekolah, kursus maupun dengan membeli dan membaca buku.

Saya juga melihat banyak kawan-kawan blogger yang tidak hanya berceloteh di blog, banyak diantara mereka yang alhamdulillah bisa menerbitkan karya mereka dalam bentuk buku, baik novel maupun pelajaran. Banyak diantara mereka juga menjadi tenaga-tenaga ahli di bidangnya masing-masing, yang sedikit banyak menyumbang perkembangan IT maupun ilmu lainnya di tanah air.

Jadi tidak tepat jika Anda (pengirim SMS diatas) mengatakan “Saatnya sekarang Blogger untuk tampil positif,” karena dari dulu namanya blogger selalu berusaha untuk tampil positif. Adapun kemudian muncul penilaian masyarakat yang negatif terhadap blogger –sungguh disayangkan– berasal dari mulut seorang pakar yang dimuat di media tanpa bukti yang jelas.

Membaca SMS Anda (pengirim SMS diatas) yang kedua, saya bingung, berarti (kalau saya tidak salah menartikan ya?), Anda menganggap saya Hacker, Cracker ya? Waduh :d

Tapi sudahlah, saya tidak mau berpolemik dengan arti SMS kiriman Anda, yang jelas saya hanya berpesan saja kepada pengirim SMS ini, mbok yao cari dulu arti atau pengertian atau definisi dari Hacker, Cracker dan Blogger.

Ah atau begini saja, Mas ikutan saja dalam acara dialog terbuka antara saya (Riyogarta) dan Sdr. Roy Suryo. Insya Allah dalam dialog tersebut mungkin Mas akan mendapat pencerahan. Dialog diadakan di Universitas Budi Luhur tanggal 11 April 2008 jam 13.00-selesai. Pendaftaran dari jam 09.00 – 13.00 dengan kapasitas terbatas sebanyak 250 orang. Oh ya, Mas Roy Suryo juga sudah konfirmasi untuk datang, jadi Anda (pengirim SMS diatas) bisa juga menanyakan langsung kepada beliau, mungkin beliau bisa menjelaskan apa itu Hacker, Cracker dan Blogger dalam dialog tersebut.

Update
Saya mendapat kiriman SMS sebagai balasan SMS saya diatas:

From: +62811282***
Sent: 4/4/08 2:19:04 PM

He-3x, nge-Blog atau menjawab SMS itu pilihan, mas. Saya merasa sudah cukup menjawab angsung saja ke mas, kalau akan ‘dibroadcast’ yang silakan saja Ok? … :-)


77 komentar untuk “Tanggapan SMS Yang Dikirim Kepada Saya”

  1. 1
    Luthfi
    berkomentar pada jam 9:36 pm
    tanggal 5 April 2008

    hahhaha
    nomernya Roy SUryo kan ada di footer emailnya :P
    itu pasti nomernya dia
    *gak baca komen yg lain, udah 50 biji, males*

    Luthfi’s last blog post..WordPress.Com sudah diupgrade ke WP 2.5

  2. 2
    Rendy
    berkomentar pada jam 1:37 am
    tanggal 6 April 2008

    ^:)^ ampunnnn.. pakar kok ngirim sms ga hitech.. kan bisa pake flash sms.. biar smsnya cuma bisa sekali baca.. “pakar” getu loh…. tanggal 11.. ikuttt ikutttt ikutttt…. :wishtling:

    Rendy’s last blog post..Account Rapidshare Gratis

  3. 3
    Rendy
    berkomentar pada jam 1:38 am
    tanggal 6 April 2008

    ^:)^ ampunnnn.. pakar kok ngirim sms ga “hitech”.. kan bisa pake flash sms.. biar smsnya cuma bisa sekali baca.. “pakar” getu loh…. tanggal 11.. ikuttt ikutttt ikutttt…. :wishtling:

    Rendy’s last blog post..Account Rapidshare Gratis

  4. 4
    kaka
    berkomentar pada jam 11:34 am
    tanggal 6 April 2008

    Salut utk diskusi terbukanya mas..
    semuanya memang harus diluruskan.., biar ke depannya, masyarakat jelas memposisikan dirinya dimana.., gak sekedar berpijak dan dipengaruhi oleh pernyataan seseorang yg konon adalah “pakar”.

    Mudah2an setelah diskusi nanti.., sang “pakar” mempunyai pengertian yg lebih baik.., tau kapan msti ngomong “A”, nyadar diri kalo gak punya kapasitas utk ngomong “B”.

    Salam buat sang “pakar” ya mas..

    *nb: buat saya pribadi, hanya ada satu pakar telematika di indonesia: kang Onno !!!. Low profile dengan kemampuan yg gak ada habis2nya..

  5. 5
    Pitra
    berkomentar pada jam 12:02 pm
    tanggal 6 April 2008

    Wah, Om ROy kok ya Jumatan ngirim SMS sih.. gak khusyuk dengerin Khotibnya.. ;;)

  6. 6
    Ananto
    berkomentar pada jam 2:21 pm
    tanggal 6 April 2008

    Waduh, itu bener2 tgl 11 yah dialognya ? khan aku kerja ? gmn donk… bener2 kepengen ngeliat nih, sekaligus tanya langsung ama tu “pakar”… ~X(

    infonya terus di update ya… ^:)^
    thx n salam kenal…

  7. 7
    dicky
    berkomentar pada jam 12:05 am
    tanggal 7 April 2008

    saya ini yg msh goblog nge-blog aja bisa nyimpulin kalau mas suryo itu koq kacau ya, semoga para blogger gak berpengaruh, terus berkarya, sy & teman-teman sy banyak belajar dr situs ilmukomputer.com, dr blog nya enda, iip & banyak deh, semoga berkah. [-O< Patut diingat tindakan siapapun yang menghambat kemajuan pribadi/bangsa, dosanya guede :dancing: kata pak haji tetangga sy. :wishtling:

  8. 8
    away
    berkomentar pada jam 10:55 am
    tanggal 7 April 2008

    waduh, koq ucapan “si pengirim sms” makin aneh aja
    padahal selama ini blogger positif lebih banyak loh

    away’s last blog post..Manifesto Bloger Indonesia

  9. 9
    U Why
    berkomentar pada jam 10:57 am
    tanggal 7 April 2008

    Setelah baca komentar teman2, saya jadi kasihan nich sama R. suryo, gara-gara sms yang nomornya tidak jelas dipublishkan, semua tuduhan tertuju padanya sebagai pengirim sms, kita khan hanya bisa menebak siapa pemilik nomor, kenapa sich mas Riyo tidak melampirkan nomornya secara gamblang ?
    Saran sich buat R. Suryo, khan sudah jelas, banyak sekali teman2 IT yang menginginkan kehadiran anda pada dialog tgl 11, buktikan jika anda sebagai seorang pakar (itu sich tulisan yang saya lihat kalau di TV, benar ga sich ?) dengan hadir pada dialog ini. Jika selama ini anda merasa benar dengan komentar2 anda, dialog ini merupakan moment yang tepat untuk ber-argumentasi tentang komentar2 anda tersebut. Jangan merasa sebagai seseorang yang memiliki ilmu lebih tinggi dari seseorang yang lain. namun jika anda tidak hadir, saya cap anda sebagai seorang pengecut, yang cuma bisa lempar batu sembunyi tangan.
    Buat mas Riyo, saya yakin dia orang yang tepat sebagai lawan debat pada dialog nanti ( itupun kalo R. Suryo hadir ), semoga aja dialog ini akan berjalan dengan baik dan banyak ilmu yang bisa kita peroleh. Kalau boleh saran nich, pada saat dialog harus ada infotainment tuh, entar R. Suryo pasti mau datang. Selebriti kalieee…

  10. 10
    Mubarik
    berkomentar pada jam 11:49 am
    tanggal 7 April 2008

    Apa iya om RS mau datang??
    Sayako ragu.
    Tapi saya usahakan juga untuk datang deh.

  11. 11
    Mubarik
    berkomentar pada jam 12:04 pm
    tanggal 7 April 2008

    Mas Ryo, numpang tanya maklum masih o’on dibidang per-IT-an.
    Kenapa kok dalam komentar saya muncul keterangan bahwa saya posting dari Australia? Padahal saya isi sudah benar temasuk waktu install OS pertama kali dulu, saya isi selalu dari Indonesia lengkap dengan Post Code segala.
    Ma’af saya tidak pernah membuat ‘alias’ baik nama maupun alamat di dunia maya ini.
    Salam, Mubarik

  12. 12
    diditho
    berkomentar pada jam 3:35 pm
    tanggal 7 April 2008

    seeprtinya saya kenal dengan nomernya.

    diditho’s last blog post..Ketika Mas Roy Menguping…

  13. 13
    KayGenz
    berkomentar pada jam 3:44 pm
    tanggal 7 April 2008

    semangatttt om ryo.. saya dukung nie acara bincang 2nya….!!!! di rekam juga yah.. skalian di uplot di youtube .. :p

    KayGenz’s last blog post..Installing Ubuntu on Acer 4720z

  14. 14
    KayGenz
    berkomentar pada jam 3:46 pm
    tanggal 7 April 2008

    *OOT*
    buat mas mubarik.. location nya itu sie diambil dari lokasi server ISP kita.. bukan lokasi komputernya, sperti saya gambar benderanya dari hongkong.. padahal aslina kirim dari pulo jawa.. hehehe (maaf klo salah :blushing: )

    KayGenz’s last blog post..Installing Ubuntu on Acer 4720z

  15. 15
    Imansyah™
    berkomentar pada jam 5:11 pm
    tanggal 7 April 2008

    Haha.. :))
    Kayanya pernah lihat nomer yang mirip nomernya itu.
    Sampeyan ini bisa aja sih mas.. :-D

    Imansyah™’s last blog post..Long Weekend di Bandung. Part #4(end): Bubur Mang Oyo

  16. 16
    KOko
    berkomentar pada jam 8:15 pm
    tanggal 7 April 2008

    Nomernya bukan nomer XL ah..

    KOko’s last blog post..Tiny USB Office [Hot Application]

  17. 17
    Yudhi Arie Baskoro
    berkomentar pada jam 8:27 pm
    tanggal 7 April 2008

    =)) Begitu di balas akan di expose di blog koq langsung ciut, gimana to pertangguan jawab terhadap kata2nya. blas gak bisa di anggap :dancing:

    Yudhi Arie Baskoro’s last blog post..Find Old School Friend

  18. 18
    +Think
    berkomentar pada jam 11:31 am
    tanggal 8 April 2008

    Nitip 1 pertanyaan buat the Great Pakar.

    Bapak RS yang terhormat, saya penasaran.
    Jika anda memang seorang IT profesional, mengapa begitu banyak pula IT profesional lainnya yang sangat tidak menghormati bapak?
    Bahkan bapak dibilang banyak celoteh saja, dan sebeneranya ilmu anda itu belum ckup untuk dikatakan sebagai pakar, bahkan sebagai pengamat IT saja juga belum memadai.

    Maukah bapak beradu ilmu dengan pakar lain-nya untuk membuktikan bahwa anda memang seorang pakar dan bukan Tong Kosong Nyaring bunyinya.

    Thank’s

  19. 19
    milisdad
    berkomentar pada jam 11:53 am
    tanggal 8 April 2008

    Kalo dilihat nomornya :
    1. Seperti No. Pasca Bayar
    2. Operatornya Telkomsel.
    3. Sepertinya itu No berasal dari Jateng dan sekitarnya.

    Maaf kalo komentar saya memperkeruh suasana.

    milisdad’s last blog post..Test Crossposting

  20. 20
    Endah
    berkomentar pada jam 12:23 pm
    tanggal 9 April 2008

    ha ha ha.. ip ga cukup =))=))

    sian amat yak.. mending hasil mresenter dipake buat kuliah lagi

    Endah’s last blog post..Fenomena Ponsel Cina dan Sinetron Indonesia

  21. 21
    iwan
    berkomentar pada jam 1:43 am
    tanggal 10 April 2008

    waduh kok pada ribut2 sih…. kan dah deket nih waktunya, jadi tinggal nunggu aja hasilnya…. tapi secara pribadi sebagai orang awam saya gk setuju sama mas RS kalo semua di sama ratakan Negatif..toh banyak juga sisi positif yang kita dapet dari blog atau internet umumnya… masa gara2 segelintir orang yang negatif seluruh bangsa di anggap negatif.. NGAK ADIL TUH!!!!!

  22. 22
    134131
    berkomentar pada jam 10:27 am
    tanggal 10 April 2008

    jangan2 beda cracker sama hacker dia juga ga tau?

  23. 23
    mike
    berkomentar pada jam 12:27 pm
    tanggal 10 April 2008

    yaahh tindakan sms itu kan ibaratnya psywar sebelum bertanding..ehehhehe kali aja ngaruh.. tapi beneran beliau yg kirimkah… ? kelihatannya sih… :wishtling:

  24. 24
    matikutu
    berkomentar pada jam 11:07 pm
    tanggal 10 April 2008

    mas roy ini ada website tolong ditindak juga :
    http://www.duniasex.com
    http://www.bintangmawar.net

    jangan ngurus blogger aja

  25. 25
    uyung
    berkomentar pada jam 11:45 am
    tanggal 24 November 2008

    pusink ngurusin UU ITE ya :(

    uyung’s last blog post..Foto Jenazah Amrozy, Mukhlas, Imam Samudera

  26. 26
    summersheree
    berkomentar pada jam 8:08 am
    tanggal 10 May 2011

    oh..ternyata blogger itu ada yang positif n negatif juga yaa??? maaf baru tau maklum lah masih pemula

  27. 27
    Daniel
    berkomentar pada jam 12:48 pm
    tanggal 16 June 2012

    oh..ternyata blogger
    All For you


Isi Komentar