Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok

Dikirim: February 29th, 2008 | Oleh: | Kategori: Tips | 169 Komentar »

Kata banyak orang yang saya temui, untuk stop merokok itu tidak bisa dengan mengurangi, tetapi harus langsung stop tidak merokok sama sekali. Apa iya? Saya mungkin salah satu orang yang ingin membuktikan bahwa stop merokok bisa melalui tahap mengurangi hingga sama sekali tidak merokok. Tips dibawah ini sudah saya lakukan dan sudah terbukti secara signifikan mengurangi kebiasaan merokok. Dulu saya bisa menghabiskan 2 sampai dengan 3 bungkus rokok dalam sehari, saat ini saya mengabiskan 1 bungkus rokok untuk waktu 1 minggu bahkan lebih. Terkadang rasa rokok juga sudah menjadi asem karena terlalu lama terbuka :))

Berikut tips mengurangi rokok.

  1. Jangan membawa korek api atau pemantik
    Untuk merokok dibutuhkan korek api atau pemantik –kalau Anda terbiasa menyalakan rokok dengan menggesek batu atau kayu ya silakan saja :)) Dengan membiasakan diri untuk selalu tidak membawa korek api atau pemantik, maka kita akan susah dan berusaha meminjam ke orang lain setiap kali mau merokok. Hal ini sudah saya lakukan cukup lama bahkan sudah menjadi salah satu ciri khas saya dimata teman-teman ;)
    Sisi positif yang akan kita dapatkan dari kebiasaan ini:
    • Tidak akan bisa merokok sesuka hati, tetapi tergantung apakah ada orang disekitar kita yang bisa kita pinjami korek api atau pemantik
    • Bisa mendapat teman baru, siapa tahu orang yang meminjami kita ternyata menawarkan proyek :d
    • Tetapi, bisa juga menjadi omongan yang tidak enak kedengarannya, "Ini orang gak punya duit apa ya? korek ajah pinjem." :)) Tidak apa-apa, dengan begini kita akan berpikir ulang saat mau meminjam korek api atau pemantik ke orang lain ;)
  2. Hilangkan semua korek api atau pemantik di tempat tinggal kita
    Di rumah saya agak susah mencari korek api atau pemantik, saya menyalakan rokok menggunakan kompor gas :))
  3. Hilangkan semua korek api atau pemantik yang kita pinjam
    Dengan cara ini saya jamin tidak akan ada seorang pun yang mengenal Anda akan meminjamkan korek api atau pemantiknya
    :)) Dan Anda juga akan kapok jika melakukan hal ini kepada orang yang belum Anda kenal, apalagi jika pemantik yang Anda pinjam adalah pemantik dengan merek Zippo =))
  4. Habiskan dan jangan dibuang!
    Maksudnya, jika Anda telah membeli sebungkus rokok dan belum habis karena menjalankan tips nomor 1, 2 dan 3. Lalu rokok sudah berasa asem karena masuk angin, Anda harus bertanggung jawab untuk tetap menghabiskannya! Ini akan membuat Anda berhitung dan berpikir untuk melakukan tip nomor 5.
  5. Membeli rokok batangan
    Saran saya, belilah mulai dari setengah bungkus lalu menurun sampai pada beli satu atau dua batang. Ini harus Anda lakukan dengan komitmen yang kuat. Jadi Anda harus tetap melakukan hal ini walaupun Anda sedang memegang uang dengan pecahan yang cukup besar untuk membeli satu atau dua batang rokok.
    Sisi positif yang akan Anda dapatkan:
    • Anda akan malu jika membeli satu atau dua batang rokok dengan pecahan uang ditangan Anda yang cukup besar. Pada akhirnya Anda mungkin akan mengurungkan diri untuk membeli rokok. Dengan kata lain, Anda hanya akan membeli rokok jika punya uang recehan.
    • Anda juga mungkin punya rasa gengsi untuk mampir ke warung hanya untuk membeli satu atau dua batang rokok. Tidak apa-apa, gengsi seperti ini justru berdampak positif bagi keinginan Anda untuk mengurangi rokok.
    • Nah, kalau Anda sudah berkomitmen seperti ini maka Anda juga tidak bisa membeli rokok di supermarket kan? Mana ada supermarket atau minimarket yang menjual rokok batangan ;)

    Jika tip nomor 5 ini masih dirasa berat, silakan berhadapan dengan risiko yang ada pada tip nomor 4.

  6. Berdoa terus agar rokok semakin mahal
    Saya merasakan harga rokok semakin mahal, dulu saat saya SMA sebungkus rokok harganya kurang dari Rp. 1.000 (bahkan seingat saya beberapa merek harganya Rp. 450 sebungkus), saat kuliah berkisar dari Rp. 1.000 – Rp. 3.000, sekarang berkisar antara Rp. 7.000 – Rp. 11.000. Dulu saya pernah berdoa agar harga rokok naik, entah kapan, dan saya yakin itu bukan doa saya seorang karena buktinya harga rokok terus naik ;) Semakin tinggi harga rokok semakin membuat para perokok berpikir untuk membelinya. Yok, kita berdoa sama-sama :)
    **sayangnya, hal ini juga bisa memancing kriminalitas :(
  7. Membeli rokok dengan PPRUDDT
    Saya sempat melakukan hal ini yaitu membeli rokok dengan Potongan Pajak Rokok Untuk Dimasukan Dalam Tabungan. Disarankan dimasukan ke tabungan orang lain misalnya tabungan istri atau pacar atau siapa saja yang penting bukan tabungan Anda sendiri ;) –Tabungan saya juga boleh banget :d.
    Jadi, kita harus disiplin untuk selalu memasukan sejumlah uang kedalam tabungan sebesar X persen dari harga rokok yang kita beli. Misalnya saya menetapkan X=60% dan harga rokok yang saya beli adalah Rp. 8.000. Maka saya harus membeli rokok dengan harga  Rp. 12.800 dengan rincian Rp. 8.000 untuk membeli rokok dan Rp. 4.800 untuk ditabung. Tip nomor 7 ini untuk mengatisipasi jika doa pada tip nomor 6 tidak dikabul-kabulkan :p
    Pelajaran yang didapat dari tip ini:
    Ternyata harga untuk kebiasaan kita merokok itu jauh lebih mahal dari kebutuhan pokok yang seharusnya kita penuhi. Bahkan bisa jadi lebih mahal dari kebutuhan tersier kita :(
  8. Cari istri atau suami atau pacar yang anti dengan asap rokok :d
    Nah, ini penting banget dan bisa menjadi motivasi kuat untuk mengurangi bahkan berhenti sama sekali ;)
  9. Jangan membawa rokok dan korek api atau pemantik
    Jadi kalau Anda mau merokok, maka Anda harus minta rokok :)) Setelah minta rokok maka Anda akan berhadapan dengan tip nomor 2. Triknya jangan lakukan secara berurut, tapi pakai strategi seperti ini:
    "Mas, permisi. Punya korek api gak?" Lalu setelah orang itu memberikan koreknya, yang Anda harus lakukan adalah berpura-pura merogoh kantong lalu berkata, "Walah, maaf Mas. Punya rokoknya gak?" =))

Sengaja saya tidak memasukan unsur-unsur ancaman kesehatan disini, saya pikir semua perokok sudah tahu apa risikonya. Pengalaman dari yang saya lihat disekitar saya, jarang ada perokok yang berhenti merokok karena takut akan risiko kesehatannya. Mereka biasanya cuek bahkan berani bilang "Kalau sudah takdirnya mati ya mati." Bahkan tidak sedikit dari  mereka yang sudah pernah merasakan sakit parah akibat merokok kembali merokok ketika merasa dirinya sudah sehat :(

Mungkin beberapa tips diatas sedikit bercanda, hanya percaya atau tidak, saya sudah melakukan hal ini bahkan sekali-sekali melakukan tip nomor 9 :))  Alhamdulillah saat ini saya hanya merokok rata-rata 1-2 batang sehari bahkan terkadang tidak sama sekali. Saya cukup bersyukur bisa mengubah gaya hidup dari perokok berat hingga seperti saat ini. Suatu hari kelak, dalam waktu dekat, saya yakin bisa berhenti sama sekali :)


169 komentar untuk “Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok”

  1. 1
    ridhocyber
    berkomentar pada jam 1:02 am
    tanggal 29 February 2008

    saya udah pernah nyoba tuh…

    berhenti merokok adalah salah satu resolusi saya di tahun 2008

    dan saya pun mengerjakan apa yang di sebutkan di atas…

    alhasil saya bisa berhenti merokok sampai 1,5 bulan…

    saya berhenti dari tgl 1 januari 2008 sampai pertengahan februari 2008…

    anda pasti berpikir kenapa sampai pertengahan februari, itu artinya saya merokok lagi !!! bener banget, saya ngerokok lagi…

    satu yang perlu di ingat , lingkungan sangat berengaruh besar terhadap usaha kita :(

    Posting terakhir di blognya ridhocyber Google AdSenseTM Online Standard Terms and Conditions

  2. 2
    ridu
    berkomentar pada jam 5:39 pm
    tanggal 29 February 2008

    –kalau Anda terbiasa menyalakan rokok dengan menggesek batu atau kayu ya silakan saja

    #:-s

    Bisa mendapat teman baru, siapa tahu orang yang meminjami kita ternyata menawarkan proyek

    $-)

    apalagi jika pemantik yang Anda pinjam adalah pemantik dengan merek Zippo

    #:-s

    Mana ada supermarket atau minimarket yang menjual rokok batangan

    $-) peluang usaha yang cerah neh..

    yang Anda harus lakukan adalah berpura-pura merogoh kantong lalu berkata, “Walah, maaf Mas. Punya rokoknya gak?”

    #:-s #:-s #:-s

    btw alhamdulillah ridu gak ngerokok.. jadinya gak repot2 ngejalanin tips2 di atas.. semoga bisa berhenti yah bagi yg ngerokok!! :D

    Posting terakhir di blognya ridu 29 Februari 2008

  3. 3
    Okta Sihotang
    berkomentar pada jam 9:55 pm
    tanggal 29 February 2008

    intinya itu, kesadaran diri yang terpenting :-?

    Posting terakhir di blognya Okta Sihotang Pakar Telematika Indonesia said Blogger is “PENIPU”

  4. 4
    jimmy
    berkomentar pada jam 1:32 am
    tanggal 1 March 2008

    sama kayak ridu.. syukurlah saya gak ngerokok :)

    Posting terakhir di blognya jimmy Telkom Speedy Bikin Saya Nonton Film

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:56 am
    tanggal 1 March 2008

    @ridhocyber
    Nah justru itu, maka kita sendiri yang harus memaksa dan membuat agar lingkungan di sekitar kita tidak memungkinkan merokok (baca: membuat diri sendiri sulit untuk merokok).

    @ridu, @jimmy
    Sip … kalian orang2 yang beruntung :)

    @Okta Sihotang
    Terkadang mengharap kesadaran diri itu susah jika tidak dipaksa oleh lingkungan. Itu sebabnya saya create lingkungan saya sendiri yang membuat saya susah untuk merokok ;)

  6. 6
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 2:51 pm
    tanggal 1 March 2008

    Asyik!! Culik ah tipsnya…;))
    Ada yang pernah bilang, orang yang ngerokok juga terancam cacingan? *siul2*

    Posting terakhir di blognya Donny Reza Jangan (Terlalu) Terkejut

  7. 7
    Rosyidi
    berkomentar pada jam 7:58 pm
    tanggal 1 March 2008

    Aku gak tau seberapa susahnya menghilangkan kebiasaan rokok. Tapi kalo menuruti kemauan hati, gak ada habisnya.
    Ayo semangat untuk stop rokok.

    Pengen cerita dikit nih. Dulu waktu SD aku pernah main2an rokok2an pake kertas yang dibakar. Karena mainan, pengennya sih cuma biar keren keluar asapnya gitu kalo ditiup. Sialnya, aku keliru, bukannya ditiup malah kehisap :((
    Pahit… :-&
    En batuk2 deh.
    Kapok deh..
    Pake cara itu aja sapa tau berhasil :))
    hahaha..
    Gak koq becanda. Malah tambah parah nanti.

    Posting terakhir di blognya Rosyidi Dapet Duit dari Internet

  8. 8
    suci
    berkomentar pada jam 8:16 pm
    tanggal 1 March 2008

    Hilangkan semua korek api atau pemantik di tempat tinggal kita
    Di rumah saya agak susah mencari korek api atau pemantik, saya menyalakan rokok menggunakan kompor gas

    >> berarti jangan bawa2 kompor gas selama bepergian pak!

    Posting terakhir di blognya suci Mereka Hidup dari Limbah

  9. 9
    rd Limosin
    berkomentar pada jam 9:37 am
    tanggal 2 March 2008

    untungnya saya gak ngerokok :d

    Posting terakhir di blognya rd Limosin Kopdar Gajah di Palembang

  10. 10
    alni
    berkomentar pada jam 11:30 am
    tanggal 2 March 2008

    hihi, ini sih tips nya buat orang yang ‘gak enakan’ mas riyo. Kalau minta2 atau minjam korek gak enak hati jadinya milih gak ngerokok. Gimana orang muka tembok, asik aja minta2 malah makin semangat bisa merokok gratis:D

  11. 11
    gempur
    berkomentar pada jam 1:21 pm
    tanggal 2 March 2008

    wakakakakaka… saya suka tips ini… karena kecanduan rokok saya sudah demikian akut :d

    Posting terakhir di blognya gempur Berkabung

  12. 12
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:14 pm
    tanggal 2 March 2008

    @Donny Reza
    Cacingan? hihihih :d Masak sih :-? Alhamdulillah saya gak pernah tuh.

    @Rosyidi
    Hehehe, tapi bener, kalau dibilang sulit ya sulit, semua kita kembalikan ke diri sendiri. Thanks buat semangatnya ;)

    @suci
    =))

    @rd limosin
    Bener, Anda beruntung :)

    @alni
    Bener juga, harus ditambahin judulnya, Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok (buat yang gak muka badak) :))

    @gempur
    Hehehe, silakan diterapkan, mudah-mudaha ada manfaatnya. Dan tolong cerita di blog nya ya kalau berhasil ;)

  13. 13
    Rio
    berkomentar pada jam 1:25 am
    tanggal 4 March 2008

    klo begadang di dpn komputer sih susah ga ngeroko…

    saya sih naek turun…kadang ngeteng, kadang sebungkus, kadang dua bungkus, tegantung tubuh saya merespon klo sudah engap (dada sesak) saya bisa berheti ampe 1bulan, trus ngerokok lg :d

    oya klo kebanyakan ngeroko rasanya jd biasa2 saja, asap rokok udah kaya angin yg di isep.. tp klo udh berenti 1bulan asap rokok jd lebih nikmat maknyus lah… dada juga rasanya hampang (ringan).

    mendingan juga isep sisha, apalagi yg rasa strowberi,,waww maknyus…:d/

  14. 14
    waterbomm
    berkomentar pada jam 3:01 pm
    tanggal 4 March 2008

    mari kita ganyang ROKOK!!!
    btw katanya penghasilan terbesar indonesia berasal dari rokok… trus kalo pada berenti ngerokok, miskin donk indonesia? -sok tau gitu :))

    Posting terakhir di blognya waterbomm Sarinah ku sendiri

  15. 15
    waterbomm
    berkomentar pada jam 3:03 pm
    tanggal 4 March 2008

    Mari kita ganyang ROKOK!!!
    btw katanya pendapatan terbesar berasal dari ROKOK, terus kalo ga ada yang ngerokok miskin donk? -sok tau mode on-

    Posting terakhir di blognya waterbomm Sarinah ku sendiri

  16. 16
    quelopi
    berkomentar pada jam 7:55 am
    tanggal 5 March 2008

    tips yang ampuh itu, jangan bawa duit termasuk duit recehan, jadi… kalau anda butuh duit silahkan rampok orang disamping anda:)>-

    Posting terakhir di blognya quelopi Nasi tutup mulut

  17. 17
    Priyo
    berkomentar pada jam 1:03 pm
    tanggal 6 March 2008

    Aslm. Siang Sobat…>>>!!!!!!!

    Wah Boleh Nich Tips nya……!!!
    Tapi Kayaknya Susah juga Dech…!!!, Baru aja aq NgRokOk ….!!!!
    Padahal aq dah usaha semaksimal mungkin, habis mkan ndak ngrokok…..,
    Habis mkn maunya tetap di kursi, eh temen telp…!!!
    suruh turun….!!!
    pas gw Samperin…., mereka bilang kok tumben ndak ngrokok…
    gw jawab baru Radang….
    Teman Bilang radang aja kok bingung…( makanya Ngrokok biar Sembuh )

    Emang Bener Merokok 70% karena Faktor Lingkungan, SUSAH Buanget Yach….!!!
    Padahal Pengen Buanget Berhenti Ngrokok…..>>>!!!!!!!!!!!!!! “_” [-(

  18. 18
    sufehmi
    berkomentar pada jam 4:36 pm
    tanggal 28 March 2008

    Lho, elo masih ngerokok tho :D **baru tahu**

    Kirain sudah lama berhenti, he he

    OK, moga2 sukses sampai berhenti yaa.

    Posting terakhir di blognya sufehmi SSL accelerator for the masses

  19. 19
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:50 pm
    tanggal 28 March 2008

    @sufehmi
    Masih Ry … hanya alhamdulillah sudah semakin berkurang.

  20. 20
    hery
    berkomentar pada jam 12:43 pm
    tanggal 29 March 2008

    saya mulai merokok tahun 2004( waktu itu kuliah semester 4). tapi alkhamdulillah, sudah sebulan ini saya bisa mengurangi kebiasaan itu. awalnya saya mulai dengan beli rokok batangan, terus gak beli sama sekali. ^:)^

  21. 21
    Teuku Farhan
    berkomentar pada jam 11:16 am
    tanggal 26 April 2008

    Saya mulai perokok saat SMP-Awal masuk kuliah, tapi alhamdulillah tidak sampai “diperbudak” oleh tuan rokok itu. awalnya hanya ikut-ikutan dan merokoknya hanya sesekali dan hanya kalo gabung sama genk aja. saya ingin membuat perubahan dalam hidup saya, maka saya pilih mulai Tanggal 01-01-2001 saya ingin berhenti merokok dan alhamdulillah (dengan berbagai godaan) komitmen itu bertahan sampai hari ini 26-04-2008. Rahasia berhenti merokok adalah berhenti saat ini juga, menunda hanya menambah sengsara dan meracuni udara segar milik orang lain….http://bebasrokok.wordpress.com

  22. 22
    Indra
    berkomentar pada jam 10:29 am
    tanggal 30 April 2008

    Saya ingin berhenti merokok tp sulit. Rokok tuh satu2nya obat bagi saya kalau stress ngehampiri.

  23. 23
    endah
    berkomentar pada jam 11:45 am
    tanggal 5 May 2008

    cara jitu menghilangkan rokok adalah:
    – Inget kl mau nyalain rokok tu orang lain akan tersiksa
    – Inget mahalnya sembako, jd buat pa beli rokok
    – Cari Temen, pacar, istri yang benci banget ma rokok. jd da yg ingetin
    – Inget penyakit yg mengancam jk rokok menyala
    – Jgn bw korek api
    – Jgn beli Rokok………

    Okrey Ayo jadikan Indonesia bebas dari Rokok!!!!!!!!1

  24. 24
    qia
    berkomentar pada jam 2:26 pm
    tanggal 16 May 2008

    merokok relatif merugikan! :-o emang! :-o
    menurutq sich…
    ngrokok cuma mentingn diri sendiri aja! [-(
    liat sekitar dunk! kan banyak orang yang “HAK MENCIUM UDARA BERSIH” nya dijajah! X( tapi,,,,,slow ja…. ^:)^ jd perokok asal tw sikon dan g ganggu org, u smntr, nevermind!!!!! :d :)

  25. 25
    laras
    berkomentar pada jam 2:53 pm
    tanggal 2 June 2008

    kalo misalnya ada orang yang berhenti rokok,tapi ngrokok lagi…gara2 stress…gmn dung???
    tapi kalo dsruh berhenti makannya banyak bgD…Jd Gndut…!!!
    gmn duOng… :-??

  26. 26
    Azis
    berkomentar pada jam 4:14 pm
    tanggal 2 June 2008

    Saya pernah mencoba tuk meninggalkan rokok, tapi selalu gagal karena lingkungan saya adalah orang perokok semua, saya mulai rokok pas saya masih duduk di kelas 2 SD dan itu terjadi sampai sekarang, saya mau tanya bagaimana cara berhenti dari merokok karena dari semua cara udah saya coba tapi selalu gagal…???

  27. 27
    fajri
    berkomentar pada jam 9:11 am
    tanggal 3 June 2008

    :)) hiiii makasih tips nya moga bmanfaat n bisa ngebwt co q b’henti ngerokok lagi yap [-O<

  28. 28
    fajri
    berkomentar pada jam 9:12 am
    tanggal 3 June 2008

    [-O<
    [-O<
    [-O<

  29. 29
    tong_q
    berkomentar pada jam 3:34 am
    tanggal 4 June 2008

    peringatan pemerintah mengenai bahayanya merokok sdh jelas.. Tapi masih az pemerintah menerima perusahaan rokok asing masuk ke wilayahnya sendiri… Dan malah di kantor suku dinas pajak masih banyak petugasnya yang merokok.. entah itu di kantin ataupun ditaman.. dan mengenai ttg sangsi bagi perokok yang sembarangan dah ga ada lagi kelanjudtannya.. entah itu di bis ataupun di halte…. Btw bahaya mana sih asap rokok dgn asap knalpot bis..? kalau memang berbahaya knalpot bis kenapa polisi ataupun petugas DLLAJR hanya diam az yaa disaat bis tersebut jalan dgn mengeluarkan asap hitam yang tebal… Lalu siapa yang perlu disalahkan?

  30. 30
    pandu
    berkomentar pada jam 4:38 pm
    tanggal 11 June 2008

    he..he…he….
    klo menurut ane ttg tips u/ b’henti m’rokok :d

    #bisa dg berpuasa senin n kamis itupun hrs rutin, :)
    (ya…u/ dekatkan diri pd Allah)

    #bnyk do’a n ada usaha jg u/ berhenti [-O<
    (kan..sm j klo cm do’a g de ush)

    #uang dtabung boleh jg

    #harusnya pembeli rokok WAJIB kena potongan u/ :dancing:
    di berikan pd kaum dhuafa tow fakir miskin
    (ya….itung2 amal ibadah di dunia)

    yups mgkn itu dl kali y…saran bt pelaku teroris kesehatan(perokok) :dancing:

  31. 31
    yaya
    berkomentar pada jam 3:01 pm
    tanggal 26 June 2008

    duuhhh…
    baguss deh ma tipsnya..
    tapi sya ragu, apa pacar saya malu dengan membeli roko batangan 2 ato 1 batang.
    pasalnya dia kan masi muda, urat malunya udah putus takut gak bisa euy..

  32. 32
    javakretek
    berkomentar pada jam 3:54 am
    tanggal 12 July 2008

    haloo semua….neh aku mokasih alamat web bagi pecinta rokok kretek dan kolektor kretek di mn pun.www.javakretek.com thx all

  33. 33
    Argy
    berkomentar pada jam 4:33 pm
    tanggal 13 July 2008

    mas-mas ato mbak-mbak yang mau berhenti ng’rokok, ini ada sedikit tips dari aku :
    kalo mau berhenti ngrokok pasti selalu ada keinginan untuk selalu merokok, termasuk saat ga ada rokok pasti timbul keinginan untuk beli rokok, itu sudah pasti otomatis terjadi (pengaruh nikotin dalam darah). 2-4 hari pertama memang sangat berat (masa-masa penyucian diri dari pengaruh nikotin), tapi kalo udah melewati masa tersebut, wah…rasanya lega banget, 100% pasti udah dapat merasakan KETIDAK ENAKAN rokok. Kalo mau berhenti ya….. jangan pedulikan bisikan-bisikan untuk merokok baik dari diri sendiri (paling 2-4 hari pertama) atau juga dari teman-teman. kalo nikotin udah bersih dari tubuh kita rasa ketagihan tidak bakal muncul lagi…………

  34. 34
    Koko
    berkomentar pada jam 12:40 pm
    tanggal 14 July 2008

    Ya, inget aja sama anak-anaknya..apa pengen nanti bapak ibunya udah meninggal gara2 kanker?

    Koko’s last blog post..Write Upside Down

  35. 35
    Luve
    berkomentar pada jam 11:57 am
    tanggal 21 July 2008

    tergantung NIAT !!! klo niatnya KUAT,,pSt bisa….
    byk2 doa aja….. :d

  36. 36
    poetra
    berkomentar pada jam 9:13 pm
    tanggal 7 September 2008

    Saya dukung anti rokok :) tp saya perokok yang mau insyaf tolong dibantu [-O<

  37. 37
    Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok « “Koleksi Rokok” Acejaml
    berkomentar pada jam 7:07 pm
    tanggal 11 September 2008

    […] http://riyogarta.com/2008/02/29/tips-mengurangi-kebiasaan-rokok/ […]

  38. 38
    indra
    berkomentar pada jam 9:30 am
    tanggal 25 September 2008

    Ada cara ideal utk stop merokok di rokokideal.blogspot.com :d

    indra’s last blog post..Kebutuhan Pilkada / Election

  39. 39
    amat
    berkomentar pada jam 9:42 pm
    tanggal 28 September 2008

    wah…thanks udah ksi tipsx :( tp smpai hari ini sy ngk bisa berenti merokok coz bos sy sering beli kn rokok di saat sy kerja ma dia di dpan komputer n liat sy udh sumpek ya.. di beliknlahh rokok jd gm?berhnti

  40. 40
    adit
    berkomentar pada jam 6:23 pm
    tanggal 9 October 2008

    ehm,….

    kaiak’e metode “Mengurangi Kebiasaan Merokok” diatas kurang perfect karena seharusnya Jangan Pernah Mendekati ROKOK bagaimanapun situasinya . Karena saya hampir kecanduan rokok , karena pergaulan ma temen2 . So buat kmoe yg blom ketagiham jgn pernah mencoba sedikitpun …. :) :) :) :)

  41. 41
    Recoba aba
    berkomentar pada jam 1:52 pm
    tanggal 3 December 2008

    susah banget…smuanya dah dicoba tapi tetap sama….ada cara yang lebih ekstrim ga?,…………please dong

  42. 42
    mathew
    berkomentar pada jam 4:51 pm
    tanggal 4 December 2008

    BUAD apa ngrokok???
    Dwidna bwad gw aj!!! =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

  43. 43
    BEN LUTFI
    berkomentar pada jam 5:08 pm
    tanggal 17 December 2008

    BERHENTI MEROKOK DENGAN MEROKOK, Ganti rokok anda dengan rokok herbal. Hobby perokok anda yang aktif aman bagi kesehatan tubuh serta dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan yang lebih penting lagi dari rokok ini masih ada bisnisnya lagi. dengan sistem yang mudah n efektif dari bisnis rokok herbal ini kita bisa dapetin bonus jutaan rupiah!!! gak percaya klik azha http://rokokherbal.com/?no=RH0126
    atau
    hubungi : Ben Lutfi
    (021)-71149927,0815-11424080

  44. 44
    VIVIE
    berkomentar pada jam 12:38 pm
    tanggal 9 January 2009

    hai..hai! aku bukan perokok! tapi aku seneng kalo ada orang yang mo berenti merokok! thanks tipsnya, bisa dipake buat temen-temen aku yang pada merokok nicH! n aku juga punya tips berenti merokok…
    harus ada niat dari hati
    siapkan selalu permen didalam kantong baju anda, karena permen berkasiat untuk gantiin rokok. jadi, setiap mo ngerokok makan permen aja.. hehehe :d o ya, sebaik nya permen yang rasanya asem aja ya!
    terus, cari temen yang nggak ngerokok, ehm.. kalo bisa c jangan dideketin dulu deh orang yang perokok, coz pengaruh banget tuCh!
    tu aja dulu deh…
    mungkin bagi anda yang perokok tips ne kurang berkasiat, tapi coba aja dulu yacH… good luck!
    “dengan belajar berhenti merokok, berarti kita belajar tuk cinta bumi… coz bumi udah semakin nggak nentu niCh!
    bye..bye [-(

  45. 45
    dega
    berkomentar pada jam 5:33 pm
    tanggal 5 February 2009

    :)) kurang menarik,,,,coba dunk lebih jelas lagi,,,,,,,,,,,,,,,,,dan gue paling anti dengan perokok yang GILAAAAAAA………

  46. 46
    Agus
    berkomentar pada jam 8:38 am
    tanggal 10 February 2009

    Aq merokok pd usia tk brlanjuuut sd smp dan paling parah sma aq jd perokok berat “tiada hari tanpa rokok”itulah mottoku tp alhamdulillah dgn semangat ’45 dan perjuangan yg gigih akhirnya aq bs brhenti total smpe skrng mau liat tipsnya slkan dtng ke www. warna2cinta.Wordpress.Comsmga bs membntu

  47. 47
    fendi pny fs
    berkomentar pada jam 10:11 am
    tanggal 16 February 2009

    :ohmygod: akhirnya kebiasan ngeroko w hilang :hahaha: dan aku senang :alapu: pacarku jd mkn cinta ama aku :tidaaakk: terimakasi atas bantuannya :udud:

  48. 48
    antok suwandi
    berkomentar pada jam 2:19 pm
    tanggal 19 February 2009

    saya adalah perokok dari umur 12th dan saya saat ini umur 39th.
    saya berhenti merokok selama 3 bln di tahun2007 itu pun selepas saya sakit selama 2minggu.setelah sembuh dari sakit aku mau merokok dimulut serasa pait dan tdk enak.dan di dada tersasa sesak,mungkin tubuhku menolak racun rokok kali.
    alhasil saya bisa berhenti merokok sampai 3 bulan…
    saya berhenti dari bln juni 2007 sampai september 2007
    hebat bukan bisa berhenti merokok selama 3bln. kalian pikir bebas rokok itu enak…. tdk ternyata.tdk meroko tersiksa.akhir september 2007 aku merokok lagi sampai sekarang…
    satu yang perlu di ingat , lingkungan sangat berengaruh besar terhadap usaha kita :(

  49. 49
    susan
    berkomentar pada jam 11:06 am
    tanggal 24 February 2009

    hahahhahahhha…emank sih buat gue susah banget berenti ngerokok.. tapi gue coba deh.. cara2 berenti rokok diatas.. :-?

  50. 50
    susan
    berkomentar pada jam 11:09 am
    tanggal 24 February 2009

    Berenti ga y??but gue rokok tuh udah jadi teman dimana pun gue berada :ohhhh:
    tpi gue coba deh..
    asa cewe kaya gue ga bisa berenti ngerokok..
    mohon doanya ya :aha:

  51. 51
    faisal
    berkomentar pada jam 5:30 pm
    tanggal 5 March 2009

    sulit bngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet emang berhent rokok………..!!!!

  52. 52
    john
    berkomentar pada jam 12:45 pm
    tanggal 7 March 2009

    Solusinya….
    ga usah punya duit!
    kalo punya duit berarti gerbang buat beli rokok.
    Whaakakakakk

  53. 53
    pulsa4profit
    berkomentar pada jam 5:49 pm
    tanggal 7 March 2009

    Saya pernah berhenti ngerokok selama 3 tahun. Begini kronologinya …

    Juni 2003 :
    saya memutuskan berhenti merokok karena 1 tahun ke depannya punya rencana merit. Kata artikel yg pernah saya baca, kondisi (maaf) sperma mempengaruhi generasi kita nanti, jadi saya stop rokok langsung tanpa cicil-cicil. Saya merokok sejak 2 SMU (1993)

    Mei 2004 :
    Saya merit

    Mei 2005: Putri saya lahir

    Mei 2006: Saya dan keluarga kembali ke Surabaya dan merokok lagi sampai sekarang!

    So,
    Bagi saya … kalo’ mau brenti ngerokok adalah jika 1 tahun ke depannya mau “buat” anak =))

    Salam!

  54. 54
    priyo
    berkomentar pada jam 8:35 pm
    tanggal 7 March 2009

    ojo nroo

  55. 55
    miky
    berkomentar pada jam 9:09 pm
    tanggal 9 March 2009

    okkzzzz bgt………………………………

  56. 56
    tie_tieeN
    berkomentar pada jam 11:10 pm
    tanggal 25 March 2009

    bener bgt tuh,,kbiasaan ngerokok tu harus dberantas,,, apa enakx sich,, ngerusak paru,ngabisin duit, mpercepat innalillahi.. :shock: so buat kamu2 yg ngerokok n pengen berenti, kyax tips-tips d atas OK jga tuh ,…!!!!!!!!!!!!! >:D<

  57. 57
    diajeng
    berkomentar pada jam 5:23 pm
    tanggal 26 March 2009

    gue s7 banget, cwo gue perokok. tapi gue benci perokok. makanya gue pengen bwt dy berhenti ngrokok… hdp no smoking!!!!!!!!
    [-O< ;;)

  58. 58
    puspita herdiani
    berkomentar pada jam 8:53 pm
    tanggal 30 March 2009

    kerend….kerend……

    ngeroko cman klo g adda yg liat..
    tapi klo ad yg liat jadi berhenti dech…

    hahah TANYA KENAPA…TANYA KENAPA?????? ^:)^

    :-?

  59. 59
    AMMAR SILVER
    berkomentar pada jam 10:43 pm
    tanggal 21 April 2009

    AWAS…….ROKOK SANGAT BERBAHAYA BAGI KESEHATAN TUBUH .DAPAT MENYEBABAKAN SERANAGN JANTUNG,SETANAGN JANTUNG IMPOTENSI,GANNGUAN KEHAMILAN DAN JANIN

  60. 60
    bayu
    berkomentar pada jam 2:57 am
    tanggal 24 April 2009

    waduh mas klo gak da orang yang ngerkok
    kasihan donk…
    ma orang2 yang terbiasa mrokok :d

    bukan itu aja mas
    pasti pabrik rokok juga bangkrut karena gak laku
    terus buruh pabrik gimana nasibnya???
    dan juga petani tembakau dan cengkeh juga mas???

    mending ada solusi atau tips lebih jitu lagi…
    bukan hanya personalnya aja…
    karena masalah ini juga jauh lebih komlels mas ~X(

  61. 61
    BukK_kOpOy
    berkomentar pada jam 1:17 pm
    tanggal 29 April 2009

    Buatlah hidup luch lebih berarti, tanpa racun rokok, karena dengan loch tidak merokok, luch pasti jadi orang kaya, suer gue gak bohong, cz, rokok tuch bikin kecanduan dan ketagihan!
    Alhamdulillah, gue lagi coba untuk berhenti!
    ^:)^

  62. 62
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 3:30 pm
    tanggal 29 April 2009

    @BukK_kOpOy
    Saya sekarang malah sudah berhenti :) Ini kan setahun yang lalu ;)

  63. 63
    Fhatma.w
    berkomentar pada jam 2:36 pm
    tanggal 30 April 2009

    Ya..bwt cwo/e, .yg ud sadar klu ngerokok i2 merusk tubh qm,n ganggu lingkungn.
    Ad bae nx qm cri cwe/o, yg anti ma rokok.insyalh.. Klo qm mmg syg ma dy,: n tiba2 disurh milih rokok ato si doi..
    Klu syg pzti qm milh doi dong.0c:-)B-)

  64. 64
    manda dan riza
    berkomentar pada jam 1:49 pm
    tanggal 6 May 2009

    wahh.wahh
    bguz nee tips na !! :d :d

    smga yg pda ngroko bsa pda bsa berenti ngrokok na !!

    hhahahah
    bego z yg mu ngroko pdhal ql udh pna sx ngrokok paru-paru na
    ada bekas flek hitam na !!
    :-?? :-? [-O< X(
    nd smakin bnyak ngroko na bekas flek na makin tambah bnyak lahh !!
    jd , w sran nee jgan pda ngroko dahh !! [-(

    SEHAT NTU MAHAL WOII !! :)

    co : rnx yg gag bsa KENTUT z hruz ngluarin biaya 5 juta !! ~X(
    mending duwd na buwd w z!!

    wkwkwkwkwk =)) =))

    inget.inget.inget ^:)^ [-O< !!! ting :-?

  65. 65
    alfian
    berkomentar pada jam 7:22 pm
    tanggal 6 June 2009

    bagus sihhhhhhhhhh. tapi kayaknya itu mah terlalu gampang untuk di praktekkan, brilah tips yang lebih akurat dan menantang.

  66. 66
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:19 pm
    tanggal 6 June 2009

    @alifian
    Lho, justru … tips yang baik itu adalah tips yang gampang untuk dipraktekkan. Kalau susah bukan tips namaya ;)

  67. 67
    Anton
    berkomentar pada jam 9:48 am
    tanggal 8 June 2009

    Menurut gw sih….hal pertama yg harus kita hadapi dalam usaha berhenti merokok adalah godaan dari lingkungan sekitar kita…

    Saya sudah membuktikan….saya terkenal dengan rokok 2 jenis….Marlboro Light dan Dji Sam Soe kretek. 1.5 bungkus sehari.

    Sekarang saya sudah berhenti merokok selama 1.5 thn sejak 3 Dec 2007.

    Di kantor, kita sering merokok bareng di ruang smoking room, hal pertama yg saya hadapin sewaktu ingin berhenti adalah tetap ikut bareng teman2 di smoking room tetapi saya hanya membawa 1 botol air putih dan meliat mereka merokok.
    Benar sekali !!! BERAT sekali ….kaki terasa bergetar dan tidak ada tenaga….
    Tetapi hari pertama dan kedua lewat….yg lain sudah gampang….tidak ada masalah lagi….bahkan seminggu saja saya sudah enteng tidak terlalu memikirkan rokok lagi….
    Dan sampai sekarang saya masih ikut teman2 saya turun merokok pada jam break, tapi saya hanya minum teh atau air putih dan ikut ngobrol aja….

    Dulu saya juga berpikir, mana mungkin saya bisa berhenti merokok…tetapi dgn adanya niat….bisa mengalahkan segalanya.

    Thank you God for giving me the strength to do it….

    Salam….

  68. 68
    abni
    berkomentar pada jam 7:49 am
    tanggal 18 June 2009

    tips tuk berhenti merokok dari abni :
    1. jauhi orang disekitar anda yang suka merokok
    2. mulai lah mengemut manisan atau sejenisnya yang bisa menghilangkan dampak pengen merokok apabila mulut kita asem pengen merokok
    3. mulai lah cari kesibukan di areal dilarang merokok.
    4. perbanyak diri anda mendekati orang yang suka dengan rokok

  69. 69
    yeni
    berkomentar pada jam 3:09 pm
    tanggal 5 July 2009

    sebenernya tips ini buat cowo gw tp gw sebel bgt pas lagi baca asik2 eh… ada orang disebelah yang ngeroko jadi ga konsen deh…tapi thaks tipsnya tar gw coba bawa golok dsetiap cowo gw ngeroko he…..

  70. 70
    david
    berkomentar pada jam 10:53 pm
    tanggal 5 July 2009

    pgn’x c gtu…………….
    pi w tkut z k-lo smkin byk pengangguran d’ind,,
    tmbh susah z kn….?
    trz g’da yg plg setia selaen rokok bro,, liat z n’tar!!

  71. 71
    oppie
    berkomentar pada jam 6:09 pm
    tanggal 9 July 2009

    moga2 aja tips yg d berikan bs membantu para pecandu rokok yang ingin hilang dr kebiasaan yang gk berguna itu!!

    amieeeen…
    .-= oppie´s last blog ..How can I check a website’s traffic figures for free? =-.

  72. 72
    aha
    berkomentar pada jam 2:45 pm
    tanggal 27 July 2009

    lama tak berkunjung,.. baca2 tulisan lama, keknya tambah mantap aja neh ..heheheh

  73. 73
    santi
    berkomentar pada jam 12:52 pm
    tanggal 3 August 2009

    alhamdulilah q ga pernah merokok klrena merokok itu merusak kesehatan jd q ga pernah nyoba

  74. 74
    jono marjono
    berkomentar pada jam 2:13 pm
    tanggal 6 August 2009

    kalo mau berhenti , jangan cuma dicoba tapi berhenti aja!….. pake niat dan usaha untuk berhenti ( . ) titik ok.

  75. 75
    M Rahmad
    berkomentar pada jam 4:01 am
    tanggal 7 August 2009

    Adalagi cara untuk berhenti merokok: sering masuk kantor dan kendaraan ber-AC (… tak boleh rokok, kan?) dan sering ke dokter untuk minta diberihkan gigi Anda yg hitam-hitam dan kuning itu. (Pasti tak terasa bau rokok lagi).
    .-= M Rahmad´s last blog ..Furniture Company =-.

  76. 76
    ningrum
    berkomentar pada jam 3:23 pm
    tanggal 30 August 2009

    rokok itu bisa membuat kita ketagihan….!!!

  77. 77
    ferry
    berkomentar pada jam 4:44 pm
    tanggal 8 September 2009

    ROKOK itu memang bahaya tetapi memuaskan hati para penikmat…
    ROKOK punya kenikmatan yang begitu dahsyssssssssssattttt.

  78. 78
    joe sandy
    berkomentar pada jam 4:51 pm
    tanggal 10 September 2009

    BIARLAH YANG MEROKOK TETAP MEROKOK KARENA ITU WAJIB DALAM HIDUPKU KARENA TANPA ROKOK AKU GAK BISA HIDUP DAN GAK ADA ROKOK GAK GANTENG.
    DALAM PRINSIP HIDUPKU ROKOK ADALAH TEMAN YANG PALING SETIA DISAAT AKU SEDANG STRESS.

    HIDUP ROKOK

  79. 79
    faizalblueberi
    berkomentar pada jam 9:41 am
    tanggal 12 September 2009

    “berhenti merokok dengan rokok!!!”

    bisakah?

    yap, bisa…suatu terobosan baru inovatif khusus untuk:
    Anda perokok yang kesulitan berhenti merokok,??

    Anda perokok yang ingin tetap merokok namun peduli dengan kesehatan anda,??

    Anda bukan perokok namun ingin membantu perokok agar tetap sehat,??

    saya rasa salah satu alternatif terbaik untuk para smokers

    silakan mampir di http://www.rokokusehat.co.cc

  80. 80
    Haha
    berkomentar pada jam 8:33 pm
    tanggal 9 October 2009

    Wkwkwkwk. .Ap c rasa na rokok?Sampai segitu na. .:-D. .Jd pngen nyoba ne. :-D

  81. 81
    w@ndy
    berkomentar pada jam 9:51 pm
    tanggal 10 October 2009

    menghilangkan kebiasaan merokok itu memang susah y…tapi kan bisa d,kurang-kurangi dari perbungkus jadi batangan…klo brusaha pasti bisa ko’….

  82. 82
    al rizki
    berkomentar pada jam 3:51 pm
    tanggal 12 October 2009

    boy tanks bued ya atas sarannya…..!

  83. 83
    simon
    berkomentar pada jam 3:56 pm
    tanggal 12 October 2009

    saran gw walaupun kita punya uang buat beli rokok bukusan/ batangan….! mendingan pake cara gw…..! yaitu cobalah utk plit sama diri sendiri. maksudnya jgn beli rokok tapi join sama orng yang baru di kenal…… hahaha i love u SMOKER

  84. 84
    sewa sound system murah
    berkomentar pada jam 3:29 pm
    tanggal 13 October 2009

    tips untuk menghentikan rokok:
    1.harus dimulai dari niat,kenapa dengan niat ?kalo niat kita sudah kuat pasti akan berhenti
    2.kurangi merokok.
    contoh:kalo biasanya sehari 1 bungkus menjadi 1/2 bungkus
    3.makanlah permen
    4.tahuh akan bahaya merokok terhadap diri sendiri atau orang lain

  85. 85
    anida
    berkomentar pada jam 5:17 pm
    tanggal 20 October 2009

    Untuk berhenti meroko yang diperlukan hanya niat yang kuat dari hati. Kalau emang udah niat ga merokok, ya harus dijalanin, jangan setengah2.

  86. 86
    dezta
    berkomentar pada jam 12:58 pm
    tanggal 7 November 2009

    Gwa nyesel jadi perokok

  87. 87
    aapulsa
    berkomentar pada jam 4:58 pm
    tanggal 21 November 2009

    Kalo yang ngerokok penyakitnya cuma satu yaitu PARU-PARU kalo yang enggak ngerokok penyakitnya RUPA-RUPA hahaha. Bagus artikelnya pak, izin nempel d blog saya. Saya bisa berhenti merokok selama 3 bulan, itu juga karena suatu keperluan tp ttp ja gak jadi kaya dengan tidak membeli rokok. Kunjungi juga http://www.aapulsa.co.cc

  88. 88
    agem
    berkomentar pada jam 8:40 am
    tanggal 23 November 2009

    weeh,,,
    cowQ PerNah breNti amPir setaoN,,(maNg dah Niat bgt u/breNti)
    tp skrNg mule agi,,,,gra2 kePalany atit….(ngerokok cm Pas Palany gi cakied,sPy smbuh ktny)
    awalny dy pas atit Palany mNum obat ja (tp ga’ seMbuh2 jg),,tRus dy koNsultasi ma tmN2ny,,,dy dSaraNin u/ ngerokok lg.
    yaAah,,akhirny skrNg dy ngeroko’ agi klw pas Palany atit…
    & dy aMpe skrNg maSi b’usaha u/ brenti dr ngerokok.

    Q pengeN tny,,,stlh ampe tahp yg skrNg Ni…qra2 tips laeN u/ ketahap breNti gmN carany ya???

    Tq…

  89. 89
    emma
    berkomentar pada jam 1:44 pm
    tanggal 26 November 2009

    Artikel yang bgusssss
    semoga yg perokok lo baca negh bisa punya niat dc buat cepet2 berhenti cape tau di kelilingi Asap rokok
    terutama buat para cowo yang amat sangat identik dengan rokok.
    Rokok Itu temen yg jahat, masi gag sadar juga?!!!!!!?

  90. 90
    Abdan B'Dilz
    berkomentar pada jam 3:05 pm
    tanggal 10 December 2009

    TIPS YANG TADI BGUS BGT…!!!!

    AWA SUKA YANG KAYA GITU…

  91. 91
    izwar idris
    berkomentar pada jam 3:01 pm
    tanggal 14 December 2009

    saya salut org yg tdk pernah merokok, tapi sangat kagum lagi pada pencandu rokok yg stop rokok. Saya pencandu, 2 bgks 234 perhari, sekarang dah 3 bln berhenti, saya banggga dan salut pada diri sendiri…..he…he…

  92. 92
    fatkhurrohman
    berkomentar pada jam 9:06 pm
    tanggal 24 December 2009

    berenti merokok itu tinggal niatnya. saya setahun ini berhenti merokok. Saya hanya berhenti saja. tidak melakukan apa – apa. semua kekhawatiran para perokok yang ketakutan pada saat berhenti merokok semuanya tidak terjadi sama sekali. teman – teman sepergaulan sangat mengerti kok keinginan kuat kita. sarat yang wajib dilakukan hanyalah tidak merokok detik pertama kita mau berhenti merokok.

  93. 93
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:13 pm
    tanggal 25 December 2009

    @fatkhurrohman
    Ada banyak cara untuk berhenti merokok, salah satu cara yang paling baik adalah seperti apa yang Anda lakukan. Namun tidak semua pula yang mau melakukannya dengan barbagai dan ratusan alasan, jadi ada adapula yang melakukannya perlahan-lahan … toh lebih baik tetap berusaha untuk berhenti daripada tidak sama sekali :)
    .-= Riyogarta´s last blog ..Membuat Processor Lebih Dingin di Ubuntu =-.

  94. 94
    Charlie pueq
    berkomentar pada jam 7:17 pm
    tanggal 21 January 2010

    Jauhi segera yang namanya rokok……
    karena itu bisa membuat Loe cepet ke neRAKA…..

  95. 95
    renny
    berkomentar pada jam 12:44 pm
    tanggal 3 March 2010

    bebaskan bumi dari bahaya rokok
    uang buat beli rokok ditabung aja buat nikah.,.,.,.

    aQ aza ampek tengkar ma cowQ bahkan hampir bubar gara-gara rokok

    satu kata.,.,.,.
    say no to smoking
    bebas hidup tanpa rokok
    merdeka…………………………..

  96. 96
    adoezt wae
    berkomentar pada jam 1:11 am
    tanggal 16 March 2010

    thanks…tips nya sngt bermanfaat…doain kawan smoga berhasil….
    .-= adoezt wae´s last blog ..Kumpulan game nexberry/nexian =-.

  97. 97
    ciefou
    berkomentar pada jam 4:03 pm
    tanggal 17 March 2010

    zo jo awor wong tukang rokok

  98. 98
    ningthea
    berkomentar pada jam 11:31 am
    tanggal 21 March 2010

    Makasih infonya, mudah2an saya bisa mengurangi rokok, tapi bukan dengan cara mengurangi rokok teman ya :)
    .-= ningthea´s last blog ..Proses L/C =-.

  99. 99
    frdda
    berkomentar pada jam 5:22 pm
    tanggal 30 March 2010

    huh…………………..

    nyebarin pnyakit kok bangga !!!!!!!!!!!!!!

  100. 100
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:43 pm
    tanggal 30 March 2010

    @frdda
    Lho siapa yang bangga? Justru tulisan ini memberikan tips agar para perokok bisa mengurangi kebiasaannya dan pada akhirnya bisa stop *komentar gak nyambung nih*

  101. 101
    angga
    berkomentar pada jam 3:36 pm
    tanggal 5 April 2010

    yang jelas doain aja supaya rokok perbatangnya jadi 10.000
    nah maka dari itu so pasti orang ga akan mikir2 jauh untuk meroko lagi melainkan berpindah pada dirokok

  102. 102
    Gogo
    berkomentar pada jam 9:13 am
    tanggal 9 April 2010

    “jarang ada perokok yang berhenti merokok karena takut akan risiko kesehatannya.”

    betul sekali tu…
    tips-tips yg bagus dari sudut pandang perokok :)

    lagi usaha berhenti merokok…

  103. 103
    rapid
    berkomentar pada jam 6:19 pm
    tanggal 10 April 2010

    thank’s ya infonya cukup bagus and terstruktur baik yang wajib dan sunnahnya, semoga terus semangat.

  104. 104
    ervina
    berkomentar pada jam 10:32 am
    tanggal 7 May 2010

    coQ perokok berat.
    ssh bgt klo disuruh berhenti merokok.
    mlhn dy lbh plih g mkan drpd g merokok.
    gmn solusi_a y???

  105. 105
    nobel
    berkomentar pada jam 8:33 pm
    tanggal 30 May 2010

    saya pernah coba2 meroko saat kuliah tp yang saya rasakan adalah kepala pusing dan bau napas yang tidak sedap. saya simpulkan rokok tidak cocok dengan saya atau saya tidak cocok dengan rokok :) akhirnyas saya tidak merokok sampai sekarang.
    semua perokok tahu efek bahaya rokok, dan mereka memiliki kenyakinan bahwa perokok memiliki rejeki lebih dari tidak perokok…..aneh ya!!
    kebanyakan perokok adalah fanatik dan munafik (sebenarnya mereka juga ingin lepas merokok)

  106. 106
    rizky jemby
    berkomentar pada jam 10:25 pm
    tanggal 6 June 2010

    gw baru coba niat untuk stop rokok hari ini,, dgn cr mngurangi… alhasil yg biasanya gw ngrokok sehari 2 bungkus… hari ini alhamdulillah cuma 3 batang…mudah2an bisa berlanjut… minta tips2 krennya lagi ya mas..

  107. 107
    face
    berkomentar pada jam 1:55 pm
    tanggal 7 June 2010

    lingkungan juga harus diperhatikan

  108. 108
    KOMENG
    berkomentar pada jam 9:41 pm
    tanggal 27 June 2010

    terimakasih atas infonya, saya akan coba.

  109. 109
    jual rokok elektrik
    berkomentar pada jam 3:32 pm
    tanggal 5 August 2010

    kami tambahan solusi untuk anda. silahkan masuk
    disini

  110. 110
    terhindar dari rokok » Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok
    berkomentar pada jam 9:25 pm
    tanggal 11 August 2010

    […] Mengurangi Kebiasaan Rokok […]

  111. 111
    Agus Santoso
    berkomentar pada jam 11:22 pm
    tanggal 12 August 2010

    Thanks buat infonya…
    sekedar membantu, kali aja berminat..

    Rokok Elektrik bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan merokok

    Rokok Elektrik

  112. 112
    Agus Santoso
    berkomentar pada jam 11:29 pm
    tanggal 12 August 2010

    Thanks buat infonya…
    sekedar membantu, kali aja berminat..

    Rokok Elektrik bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan merokok

    Rokok Elektrik

  113. 113
    mengurangikebiasaan rokok | Iccan16's Blog
    berkomentar pada jam 12:55 pm
    tanggal 28 August 2010

    […] Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok […]

  114. 114
    aditprasetya
    berkomentar pada jam 11:54 pm
    tanggal 30 September 2010

    thanks atas info x barang kali q stelah mmbaca info ni bisa mngurangi kebiasaan mrokok q walo g sekali gus…..tpi bisa brkurang sekali lgi thanks…..

  115. 115
    sinangkasan
    berkomentar pada jam 9:50 am
    tanggal 5 November 2010

    rokok bagaikan bom waktu,…kaya tabung gas yg 3kg aja….
    iya ga’ gan?…

  116. 116
    ALDI
    berkomentar pada jam 12:16 pm
    tanggal 16 November 2010

    btul kah . . .bohong mue . . .

  117. 117
    Master Zukhruf
    berkomentar pada jam 11:43 am
    tanggal 29 November 2010

    Saya baru saja coba-coba merokok, tapi beberapa hari kemudian, dada saya sakit sesak, saya akan mencoba berhenti merokok selamanya. Semoga berhasil. Amiin.

  118. 118
    ayu kuantani
    berkomentar pada jam 6:20 pm
    tanggal 19 February 2011

    tips nya gak mcem2….
    mudah2an j mujarab wat pcar q….
    minta doanya y….
    krna sjujurnya, i hate too much sma yg nm nya ROKOK…
    hhhe,…

    thx y

  119. 119
    diah rachmadani
    berkomentar pada jam 8:35 pm
    tanggal 9 March 2011

    cara yang lebih efektif lg ada g ya???

  120. 120
    Fita susilaningtyas
    berkomentar pada jam 7:25 pm
    tanggal 28 March 2011

    katanya kalo berhenti ngrokok otaknya berhenti juga.emang bener ya????

  121. 121
    nico
    berkomentar pada jam 5:10 pm
    tanggal 4 May 2011

    gila gan,,,,

  122. 122
    ariefian
    berkomentar pada jam 9:54 pm
    tanggal 7 May 2011

    sehari minimal 11-12 rebu x 30 = sekitar hampir 350 rebu…..
    mending pake buat bayar kosan kali gw ya om

  123. 123
    fransisca
    berkomentar pada jam 2:47 pm
    tanggal 9 May 2011

    waduh ada yg nyambung ke biaya kos gara2 ongkos rokok

  124. 124
    summersheree
    berkomentar pada jam 8:00 am
    tanggal 10 May 2011

    keliatannya sih simple, cuma buat yang dah hoby ngerokok kenapa kaya nya tetep berat n susah aja yaa???
    padahal memang bener sih kalau bisa ga ngerokok lagi kan anggaran yang biasa buat rokok jadi bisa ditabung

  125. 125
    rey
    berkomentar pada jam 9:48 pm
    tanggal 10 May 2011

    berdo’a niat n yakin serta ingat kematian
    krna hidup kita sejatinya adalah menuju kampung akhirat

  126. 126
    herman
    berkomentar pada jam 11:06 am
    tanggal 24 May 2011

    memang benar lingkungan sangat mempengaruhi untuk dapat berhenti merokok……
    tapi jika kita mempunyai komitment yang kuat bahwasanya ROKOK itu tidak baik serta BerDOA kepada TUHAN maka tak ada yg mustahil……
    Selamat Mencaba…..

  127. 127
    fransisca
    berkomentar pada jam 4:20 pm
    tanggal 25 May 2011

    napa sih harus merokok?

  128. 128
    Hari
    berkomentar pada jam 8:24 pm
    tanggal 25 May 2011

    @Fransisca

    Kyanya klo cowo ngroko mungkin rasanya sama klo cewe seneng sama make up… ;))

  129. 129
    Share With Irfan
    berkomentar pada jam 9:43 pm
    tanggal 26 May 2011

    @ Hari
    Iya benar tuh kata mas Hari…sepakat !! Andai isteriku liat artikel ini mungkin bakal di print ukuran poster dan ditempel didinding depan meja kerjaku, untungnya sih dia ngga tau..ha..ha..

  130. 130
    billstiner
    berkomentar pada jam 3:25 pm
    tanggal 2 July 2011

    klu mau berhenti merokok yang penting NIAT bung … klu niat sdh mau hidup sehat …tawaran atau godaan apapun ga mempan …

  131. 131
    voteyes
    berkomentar pada jam 3:36 pm
    tanggal 2 July 2011

    ingat lah dampak dari merokok … sepertinya banyak sekali …ingat jugaidup kita masih panjang ,,,,,sehat itu mahal ..

  132. 132
    joy
    berkomentar pada jam 3:45 pm
    tanggal 2 July 2011

    merokok merusak mata bro …….. mata pencaharian .. lebih baik uang rokok dibeliin roti aja bung

  133. 133
    tjang
    berkomentar pada jam 3:49 pm
    tanggal 2 July 2011

    sepertinya banyak cara untuk menghilangkan atau berhenti merokok , masalahnya mau atau tidak …. walaupun kita tau resiko bagi kesehatan kita , tetapi bila dari dirinya sendiri tidak mau berubah ya percuma …..kita hanya bisa mengingatkan saja ,,,, semoga diikuti ya demi kesehatan kita , keluarga …setuju ga ?

  134. 134
    bambang
    berkomentar pada jam 7:30 pm
    tanggal 3 July 2011

    intinya yang penting niat :)

  135. 135
    richardo
    berkomentar pada jam 8:00 pm
    tanggal 25 August 2011

    ane setuju ama yg nomor 8 gan. …
    asli ane total brenti ngrokok dari yg biasa ny 2 bungkus 1 hari. . .

  136. 136
    yadi
    berkomentar pada jam 2:47 am
    tanggal 27 August 2011

    sekarang sy kalo ada rokok ngerokok, kalo ga ada ya nyari hehehe
    Eh katanya di luar negeri itu rokok tetap diproduksi agar petani ga rugi dijualah dengan cukai yang mahal dinegerinya agar ga ada yg beli dan warga negaranya sehat2, lalu utk mendapatkan keuntungan bagi petani dan negara itu rokok diexpor ke negara lain dengan harga yg relatif murah. singkat kata luar negeri meracuni negara importir racun, jd buat perokok jgn mau beli produk luar setidaknya belilah yg indonesia, atau berhentilah merokok, dan bantulah petani bako kita utk mengexpor hasilnya ke luar negeri.

  137. 137
    fransiskus asisi hardi
    berkomentar pada jam 5:00 pm
    tanggal 27 August 2011

    Science Business and thought News Infotech

  138. 138
    ilham
    berkomentar pada jam 8:02 pm
    tanggal 9 September 2011

    Rokok itu penghasilan negara terbesar……
    klo gx da rokok.. ya berarti gx da sepak bola tayang di TV,,,,, hahahahahaha
    sip dah buat artikelnya,,,,,
    tp klo yg coment gx prnah ngerokok, mending gx usah sok tau dah….. hahahahaha

  139. 139
    JaysieSix
    berkomentar pada jam 3:05 am
    tanggal 16 September 2011

    pengen liat setan? gampang…
    nyalain aja api = lo dah bisa liat setan
    kata alkitab setan itu terbuat dari api !!
    pengen berhenti rokok? gampang jg…
    ga usah berteman ama setan!!!
    artinya ya ga usah menggunakan api untuk segala hal
    jadi tips diatas soal ga usah bawa korek/pemantik ada benarnya.

  140. 140
    wy
    berkomentar pada jam 9:44 am
    tanggal 16 September 2011

    awalnya cuma beli 1 batang 2 batang, kenapa sekarang jadi 1 bungkus ya…

    tpi dengan cara seperti itu ane ngurangin merokok,
    soalnya kan beli 1 bungkus, nah ngerokok bareng temen” rokok 1 bungkus baru ane isep 2 atau 3 batang pas diliat lagi sisanya udah ludes, pada di abisin sama orang yang ga bertanggung jawab,
    nah kan kesananya jadi maleh tuh beli rokok, dicomotin mulu jdi berkurang dah niat buat merokok,

    pengen beli satuan tapi kalo beli satuan rugi uang, rugi kesehatan, merugilah intinya mah

    JAUHI ROKOK DARI SEKARANG..!!!!

  141. 141
    h
    berkomentar pada jam 8:31 pm
    tanggal 16 September 2011

    Tips yg masuk banget buat saya mas.
    Sebelum saya baca, kebetulan memang secara alamiah saya lakukan poin-poin itu. Kecuali yg nomor 9 lho yah.

  142. 142
    jual tenun troso
    berkomentar pada jam 1:15 pm
    tanggal 19 September 2011

    makasih bos atas tipsnya, semoga bermanfaat bagi kita para pecandu rokok, biar bisa menguranginya,

  143. 143
    Hendra Dayax Metalz
    berkomentar pada jam 11:17 pm
    tanggal 2 October 2011

    Cara Yang Paling Yaitu “JANGAN MEMBELI ROKOK “….

  144. 144
    Yola
    berkomentar pada jam 3:24 pm
    tanggal 5 October 2011

    Sedikit2 dulu mulai mengurangi, semua kan butuh proses..hehe

  145. 145
    Vanie
    berkomentar pada jam 3:27 pm
    tanggal 5 October 2011

    Harus ada niat ” bisa ga bisa harus bisa” dong

  146. 146
    abufarannisa
    berkomentar pada jam 12:08 am
    tanggal 12 October 2011

    artikel yang sangat bermanfaat.
    tambahan artikel, semoga bermanfaat.
    http://abufarannisa.wordpress.com/2011/10/11/alasan-tidak-berhenti-merokok/

  147. 147
    Sosoro
    berkomentar pada jam 8:28 pm
    tanggal 5 December 2011

    Merokok itu untuk orang bodoh.

    Dulu saya perokok habis habisan, dua bungkus sehari atau cerutu atau gulung tenbakau shag, atau pipa. Bodoh,bodoh. Batu, flu, sakit perut, mata rusak. Bodoh.
    Habis duit, kesehatan sendiri rusak, istri sakit, anak anak sakit, mulut bau, badan bau, pakaian bau, rumah bau, selimut bau, kaos bau, sepatu bau, kaos kaki bau, malah celana dalam bau, juga anjing saya bau rokok.
    Bodoh. Pikir punya pikir, kok bodoh amat. Tiba tiba berhenti merokok. Semua pakaian cuci, sepatu bau buang, sendal bau cuci, dinding rumah lap sabun, baju jas masuk chemical laundry. Merdeka, bebas rokok sudah 40 tahun, Satupun gak. Kalau teman merokok, suruh diluar rumah atau suruh pulang. Kasar tapi baik.
    Coba deh.

  148. 148
    handy
    berkomentar pada jam 2:15 am
    tanggal 15 December 2011

    ad nda ya roko segode sokbeker motor…….jdi kan susah dibawanya hehehehe…

  149. 149
    handy
    berkomentar pada jam 2:19 am
    tanggal 15 December 2011

    ayo kita brntas para peroko so is the bes

  150. 150
    mediashare
    berkomentar pada jam 8:49 pm
    tanggal 15 December 2011

    boleh dicoba nihh..
    smoga berhasiiil

  151. 151
    tony
    berkomentar pada jam 1:05 pm
    tanggal 23 December 2011

    judulnya harus di ganti nie gimana kalo judulnya jadi tips mengurangi kebiasaan beli rokok…
    heheheee…
    canda dink…

  152. 152
    sandy
    berkomentar pada jam 12:45 am
    tanggal 7 January 2012

    Ɣªª tips ini cukup berguna,terima kasih,susah nahan rasa ingin mulai merokok,cuman lgi berjuang biar G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ kena pengaruh lingkungan :D

  153. 153
    Rokok Antara kebutuhan Ataukah Gaya Hidup | LOMBOGIA
    berkomentar pada jam 6:12 pm
    tanggal 3 February 2012

    […] Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok […]

  154. 154
    rere
    berkomentar pada jam 3:42 pm
    tanggal 17 February 2012

    Calon suamiku nih addict bangett ngerokok nya… :-(
    tips diatas bakal aku coba deh,mudah2an berhasil
    kaya nya mesti akting juga kalo dia lg ngerokok pura2 batuk n, linangin air mata dikit biar dia ga tega, n mau coba berenti…
    we want healthy life

  155. 155
    myta lhuka
    berkomentar pada jam 7:00 pm
    tanggal 29 February 2012

    wahh kenapa tips nya malah bikin saya ketawa gini :D

  156. 156
    ayy
    berkomentar pada jam 4:33 am
    tanggal 1 March 2012

    parraaaaaahh…
    ssusah bgt mmau b’rrenti ng’rokko :(
    kllo bacca tips’ny keliat’an simple&gampang, tp gga kkuat !!!

    #godaan SETTAN >:O
    >:[

  157. 157
    fiqhii zhagoto
    berkomentar pada jam 9:05 am
    tanggal 19 March 2012

    ajib gan thanks ya tips nya aku mw nyontoh yang nomor 9 ne gan

    tw ga gan aku pernah d putusin cewe gara2 rokok “katanya mulut aku bau rokok N bau jengkol ” lohhh!!! kok lari jalur

    yang penting “STOP BUDAYA ROKOK”

    “KLO BUKAN KITA SIAPA LAGI”|
    :D

  158. 158
    dianmaretha
    berkomentar pada jam 11:09 pm
    tanggal 3 June 2012

    saya ingin berhenti merokok,
    semua tips nya sudah saya lakukan tapi hasil nya NOOL besar huhuhuhuhuhu

  159. 159
    Arief Taufik Khurohman
    berkomentar pada jam 6:22 pm
    tanggal 21 June 2012

    Saya pernah berhenti meokok , Gan. kira-kira cuma 3bln saja.
    namun suatu ketika saya menghadapi pekerjaan yg begitu berat.
    alhasil saya kembali lg merokok.
    Dan saya setuju dengan tips nomor 8. an sudh saya jalani.
    setelah menikah dgn istri saya yg anti asap rokok, saya mulai berfikir (+).
    :-)

  160. 160
    joy
    berkomentar pada jam 4:26 pm
    tanggal 6 October 2012

    Stop Smoking , Get healthy life, thanks for this article.

  161. 161
    =
    berkomentar pada jam 3:06 am
    tanggal 17 November 2012

    Enter comment here.

  162. 162
    Herbal Penurun Kolesterol
    berkomentar pada jam 10:24 am
    tanggal 12 April 2013

    Ada-ada saja mas yang satu ini, tapi bisa dicoba juga kaya’e tipsnya, semoga saya berhasil

  163. 163
    obat mujarab
    berkomentar pada jam 7:37 am
    tanggal 21 May 2013

    gue masih proko aknih gan =)) =)) =)) =)) :hahaha:

  164. 164
    ayu
    berkomentar pada jam 4:20 pm
    tanggal 4 June 2013

    jurus quit smoking = stop smoking now

    sulit dan enggan kehilangan sesuatu

  165. 165
    bang sun
    berkomentar pada jam 7:56 pm
    tanggal 10 December 2013

    gue nyoba dari tips no 1 dulu..siapa tau lolos 😁

  166. 166
    widhi berau
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 10 December 2013

    kalau saja ada alat ‘wajib pakai’ utk perokok, khusus melokalisir asap rokok untuk perokok itu sendiri mungkin gak ada lagi org yg merokok, maksudnya kepalanya masuk alat kayak helem tertutup dan asapnya gak keluar, jadi dinikmati sendiri sepuasnya, kan efeknya sesak nafas, mata perih, dan asapnya tidak mengganggu org lain yg tdk merokok.

  167. 167
    jared
    berkomentar pada jam 1:14 pm
    tanggal 21 November 2014

    .

    áëàãîäàðþ!!

  168. 168
    gordon
    berkomentar pada jam 5:59 am
    tanggal 22 November 2014

    .

    thanks for information.

  169. 169
    oliver
    berkomentar pada jam 11:10 am
    tanggal 22 November 2014

    .

    ñïñ çà èíôó!!


Isi Komentar


  • *