Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Di Hari Kemerdekaan

Dikirim: August 17th, 2007 | Oleh: | Kategori: Diary | 13 Komentar »

Hari ini adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia, negara dimana saya dilahirkan, hidup dan tinggal sampai saat ini. Hitung-hitung, kurang lebih setengah umur Republik ini sudah saya nikmati, baik menikmati saat susah, saat senang dan saat diantara susah dan senang. Alhamdulillah, yang penting saya masih dikasih umur, kesehatan, istri yang setia dan baik hatinya, keluarga yang selalu memberi dukungan serta teman-teman yang baik (ada juga sih satu dua yang agak nyebelin hehehe).

Hanya satu yang saya heran, 35 tahun merasakan alam kemerdekaan, saya ‘kok’ ragu atas nasionalisme saya ya? Beberapa hal mungkin saya merasa punya jiwa nasionalisme, tetapi beberapa hal lain rasanya saya tidak punya. Mmm, apa ada yang aneh? Oke, kita cek dengan pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini:

  1. Apakah Anda merasa ada perasaan lain saat melihat sangsaka merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan? Perasaan lain yang sukar dijelaskan? Atau tidak merasa apa pun?
  2. Jika Indonesia tiba-tiba diserang musuh (perang), apakah Anda bersedia menjadi tentara Indonesia yang siap bertempur membela bangsa dan negara?
  3. Jika Indonesia diambang kebangkrutan, apakah Anda bersedia menyerahkan sebagian atau lebih harta Anda untuk disumbangkan kepada negara?
  4. Pemerataan pembangunan dan pendidikan di Indonesia masih belum terjadi. Pertanyaannya, maukah Anda ditempatkan di salah satu daerah terpencil di Indonesia untuk mengatasi hal tersebut?
  5. Jika Anda memiliki keahlian yang jarang dimiliki orang lain, saat ada tawaran:
    a. Bekerja sebagai staf ahli negara dengan gaji Rp.20.000.000,-
    b. Bekerja di perusahaan asing dengan gaji USD $20.000,-
    Mana yang Anda pilih?
  6. Jika Anda memiliki kesempatan hidup gratis untuk apa pun di seluruh muka bumi ini, mana yang Anda pilih? Hidup di Indonesia atau tempat lainnya dimuka bumi ini?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas hanya merupakan sebagian dari pertanyaan-pertanyaan lain yang jawabannya bisa Anda pikirkan dan Anda ambil kesimpulan sendiri. Apakah Anda mencintai negara Republik Indonesa ini?

Salam Merdeka.
Selamat Ulang Tahun ke-67 negara Republik Indonesia.

** hari ini saya mau nonton Ratatouille bareng istri & adek-adek ah …. gak nyambung deh :-?


13 komentar untuk “Di Hari Kemerdekaan”

  1. 1
    Wibisono Sastrodiwiryo
    berkomentar pada jam 1:08 pm
    tanggal 17 August 2007

    Saya coba sharing jawaban saya:
    .
    1. Ada perasaan itu dalam hati saya.
    2. Mau banget.
    3. Hmm… agak sulit menjawabnya karena saya juga bukan orang kaya.
    4. Mau karena saya sejatinya orang daerah.
    5. Perusahaan asing karena gaji besar berarti devisa buat negara.
    6. Sulit menjawabnya, mungkin saya akan melanglang buana ke berbagai negara.
    .
    Merdeka…

  2. 2
    si-item
    berkomentar pada jam 1:23 pm
    tanggal 17 August 2007

    1. tidak ada, biasa ajah
    2. tidak mau
    3. mungkin mau, asal bisa dibuktikan digunakan secara benar
    4. mmm, daerah yg mana ya?
    5. perusahaan asing
    6. yang jelas tidak di indonesia

    waduh, kayaknya saya termasuk yang tida cinta indonesia ya?

  3. 3
    ridu
    berkomentar pada jam 5:49 pm
    tanggal 17 August 2007

    Apakah Anda merasa ada perasaan lain saat melihat sangsaka merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan? Perasaan lain yang sukar dijelaskan? Atau tidak merasa apa pun?

    Ada, apalagi kalo pas upacara tuh didepan saya ada gebetan, wew jadi ada perasaan lain

    Jika Indonesia tiba-tiba diserang musuh (perang), apakah Anda bersedia menjadi tentara Indonesia yang siap bertempur membela bangsa dan negara?

    Cinta Tanah Air sebagian dari Iman, hmmm… jadinya ya merdeka atau mati!

    Jika Indonesia diambang kebangkrutan, apakah Anda bersedia menyerahkan sebagian atau lebih harta Anda untuk disumbangkan kepada negara?

    Harta saya aja gak cukup bwt makan sehari, jadinya gak signifikan deh kalo disumbangin!

    Pemerataan pembangunan dan pendidikan di Indonesia masih belum terjadi. Pertanyaannya, maukah Anda ditempatkan di salah satu daerah terpencil di Indonesia untuk mengatasi hal tersebut?

    Yang penting gratis gak papa dan ada lahan bwt pekerjaan sesuai skill kita

    Jika Anda memiliki keahlian yang jarang dimiliki orang lain, saat ada tawaran:
    a. Bekerja sebagai staf ahli negara dengan gaji Rp.20.000.000,-
    b. Bekerja di perusahaan asing dengan gaji USD $20.000,-
    Mana yang Anda pilih?

    Lihat kontinuitasnya aja kali ya, trus juga kalo kerja di perusahaan asing kan uangnya bisa bwt sumbangin di negara sendiri dari pajak juga larinya ke negara trus juga bisa mengharumkan nama negara, bahwa ini lho orang indonesia bisa!

    Jika Anda memiliki kesempatan hidup gratis untuk apa pun di seluruh muka bumi ini, mana yang Anda pilih? Hidup di Indonesia atau tempat lainnya dimuka bumi ini?

    Di tempat yang paling mahal di dunia, biar di Indonesia kita kasih kesempatan kepada orang2 lain.

  4. 4
    aLe
    berkomentar pada jam 3:10 am
    tanggal 18 August 2007

    sebenarnya cukup dijawab dlm hati saja, tapi gapapalah :D

    1. ada, perasaan haru, iba dan bangga jadi satu

    2. Belum mau, biar yang laen aja duluan :D klo uda abis baru aLe :P

    3. Mau, kaena pada saat itu terjadi aLe uda jaya ;) aMin..

    4. Belum mau, biar yang laen aja duluan :D klo uda ga ada baru aLe :P

    5. B =P~ manusiawi khan :D

    6. Indonesia!! Suer! ;) klo utk yg berbayar bisa diatasi dgn gaji jwbn nmr 5

  5. 5
    ayahshiva
    berkomentar pada jam 12:25 pm
    tanggal 18 August 2007

    1. jujur aja, biasa aja gak ada perasaan yang luar biasa
    2. dari pengalaman yang ada, setelah perang usai, para veteran perang nasibnya gak di perhatiin sama pemerintah, jadi aku pikir-pikir lagi deh
    3. jika aku punya banyak harta pasti aku bagi, tapi sayangnya aku belum kaya.
    4. gak mau
    5. saya pilih $20.000,-
    6. masih tetep di indonesia

  6. 6
    Ochie
    berkomentar pada jam 10:07 am
    tanggal 20 August 2007

    Mo ikutan jawab ah…kali aja dapet hadiah pitulasan :d
    1. Hmmm kadang kadang ada…kadang kadang nggak
    2. Perang gak selalu harus maju ke medan perang kan? :)>-
    3. Gak ah…yang bikin negara bangkrut, kan biasanya orang-orang yang ngakunya penggede negara…:-\\”
    4. Kayanya asik tuh…
    5. Waaaaa ada yah…tolong di share dong lowongan dengan gaji $20,000.00
    6. Dimana suami tinggal disitu bumi berpijak :x

  7. 7
    alni
    berkomentar pada jam 11:52 am
    tanggal 22 August 2007

    Mau ikutan isi ah:
    1. Ada, seneng denger lagu kebangsaan yang dinyanyikan dengan khidmat
    2. Engga, cara membela negara bukan bertempur doank.
    3. Engga, karena Negara ga bakal bangkrut, yang ada orang2 korup dan memperkaya diri sendiri, ngapain juga nyumbang trus uangnya dinikmati mereka?
    4. Mau, asal difasilitasi dan dihargai
    5. a. Gaji 20 juta buat saya sudah sangat banyak.Kerja diperusahaan asing dengan gaji gede gak selamanya enak lo;)
    6. Indonesia. Jauh lebih enak tinggal di Indonesia jika berkecukupan.

  8. 8
    Wibisono Sastrodiwiryo
    berkomentar pada jam 6:14 am
    tanggal 31 August 2007

    Saya akan ralat jawaban saya untuk nomor 3 dan 6.
    3. Saya akan memberikan apapun yang saya punya
    6. Gak pengin tinggal dimana mana selain Indonesia.

  9. 9
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:53 am
    tanggal 31 August 2007

    Ini jawaban saya:
    1. Kadang ada kadang tidak … tergantung situasi dan kondisi.
    2. Bingung, masalahnya saya tidak suka perang :( Kecuali main game perang-perangan kayak AOE, C&C dsb :))
    3. Mau, asal ada jaminan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan bangsa dan negara.
    4. Mau … asal ada koneksi internet :d
    5. Pilih dua-duanya ;)
    6. Hidup di Indonesia di wilayah pedesaan … tapi ada jalur internetnya ya … masih keukeuh ada jalur internet :))

  10. 10
    izaira
    berkomentar pada jam 5:28 pm
    tanggal 4 August 2008

    kemerdekaan negara kebebasan hidud :)

  11. 11
    Heny
    berkomentar pada jam 3:54 pm
    tanggal 23 July 2009

    Ko selamat ulang tahun yg ke 67??? Ga salah tuh?

  12. 12
    Eduardo
    berkomentar pada jam 12:45 am
    tanggal 17 November 2014

    .

    ñýíêñ çà èíôó!!

  13. 13
    Sergio
    berkomentar pada jam 4:54 am
    tanggal 25 November 2014

    .

    áëàãîäàðñòâóþ!


Isi Komentar