Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Dinar Irak, Analisis Dari Orang Bodoh

Dikirim: January 20th, 2008 | Oleh: | Kategori: Diary, Opini | 130 Komentar »

111507-0119-dinarirak14 Mungkin bahasan seperti ini terlihat basi, tetapi hingga saat ini masalah dinar irak tetap menjadi topik hangat. Saya mendengar masalah ini kemarin saat  berbincang-bincang  dengan teman di kantor, katanya ini merupakan cara paling tepat untuk menjadi kaya hehehe. Apa iya? Konon, dinar irak saat ini dijual dalam bentuk paket berisi 41.800 dinar Irak dengan harga yang sangat bervariasi, dari mulai Rp. 900.000 hingga Rp. 2.500.000. Silakan saja Anda ketik di google dengan kata kunci "dinar irak", maka akan muncul ratusan situs penjual dinar irak :)) Salah satunya muncul yang ini :d Terus saya comot deh salah satu gambar dinar Irak-nya yang paling mahal … Kai … minta ijin ya ;)

Tetapi apa iya menanam investasi pada mata uang negara yang sedang kisruh seperti itu benar-benar akan menguntungkan?

Ini analisis saya sebagai orang bodoh terhadap masalah seperti ini, menurut saya tidak logis! Kenapa?

  1. Seandainya saya punya mata uang dinar Irak dan saya yakin mata uang tersebut akan mengalami kenaikan siginifikan, bahkan nilainya kembali menjadi 1 dinar Irak = 3 dollar Amerika, kenapa saya jual? Lebih baik saya simpan saja toh? Artinya, tidak masuk akal jika ada orang yang memiliki dinar Irak dalam jumlah banyak mau menjualnya kepada orang lain dengan iming-iming kenaikan nilai mata uang yang bisa membuat seseorang kaya mendadak. Ini sama dengan penjual rumus nomor buntut, kalau dia punya rumus tersebut dan yakin akan kebenaran rumus itu … pertanyaannya …. kenapa dia jual rumus tersebut ke orang lain? Bukankan lebih baik dia simpan untuk memperkaya diri?
  2. Seandainya benar terjadi dimana dinar Irak kembali memiliki nilai mata uang 3x dollar Amerika seperti dulu sebelum terjadinya perang. Siapa yang mau membeli? Masak iya ada orang yang mau membeli barang yang dulu dia jual dengan nilai rendah dan dia beli kembali dengan nilai yang sangat tinggi :-?
  3. Fakta yang terjadi saat ini adalah, dinar Irak tidak akan didapatkan di bank manapun (kecuali bank di Irak kali ya?) apalagi di money changer. Jadi –pertanyaan paling besar adalah– darimana  sebenarnya mereka yang menjual dinar Irak bisa mendapatkan mata uang tersebut? Kalau mendapatkannya saja misterius, lalu kemana nanti saat mau menjualnya kembali?

Ini hanya berandai-andai, jika saya sekarang ini memiliki dinar Irak dalam jumlah besar maka ada beberapa hal yang akan saya beritahukan kepada Anda:

  1. Kemungkinan besar uang tersebut adalah uang yang saya miliki sebagai hasil bisnis di Irak. Sebut saja saya punya perusahaan di Irak :p
  2. Dengan memanfaakan isu dimana dinar Irak akan kembali menguat terhadap dollar Amerika, maka saya akan memanfaatkannya untuk mengambil untung yang lebih besar dibandingkan perolehan keuntungan bisnis saya di Irak, yakni dengan menjual mata uang tersebut dengan nilai yang lebih besar dari kurs yang seharusnya.

    Bayangkan saja, saat ini (kalau tidak salah) 1 dinar Irak = 8 Rupiah. Maka satu set dinar Irak sebanyak  41.800 seharusnya bernilai  334.400 Rupiah. Jika saya jual 41.800 dinar Irak dengan harga –sebut saja– 1.000.000 rupiah, maka keuntungan dari penjualan yang saya raup adalah 1.000.000 – 334.400 = 665.600 Rupiah. Mmmm :-? Apalagi kalau saya jual dengan nilai 2.500.000 Rupiah ya .. wow @-)

    Nah, ini sudah jelas keuntungan di depan mata :p
    Jangan-jangan, isu itu juga dibuat oleh saya sendiri sebagai salah satu pengusaha di Irak
    :))

  3. Dan alangkah bodohya jika saya menjadi penjual dinar Irak memberikan sebuah janji kepada Anda untuk kembali membeli dinar Irak yang telah saya jual kepada Anda. Apalagi dengan nilai yang sudah berkali-kali lipat :p
  4. Dari ketiga point diatas, bukan tidak mungkin bahwa saya adalah korban dari isu investasi dinar irak yang telah menyadari kebodohannya. Sadar bahwa hal tesebut tidaklah logis, maka untuk meminimalisasi kerugian yang saya alami, satu-satunya cara adalah dengan menjual kembali uang dinar yang telah saya beli/miliki dengan harga minimal sama atau lebih dibandingkan dengan harga saat saya beli. Itulah mungkin salah satu sebab kenapa harga dinar Irak saat ini bervariasi :p
  5. Atau … jangan-jangan …. saya adalah pemalsu uang Irak :))

Jadi, apakah benar dinar Irak akan membawa untung? Benar bagi para penjualnya :)) Sementara bagi Anda yang telah membeli dinar Irak dan berharap akan mendapat untung, nasehat saya hanya satu: "Anggap saja uang yang telah Anda keluarkan untuk membeli dinar Irak tersebut sebagai uang hilang, dan berdoalah agar apa yang Anda harapkan dari dinar Irak akan menjadi kenyataan di suatu hari nanti –meskipun entah kapan" :)

Atau

"Hayoo, jual kembali saja ke orang lain yang punya keinginan menjadi orang kaya mendadak. Syukur-syukur bisa untung beberapa puluh, ratus atau ribu bahkan juta rupiah hehehe." :d

Kalau Anda bertanya kepada saya, "Apakah saya akan membeli dinar Irak?" Jawabnya, "Tidak."

Siapa sih yang tidak kepingin menjadi orang kaya? Tetapi saya berprinsip bahwa saya lebih menyukai sesuatu yang berjalan wajar melalui proses, artinya menjadi kaya karena memang sudah seharusnya menjadi orang kaya. Menjadi orang kaya bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara instant, meskipun kadang saya berharap juga :d


130 komentar untuk “Dinar Irak, Analisis Dari Orang Bodoh”

  1. 1
    wandy
    berkomentar pada jam 4:40 pm
    tanggal 17 February 2012

    Sorry kata2 nya agak kasar, justru menurut saya yang menulis blog ini yang bodoh, kenpa saya bilang bgt ini fakta terjadi di kuwait dan afgahnistan, mata uang mereka 6 thn yang lalu ( Kuwait ) itu rndah seperti dinar irak sekarang, tetapi setelah perang mata mereka kembali normal hanya dalam kurun waktu yang cukupa cepat yaitu 3 thn, mata uang mereka kembali seperti biasa yaitu 1 dinar kuwait = Rp 32.000, sama dengan dinar afgahnistan 1 dinar afg = Rp 300. banyak orang yang menjadi kaya mendadak berkat mata uang tersebut.saya yakin dinar irak akan seperti kuwait. karena irak merupaka negara no 2 di dunia yang memiliki cadangan defisit minyak terbesar di dunia 10 triliun setelah arab saudi.

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:03 pm
    tanggal 18 February 2012

    @wandy
    maaf, sepertinya justru Anda yang bodoh karena tidak bisa mengerti judul tulisan diatas, “Dinar Irak, Analisis dari Orang Bodoh”. Ya memang saya menulis hal tersebut sebagai orang bodoh dalam hal investasi uang kecuali hanya sekedar membagi akal waras untuk tidak terlalu termakan dengan keinginan menjadi orang kaya tanpa melalui proses (baca: mendadak).

    Kuwait sangat berbeda dengan Irak, perang kuwait tidak berkepanjangan dan tidak ada penggantian pemerintahan bahkan penggulingan kekuasaan seperti di Irak. Itu pertama.

    Kedua, kita lihat saja. Tulisan ini dibuat tahun 2008, artinya sudah 4 tahun yang lalu. Memang mereka yang membeli dinar saat itu sudah merasakan hasilnya? Yang ada malah menjadi uang mengendap dan yang untung adalah yang menjual dinar Irak dengan memanfaatkan isu seperti dalam otak Anda itu, bahwa dinar irak akan menjadi Rp. 32.000 rupiah lagi :))

    Banyak orang di tahun 2008 sampai menginvestasikan uang puluhan juta hanya untuk membeli dinar irak. lalu apa hasilnya? bandingkan jika uang puluhan juta tersebut di investasikan di lain hal, misalnya buka warung dsb, selain insya Allah hingga hari ini sudah menguntungkan, juga akan membukan lapangan kerja baru.

    Yah, satu-satunya jalan bagi mereka yang kadung membeli dinar Irak di itu adalah menjualnya kembali dan mengambil keuntungan dari selisih penjualan. Tentu dengan isu dinar Irak akan naik lagi :)

  3. 3
    tuxer
    berkomentar pada jam 3:56 pm
    tanggal 18 February 2012

    Jual beli valas memang keuntungannya sgt besar layaknya saham, tapi resikonya lebih besar lagi. waktu saya pernah coba invest saya anggap uang tsb akan hilang krn resikonys memang kehilangan seluruh investasi tsb. Btw sejak 2008 apakah benar jadi melonjak tinggi? Kalo malah merugi ya mending dijual dr skr drpd terus hidup dlm mimpi :-D

  4. 4
    Blogger Bodoh
    berkomentar pada jam 8:04 pm
    tanggal 18 February 2012

    Unik juga nich, analisanya kenaa banget ma situasinya jika di fikirkan secara logika. Kenapa di jual klo bakal dapat untuk besar !

  5. 5
    mentoel
    berkomentar pada jam 2:09 am
    tanggal 27 February 2012

    Perthankan ajha…
    Yg penting jangan terlalu bermimpi dg dinar yg kita miliki ini..
    Klo untung, ya الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِي,
    Tapi klo rugi, ikhlasin ajha..

  6. 6
    wandy
    berkomentar pada jam 10:29 am
    tanggal 8 March 2012

    SOrry guys, but this real investasi guys, kalau memang tidak naik kenpa orang bisa membeli dinar irak hingga rausan juta rupiah? hanya untuk di jual kembali? saya percaya dinar irak akan naik meskipun tidak seperti dulu lagi, mana ada negara yang mau menukarkan hasil minyak nya dengan makanan, dan obat”an?dan mana ada negara yang mau nilai mata uang nya rendah, apalgi di itu penghasil minyak no 2 di dunia selain Arab.justru itu irak akan bisa naik mata uang nya jiak PBB bersedia mencabut sanksinya dan ahli tetap dalam WTO karena dinar irak akan menjadi mata uang international selain Us, satu2 nya carr untuk membangkitan ekonomi Amerika juga dengan naik nya mata uang dinar irak, karen negara amerika sendiri sudah menginvestasikan ratusan hingga milliyaran US demi irak, dinar irak adalah investasi yang menguntungkan, 14 maret ini irak akan berunding dengan kuwait untuk melepaskan negara irak dari sanski yang di jatuhkan oleh PBB dan desember 2010 PBB sudah mencabut 30% sanksi untuk irak, dinar irak pasti akan naik meskipun memakan waktu yang lama, karen negara2 G7 juga sudah menantikan nya mata uang dinar irak naik, karena negara G7 juga sudah menghapuskan semua hutang2 irak kepada mereka.

  7. 7
    mario ukae ukae bentoe
    berkomentar pada jam 12:05 am
    tanggal 24 March 2012

    insya allah kemungkinan tahun 2013 yg menyimpan dinar bakal jadi milyunerrr…amiiinnn

  8. 8
    Bang Udin
    berkomentar pada jam 1:13 pm
    tanggal 26 March 2012

    saya punya pecahan dinar iraq 25000. sebanyak 36 lembar(900.000 dinar iaraq) di kasih ama mertua yg kerja di arabsaudi, mau di jual, ada yg minat

  9. 9
    badarudin
    berkomentar pada jam 4:56 pm
    tanggal 29 April 2012

    sm jg toko mas, knapa udh tahu emas invstasi yg mnjanjikan tidak akan pernah turun masih saja dijual sm org hehe.. namanya orng invstasi pasti ada resiko klo ga untung pasti rugi. makanya org kaya lebih sedikit dibanding org miskin pasti lebih banyak, krn orng yg kaya pasti selalu berani ambil risiko..smentara org miskin selalu takut, takut bangkrut,takut kalah,takut semua dech..(pakai otak kanan aja..)

  10. 10
    romeo
    berkomentar pada jam 9:56 am
    tanggal 29 May 2012

    Bang Udin,
    yang mau jual dinar 25rb an harga berapa bro ?

  11. 11
    rio
    berkomentar pada jam 12:11 pm
    tanggal 2 June 2012

    salut buat sahabatku riyogarta, 4 tahun butuh sangat panjang untuk menjual kembali investasi yang sudah ketahuan tidak pasti, setelah 4 tahun apa nggak kepikir tuh bagi yang mengomentari sekarang, setahu saya dinar itu berupa emas baru investasi yang bagus, bukan uang kertas..jangan hanya membela diri bos…satu yang perlu anda ingat, kalau saja uang kertas anda sudah tidak diberlakukan alias dicabut dari peredaran dan diganti dengan uang yang baru kayak tahun 2006, nggak kepikir tuh…….anda mau jadikan uang kertas anda sebagai uang kuno???? ketahuan anda orang yang sudah tertipu karena membeli begitu banyak uang dinar kertas, seharusnya yang dibeli itu uang dinar yang berupa emas..salut buat

  12. 12
    kucing garong
    berkomentar pada jam 11:50 pm
    tanggal 17 June 2012

    ” ALLAH BERFIRMAN…..KUN FAYAKUN ”
    MAKA TERJADILAH DINAR IRAQ NAIK 3USD………NAH LU…………?
    DIMANA ADA KEMAUAN …………DISITU ADA JALAN

    ALLAH TIDAK AKAN MERUBAH NASIB SEORANG HAMBA KALAU HAMBA ITU YAANG TIDAK MAU MERUBAH NYA.

    REZEKI ITU ALLAH SWT YANG ATUR……..HAMBANYA CUMA BISA BERUSAHA….ALLAH YANG MENENTUKAN,BUKAN MANUSIA YANG MENENTUKAN.

    BAGI YANG MAU INVEST…..YA MONGGO

    BAGI YANG GAK MAU INVEST YA SILAHKAN

    GITU AJA KOK REPOT REPOT MAS MAS…………………

    ORANG SIRIK ARTINYA GAK MAMPU……..SUSAH AMAT SIH.

    ANEH ANEH AJA KOMEN ORANG JAMAN SEKARANG.

  13. 13
    kucing garong
    berkomentar pada jam 12:09 am
    tanggal 18 June 2012

    UNTUK MAS RIO…………..
    salut buat sahabatku riyogarta,(SY JGA SALUT) 4 tahun butuh sangat panjang untuk menjual kembali investasi yang sudah ketahuan tidak pasti,(EMANG LU TAU YA) setelah 4 tahun apa nggak kepikir tuh bagi yang mengomentari sekarang,(YA MIKIR, BIASA AJA KALI )setahu saya dinar itu berupa emas baru investasi yang bagus,(ITU JG EMANG BENER) bukan uang kertas..(WELEH KOK JADI KAYA PAK HAKIM)jangan hanya membela diri bos…(EMANG LU PIKIRIN,SIRIK AJA LU)satu yang perlu anda ingat,(APA AYO ?) kalau saja uang kertas anda sudah tidak diberlakukan alias dicabut dari peredaran dan diganti dengan uang yang baru kayak tahun 2006, nggak kepikir tuh…….(MASA BODOH MAS KAN BISA DIBAKAR KASIHKAN SAMA EMAK LU BARANGKALI KOK RIBET AMAT BUANG KELAUT AJA)anda mau jadikan uang kertas anda sebagai uang kuno????(SUKA SUKA SAYA LAH,SY YANG PUNYA KOK KAMU YG REPOT) ketahuan anda orang yang sudah tertipu karena membeli begitu banyak uang dinar kertas,(GAK JUGA TUH SY PUNYA CUMA 1000 DINAR) seharusnya yang dibeli itu uang dinar yang berupa emas..(INI JG BENAR MAS EMANG LU PINTER TER TER)salut buat(SAYA MAKSUD LO….?)

  14. 14
    Daus
    berkomentar pada jam 8:20 pm
    tanggal 26 July 2012

    @kucing garong Wehheheheheee… mantaf benerrr mas… Emang Orang jaman sekarang, gitu ajah repot, pake banyak komentar. Mau2 orang lah guys dia mau ngapain kek…yang penting KAGAK NGERUGIIN ELU-ELU PADA!!!!

  15. 15
    dragneel
    berkomentar pada jam 3:00 pm
    tanggal 9 May 2013

    hanya orang2 yg bodoh yg bilang dinar irak itu bodoh.,.,.,bukti nyata sekarang indonesia mulae transaksi membeli minyak di irak.,.,jadi barang siapa yg menjelek2kan dinar irak siap2 rumahnya gua beli

  16. 16
    dragneel
    berkomentar pada jam 3:03 pm
    tanggal 9 May 2013

    maklum orang bodoh baru megang blog dan internet makanya kayak gito.,.,.,

  17. 17
    dinarohdinar..
    berkomentar pada jam 9:14 pm
    tanggal 10 June 2013

    gw ud 5 thn dari 2008 nungguin revaluasi , tpi yg gw aneh knp dri gw prtma inves itu dinar gak bergerak naik maupun turun tetap di 1 usd – 1,165 iqd cek aja di xe.com klo gak percaya.. yang gw yakini itu pasti ada intervensi dri pemerintah irak , karena gak mungkin suatu mata uang negara rate nya tetap selama 5 thn mungkin ada suatu perjanjian yg kita gak tau dri mata uang terbaru tsb yg di keluarkan pd thn 2003/2004. gw baca komentar di atas jd lucu sendiri apa ini beneran scam doang atau tidak.. yg pasti karena gw ank fakultas ekonomi , yg gw pelajari yg nama’a kita megang mata uang itu ga bakalan rugi , karena suatu mata uang pasti ada nilai’a kecil maupun besar.. buat pemegang dinar lain’a go revaluasi.. amin,

  18. 18
    asril
    berkomentar pada jam 11:20 am
    tanggal 4 July 2013

    Buat bang udin yang mau jual dinar iraknya,mau dijual brp?no hp ku 081352571507

  19. 19
    DELAHOYA
    berkomentar pada jam 11:09 am
    tanggal 11 October 2013

    emang dasar bodoh ya bodoh lu…

  20. 20
    asal koment
    berkomentar pada jam 1:25 pm
    tanggal 8 March 2014

    @kucing garong : setahu saya dinar itu berupa emas baru investasi yang bagus,(dinar emas bukan dinar kertas) pinter lo bro……
    @ dragneel : Lo kan belinya minyaknya pakai dollar bukan pakai uang kertas dinar. wkwkwkwkwkw

  21. 21
    Mahameru Rosy R
    berkomentar pada jam 8:56 am
    tanggal 8 April 2014

    memang begitu tidak masuk akal ketika mereka jual dengan tidak sesuai dengan penukaran nilai kurs. pesan yang saya sampaikan adalah :
    1. Jangan begitu berharap akan naik seperti yang dibayangkan.
    2. otomatis anda akan berharap invasi amerika ke iraq segera berakhir dan nilai dinnar iraq jadi naik, padahal iraq adalah negara yang tak berpenghasilan secara ekonomi saat ini (minyak dah habis) gak percaya liat aja sendiri,…sampai anda matipun belum tentu nilai dinnar iraq akan naik seperti yang diiklankan.
    3. boleh beli tapi buat koleksi aja….
    4. mending lo pade beli dollar Australia apa singapure aja jelas setiap saat bisa naik….
    5. saat ini money changer mana yang mau nerima dinnar iraq kamu????

  22. 22
    anonim
    berkomentar pada jam 1:45 pm
    tanggal 17 August 2014

    atas gue ni goblok zimbabwe aja negaranya masih bergerak ekonominya
    apalagi iraq. klw tidak ad penghasilannya kok masih berdiri tuh negara. hadow….

  23. 23
    trevor
    berkomentar pada jam 4:55 pm
    tanggal 18 November 2014

    .

    hello!

  24. 24
    Vincent
    berkomentar pada jam 1:16 am
    tanggal 25 November 2014

    .

    ñïàñèáî!!

  25. 25
    anto anak makassar
    berkomentar pada jam 10:31 pm
    tanggal 16 January 2015

    Fuih,.ga terasa udah tahun 2015,.debat kalian sudah 7thn sejak thn 2008,.btw pasti nyesal selama 7thn ini ga invest dari dulu,.so dinar nyokap gue dah laku 1 dinar = 5jt,.hebatkan,.so yg pesimis dapat juga hasil buahnya,.yg optimis juga pasti lebih dapat donk,.bedanya aja Pesimis buahnya BUSUK,.hahahahaha

  26. 26
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:46 pm
    tanggal 17 January 2015

    Wakakakakak … nih ya, setelah 7 tahun, silakan lihat link ini http://s.id/3hh

    1 IQD (dinar Irak) = 11.09 Rupiah!!!

  27. 27
    tyan
    berkomentar pada jam 11:07 pm
    tanggal 18 March 2015

    hoalah ada yg ngaku bodoh…ada yg sok pintet ada yg idealis teoritis….dan ada juga yg berjiwa bisnis
    klo menurut inyong… semua macam investasi mengandung resiko…dan semua investasi pasti ada bredernya….
    klo ga mo invest ea udah ga usah banyak bacot “!!
    ada untung. pasti ada rugi

  28. 28
    j4rvis
    berkomentar pada jam 12:14 pm
    tanggal 24 March 2015

    Ini soal pola pikir, invest pasti ada kemungkinan rugi dan untung, klo ngga ada usha sma sekali udh pasti rugi, klo kita ambil peluang sekecil apa pun, kemungkinan untung atau berhasil tetap ada.. Salam..

  29. 29
    Rico
    berkomentar pada jam 11:12 am
    tanggal 3 July 2015

    Saya punya dinar irak sebanyak 3,725,000 kondisi bagus campur mulus. Mau saya jual di kurs Rp11 (nego)
    bagi yang berminat, silahkan hubungi saya di:
    hp: 0812 – 9585 – 8746 (telpon/sms)
    whatsapp: 0896 – 9537 – 4673

  30. 30
    Martinus
    berkomentar pada jam 12:51 am
    tanggal 18 November 2015

    Berapa banyak Dinar Irak sekarang dijual belikan,dari mana didapat? Apa itu asli, jika asli, makin banyak pasti rendah harganya, keluaran semasa Sadam Husein.Semua harus dianalisa.Contoh kalau Rupiah keluaran semasa Sukarno mungkinkah kita bisa tukar dalar Amerika seharga masa itu.Semua orang Indonesia tahu tidak mungkin.Begitu juga, kita tidak mungkin, menjual Rupiah seharga zaman Sukarno


Isi Komentar