Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Gara-Gara UFO, Masuk Detik!

Dikirim: December 3rd, 2007 | Oleh: | Kategori: Diary | 23 Komentar »

Baru beberapa menit yang lalu teman saya Eko yang sekarang sudah bekerja di Kalimantan tiba-tiba menelpon. Tumben kok telepon malam-malam dan ternyata dia hanya ingin memberi kabar, “Mas, nama mas Riyo ada di detik.com lho.” Kontan saja saya agak heran, apa gerangan yang telah saya lakukan hingga masuk dalam portal berita paling beken itu. Ternyata semua ini bermula dari posting berjudul Benda Tak Dikenal Di Langit, pengalaman saya dan istri yang terjadi di bulan Maret 2006 yang lalu ketika melakukan perjalanan ke McDonald sektor 9 Bintaro Jaya.

UFO-DETIK

Ah … lagi-lagi orang sembarangan menulis nama saya x-(. Harusnya Riyogarta Luwiyana Pratikto, bukan Pratukto :-w. Berikut petikan lengkap berita tersebut yang saya ambil dari detik.com.

Jakarta – Fenomena UFO memang masih terus menjadi Kontroversi. Ada yang meyakini ada juga yang tidak percaya sama sekali terhadap makhluk aneh dari luar angkasa. Persoalannya UFO atau Alien itu sulit dibuktikan keberadaannya. Beberapa ahli psikoterapi yang menangani kasus “alien abduction” (penculikan alien) berkesimpulan bahwa alien yang menculik manusia merupakan suatu pekerjaan dari makhluk halus.

Namun menurut ahli metafisis dan peneliti UFO, kepercayaan bahwa UFO berasal dari dimensi lain sama halnya dengan keberadaan jin dan makhluk halus yang ada di dimensi yang berbeda. “Saya yakin UFO itu ada. Mereka sama seperti jin, setan, dan iblis. Mereka semua ciptaan tuhan,” kata Prof. Limbat alias Mbah Lim kepada detikcom.

Hanya saja, kata Mbah Lim, untuk melihat penampakannya tidak bisa secara kasat mata. Mereka bisa dilihat di luar alam batas sadar. Misalnya dengan melakukan meditasi serta dalam tidur. Ia juga mengaku pernah melihat alien ketika melakukan meditasi. Menurutnya, sosok alien sangat aneh. Matanya sangat lebar, kupingnya panjang, kurus, dan kulitnya tebal seperti kulit badak.

Heboh soal UFO di Indonesia memang tidak seramai di Amerika atau di negara-negara lain. Tapi siapa sangka, dari riset yang dilakukan Frank Small & Associates (FSA), pada 1997 silam menyimpulkan, lebih dari 67% orang Jakarta percaya terhadap UFO. Lembaga riset asal Australia ini pun hanya mencatat tidak lebih dari 20% orang Jakarta yang tidak percaya. Selebihnya abstain.

Sedangkan polling yang dilakukan oleh ROAR, sebuah konsorsium perusahaan iklan Carlton Screen, suratkabar The Guardian/The Observer, radio siaran Kiss FM, stasiun televisi Channel 4, majalah konsumen EMAP dan biro iklan BMP PMD, menunjukkan bahwa orang Indonesia yang berusia 15-24 tahun, 61% nya percaya kepada makhluk angkasa luar atau UFO. Polling yang dilakukan tahun 2000 itu, menjaring 1.000 koresponden dari berbagai daerah di Indonesia.

Hasil riset itu tentu sangat mengejutkan. Sebab di Indonesia masyarakatnya secara umum berpikiran secara agamis. Dan dalam pandangan agama sama sekali tidak pernah disinggung soal alien atau UFO.

Herannya lagi, sejumlah peristiwa penampakan UFO dan benda aneh lainnya juga kerap muncul di Indonesia, sekalipun yang melihatnya tidak sedang meditasi ataupun bermimpi. Komunitas Beta-UFO mencatat, dalam setahun, tidak kurang dari 23 peristiwa penampakan UFO terjadi di Indoneia. “Mereka yang melaporkan semuanya dalam keadaan sadar. Tidak tidur atau bermimpi,” jelas Nur Agustinus, direktur Komunitas Beta-UFO.

Misalnya yang dialami Yudi, salah seorang anggota komunitas Eden. Pada 22 Januari 2006, Yudi, istri, kedua anaknya serta dua mertuanya mengaku telah menyaksikan pemandangan di langit yang tak pernah ada sebelumnya. Saat itu lima buah UFO hadir di atas langit rumah mereka di kawasan Pondok Gede.

Mereka melihat bagaimana lima buah UFO berada di atas awan, dan bergerak berputar dengan jalurnya masing-masing. Peristiwa itu berlangsung selama lebih kurang 15 menit. Cahaya terang yang memancar dari benda berukuran besar itu keluar dari pusat maupun bagian bawahnya. Sayangnya peristiwa itu tak terabadikan. karena Kamera handphone yang digunakan anak Yudi tak dapat mengambil gambar itu.

Pengalaman serupa juga dialami Riyogarta Luwiyana Pratukto. Warga asal Tangerang ini, pada 26 Maret 2006, mengaku melihat benda aneh di langit saat ia dan istri sedang pergi menuju ke MC Donald, di kawasan Sektor 9, Bintaro. Benda tersebut memiliki ekor yang pendek berwarna agak menghijau. Kerlap-kerlipnya persis seperti peri Tinkerbell dalam cerita Peterpan di langit timur.

Benda ini muncul tiba-tiba dan melaju sangat cepat lalu hilang begitu saja padahal langit saat itu hanya terisi oleh awan tipis. Sesampainya di McDonald, ia pun memberi kabar kepada kawannya. Ternyata kawannya itu juga mengatakan kalau adiknya melihat fenomena yang sama, hanya warnanya bukan hijau tapi biru.

Di Nias juga dilaporkan, pada 29 April 2006, UFO terlihat hadir di sana. Kesaksian ini diberikan Mikael Marbun melalui surat elektronik yang dikirim ke Beta-UFO. Saat itu, Marbun bersama tiga temannya mengaku melihat cahaya yang melintas dengan latarbelakang pesawat yang berbentuk hampir segitiga sebesar lapangan sepak bola. Benda itu sempat berhenti selama 30 detik lalu pergi lagi dengan kecepatan tinggi. Kejadian itu berlangsung jam 12.00 siang. Cuaca di lokasi saat itu, menurut Marbun,agak mendung namun tidak hujan. Cahaya yang muncul dari benda yang menyerupai pesawat itu berwarna kebiru-biruan dan tidak menimbulkan suara.

Fenomena aneh juga pernah dilihat oleh sebagian besar penduduk Yogyakarta dan Bantul, 26 Juli 2006. Sekitar pukul 19.30 WIB, sebagian penduduk dikejutkan kilatan cahaya terang yang bergerak cepat. Tak lama kemudian terdengar dua kali suara dentuman. Kilatan cahaya terang muncul dari arah timur menuju ke barat dan meninggalkan jejak asap panjang kebiruan yang lambat laun menghilang setelah dua menit.

Sejumlah astronom amatir kota Yogyakarta yang tergabung dalam Jogja Astro Club (JAC), juga sempat mengamati fenomena tersebut di pantai Parangkusumo. Kilatan cahaya itu dilaporkan melintasi titik zenith Parangkusumo. Kilatan itu sangat terang sehingga kawasan pantai yang semula gelap gulita mendadak jadi terang benderang. Kilatan cahaya yang sama juga dilaporkan teramati di tempat yang berjarak 40 km dari lokasi observasi JAC.

Benda asing mirip UFO juga dikabarkan sering muncul di daerah Mapia, Papua, tepatnya di sekitar Gunung Dogiyai. Menurut Hubertus Tebay, Ketua Forum Komunikasi Koperasi se-Distrik Mapia, ia beberapa kali melihat benda angkasa bercahaya. Pertama kali Tebay melihat sebuah benda bercahaya berbentuk helikopter di kampung Toubay. Heli itu terbang ke arah Gunung Dogiyai dan kemudian menhilang. Dari Toubay juga, Hubertus pernah melihat sebuah pesawat ukuran besar terbang ke arah Gunung Dogiyai. Gemuruh pesawat sangat jelas dan bentuk pesawat juga nampak sangat jelas.

Dari Bomomani, ibu kota distrik Mapia, Hubertus juga pernah melihat sebuah benda angkasa terbang sangat dekat di atas rumahnya menuju ke arah gunung Dogiyai. Benda angkasa kali ini bukan berbentuk heli atau pesawat, tetapi hampir mirip dengan berudu. Kepalanya satu bundaran, kemudian ekornya dua. Antara kepala dan ekor, dihubungkan oleh dua buah besi yang bercahaya. Warna cahaya seperti benda yang sedang kena strom listrik.

Hubertus mengatakan, dirinya tidak tahu menahu sedikitpun tentang UFO. Ia hanya menyangka bahwa benda-benda angkasa itu adalah tete nene moyang (ruh nenek moyang) yang menampakkan diri padanya. Hubertus menilai, benda-benda angkasa yang pernah ia temui itu, semuanya datang dan pergi dari Gunung Dogiyai yang terletak di sebelah selatan Mapia, tepatnya dekat kampung Diheugi. Kemungkinan besar, kata Hubertus, Gunung Dogiyai adalah semacam bandar udara UFO di bumi.

Berbagai kisah yang disampaikan masyarakat tersebut memang tidak lantas membuktikan kalau UFO atau benda aneh dari luar angkasa itu ada dan nyata. Sekalipun bagi para peneliti dan pemerhati UFO, kesaksian-kesaksian yang disampaikan masyarakat merupakan bukti kehadiran UFO di bumi. Jadi silakan saja percaya atau tidak terhadap fenomena UFO.

Apa iya ya UFO berminat menyerbut Indonesia? :-? Apa yang dicari oleh mereka itu? :-? Asal jangan seperti film Independence Day sajalah. Semoga [-o<

Update 8 Desember 2007

Terjawab sudah darimana detik.com mendapatkan berita Benda Tak Dikenal Di Langit yang saya posting bulan Maret tahun 2006 itu. Detik.com ternyata mendapatkan dari situs Beta UFO.


23 komentar untuk “Gara-Gara UFO, Masuk Detik!”

  1. 1
    ayahshiva
    berkomentar pada jam 10:57 pm
    tanggal 3 December 2007

    wah keren bisa jadi bahan berita di detik.
    udah siap dengan predikat seleb blogger gak neh

  2. 2
    pudakonline
    berkomentar pada jam 11:01 pm
    tanggal 3 December 2007

    Penasaran.. apa bener mas?
    sampean mengalaminya sendiri? lha mbok di bagi ceritanya gimana waktu itu
    jadi malah seru andai ada skrinsutnya ya :o

  3. 3
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 11:29 pm
    tanggal 3 December 2007

    Iya…, kejadiannya cepet banget, kebetulan sambil naik motor kita bisa jelas memperhatikan langit malam Bintaro.

    Wah, cerita tahun lalu masuk detik.com juga :D

  4. 4
    KaiToU
    berkomentar pada jam 12:38 am
    tanggal 4 December 2007

    wah, telat absen :P

  5. 5
    KaiToU
    berkomentar pada jam 12:47 am
    tanggal 4 December 2007

    mau neliti UFO sajalah, lumayan bwt skripsi =P~
    tapi ntar dimarahin om Riyo, harusna kan belajar PHP, bukan UFO :D

  6. 6
    Erri
    berkomentar pada jam 5:30 am
    tanggal 4 December 2007

    Garta & Yuli..
    sempet ngucapit “wishing” ngga? siapa tau bintang jatuh & ‘dreams come true’ hahaha..
    Gw juga liat tuh UFO,.. di youtube.. :D

    :d:d:d

  7. 7
    waterbomm
    berkomentar pada jam 9:16 am
    tanggal 4 December 2007

    weleh-weleh semilikiti :-D

    ebat.. jadi bahan di detik.com tapi apa bener ya? apa cuma mirip doank? *iklan mode ON* ;))

  8. 8
    Luthfi
    berkomentar pada jam 10:26 am
    tanggal 4 December 2007

    pasti ada wartawan detik yg langganan rss blog ini :d

  9. 9
    Donny Reza
    berkomentar pada jam 8:42 pm
    tanggal 4 December 2007

    Mestinya kan bayar tuh detik ya? ;))

  10. 10
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:48 pm
    tanggal 4 December 2007

    @ayahshiva
    Waduh … masih jauh mas … gini ajah masak terus jadi celeb :))

    @pudakonline
    Lho betul, ceritanya ada di salah satu posting saya yang link-nya ada di atas ;)

    @waterbomm
    Wah bener atau tidak saya gak tahu pasti. Tapi yang jelas benda di langit yang kami lihat saat itu bener2 aneh.

    @Luthfi
    Kayaknya begitu :d

    @Donny Reza
    Ngarep :d

    @KaiToU
    Hehehe

    @Erri
    Udah udah :d … hanya belum terjadi tuh :-??

    @Yuliazmi
    Iya nih .. heran kok bisa masuk ya? :-?

  11. 11
    suprie
    berkomentar pada jam 5:50 pm
    tanggal 5 December 2007

    wah UFO jangan2 gak sadar di abducted sama alien lagi… ihhh ngeri…:o

  12. 12
    aLe
    berkomentar pada jam 5:12 pm
    tanggal 7 December 2007

    wah, lama gak mampir ternyata oM Yoga uda jadi seleb detik neh :D

  13. 13
    ridu
    berkomentar pada jam 6:10 pm
    tanggal 11 December 2007

    Wew.. dikirain UFO salah satu jenis MLM gitu,, eh ternyata UFO beneran yah,, hehehe.. Selamat yah jadi seleb detik! hehehe…

  14. 14
    -tikabanget-
    berkomentar pada jam 6:32 am
    tanggal 19 December 2007

    eh… ada potonya ndak?? :|
    **penasaran**

  15. 15
    elaan
    berkomentar pada jam 1:06 pm
    tanggal 21 May 2008

    wah jd pnasaran neh…..

  16. 16
    jemblung
    berkomentar pada jam 7:15 pm
    tanggal 28 July 2008

    oalah mas …. tibae’e UFO=layangan, lak isin sihhh, nih baca UFO-mu di detik …. khan ini mau 17-agustusan …. masak gak tanggap

    http://surabaya.detik.com/readvideo/TURnd056STJNVFU0SXpJd01EZ3ZNRGN2/misteri-ufo-di-juanda-terungkap

    Sabtu, 26/07/2008 19:09 WIB
    Misteri ‘UFO’ di Juanda Terungkap
    Durasi: 47 detik.

    Misteri penampakan benda aneh bercahaya di atas kawasan Sedati Juanda, Sidoarjo akhirnya terkuak. Benda yang sebelumnya diduga UFO itu ternyata sebuah layang-layang milk warga.

  17. 17
    Fani G
    berkomentar pada jam 3:15 pm
    tanggal 16 September 2008

    Dear All,

    Saya Fani G. dari Jakarta, Saya sangat tertarik dengan dunia UFO, ada yang tahu nggak komunitas UFO di Jakarta.

    Saya orang yang percaya keberadaan makhluk lain selain manusia di jagat semesta,

    PENGALAMAN PRIBADI

    Waktu itu sore sekitar pukul 3 sore, cuaca juga agak panas, (saya SMP Kelas 3) ada sebuah benda diam di angkasa jarak dari penglihatan sekitar 1 kilometer, dgn ketinggian 100 meter. Benda itu berwujud piring terbang (Standar seperti yang sering terlihat penampakan di berbagai negara), warnanya hitam.

    Semula saya pikir layang-layang, tapi ini tidak bergerak. Diam saja…
    Saya sempat tanya ke kakak untuk memastikan, tapi saat itu kakak diam saja, asyik mengangkat jemuran. Oh ya saat itu juga tidak musim layang-layang

    Saya terus melihat dan melihat, dan tidak lepas dari pandangan, karena bentuknya yang mirip piring terbang. Sampai 15 menit kemudian…..
    Benda itu terbang dengan cepat sekali ke atas.

    Tidak lebih dari 3 Detik Benda itu lenyap.

    Saya kaget, tapi seperti tidak terjadi apa-apa. (kalau cerita takut dibilang bohong)
    Saya simpan aja dalam hati. Ini sekarang aku Share.

    LOGIKA
    Kenapa UFO dan makhluk alien yang digambarkan diberbagai negara hampir sama?
    (Satu itu aja dulu yang saya sampaikan)

  18. 18
    bebend
    berkomentar pada jam 7:15 am
    tanggal 5 April 2009

    :wishtling: UFO itu nama partaikah?

  19. 19
    Adhit
    berkomentar pada jam 4:43 pm
    tanggal 17 October 2009

    Gua tkut terjadi bencana cuy?
    Karena UF0 yg lwat..
    Coba UF0 nya bsa ngasih gua duit.

  20. 20
    j@sm!!n3 Qu33nsh@ m@!!@
    berkomentar pada jam 7:49 am
    tanggal 18 October 2009

    Iiiiccchh
    .
    .
    UfO…p3ssaw4t @lli33n kannn…..
    .
    .
    @taUUU….
    .
    .
    p!r1ng t3rb@ngnY@ TuHaN??????????
    ???????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. 21
    grey @ tinkerbell bedding
    berkomentar pada jam 1:05 pm
    tanggal 4 April 2010

    Thank you for the great post, i look forward to reading more from you in the near future.

    just i quick question is there some type of newsletter or somthing that will keep me updated on your latest posts which will save me time.
    feel free to to post my answer in your comments as i will be back in a few day.

    thanks agin mate :)

  22. 22
    Misa Amane
    berkomentar pada jam 11:35 am
    tanggal 28 June 2010

    misa bingung??

    ufo itu sbnrnya ada apa tdk?

  23. 23
    Tracy
    berkomentar pada jam 2:25 am
    tanggal 21 November 2014

    .

    thanks for information.


Isi Komentar