Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Belajar Nyetir Mobil

Dikirim: August 26th, 2007 | Oleh: | Kategori: Diary | 78 Komentar »

Salah satu kekukarangan yang bisa dibilang ‘aib’ dari saya saat ini adalah tidak memiliki kemampuan untuk membawa kendaraan roda empat :( Dari dulu hingga sekarang rasanya sudah sekian banyak orang yang menganjurkan saya untuk belajar hal tersebut, hanya saya selalu menolak dengan alasan belum membutuhkannya. Namun, sejak musibah yang membuat kedua tangan saya patah di bulan April lalu, saya akhir memutuskan untuk mulai belajar nyetir :)

Dimulai hari Sabtu kemarin tanggal 25 Agustus 2007, saya mulai belajar menyetir dengan Hery, sahabat sejak kuliah yang saat ini bersama-sama bekerja di Creates. Dimulai dengan belajar di lapangan kosong sekitar Bintaro Sektor, muter-muter di lapangan tersebut untuk mengsikronisasikan kedua kaki dalam menginjak kopling dan gas, belajar parkir dengan simulasi seadanya (menggunakan batas kayu dan bambu) dan akhirnya mencoba membawa pulang mobil ke rumah melalui jalan raya yang lumayan padat :d

“Weh, baru belajar hari itu dan langsung trial di jalan raya?”
“Yoi.” :d

Tetapi jangan salah, dalam perjalanan pulang ternyata banyak rintangan yang harus saya lalui. Dari mulai membuat kemacetan akibat mesin mati di tikungan jalan sempit :)), diomelin orang karena disangka baru belajar nyetir mobil –lho emang baru belajar oiiiiii ;), selamat melewati perempatan, nyaris bergesekkan body dengan angkot saat melewati daerah yang sedikit macet, sampai akhirnya menyerah saat masuk ke parkiran McDonald karena (lagi-lagi) mesin mati pada posisi menanjak. Menyerah karena jarak mobil yang ada dibelakang sudah sangat dekat (kebayangkan bunyi klakson mobil dibelakang seperti apa hahahaha).

Belajar Nyetir Mobil

Ya begitulah wong ndeso, di rumah ada mobil tetapi tidak bisa menyetir :))

Oke lah, mulai sekarang saya akan giat belajar menyetir dengan target bulan September sudah lancar sehingga sudah tidak membutuhkan supir lagi. Buat temanku Hery, thanks ya atas pelajaran menyetir (kilatnya) kemarin :)


78 komentar untuk “Belajar Nyetir Mobil”

  1. 1
    JiE
    berkomentar pada jam 8:18 pm
    tanggal 26 August 2007

    Gambarnya lucu… aku serasa numpang di belakang trus disetirin mas Riyo hehe…
    *Stop.. stop.. kiri mas… :d *

  2. 2
    alni
    berkomentar pada jam 8:59 pm
    tanggal 26 August 2007

    cie beli mobil ye.
    Semoga cepat mahir nyetirnya mas, biar lebih lancar urusan transport

  3. 3
    ayahshiva
    berkomentar pada jam 11:30 pm
    tanggal 26 August 2007

    wah juga udah lama pengen belajar nyetir. tapi lum punya mobil, ntar kalo udah punya mobil aja

  4. 4
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:31 pm
    tanggal 26 August 2007

    @JiE
    Numpang bayar :p

    @alni
    Halah … gak beli … ini mobil kantor ;)

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:34 pm
    tanggal 26 August 2007

    @ayahshiva
    Jangan … mending belajar sekarang meskipun belum punya … belajar selagi sempet :) Jadi nanti giliran punya mobil tinggal pakai ;)

  6. 6
    desert-rabbit
    berkomentar pada jam 1:26 am
    tanggal 27 August 2007

    …mobil baru ya om…..
    aku aja blajar 1 minggu dah bisa bos..

  7. 7
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:33 am
    tanggal 27 August 2007

    Saya cuma 1 hari :p

  8. 8
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 1:48 am
    tanggal 27 August 2007

    Hehehe… emang heboh belajarnya…

    Tapi aku bangga sama Yayangku ini, walau tangannya belum sepenuhnya pulih, tapi serius latihannya…, buktinya baru pegang stir beberapa jam aja bisa sampai depan McD dengan selamat :)>-

    :-*

  9. 9
    Wibisono Sastrodiwiryo
    berkomentar pada jam 2:46 am
    tanggal 27 August 2007

    Cieee… harus di jelaskan yah.. “Yayangku”.. xixixixi
    Oke deh, semoga yayangmu cepet mahir nyetirnya.
    loh kok browser saya jadi IE , padahal saya gak pake IE loh???

  10. 10
    hery
    berkomentar pada jam 9:50 am
    tanggal 27 August 2007

    :) siiippp…
    “padahal dag…dig juga…..”
    target 1 kali muter-2
    setelah itu langsung masuk TOL
    ujian pertama : test drive ke tanjung priok
    ujian akhir : puncak — hari sabtu ato minggu jam 12 siang… ok…
    [-o<[-o<

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:37 am
    tanggal 27 August 2007

    @Wibisono Sastrodiwiryo
    Hush … jangan iri ya kalo saya dipanggil “Yayang” :p
    Btw, pakai browsernya apa?

    @hery
    Siapa takut :-?

  12. 12
    KaiToU
    berkomentar pada jam 12:05 pm
    tanggal 27 August 2007

    Om Riyo…, ajarin Kai juga… =P~

  13. 13
    aLe
    berkomentar pada jam 1:25 pm
    tanggal 27 August 2007

    hari gini belum bisa nyetir :-j samma donk ama aLe :P

  14. 14
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:37 pm
    tanggal 27 August 2007

    @KaiToU
    Lhaaa gimana sampiyan ini, lha wong saya ajah baru belajar :p

    @aLe
    Makanya, belajar dong :p

  15. 15
    Corat - Coret » Kisah di Bulan Agustus
    berkomentar pada jam 2:18 pm
    tanggal 27 August 2007

    […] =D> baru sekali belajar, tangannya belum pulih benar dan langsung tes drive ke jalan raya . Cerita serunya baca di blog sebelah aja. Yang jelas, saya sempat mengabadikan 14 menit mendebarkan … untuk konsumsi kalangan […]

  16. 16
    Luthfi
    berkomentar pada jam 3:23 pm
    tanggal 27 August 2007

    saya belum bisa tuh
    dan santai2 aja, karena sudah banyak sopir pribadi yg siap nganter sih ..
    mobilnya banyak lagi, tp cmn 2 warna : hijau ama biru :)

  17. 17
    ridu
    berkomentar pada jam 5:08 pm
    tanggal 27 August 2007

    Wew, mungkin kalo orang yang gak punya mobil terus gak bisa nyetir adalah hal yang sangat wajar, nah ini ada mobil tapi gak bisa nyetir? :o hehe.. gimana gitu!

    Tapi pasti bisa lah, orang gampang kok (orang yg bilang ya, bukan saya)
    Oya kata temen emang lebih enak itu yang ngajarin adalah orang yg dekat sama kita, temen, sodara or siapa kek, daripada kita harus belajar lewat sekolah mengemudi gitu,

    coz selain gratis :d dia juga ngertiin kita deh, ya tapi kan gak gratis banget kan, seenggak2nya cuma ngasih bwt ongkos aja (ke luar negeri, hehe.. gak denk)

    Gud lak yah!

  18. 18
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:49 pm
    tanggal 27 August 2007

    @Luthfi
    Kok yang warna hitam nggak :-? :d

    @ridu
    Nah itu dia .. makanya saya belajar ama sobat saya :d

  19. 19
    sandal
    berkomentar pada jam 6:41 pm
    tanggal 27 August 2007

    Tarik piirr!!! :d

  20. 20
    Anang
    berkomentar pada jam 2:39 pm
    tanggal 28 August 2007

    awas nabrakk

  21. 21
    Ochie
    berkomentar pada jam 2:57 pm
    tanggal 28 August 2007

    Jadi inget awal2 nyetir…selalu dibekeli uang 20rb klo-kalo ntar ditilang :))

  22. 22
    mr.bambang
    berkomentar pada jam 3:13 pm
    tanggal 28 August 2007

    Bang sopir..kalo numpang dari Gajah Mada sampai Senayan..bayarnya berapa ya??? :d/

  23. 23
    mitra w
    berkomentar pada jam 7:25 pm
    tanggal 28 August 2007

    hmmm… klo gt jangan lewat di daerah banyak anak seliweran dulu deh, kyk sekitar sekolah :-?

    ^_^, btw semangat aja deh belajar nyetirnya…

  24. 24
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:42 pm
    tanggal 28 August 2007

    @sandal
    Sampiyan kenek yah :d

    @Anang dan @Ochie
    Mudah-mudahan gak ah … :)

    @mr.bambang
    Wah mahal deh pokoknya :p

    @mitra w
    Iya ya, thanks ya atas support semangatnya :)

  25. 25
    Agam
    berkomentar pada jam 11:57 pm
    tanggal 28 August 2007

    Moga2 cepet bisa ya.. :)
    aku dulu pertama kali belajar nyetir malah parah. Nabrak kakek2 yang naik motor. Abis dia yang salah sih. Mo nyebrang berhenti tepat di depan mobil, ya ketabrak deh. Untung aja gak minta ganti rugi. Kalopun minta ganti rugi gak masalah sih. Kan aku pake les. Jadi tangungannya yang ngajarin :))
    btw, ngapain gak pake jasa belajar mobil aja? Kan mobilnya ntar bisa dipandu ama pengajar yang sudah terlatih, dan mobilnya juga khusus. Pengajarnya juga bisa ngendalikan rem dan kopling. Jadi lebih aman.

  26. 26
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:04 am
    tanggal 29 August 2007

    @Agam
    Waktunya lagi gak bersahabat :( Kalau sama temen kan bisa kapan saja, saat sempat ya belajar gak sempat yang di pending. Selain itu, kalau belajar di tempat kursus waktunya terbatas, sementara kalau sama teman, hehehe .. bisa lebih lama lha ;)

  27. 27
    JaF
    berkomentar pada jam 11:40 pm
    tanggal 29 August 2007

    Wah, mobile anyar nihhh… Itu dua pelindung sinar matahari di atas kiri kanan masih belum dibuka jeeh..

    Selamat belajar. Buat saya hal yang paling menakutkan dari belajar nyetir mobil adalah (dalam ukuran paling menakutkan) :

    1. Kalau berhenti di tanjakan, ditambah mesin mati pula…
    2. Kalau harus mendahului mobil lain
    3. Kalau diteriakin “Woooi.. baru belajar ya?”
    4. Kalau nyerempet.. yang ini amit2 jangan sampai deh.. hehe

  28. 28
    Agam
    berkomentar pada jam 1:43 pm
    tanggal 30 August 2007

    ooo gitu.. hehehe…
    baru liat fotonya nih. Coz kalo dirumah browsing tanpa gambar. Maklum bandwidth abis :d
    btw, koq sempet2nya ambil foto :p

  29. 29
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:46 pm
    tanggal 30 August 2007

    @ JaF :

    … Itu dua pelindung sinar matahari di atas kiri kanan masih belum dibuka jeeh..

    :-$ Kok liat-liatnya sih :D

    @ Agam : sempet dong, kan tim dokumentasi ada di belakang :D

    Lho kok aku yang njawab? :P

  30. 30
    dyru
    berkomentar pada jam 7:07 pm
    tanggal 30 August 2007

    sekarang udah bisa sampe manasa….

  31. 31
    dyru
    berkomentar pada jam 7:09 pm
    tanggal 30 August 2007

    maksudnya mana saja..

  32. 32
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:44 pm
    tanggal 30 August 2007

    @dyru
    Baru sampai McDonald :d

  33. 33
    Pak Lik
    berkomentar pada jam 10:57 am
    tanggal 8 September 2007

    :d/ Yah ginian ajah dibahas…cape dehhh

  34. 34
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:02 pm
    tanggal 8 September 2007

    @Pak Lik
    Emang gak boleh? :p

  35. 35
    Yan
    berkomentar pada jam 6:26 am
    tanggal 10 September 2007

    Baru hari ini belajar nyetir ? Saya belajar nyetir waktu kelas 1 SMP. Dan hasilnya nabrak warung. :d
    Kalau sekarang malah males nyetir sendiri, apalagi masuk kota. Ribeeet. Apalagi kalau banyak motor. Horor!

  36. 36
    Erri
    berkomentar pada jam 10:02 pm
    tanggal 12 September 2007

    Masss.. jangan lupa asuransinya juga mas, demi keamanan bersama..

  37. 37
    KaiToU (jadi tukang parkir)
    berkomentar pada jam 12:46 pm
    tanggal 14 September 2007

    Kanan, Om… Lagi.. Trus…
    Trus Om… Trus… Lurus…
    Trus aja sampe bunyi…. (klo gag brak, sreeekkkk… ato apalah… yang penting bunyi… :&#80;)

    Xexexe…

    BTW, Gimana, Om??? Dah ada kemajuan???

  38. 38
    imam
    berkomentar pada jam 8:34 am
    tanggal 19 September 2007

    saran buat yang ngajarin : yang sabar ya mas ngajarinnya. ;)) mas riyo emang gitu kalo diajarin. :d jadi kudu banyak istighfar kalo ngajarin mas riyo. /:) :> tapi sebelum ngajarin mending diasuransiin dulu tuh dari ujung rambut ampe ujung kuku kaki 8-> ;))

  39. 39
    Ainur Rofiq
    berkomentar pada jam 3:21 pm
    tanggal 20 September 2007

    Wew wew wew.
    Selamat berkendaraan menggunakan mobil om.

    saya sih punya banyak mobil :
    “mobil”ang ada, tapi ternyata gak ada.
    “mobil”ang banyak, satu aja gak punya.
    “mobil”ang bisa nyetir, megang setir mobil aja deg-degan
    “mobil”ang pingin…ya saya emang pingin.

    Semoga saya juga bisa nyetir mobil kayak om riyo ah, trus ntar kita balapan deh.
    :d

  40. 40
    Catatan » 13 Bukan Angka Sial
    berkomentar pada jam 4:29 pm
    tanggal 25 September 2007

    […] laporan pertama adalah masalah kemajuan belajar mengemudi mobil .. ehem .. yang ini mengalami kemajuan pesat. Sudah bisa ke kantor sendiri, jadi sang supir malah […]

  41. 41
    Catatan » Mudik … Mohon maaf Lahir dan Batin
    berkomentar pada jam 2:40 pm
    tanggal 10 October 2007

    […] doakan agar selamat dalam perjalanan, maklum … ini perjalanan mudik saya pertama setelah belajar mengemudi,  hehehe. Mudah-mudahan perjalanan lancar, tidak macet dan selamat tidak kurang apa pun. **Bandung […]

  42. 42
    bee
    berkomentar pada jam 12:39 pm
    tanggal 19 October 2007

    /:) hi.., aq br mo bljr nyetir niy.. tp dmn aq ga ngerti ;))
    Aq tggl di salemba, ada yg tau ga kursus nyetir mobil di daerah salemba? Ato daerah Juanda, biar lbh dkt dgn ktrku..
    Skalian info price nya yaaaw.. thx

  43. 43
    bee
    berkomentar pada jam 12:40 pm
    tanggal 19 October 2007

    :-w:-w:-w:-w:-w:-w:-w:-w

  44. 44
    kis
    berkomentar pada jam 8:10 am
    tanggal 20 November 2007

    :d/Wah2..lagi heboh membicarakan bagaimana nyatir, saya pusing malahan mencari dimana ada yang ingin mahir.he3..karena aq buka kursusan diyogya, tapi dah lumayan ratusan orang tlh berhasil dan kini sudah mencapai omzet yg lumayan besar.salam kenal buat semuanya..wasalamm..kiswan

  45. 45
    kis
    berkomentar pada jam 8:12 am
    tanggal 20 November 2007

    :):):):)

  46. 46
    salma
    berkomentar pada jam 1:21 pm
    tanggal 13 February 2008

    aku juga mo blajar ko, makanya nyari2 info via internet, eh..siapa tau sa blajar wat internet. Kira2 bisa ga ya ?????:”>

  47. 47
    salma
    berkomentar pada jam 1:34 pm
    tanggal 13 February 2008

    he he he .. Mas Kis wong jogja to..aku juga mo cari kursus nyetir di jogja mas..

  48. 48
    hery paonganan
    berkomentar pada jam 11:17 am
    tanggal 10 June 2008

    :wow: akhirx aq kursus mobil…!!!

    senang rasax bs ngerasain nyetir mobil..hari pertama gue terasa dukk..dakk..!! ingin rasax lansung balap aja..ehh..gak’ tau instrukturx marahin gue..tapi gue salut sm instk..dari situ gue akhirx bisaaaa….tapi bnyk tantanganx lho…!!!!

  49. 49
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 12:48 pm
    tanggal 23 August 2008

    Wah… ternyata mas-e ini katrok buangets… baru mulai bulan ini toh bisa nyetir :d :p
    Kalau aku sudah mulai SMA mas, walaupun bapak ndak punya mobil. Soalnya aku iri sama sopir bus, sopir truck, sopir angkot, sopir kereta, sopir pesawat…. Mereka ndak punya kendaraan sendiri tapi bisa-bisa saja… hehehe…. maappp…

    Andy MSE’s last blog post..jakarta MENAKJUBKAN; metromini

  50. 50
    devi
    berkomentar pada jam 1:38 pm
    tanggal 20 January 2009

    umurnya berapa mas? biasanya kalo cowok lebih cepet bisa nyetir dari pada cewek .. :d yup tetep semangat

  51. 51
    c gembul *
    berkomentar pada jam 5:43 am
    tanggal 28 January 2009

    smangad !!! mbul * jujah ru smangad bljr ! — ga da kt telat tuk bljr kaan — sing pntink => gaya . hwaha . :p

  52. 52
    oki
    berkomentar pada jam 7:05 pm
    tanggal 8 February 2009

    pengalaman terburuk nyetir pas diklakson bokap sendiri… mana mobil nya mati nyala mulu, grogi abis deh…
    bokap gak ngenalin kalo itu mobil dia…

  53. 53
    fransiska mem
    berkomentar pada jam 9:45 am
    tanggal 16 February 2009

    ^:)^ ~X( :blushing: X( wah bt ah kalau harus begini trus menunggu dikasih izin oleh orang tua saya untuk membawa mobil sistem authomatic yang sekarang lagi ngetrend di kalangan masyarakat sekitar loh karena sekarang pemikiran saya adalah bagaimana saya dapat melakukan kegiatan nyetir atau mengemudi tanpa merepotkan orang tua ternyata bagi saya orang tua tidak ada enaknya untuk didekatkan khan dalam segala hal karena banyak halangan dan hambatan yang selama ini terjadi terhadap diri saya seutuhnya dari mulai saya ada di dunia tahun 1984 s/d 2009 belum diperkenankan untuk les nyetir dan membawa mobil sendiri khan . . . kalau pingin tahu saya masih di jalan pancoran barat vii no. 41 rt. 012 – rw. 006 jakarta selatan 12780 (021) 7975335 – 7988417 . . .

  54. 54
    fransiska mariana elvira mefiana
    berkomentar pada jam 12:29 pm
    tanggal 17 February 2009

    paling enak kalau belajar nyetir mobil sesudah punya sim karena ngak taunya ternyata lebih susah membuat simnya dibanding belajarnya khan bt aja kalau harus tahu terus strategi dan taktiknya minjam punya orang lain yang lebih tahu mengenai kondisi rumah ini, sama aja aku membocorkan rahasia di dalam rumah ini khan yang seperti burung dalam sangkar emas selalu diatur dan dikasih semau atasan dalam segala hal seperti yang SISKA alami sampai detik – detik membosankan setiap berada di rumah ortu selalu mengenang akan masa lalu yang tidak begitu menyenangkan hingga nanti menunggu orang tua pulang ke rumah BAPA di SURGA . . .

  55. 55
    iklan mobil
    berkomentar pada jam 8:12 pm
    tanggal 24 February 2009

    pengin belajar nyetir mobil , tapi lum punya mobil nih :)

  56. 56
    HS
    berkomentar pada jam 10:36 am
    tanggal 26 February 2009

    @OKI
    Lucu … kok bisa bokap ga kenal mobilnya …..

    Omong2 aku juga lagi belajar setir nih. Mesin mati nyala melulu. Ngebelok sempat nabrak pembatas. Belajar parkir nabrak pot di rumah.

  57. 57
    pita
    berkomentar pada jam 9:02 pm
    tanggal 24 March 2009

    alamat”y d mana????

    pinggin iqut gabung juga dwonkk????

    kaYak’y bisa CePET bWA MOBIL..HE….

    jwb yaH,,,

    Thankz… :) :)

  58. 58
    dhani
    berkomentar pada jam 4:35 pm
    tanggal 28 March 2009

    heeh ne kalo boleh ikutan alamat tu kursus dimana ya? aku lagi nyari2 tempat kursus nyetir yang nyaman ne…yang pelatihnya ga galak n mobilnya macem2…thx ya aku tunggu bwnget infonya…

  59. 59
    daru
    berkomentar pada jam 4:30 pm
    tanggal 15 May 2009

    nasib kita sm bro.. ^:)^

    gw ad 3 mobil drmh,1 kijang (sk dpake bokap),1 honda city(nganggur)…

    tp gw g bs nyetir sama skali….krn slalu menolak krn td membutuhkanyy…krn lebih enak naik angkot drpd nyetir.

    tapiii lain dlu lain skg…gw skg sbuk nyari tmp nyetir…nyari kesana-kesini…dan alhasil dpt jg tmp les… :dancing:

  60. 60
    Noerman
    berkomentar pada jam 8:51 pm
    tanggal 28 June 2009

    hahaha…..cerita diatas sama persis dengan kehidupan gw disini…bokap gw juga lagi belajar nyetir…sama banget sama cerita diatas…tapi gw paleng ngajarin orang tua mah…

  61. 61
    delcrit
    berkomentar pada jam 1:39 pm
    tanggal 10 August 2009

    lagi cari2 di internet cara belajar menyetir otodidak malah masuk ke blog ini wehehehe… salam kenal smoga sy juga cepat bisa menyetir (amin) :D

  62. 62
    pareman
    berkomentar pada jam 1:39 am
    tanggal 23 October 2009

    :) , :( , ^_^ , :D

  63. 63
    Fandy Adi Pratama
    berkomentar pada jam 3:46 pm
    tanggal 4 November 2009

    Jancok q koq masih lumz bisa nyetir mabil ya!

  64. 64
    indra
    berkomentar pada jam 12:00 am
    tanggal 24 November 2009

    aq pgn bljar,tp ga ad yg ajrin

  65. 65
    tri setya putra
    berkomentar pada jam 11:04 pm
    tanggal 26 November 2009

    hehe….
    jadi pengen belajar..
    :D

  66. 66
    arif
    berkomentar pada jam 11:12 am
    tanggal 14 April 2010

    setir mobil….. tin tin tin

  67. 67
    indah
    berkomentar pada jam 12:02 pm
    tanggal 5 July 2010

    ada yang tau ga si tempat khusus belajar mobil di daerah bintaro??

  68. 68
    edy wadadi
    berkomentar pada jam 11:24 am
    tanggal 15 October 2010

    hai Rekan2 ku mau ajarai stir mobil adikku tapi kan sekarang di mana ya lapangan yang bisa untuk belajar stir mobil,kalo zaman dulu kan di parkir timur senayan ,tolong aku ya berikan info

    tks

    edy wadadi

  69. 69
    edy wadadi
    berkomentar pada jam 11:27 am
    tanggal 15 October 2010

    hai kawan tolong tempat /lahan tanah kosong tempat belajar stir mobil dhonk
    kalo ada di jakarta Selatan

  70. 70
    dani
    berkomentar pada jam 4:38 pm
    tanggal 22 October 2010

    UNTUK TEMAN2 SEMUA JANGAN KURSUS DI AUTO MITSUDA DEH ITU TUH YG DIGROGOL , PELAYANANNYA GA BAGUS, GA PROFESIONAL , YG NGAJAR JUGA KAYANYA GA SERIUS TUH MASA DATANGNYA TERLAMBAT , POKOKNYA KECEWA DEH

  71. 71
    firda
    berkomentar pada jam 3:17 pm
    tanggal 24 October 2010

    iya benar, saya pernah kursus stir mobil disana tapi kayanya ga memuaskan , dan kayanya ga profesional, masa yg ngajarnya masih minta uang bensin, padahal saya udah kasih uang tips buat dia loh tiap pertemuan kursus , udah gitu tiap kursus masa ngomongin keburukan org lain , temannya yg malaslah atau ada yg kursus disitu terlalu banyak bertanya , dia ngadu/cerita ke org lain , waah ga profesional, JANGAN KURSUS DI AUTO MITSUDA YANG DIGROGOL ITU PASTI KECEWA

  72. 72
    Rudolf Hoess
    berkomentar pada jam 10:10 am
    tanggal 21 March 2011

    Nyetir mobil itu capek loh.

  73. 73
    Owcha
    berkomentar pada jam 11:19 am
    tanggal 24 February 2012

    aihhh..q td malem jg habis belajar nyetir mobil..tp msh dilapangan aja sie..maklum baru pertama untuk awalan…:)

  74. 74
    antolin
    berkomentar pada jam 8:52 pm
    tanggal 9 October 2012

    Yg penting belajar setengah kopling, secara jakarta macet euuy. Ato pake mobil matic sekalian, tinggal gas rem gas rem doang… selamat belajar yaa…

  75. 75
    em inget inget pasbelajar dulu tegang banger dan dcampur bingung
    berkomentar pada jam 4:50 am
    tanggal 28 March 2013

    inget pas belajar dl

  76. 76
    Linda
    berkomentar pada jam 10:02 am
    tanggal 16 December 2013

    Baru kmrn belajar kursus mobil di auto mitsuda … Bagus kok disana , mas2nya datengnya ontime .. Ngajarin nya juga oke kmrn emang cuma belajar ngelancarin sekalian bikin sim.. Tapi menurut aku bagus cara mengajarnya gak buat orang takut..

  77. 77
    Lynn
    berkomentar pada jam 9:03 am
    tanggal 20 November 2014

    .

    ñïñ.

  78. 78
    Randy
    berkomentar pada jam 9:43 am
    tanggal 20 November 2014

    .

    áëàãîäàðñòâóþ!!


Isi Komentar


  • *