Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Dreamhost: Bandwith or CPU Usage?

Dikirim: March 25th, 2008 | Oleh: | Kategori: Tips | 18 Komentar »

Menanggapi (lebih pasnya adalah terinsipirasi) posting kawan saya Rosyidi mengenai How To Reduce Server Load, dan banyaknya pertanyaan kepada saya mengenai hal hal yang sama, maka saya buat posting ini. Saya sendiri hingga saat ini menggunakan Dreamhost sebagai server hosting blog dimana didalamnya ada juga sekitar 50-an lebih situs milik klien dan situs beberapa teman yang menumpang. Alhamdulillah, pihak Dreamhost tidak pernah mengirim teguran kepada saya meskipun penggunaannya cukup tinggi :)


Pengantar

Bandwith yang dimaksud disini adalah banyaknya transfer data yang terjadi pada sebuah hosting, termasuk penggunaan http, https, ftp, ssh, pop3 dan smtp serta service lainnya yang berhubungan dengan terjadinya transfer data dari dan ke hosting. Setiap hosting menerapkan batasan maksimum bandwith yang bisa digunakan untuk setiap bulannya. Sementara CPU Usage adalah banyak resource CPU yang terpakai sehubungan dengan proses yang terjadi atas penggunaan hosting tersebut. Jadi Bandwith dan CPU usage adalah 2 hal yang berbeda.

Perkembangan teknologi web dari bentuk statis menjadi dinamis membuat kebutuhan resource CPU (CPU usage) meningkat drastis. CPU yang semula hanya bekerja menampilkan halaman web dengan membaca file apa adanya (halaman statis) menjadi harus melakukan proses terlebih dahulu untuk menampilkan sebuah halaman web (halaman dinamis). Halaman dinamis membutuhkan CPU untuk melakukan query terhadap database, operasi string, numerik, tanggal dan logika sebelum mengirimkan halaman tersebut ke protokol web (http). Itu sebabnya mengapa isu CPU usage saat ini menjadi lebih penting dibandingkan isu penggunaan bandwith yang semakin hari justru semakin murah ( kecuali di Indonesia :( ).

Dengan alasan seperti itu maka banyak layanan hosting yang sudah tidak terlalu memikirkan bandwith, tetapi lebih memikirkan faktor CPU usage. CPU usage yang berlebihan bukan hanya membuat performance hosting menurun, tetapi juga bisa membuat server hosting tersebut down.

Bandwith atau CPU Usage?

Dengan membaca pengantar diatas, maka sudah seharusnya hosting bukan lagi memikirkan faktor bandwith melainkan faktor CPU usage. Sayang masih banyak hosting yang menjual dengan promo bandwith besar, tetapi tidak menerangkan mengenai kesediaan resource CPU Usage-nya. Akibatnya sudah bisa ditebak, bandwith besar tetapi situs yang kita setup berjalan lambat. Sialnya, banyak orang menuduh faktor bandwith-lah yang membuat situsnya lambat —meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa faktor bandwith juga bisa membuat situs menjadi lambat.

Dreamhost dalam hal ini cukup transparan, mereka menyediakan halaman wiki yang menjelaskan hal tersebut kepada pengguna layanan mereka (transparan dengan catatan penggunanya juga mau membacanya).

cpuusage

Lihat CPU Usage dari hosting Dreamhost yang saya gunakan. Saya baru menggunakan 3.439,43 atau hanya sekitar 14,3% dari jatah sebesar 24.000 CPU seconds/day.

Jadi untuk amannya, sebagai pengguna layanan hosting adalah memilih mengurangi penggunaan CPU dibandingkan mengurangi penggunaan bandwith. Ini juga berlaku bagi para developer web, buatlah script yang tidak membebani CPU server.

Namun adakalanya CPU Usage tetap tinggi meskipun script (mungkin) sudah optimal. Ini yang sering terjadi pada WordPress. CPU Usage tinggi akibat query terhadap ratusan bahkan ribuan posting dan komentar yang ada. Atau pada script-script forum terutama ketika fasilitas search dilakukan. Itu sebabnya beberapa forum besar meniadakan fasilitas search atau membuat jeda waktu untuk bisa melakukan search lagi.

Untuk WordPress atau Joomla atau script situs dinamis lainnya, satu-satunya jalan untuk menurunkan CPU usage tanpa mengurangi fasilitas adalah menggunakan Cache. Cache bekerja dengan membuat halaman-halaman dinamis tersebut menjadi halaman-halaman statik dan selalu diupdate dalam waktu-waktu tertentu.

Khusus untuk WordPress, kurangi CPU Usage dengan menggunakan WP-Super-Cache. Tetapi perlu diingat, jangan aktifkan fasilitas kompresinya! Fasilitas ini memang mengurangi penggunaan bandwith tetapi sangat membebani CPU Usage. Sesuai dengan penjelasan diatas, kenapa harus mengurangi bandwith jika efeknya adalah memperbesar CPU Usage?

Banyak orang yang menghindari penggunaan WP-Super-Cache dengan alasan komentar baru yang tidak langsung muncul. Hal ini sebenarnya bisa diatur dengan menghidupkan atau mematikan fasiltas Lock Down. Atau disiasati dengan menggunakan plugin ajax ada bagian komentar sehingga Lock Down tetap bisa dihidupkan.

Bandwith Dreamhost saat ini terhitung sangat besar, setiap account memiliki bandwith 5.000GB/bulan, dimana bandwith tersebut juga akan bertambah sebesar 40GB/minggu. Jadi dalam 1 tahun bandwith yang Anda miliki akan menjadi 6.920GB (dengan asumsi 1 tahun adalah 48 minggu).

Buat mereka yang ngeblog di RuangKoPI, tolong ya agar plugin ini dipergunakan terutama jika situsnya sudah mulai ramai dikunjungi :)

Mungkin ini yang banyak dilupakan orang, dan ketika webnya dipermasalahkan oleh Dreamhost mereka bilang Dreamhost-nya yang rese … hehehe. Padahal, jika Dreamhost tidak mengambil tindakan tegas terhadap pengguna-pengguna yang boros CPU Usage-nya, maka pengguna-pengguna lainnya (yang masih dalam satu server) akan dirugikan dengan turunnya performance. Mereka kadang lupa, menghemat bandwith tetapi tidak menghemat CPU Usage. Sekali lagi, yang perlu dipikirkan pengguna layanan Dreamhost adalah CPU Usage, bukan bandwith karena jumlah bandwithnya toh sudah sangat besar, kenapa tidak dimanfaatkan saja?

Awas, bagian yang ini isinya iklan banget :d

Jika Anda berminat memiliki account di Dreamhost, saya beri Promo Code dengan kode DISKON2008. Dengan menggunakan promocode ini, maka harga sewa hosting akan dipoting sebesar USD $50 (hanya untuk pembayaran pertama saja).

test

Saya tidak bisa memberi potongan lebih lagi seperti Promo Code saya sebelumnya sebesar USD $97 :( . Saat ini Dreamhost sudah memberikan maksimum diskon untuk semua periode pembayaran sebesar USD $50. Jadi saya alihkan saja potongan sisanya ke penambahan Extra Disk Bonus sebesar 30%! Jadi kapasitas penyimpanan yang Anda dapatkan jika mendaftar menggunakan promo code DISKON2008 bukan 500GB tetapi 650GB :wow:

Yang perlu Anda lakukan saat melakukan pendaftar adalah memasukan DISKON2008 pada bagian promo code seperti pada gambar dibawah:

test[5]

Simulasi:

Jika Anda memilih periode pembayaran 1 tahun, maka yang perlu Anda bayar adalah sebesar USD $119.4 – USD $50 = USD $69.4 atau setara dengan Rp. 638.480 (kurang lebih Rp. 50.000-an perbulan jika dirata-rata) dan selama setahun Anda akan menikmati hosting Dreamhost dengan kapasitas penyimpanan sebesar 650GB! dengan fitur-fiturnya yang luar biasa!

Saya mau membuat buku Tip dan Trik menggunakan hosting Dreamhost, kira-kira laku tidak ya? :-?


18 komentar untuk “Dreamhost: Bandwith or CPU Usage?”

  1. 1
    ridu
    berkomentar pada jam 11:56 pm
    tanggal 25 March 2008

    euleuh.. gede banget.. gak pernah kebayang punya space dan bandwidth segede itu..

    btw kalo mo ikutan di ruangkopi itu nanti situsnya harus tentang php yah??

    *pengen ikutan tapi takutnya gak memenuhi syarat konten lagi..

    Posting terakhir di blognya ridu Multiple Page

  2. 2
    annmolly
    berkomentar pada jam 11:57 pm
    tanggal 25 March 2008

    bagi kepentingan bersama, mari berhemat jangan rakus terhadap resources server, entar malah jebol tuh server. :dancing:

    Posting terakhir di blognya annmolly DewiQ ft. Kaka – Bete

  3. 3
    Luthfi
    berkomentar pada jam 11:58 pm
    tanggal 25 March 2008

    hihiihihi
    jangan langsung bikin tutorial tips dan triknya

    tp bikin dulu tips dan trik gimana dapet duit buat bayarnya
    hihihiihhi

    Posting terakhir di blognya Luthfi Live Report : Gw Seminar

  4. 4
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 11:59 pm
    tanggal 25 March 2008

    Itu sebabnya beberapa forum besar meniadakan fasilitas search atau membuat jeda waktu untuk bisa melakukan search lagi.

    OO.. ic..ic.. Ternyata itu sebabnya forum chip kalo search ada jedanya. Tapi sekarang forum chip jadi lambat banget aksesnya :(( jadi males lagi ngunjunginya. Malah lebih sering gak kebuka halamannya. ~X(

    Saya mau membuat buku Tip dan Trik menggunakan hosting Dreamhost, kira-kira laku tidak ya?

    Laku, insyaAllah. Tergantung judulnya aja. Kalo menarik pasti laku. Temenku aja cuma buat buku tutorial wp mulai dari nol aja laku keras. Aku jadi testimonial bukunya tuh :D
    Tapi dia gak diterbitkan, tapi dalam bentuk ebook. Dulu mau diterbitkan, tapi penerbitnya lambat banget, ya udah di jual sendiri aja.

    Makasih banyak ya Tips Triknya seputar wp super cache.

    Posting terakhir di blognya Rosyidi Kekuatan Cinta

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:06 am
    tanggal 26 March 2008

    @ridu
    Gak juga … yang penting niat belajar PHP, bisa diterapkan dengan memelihara blognya (kan wordpress pake PHP) atau install script php lainnya, atau mau buat script sendiri ;)

    @annmolly
    Setujuuuu

    @Luthfi
    Tipsnya, lulus kuliah dulu baru cari kerja hehehe
    (btw jangan2 udah lulus ya? Apa saya yang ketinggalan berita?)

    @Rosyidi
    Tentang BUKU: begitu ya :-?
    Sama2 :)

  6. 6
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 12:08 am
    tanggal 26 March 2008

    Saya mau membuat buku Tip dan Trik menggunakan hosting Dreamhost, kira-kira laku tidak ya? :-?

    Butuh editor gak? :girl: :grin:

    Posting terakhir di blognya Yuliazmi Masak: Manisan Kecap Jeruk Bali

  7. 7
    rd Limosin
    berkomentar pada jam 12:13 am
    tanggal 26 March 2008

    tentang buku: LAKU!!!

    Posting terakhir di blognya rd Limosin Laporan Funtastic STMIK-MDP Laptop Fair 2008

  8. 8
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:16 am
    tanggal 26 March 2008

    @yuliazmi
    Butuh butuh :kiss:

    @rd Limosin
    Sumpeh lo? :d [-O<

    Posting terakhir di blognya Riyogarta Dreamhost: Bandwith or CPU Usage?

  9. 9
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 6:41 am
    tanggal 26 March 2008

    Tapi sayang sekali dengan super cache, wp-viewpostku gak bisa jalan. Gara2 counternya diganti dengan angka biasa :((

    Posting terakhir di blognya Rosyidi Kekuatan Cinta

  10. 10
    Anggie
    berkomentar pada jam 7:59 am
    tanggal 26 March 2008

    Sayah hosting di Dreamhost walau kerjaan saya bikin script yang rakus CPU tetep ga ada yang negur tuh :))

    Posting terakhir di blognya Anggie Jobs n Gates

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:30 am
    tanggal 26 March 2008

    @Rosyidi
    Kalau counternya tetap jalan berarti gak ke caching dong …. kecuali counternya menggunakan model Ajax ;)

    @Anggie
    Berarti masih tetep kurang rakus skrip-nya :p

    Posting terakhir di blognya Riyogarta Dreamhost: Bandwith or CPU Usage?

  12. 12
    waterbomm
    berkomentar pada jam 1:48 pm
    tanggal 26 March 2008

    waw.. benwid segede itu dipake buat apa mas? -kenyang liat spacenya-

    buat belajar ngeweb seru juga tuh :D ikutan ya.. :ohhhh: :ohhhh:
    buku? wah saya ga pake dreamhost :D :cepedeh: :cepedeh: :cepedeh:

    Posting terakhir di blognya waterbomm Liburan, ulang tahun sama mabok sate

  13. 13
    suprie
    berkomentar pada jam 1:55 pm
    tanggal 31 March 2008

    apa yah … :devil:

    sayah gak lom butuh, wong yang ngunjungin aja masih dikit.. :tidaaakk:

    suprie’s last blog post..Fiuh

  14. 14
    pondokiklan.com
    berkomentar pada jam 10:33 pm
    tanggal 4 April 2008

    BW, dari Dreamhost besar juga ya bos. kayaknya bisa nyoba deh …

  15. 15
    Experimenting Social Networking Website for the local Creative Community | RyanKoesuma.com
    berkomentar pada jam 4:16 am
    tanggal 13 January 2009

    […] and 70$ discount) wouldn’t be as smooth. There’ll be a lot pressure because of the CPU time used on a shared hosting. And at the time Buddypress were still at its infancy. So I held back, and still (for DRS, at […]

  16. 16
    ProgrammaticSynthesis » Blog Archive » NEW WEBSITE FROM OPENLABS
    berkomentar pada jam 11:36 am
    tanggal 6 February 2009

    […] 1 free domain and 70$ discount) wouldn’t be as smooth. There’ll be a lot pressure because of the CPU time used on a shared hosting. And at the time Buddypress were still at its infancy. So I held back, and still (for DRS, at […]

  17. 17
    hanafi2020
    berkomentar pada jam 3:08 pm
    tanggal 2 May 2009

    wah aq pake shared hosting lunarpages kena CPU over usage juga nih padahal blog cuma 10 ajah trafik gak sampe 50 perhari. aku baca di hakimtea.com bermasalah memakai wp-super cache. bingung juga nih pake apa gk yah.

  18. 18
    michael
    berkomentar pada jam 9:04 pm
    tanggal 24 November 2014

    .

    áëàãîäàðþ!


Isi Komentar