Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Dinar Irak, Analisis Dari Orang Bodoh

Dikirim: January 20th, 2008 | Oleh: | Kategori: Diary, Opini | 154 Komentar »

111507-0119-dinarirak14 Mungkin bahasan seperti ini terlihat basi, tetapi hingga saat ini masalah dinar irak tetap menjadi topik hangat. Saya mendengar masalah ini kemarin saat  berbincang-bincang  dengan teman di kantor, katanya ini merupakan cara paling tepat untuk menjadi kaya hehehe. Apa iya? Konon, dinar irak saat ini dijual dalam bentuk paket berisi 41.800 dinar Irak dengan harga yang sangat bervariasi, dari mulai Rp. 900.000 hingga Rp. 2.500.000. Silakan saja Anda ketik di google dengan kata kunci "dinar irak", maka akan muncul ratusan situs penjual dinar irak :)) Salah satunya muncul yang ini :d Terus saya comot deh salah satu gambar dinar Irak-nya yang paling mahal … Kai … minta ijin ya ;)

Tetapi apa iya menanam investasi pada mata uang negara yang sedang kisruh seperti itu benar-benar akan menguntungkan?

Ini analisis saya sebagai orang bodoh terhadap masalah seperti ini, menurut saya tidak logis! Kenapa?

  1. Seandainya saya punya mata uang dinar Irak dan saya yakin mata uang tersebut akan mengalami kenaikan siginifikan, bahkan nilainya kembali menjadi 1 dinar Irak = 3 dollar Amerika, kenapa saya jual? Lebih baik saya simpan saja toh? Artinya, tidak masuk akal jika ada orang yang memiliki dinar Irak dalam jumlah banyak mau menjualnya kepada orang lain dengan iming-iming kenaikan nilai mata uang yang bisa membuat seseorang kaya mendadak. Ini sama dengan penjual rumus nomor buntut, kalau dia punya rumus tersebut dan yakin akan kebenaran rumus itu … pertanyaannya …. kenapa dia jual rumus tersebut ke orang lain? Bukankan lebih baik dia simpan untuk memperkaya diri?
  2. Seandainya benar terjadi dimana dinar Irak kembali memiliki nilai mata uang 3x dollar Amerika seperti dulu sebelum terjadinya perang. Siapa yang mau membeli? Masak iya ada orang yang mau membeli barang yang dulu dia jual dengan nilai rendah dan dia beli kembali dengan nilai yang sangat tinggi :-?
  3. Fakta yang terjadi saat ini adalah, dinar Irak tidak akan didapatkan di bank manapun (kecuali bank di Irak kali ya?) apalagi di money changer. Jadi –pertanyaan paling besar adalah– darimana  sebenarnya mereka yang menjual dinar Irak bisa mendapatkan mata uang tersebut? Kalau mendapatkannya saja misterius, lalu kemana nanti saat mau menjualnya kembali?

Ini hanya berandai-andai, jika saya sekarang ini memiliki dinar Irak dalam jumlah besar maka ada beberapa hal yang akan saya beritahukan kepada Anda:

  1. Kemungkinan besar uang tersebut adalah uang yang saya miliki sebagai hasil bisnis di Irak. Sebut saja saya punya perusahaan di Irak :p
  2. Dengan memanfaakan isu dimana dinar Irak akan kembali menguat terhadap dollar Amerika, maka saya akan memanfaatkannya untuk mengambil untung yang lebih besar dibandingkan perolehan keuntungan bisnis saya di Irak, yakni dengan menjual mata uang tersebut dengan nilai yang lebih besar dari kurs yang seharusnya.

    Bayangkan saja, saat ini (kalau tidak salah) 1 dinar Irak = 8 Rupiah. Maka satu set dinar Irak sebanyak  41.800 seharusnya bernilai  334.400 Rupiah. Jika saya jual 41.800 dinar Irak dengan harga –sebut saja– 1.000.000 rupiah, maka keuntungan dari penjualan yang saya raup adalah 1.000.000 – 334.400 = 665.600 Rupiah. Mmmm :-? Apalagi kalau saya jual dengan nilai 2.500.000 Rupiah ya .. wow @-)

    Nah, ini sudah jelas keuntungan di depan mata :p
    Jangan-jangan, isu itu juga dibuat oleh saya sendiri sebagai salah satu pengusaha di Irak
    :))

  3. Dan alangkah bodohya jika saya menjadi penjual dinar Irak memberikan sebuah janji kepada Anda untuk kembali membeli dinar Irak yang telah saya jual kepada Anda. Apalagi dengan nilai yang sudah berkali-kali lipat :p
  4. Dari ketiga point diatas, bukan tidak mungkin bahwa saya adalah korban dari isu investasi dinar irak yang telah menyadari kebodohannya. Sadar bahwa hal tesebut tidaklah logis, maka untuk meminimalisasi kerugian yang saya alami, satu-satunya cara adalah dengan menjual kembali uang dinar yang telah saya beli/miliki dengan harga minimal sama atau lebih dibandingkan dengan harga saat saya beli. Itulah mungkin salah satu sebab kenapa harga dinar Irak saat ini bervariasi :p
  5. Atau … jangan-jangan …. saya adalah pemalsu uang Irak :))

Jadi, apakah benar dinar Irak akan membawa untung? Benar bagi para penjualnya :)) Sementara bagi Anda yang telah membeli dinar Irak dan berharap akan mendapat untung, nasehat saya hanya satu: "Anggap saja uang yang telah Anda keluarkan untuk membeli dinar Irak tersebut sebagai uang hilang, dan berdoalah agar apa yang Anda harapkan dari dinar Irak akan menjadi kenyataan di suatu hari nanti –meskipun entah kapan" :)

Atau

"Hayoo, jual kembali saja ke orang lain yang punya keinginan menjadi orang kaya mendadak. Syukur-syukur bisa untung beberapa puluh, ratus atau ribu bahkan juta rupiah hehehe." :d

Kalau Anda bertanya kepada saya, "Apakah saya akan membeli dinar Irak?" Jawabnya, "Tidak."

Siapa sih yang tidak kepingin menjadi orang kaya? Tetapi saya berprinsip bahwa saya lebih menyukai sesuatu yang berjalan wajar melalui proses, artinya menjadi kaya karena memang sudah seharusnya menjadi orang kaya. Menjadi orang kaya bukan sesuatu yang bisa dilakukan secara instant, meskipun kadang saya berharap juga :d


154 komentar untuk “Dinar Irak, Analisis Dari Orang Bodoh”

  1. 1
    masbro
    berkomentar pada jam 9:07 pm
    tanggal 25 October 2016

    Buat yg minat dinar iraq saya punya 4lembar 25000 dinar (100.000)
    Saya jual rp.12/ dinar minat invite bbm👉 5F89C18F

  2. 2
    masbro
    berkomentar pada jam 9:09 pm
    tanggal 25 October 2016

    Buat yg minat dinar iraq saya punya 4lembar 25000 dinar (100.000).
    Saya jual rp.12/ dinar minat invite bbm👉 5F89C18F

  3. 3
    Alat pemotong singkong
    berkomentar pada jam 12:20 am
    tanggal 26 October 2016

    ternyata seperti itu ya
    alat pemotong singkong

  4. 4
    Alat Pemotong Kentang
    berkomentar pada jam 7:28 pm
    tanggal 13 November 2016

    mending diam aja
    Alat pemotong kentang


Isi Komentar