Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Satu Bulan di Dreamhost

Dikirim: August 22nd, 2007 | Oleh: | Kategori: Diary, PHP | Tags: , , , , , , | 57 Komentar »

Setelah bulan lalu memutuskan untuk membeli hosting plan Crazy Domain Insane di Dreamhost, yang saya rasakan adalah penyesalan yang tiada terhingga. Ya! Saya menyesal kenapa baru sekarang menggunakan hosting tersebut :d Dreamhost menyediakan hampir semua hal yang tidak pernah saya dapatkan dari hosting saya yang lama, baik dari sisi space & bandwith, performa, fasilitas dan juga support yang memuaskan.

Berikut hal-hal yang menjadi higlight dari fasilitas Dreamhost menurut saya:

  1. Kapasitas space yang luar biasa, saya memiliki space sebesar 200GB yang selalu bertambah perminggu sebanyak 1GB. Sampai saya bingung, untuk apa ya space sebesar ini :-? Itu sebabnya saya putuskan untuk membagi-bagikannya kepada saudara-saudara saya, memindahkan seluruh situs klien-klien saya, beberapa rekan saya dan akhirnya membuat satu account (lagi) khusus bagi mereka yang berkeinginan belajar PHP di Ruang KoPI.
  2. Kapasitas bandwith yang juga luar biasa (2TB/bulan). Aha, saya tidak lagi kuatir dengan masalah habisnya quota bandwith yang disediakan, belum lagi bandwith ini pun akan selalu bertambah setiap bulannya sebanyak 16GB!
  3. Quota bisa diatur (baik quota space maupun bandwith) terhadap masing-masing domain yang ditumpangkan dalam acount (domain hosted).
  4. Domain hosted dan subdomainnya bisa dibuat dalam jumlah unlimited.
  5. Database yang juga unimited.
  6. Bisa memilih untuk menggunakan PHP5 atau PHP4 untuk setiap domain atau subdomain yang ada. Bahkan dengan sedikit trik, php.ini bisa dibuat sesuai dengan keinginan.
  7. Mendukung Ruby on Rails (RoR), saya memang belum paham, tetapi jadi kepingin belajar juga ;)
  8. Fasilitas backup otomatis pada setiap direktory yang ada untuk 1 jam yang lalu, 2 jam yang lalu, 1 hari yang lalu, 2 hari yang lalu, 1 minggu yang lalu dan 2 minggu yang lalu.
  9. Harganya relatif murah! Apalagi dengan menggunakan promo code yang akan saya terangkan dibagian akhir posting ini.
  10. Gratis 1 buah domain (yang diberikan dalam bentuk reward sebesar USD $9.95) sepanjang account hosting Dreamhost Anda aktif.
  11. Support melalui email yang —hingga kini— memuaskan. Jam berapa pun Anda kirim email, berdasarkan pengalaman yang telah saya lalui, akan dijawab dalam tempo kurang dari setengah jam dengan jawaban yang (bagi saya) memuaskan.

Untuk lengkapnya, silakan lihat fasiltas yang diberikan dreamhost kepada pelanggannya.

Ada kelebihan ada juga kekurangannya

  1. Meskipun Dreamhost memberikan kebebasan terhadap pelanggannya untuk menumpangkan berapa pun jumlah domain kedalam sebuah account yang kita miliki, tetapi Dreamhost membatasi jumlah user FTP dan email.
  2. Ada beberapa bagian dari control panel Dreamhost yang menurut saya cukup riskan untuk di share meskipun account tersebut telah dibatasi privasinya. Mungkin ini bug yang akan dibenahi dikemudian hari. Itu alasan saya tidak memberikan panel ini –meskipun hal in bisa dilakukan– kepada anggota Ruang KoPI.
  3. Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan Cpanel, mungkin agak bingung menggunakan control panel yang disediakan Dreamhost. Tetapi tenang saja, ini hanya diawal karena selanjutnya Anda akan terbiasa ;)
    **saya bahkan menilai panel Dreamhost jauh lebih praktis dibandingkan Cpanel.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan memiliki account Dreamhost sendiri, syaratnya hanya satu, yaitu punya kartu credit yang valid dan bayarlah melalui Google Checkout. Kenapa harus pakai Google Checkout? Karena kata yang sudah pernah mencoba, kartu kredit yang berasal dari Indonesia ditolak oleh Dreamhost, tetapi (saya sudah buktikan) tidak ditolak oleh Google Checkout dan prosesnya sangat mudah.

Berdasarkan pengalaman, menggunakan kartu kredit Citibank Gold hanya membutuhkan waktu 2 jam untuk pengaktifannya, sementara menggunakan kartu kredit BCA Gold membutuhkan waktu 3 hari (itu pun setelah melakukan komplain bolak-balik melalui email ke Dreamhost). Gimana dengan kartu kredit lain? Coba sendiri ajah lah :p

Kalau ingin mendapat potongan maksimum USD $97 terhadap hosting plan yang dipilih, yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan promo code yang bisa Anda cari dengan googling atau (kalau tidak mau capek cari) bisa menggunakan promo code yang telah saya buat yaitu DISKON97NIH. Daftar diskon harga menggunakan promo code DISKON97NIH untuk masing-masing planning adalah seperti dibawah ini:

diskon dreamhost

Sebagai contoh, jika Anda memilih plan Crazy Domain Insane (L1) untuk masa 2 tahun sekaligus, yang harus Anda bayar sebenarnya adalah USD $190.80 (lihat table, Two years L1). Tetapi, jika Anda menggunakan promo code DISKON97NIH, maka yang harus Anda bayar adalah USD $190.80 – $97 = $93.8. Jika kurs rupiah 9400, maka Anda sebenarnya membayar Rp. 881.720 untuk hosting dengan space 200GB dan bandwith 2TB dengan masa sewa 2 tahun!

Promo code

lembar ini ada dibagian bawah halaman https://dreamhost.com/signup/

Peringatan:

  1. Promo code hanya bisa dipergunakan untuk account baru. Artinya hanya berlaku sekali dan tidak berlaku untuk harga perpanjangan hosting. Jadi saya usul, kalau memang mau, sekaligus pilih saja plan untuk 2 tahun. Pada tahun ke-3 Anda harus membayar full.
  2. Dengan menggunakan promo code, Anda tidak bisa menhosting nama domain yang sebelumnya pernah di hosting di Dreamhost, walaupun itu adalah domain milik Anda sendiri!
  3. Promo code hanya bisa dimanfaatkan pada saat mendaftar. Jadi Anda tidak bisa meminta atau menggunakan promo code ketika pendaftaran sudah dilakukan.
  4. Jangan lupa membaca Term of Service, Anti Spam Policy dan Registration Term atau Anda akan menyesal dikemudian hari karena tiba-tiba account Anda di suspend bahkan dihapus tanpa basa-basi.
  5. Terakhir, karena Anda menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di internet, maka ber-HATI-HATI-lah. Teliti saat bertransaksi kecuali jika Anda siap untuk menyesal.

Semoga Bermanfaat :)


57 komentar untuk “Satu Bulan di Dreamhost”

  1. 1
    fajar
    berkomentar pada jam 12:18 am
    tanggal 31 January 2008

    untuk paket yang sekarang klo pake promo code cuman dapet diskon $50, bukan $97 lagi euy…

    Total:
    $119.40 (1 year of hosting with 9% discount)
    – $50.00 (DISKON97NIH “Plan Discount”)
    Due Now:
    $69.40

  2. 2
    berehel
    berkomentar pada jam 5:24 pm
    tanggal 5 March 2008

    thanks bwt info nya ,
    /me love gratisan

  3. 3
    timo
    berkomentar pada jam 9:14 am
    tanggal 15 April 2008

    in yang namanya overselling, yang tampil di panel admin bisa direkayasa. Spacenya disesuaikan dengan kapasitas HD server. Nah alamat deh kalo dah penuh lelet. 200GB ? apalagi 400GB ? come on emang logika dari mana HD aja ukuran berapa max ?

  4. 4
    Nanda
    berkomentar pada jam 5:27 pm
    tanggal 28 February 2013

    Waah..kalo diliat lumayan mahal cost ny ya mas
    survey dulu dh..hehe

  5. 5
    Luke
    berkomentar pada jam 11:14 pm
    tanggal 17 November 2014

    .

    ñïñ çà èíôó.

  6. 6
    nathaniel
    berkomentar pada jam 3:09 am
    tanggal 18 November 2014

    .

    thanks for information!

  7. 7
    calvin
    berkomentar pada jam 12:50 pm
    tanggal 18 November 2014

    .

    ñïñ!!


Isi Komentar