Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok

Dikirim: February 29th, 2008 | Oleh: | Kategori: Tips | 169 Komentar »

Kata banyak orang yang saya temui, untuk stop merokok itu tidak bisa dengan mengurangi, tetapi harus langsung stop tidak merokok sama sekali. Apa iya? Saya mungkin salah satu orang yang ingin membuktikan bahwa stop merokok bisa melalui tahap mengurangi hingga sama sekali tidak merokok. Tips dibawah ini sudah saya lakukan dan sudah terbukti secara signifikan mengurangi kebiasaan merokok. Dulu saya bisa menghabiskan 2 sampai dengan 3 bungkus rokok dalam sehari, saat ini saya mengabiskan 1 bungkus rokok untuk waktu 1 minggu bahkan lebih. Terkadang rasa rokok juga sudah menjadi asem karena terlalu lama terbuka :))

Berikut tips mengurangi rokok.

  1. Jangan membawa korek api atau pemantik
    Untuk merokok dibutuhkan korek api atau pemantik —kalau Anda terbiasa menyalakan rokok dengan menggesek batu atau kayu ya silakan saja :)) Dengan membiasakan diri untuk selalu tidak membawa korek api atau pemantik, maka kita akan susah dan berusaha meminjam ke orang lain setiap kali mau merokok. Hal ini sudah saya lakukan cukup lama bahkan sudah menjadi salah satu ciri khas saya dimata teman-teman ;)
    Sisi positif yang akan kita dapatkan dari kebiasaan ini:
    • Tidak akan bisa merokok sesuka hati, tetapi tergantung apakah ada orang disekitar kita yang bisa kita pinjami korek api atau pemantik
    • Bisa mendapat teman baru, siapa tahu orang yang meminjami kita ternyata menawarkan proyek :d
    • Tetapi, bisa juga menjadi omongan yang tidak enak kedengarannya, "Ini orang gak punya duit apa ya? korek ajah pinjem." :)) Tidak apa-apa, dengan begini kita akan berpikir ulang saat mau meminjam korek api atau pemantik ke orang lain ;)
  2. Hilangkan semua korek api atau pemantik di tempat tinggal kita
    Di rumah saya agak susah mencari korek api atau pemantik, saya menyalakan rokok menggunakan kompor gas :))
  3. Hilangkan semua korek api atau pemantik yang kita pinjam
    Dengan cara ini saya jamin tidak akan ada seorang pun yang mengenal Anda akan meminjamkan korek api atau pemantiknya
    :)) Dan Anda juga akan kapok jika melakukan hal ini kepada orang yang belum Anda kenal, apalagi jika pemantik yang Anda pinjam adalah pemantik dengan merek Zippo =))
  4. Habiskan dan jangan dibuang!
    Maksudnya, jika Anda telah membeli sebungkus rokok dan belum habis karena menjalankan tips nomor 1, 2 dan 3. Lalu rokok sudah berasa asem karena masuk angin, Anda harus bertanggung jawab untuk tetap menghabiskannya! Ini akan membuat Anda berhitung dan berpikir untuk melakukan tip nomor 5.
  5. Membeli rokok batangan
    Saran saya, belilah mulai dari setengah bungkus lalu menurun sampai pada beli satu atau dua batang. Ini harus Anda lakukan dengan komitmen yang kuat. Jadi Anda harus tetap melakukan hal ini walaupun Anda sedang memegang uang dengan pecahan yang cukup besar untuk membeli satu atau dua batang rokok.
    Sisi positif yang akan Anda dapatkan:
    • Anda akan malu jika membeli satu atau dua batang rokok dengan pecahan uang ditangan Anda yang cukup besar. Pada akhirnya Anda mungkin akan mengurungkan diri untuk membeli rokok. Dengan kata lain, Anda hanya akan membeli rokok jika punya uang recehan.
    • Anda juga mungkin punya rasa gengsi untuk mampir ke warung hanya untuk membeli satu atau dua batang rokok. Tidak apa-apa, gengsi seperti ini justru berdampak positif bagi keinginan Anda untuk mengurangi rokok.
    • Nah, kalau Anda sudah berkomitmen seperti ini maka Anda juga tidak bisa membeli rokok di supermarket kan? Mana ada supermarket atau minimarket yang menjual rokok batangan ;)

    Jika tip nomor 5 ini masih dirasa berat, silakan berhadapan dengan risiko yang ada pada tip nomor 4.

  6. Berdoa terus agar rokok semakin mahal
    Saya merasakan harga rokok semakin mahal, dulu saat saya SMA sebungkus rokok harganya kurang dari Rp. 1.000 (bahkan seingat saya beberapa merek harganya Rp. 450 sebungkus), saat kuliah berkisar dari Rp. 1.000 – Rp. 3.000, sekarang berkisar antara Rp. 7.000 – Rp. 11.000. Dulu saya pernah berdoa agar harga rokok naik, entah kapan, dan saya yakin itu bukan doa saya seorang karena buktinya harga rokok terus naik ;) Semakin tinggi harga rokok semakin membuat para perokok berpikir untuk membelinya. Yok, kita berdoa sama-sama :)
    **sayangnya, hal ini juga bisa memancing kriminalitas :(
  7. Membeli rokok dengan PPRUDDT
    Saya sempat melakukan hal ini yaitu membeli rokok dengan Potongan Pajak Rokok Untuk Dimasukan Dalam Tabungan. Disarankan dimasukan ke tabungan orang lain misalnya tabungan istri atau pacar atau siapa saja yang penting bukan tabungan Anda sendiri ;) –Tabungan saya juga boleh banget :d.
    Jadi, kita harus disiplin untuk selalu memasukan sejumlah uang kedalam tabungan sebesar X persen dari harga rokok yang kita beli. Misalnya saya menetapkan X=60% dan harga rokok yang saya beli adalah Rp. 8.000. Maka saya harus membeli rokok dengan harga  Rp. 12.800 dengan rincian Rp. 8.000 untuk membeli rokok dan Rp. 4.800 untuk ditabung. Tip nomor 7 ini untuk mengatisipasi jika doa pada tip nomor 6 tidak dikabul-kabulkan :p
    Pelajaran yang didapat dari tip ini:
    Ternyata harga untuk kebiasaan kita merokok itu jauh lebih mahal dari kebutuhan pokok yang seharusnya kita penuhi. Bahkan bisa jadi lebih mahal dari kebutuhan tersier kita :(
  8. Cari istri atau suami atau pacar yang anti dengan asap rokok :d
    Nah, ini penting banget dan bisa menjadi motivasi kuat untuk mengurangi bahkan berhenti sama sekali ;)
  9. Jangan membawa rokok dan korek api atau pemantik
    Jadi kalau Anda mau merokok, maka Anda harus minta rokok :)) Setelah minta rokok maka Anda akan berhadapan dengan tip nomor 2. Triknya jangan lakukan secara berurut, tapi pakai strategi seperti ini:
    "Mas, permisi. Punya korek api gak?" Lalu setelah orang itu memberikan koreknya, yang Anda harus lakukan adalah berpura-pura merogoh kantong lalu berkata, "Walah, maaf Mas. Punya rokoknya gak?" =))

Sengaja saya tidak memasukan unsur-unsur ancaman kesehatan disini, saya pikir semua perokok sudah tahu apa risikonya. Pengalaman dari yang saya lihat disekitar saya, jarang ada perokok yang berhenti merokok karena takut akan risiko kesehatannya. Mereka biasanya cuek bahkan berani bilang "Kalau sudah takdirnya mati ya mati." Bahkan tidak sedikit dari  mereka yang sudah pernah merasakan sakit parah akibat merokok kembali merokok ketika merasa dirinya sudah sehat :(

Mungkin beberapa tips diatas sedikit bercanda, hanya percaya atau tidak, saya sudah melakukan hal ini bahkan sekali-sekali melakukan tip nomor 9 :))  Alhamdulillah saat ini saya hanya merokok rata-rata 1-2 batang sehari bahkan terkadang tidak sama sekali. Saya cukup bersyukur bisa mengubah gaya hidup dari perokok berat hingga seperti saat ini. Suatu hari kelak, dalam waktu dekat, saya yakin bisa berhenti sama sekali :)


169 komentar untuk “Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok”

  1. 1
    tony
    berkomentar pada jam 1:05 pm
    tanggal 23 December 2011

    judulnya harus di ganti nie gimana kalo judulnya jadi tips mengurangi kebiasaan beli rokok…
    heheheee…
    canda dink…

  2. 2
    sandy
    berkomentar pada jam 12:45 am
    tanggal 7 January 2012

    Ɣªª tips ini cukup berguna,terima kasih,susah nahan rasa ingin mulai merokok,cuman lgi berjuang biar G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ kena pengaruh lingkungan :D

  3. 3
    Rokok Antara kebutuhan Ataukah Gaya Hidup | LOMBOGIA
    berkomentar pada jam 6:12 pm
    tanggal 3 February 2012

    […] Tips Mengurangi Kebiasaan Rokok […]

  4. 4
    rere
    berkomentar pada jam 3:42 pm
    tanggal 17 February 2012

    Calon suamiku nih addict bangett ngerokok nya… :-(
    tips diatas bakal aku coba deh,mudah2an berhasil
    kaya nya mesti akting juga kalo dia lg ngerokok pura2 batuk n, linangin air mata dikit biar dia ga tega, n mau coba berenti…
    we want healthy life

  5. 5
    myta lhuka
    berkomentar pada jam 7:00 pm
    tanggal 29 February 2012

    wahh kenapa tips nya malah bikin saya ketawa gini :D

  6. 6
    ayy
    berkomentar pada jam 4:33 am
    tanggal 1 March 2012

    parraaaaaahh…
    ssusah bgt mmau b’rrenti ng’rokko :(
    kllo bacca tips’ny keliat’an simple&gampang, tp gga kkuat !!!

    #godaan SETTAN >:O
    >:[

  7. 7
    fiqhii zhagoto
    berkomentar pada jam 9:05 am
    tanggal 19 March 2012

    ajib gan thanks ya tips nya aku mw nyontoh yang nomor 9 ne gan

    tw ga gan aku pernah d putusin cewe gara2 rokok “katanya mulut aku bau rokok N bau jengkol ” lohhh!!! kok lari jalur

    yang penting “STOP BUDAYA ROKOK”

    “KLO BUKAN KITA SIAPA LAGI”|
    :D

  8. 8
    dianmaretha
    berkomentar pada jam 11:09 pm
    tanggal 3 June 2012

    saya ingin berhenti merokok,
    semua tips nya sudah saya lakukan tapi hasil nya NOOL besar huhuhuhuhuhu

  9. 9
    Arief Taufik Khurohman
    berkomentar pada jam 6:22 pm
    tanggal 21 June 2012

    Saya pernah berhenti meokok , Gan. kira-kira cuma 3bln saja.
    namun suatu ketika saya menghadapi pekerjaan yg begitu berat.
    alhasil saya kembali lg merokok.
    Dan saya setuju dengan tips nomor 8. an sudh saya jalani.
    setelah menikah dgn istri saya yg anti asap rokok, saya mulai berfikir (+).
    :-)

  10. 10
    joy
    berkomentar pada jam 4:26 pm
    tanggal 6 October 2012

    Stop Smoking , Get healthy life, thanks for this article.

  11. 11
    =
    berkomentar pada jam 3:06 am
    tanggal 17 November 2012

    Enter comment here.

  12. 12
    Herbal Penurun Kolesterol
    berkomentar pada jam 10:24 am
    tanggal 12 April 2013

    Ada-ada saja mas yang satu ini, tapi bisa dicoba juga kaya’e tipsnya, semoga saya berhasil

  13. 13
    obat mujarab
    berkomentar pada jam 7:37 am
    tanggal 21 May 2013

    gue masih proko aknih gan =)) =)) =)) =)) :hahaha:

  14. 14
    ayu
    berkomentar pada jam 4:20 pm
    tanggal 4 June 2013

    jurus quit smoking = stop smoking now

    sulit dan enggan kehilangan sesuatu

  15. 15
    bang sun
    berkomentar pada jam 7:56 pm
    tanggal 10 December 2013

    gue nyoba dari tips no 1 dulu..siapa tau lolos 😁

  16. 16
    widhi berau
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 10 December 2013

    kalau saja ada alat ‘wajib pakai’ utk perokok, khusus melokalisir asap rokok untuk perokok itu sendiri mungkin gak ada lagi org yg merokok, maksudnya kepalanya masuk alat kayak helem tertutup dan asapnya gak keluar, jadi dinikmati sendiri sepuasnya, kan efeknya sesak nafas, mata perih, dan asapnya tidak mengganggu org lain yg tdk merokok.

  17. 17
    jared
    berkomentar pada jam 1:14 pm
    tanggal 21 November 2014

    .

    áëàãîäàðþ!!

  18. 18
    gordon
    berkomentar pada jam 5:59 am
    tanggal 22 November 2014

    .

    thanks for information.

  19. 19
    oliver
    berkomentar pada jam 11:10 am
    tanggal 22 November 2014

    .

    ñïñ çà èíôó!!


Isi Komentar