Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Minat Membaca

Dikirim: August 2nd, 2007 | Oleh: | Kategori: Bingungsiana | 40 Komentar »

Kenapa Indonesia gak maju-maju? Kenapa Indonesia sampai saat ini masih juga menjadi bangsa yang memiliki kecenderungan sebagai pengguna, bukan pencipta? Kenapa masih banyak terjadi pelanggaran hukum? Kenapa, kenapa dan kenapa? Jawabnya saya pikir hanya satu (yang utama), masyarakat Indonesia secara umum tidak memiliki minat membaca yang baik dan benar :(


Bukti paling nyata adalah bagaimana seseorang mendaftarkan dirinya pada Kejutan PHPers Indonesia versi 2.0, jika Anda berminat untuk melihatnya, silakan baca dan lihat komentar yang ada dibawahnya.  Jika Anda termasuk kepada golongan mereka yang selalu membaca dengan baik dan benar, maka Anda akan menemukan cukup banyak pemberi komentar yang ternyata tidak mau atau tidak bisa membaca dengan baik dan benar.

Atau komentar yang ada pada Kejutan 2.0, silakan kalau Anda minat membacanya. Saya sampai kesel sendiri, rasanya saya sudah memberikan segala peraturan yang jelas tetapi kok yaooo masih ada juga yang tidak mengerti :((  Saya cenderung untuk tidak mengambil kesimpulan bahwa mereka tidak mengerti, tetapi lebih kepada malasnya mereka untuk membaca apa yang seharusnya mereka baca terlebih dahulu.

Hal lain yang sering saya perhatikan adalah malasnya sebagian besar orang Indonesia untuk membaca file atau buku panduan yang disertakan dalam setiap produk, atau hal-hal lain yang serupa dengan ini. Kebanyakan mereka bertanya, “Bagaimana ya caranya?”, padahal semua ada pada buku atau file panduan yang disertakan. Mengapa hal ini terjadi? Lagi-lagi karena keengganan mereka untuk membaca hal-hal seperti itu dan cenderung menganggap remeh.

Sekarang bagaimana seseorang mau belajar dengan baik dan benar jika membaca saja tidak dilakukan dengan baik dan benar? Seharusnya, generasi saat ini lebih banyak bersyukur (syailaaa … emang gue generasi yang mana ya?) dengan adanya internet, sebuah perpusatakaan yang sangat besar di dunia maya. Hanya bermodal Google, maka nyaris semua ilmu pengetahuan bisa Anda pelajari. Sayangnya, internet malah dipergunakan untuk hal-hal lain yang kurang bahkan tidak ada manfaatnya :( Kenapa hal ini terjadi? Lagi-lagi karena minat membaca masyarakat Indonesia yang rendah .. hiks.

Ini masih berbicara minat membaca yang rendah terhadap bacaan berbahasa Indonesia. Hal yang lebih parah terjadi jika apa yang seharusnya dibaca menggunakan bahasa Inggris. Ucapan yang paling sering didengar adalah, “Duh, bahasa Inggris lagi ….” “Males gue, abis bahasa Inggris.” Dan masih banyak lagi.

Mmmm, kapan ya Indonesia bisa maju? :-w


40 komentar untuk “Minat Membaca”

  1. 1
    aLe
    berkomentar pada jam 8:43 pm
    tanggal 2 August 2007

    itulah orang Endonesah™ oM #-o heran juga.
    aLe sebenarnya juga termasuk didalam golongan itu.
    memang semua butuh waktu, yg aLe lakukan ahir2 ini adalah mulai dgn lambat laun mencoba untuk merubah kebiasaan ‘malas’ itu.
    sempat kecewa juga melihat koment beberapa artikel di blog aLe, ‘mereka’ kebanyakan juga hanya koment semau mereka tanpa melihat isi konten, bahkan koment mereka ada juga yg tidak nyambung sama sekali. Tp untung artikel aLe ‘mungkin’ gak penting2 bngt, tp pd dasarnya manusia butuh diHARGAi, dr mn? ya baca artikel kita dan koment. itu aLe yg artikelnya ‘gak terlalu’ penting. Lha klo sekelas ‘Kejutan V.2′ ini yg begitu penting utk kecerdasan bangsa, komennya gak jelas, aLe juga merasakan betapa kecewanya oM Rio.
    Tapi aLe yakin kok oM, klo mereka baca posting ini dengan jelas pasti mereka akan ‘mulai’ mencoba sadar diri. termasuk seperti aLe skr mulai mencoba lebih giat lagi dr yg sebelumnya.
    Terima kasih telah memberi aLe petunjuk untuk menuju jalan terang membangun kecerdasan bangsa ini. hehe.. kbetulan skr lg mau kerjakan skripsi, jd tmbh semangat neh akibat baca artikel ini. Suer klo ada ‘lima’ jempol akan aLe acungkan semua :D.

    Ok dech, thanks uda beri aLe kesempatan utk mendapat tiket itu ;)

  2. 2
    Agam
    berkomentar pada jam 9:29 pm
    tanggal 2 August 2007

    Kalo aku kebalikannya. Yang komen di blogku banyak yang serius, apalagi kalo nyangkut masalah agama. Ada kekurangannya juga sih kalo komennya isinya banyak yang serius. Aku jawabnya kuwalahan juga. Apalagi setelah salah satu postingku masuk tabloid NewsPonsel. Aduh.. Capek aku balesin komennya satu2 :(
    Tapi ya emang sudah seharusnya kalo kita komen harus yang bermutu. Gak asal2an.
    btw, kalo yang Kejutan PHPers Indonesia. Jujur aku pengen ikutan tapi masih bingung :(

  3. 3
    ayahshiva
    berkomentar pada jam 10:20 am
    tanggal 3 August 2007

    kalo dari komentar aku gimana?

  4. 4
    marhenry
    berkomentar pada jam 10:47 am
    tanggal 3 August 2007

    Kenapa Indonesia gak maju-maju? Kenapa Indonesia sampai saat ini masih juga menjadi bangsa yang memiliki kecenderungan sebagai pengguna, bukan pencipta? Kenapa masih banyak terjadi pelanggaran hukum? Kenapa, kenapa dan kenapa? Jawabnya saya pikir hanya satu (yang utama), masyarakat Indonesia secara umum tidak memiliki minat membaca yang baik dan benar :-?:o

    hai..tolong dong jangan bikin vonis gegabah…kalo masyarakat indonesia secara umum tidak memiliki minat membaca yang baik dan benar…berfikir ariflah sedikit…kan faktor yg bikin orang malas tuk baca itu bisa faktor internal dlm diri yang memang bersikap ga mau tau dan juga bisa faktor eksternal krn jelimetnya sajian yang hendak dibaca, atau bisa juga krn konsentrasi tercurah pada berbagai persoalan hidup yang dihadapi. kalo persoalan indoensia maju…kan ga mesti seluruh masyarakatnya hobi baca dan ahli semua…

    sorry ya aku agak sedikit ga terima terhadap vonis kamu, krn aku juga termasuk yg malas baca, sebab banyak tulisan ga mikirin segmen pembacanya, terus isi tulisannya juga, ga didasarkan pada ajaran Tuhan…

    Okey…saran saya, lain kali kalo nulis mbok ya rada mikir gitu, rada arif lah, terus kalo betul mau liat bangsa indonesia maju…kita pake dong ajaran Tuhan untuk menata seluruh segi kehidupan berbangsa…

    Maaf ya…dan terima kasih atas perhatiannya…..

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:14 am
    tanggal 3 August 2007

    @Agam
    Kenapa bingung :)

    @ayahshiva
    Hihihi, gak tahu ya ;)

    @marhenry
    Hehehe, memakai ajaran Tuhan juga harus baca kan?
    Jadi ingat kata kata Tantowi Yahya sebagai duta baca Indonesia:

    “Orang yang tidak pernah membaca adalah orang yang tidak banyak tahu, orang yang tidak banyak tahu sangat dekat dengan kebodohan, dan kebodohan sangat dekat dengan kemiskinan.”

    Tapi minimal Anda sudah berkomentar yang “nyambung” dengan topik posting ini, artinya paling tidak Anda sudah membaca dengan baik dan benar ;)

  6. 6
    marhenry
    berkomentar pada jam 11:50 am
    tanggal 3 August 2007

    ye…Tantowi Yahya…pernyataan yg dia sampaikan itu…ga sepenuhnya betul…ada fakta…orang yang buta huruf …kan praktis ga bisa baca tuh..dia cuma bisa liat dan denger terus mikir apa yang bisa diperbuat…dia bisa jadi orang kaya kok…kebetulan dia itu temen orang tua aku…dia punya pabrik tapioka, punya bengkel mobil, punya peternakan…kalo diliat dari pernyataannya Tantowi itu, ya ga masuklah…dia ga pernah baca, tapi banyak tahu…ga bodoh…apalagi miskin…..nah kalo gitu…gimana dong……

  7. 7
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:06 pm
    tanggal 3 August 2007

    Abusive ad Hominem ;)
    Anda tidak buta huruf kan?

  8. 8
    marhenry
    berkomentar pada jam 12:41 pm
    tanggal 3 August 2007

    ye…kok justru komentar anda yang ga nyambung dengan topik tulisan anda…
    artinya…substansi persoalan kenapa bangsa kita ga maju2 spt anda katakan…juga persoalan kebodohan dan kemiskinan seperti pernyataan Tantowi itu…bukan persoalan ga ada minat baca atau malas baca, tp persoalan ‘respon negatif’ seseorang atau masyarakat terhadap berbagai informasi yang masuk lewat apa yang dibaca, didengar, dilihat, dan dirasakan. Aku fikir, lebih baik orang yang buta huruf tp mampu memberi respon positif …kayak orang buta huruf tapi bisa berhasil dalam bisnis, kan banyak manfaatnya bg orang lain…dari pada orang yang pinter dan ahli baca tp memberi respon negatif…kayak para koruptor yang ngakalin duit rakyat bikin rakyat menderita….:d:d:d

  9. 9
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:35 pm
    tanggal 3 August 2007

    Maksud saya … Anda gak buta huruf kan? Kalau gak buta huruf berarti bisa baca :))

  10. 10
    marhenry
    berkomentar pada jam 1:53 pm
    tanggal 3 August 2007

    ye…anda bisa nulis topik yang bagus….tp ga ahli baca tulisan….:d=))=))=))

  11. 11
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:05 pm
    tanggal 3 August 2007

    Biarlah pembaca yang menilai siapa yang sebenarnya gak ahli baca tulisan ;)

  12. 12
    marhenry
    berkomentar pada jam 2:19 pm
    tanggal 3 August 2007

    :)):)):)) anda pinter juga ya…merendahkan diri tp sekaligus meninggikan diri…..:)) sorry…aku cuma canda kok…jangan disemat dalam hati ya…okey…thank`s….senang diskusi dg anda….:-h

  13. 13
    the sandalian
    berkomentar pada jam 2:29 pm
    tanggal 3 August 2007

    karena hal-hal yang mas riyo sebutkan itulah saya membatasi profesi saya sebagai “progremer” tanpa embel2 paham komputer luar dalam.

    jadi ketika ada yg ga tau caranya melakukan sesuatu dengan komputernya, saya cukup bilang bahwa saya cuma progremer, ga mudeng program A, B atau C.

  14. 14
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:22 pm
    tanggal 3 August 2007

    @marhenry
    Hehehe, sama-sama, senang juga berdiskusi dengan Anda :)

    @the sandalian
    Mmmm, kayaknya gak masalah juga kalau begitu. Yang jelas, sebagai programmer juga harus rajin baca kan? Minimal baca script/list program yang Anda buat :p

  15. 15
    ridu
    berkomentar pada jam 3:42 pm
    tanggal 6 August 2007

    Hmm… Minat Baca Orang Indonesia yah? :-? Di satu sisi, dari banyak artikel2 di media massa, orang Indonesia emg gak membudayakan membaca,
    tapi di sisi lain, ketika ada Book Fair, wuih gila penuh banget, dan ngantre abis yg belanja buku, apakah peristiwa yg terjadi di Book Fair ini bisa dijadikan indikator tingkat minat membaca orang Indonesia?:d/

  16. 16
    hermawan
    berkomentar pada jam 9:22 am
    tanggal 7 August 2007

    anak saya susah di untuk minat baca, lah saya sendiri juga jarang baca2.. gimana mau seneng baca, kecuali baca yang hot hot baru semangat,

  17. 17
    muspita
    berkomentar pada jam 6:12 am
    tanggal 14 August 2007

    saya sebagai mahasiswa terkadang juga males membaca.paling senengnya cm bc buku sastra.:(:(g taw napa..kayaknya belajar vm klw mo ada ujian ato quiz.tupun sks alias kebut semalam.niat se bl buku tp mahak semua.klu pun g dibc setidaknya tuk colecsi aj.

  18. 18
    Axel
    berkomentar pada jam 9:17 am
    tanggal 21 August 2007

    Sebetulnya menyalahkan kebodohan orang pada “kekurangan minat membaca” itu kurang tepat, menurutku. Kelihatannya yang benar-benar kurang itu cara berpikir yang tepat.

    Contohnya benar-benar simpel: banyak sekali orang Indonesia yang, kalau ada masalah sedikiiiiiiiiiit aja malah telpon temen buat mendapatkan jawaban. Memang, bisa dapat jawaban yang tepat–tapi kalau semua orang Indo kaya gini, lha jawabannya sama semua gara-gara semuanya pada nyontek dong?!

    Tidak banyak orang Indo yang menginvestigasi (lha, ada kaga itu kata?) suatu problem dengan sendirinya. Pakai google kek, mikir sendiri, meditasi, baca buku–kalau udah mampet baru tanya temen. Orang Indonesia pada dasarnya memang “gaul” banget dibandingkan dengan orang bule, menurutku. Tapi gara-gara nyontek melulu malah tetep jadi goblok… =_=;

  19. 19
    nanangnurudin
    berkomentar pada jam 3:33 am
    tanggal 25 August 2007

    menumbuhkan minat baca memang sangat susah sekali padahal dengan membaca wawasan kita akan lebih luas dan lehih luwes (bh.jw):(( kadang aku habis pikir siswa2 disekolah masih banyak yang malas untuk membaca padahal inti belajar adalah membaca :-hkadang aku merasa kasihan melihat penjual buku harapan dia selain mencari untung dari hasil jualannya adalah mencerdaskan bangsa, namun apa yang terjadi orang andonisi lebih senang makan daripada membaca :^o

  20. 20
    Penting gak sih ada komentar di bLog kamu?
    berkomentar pada jam 10:13 pm
    tanggal 25 August 2007

    [...] kirim trekbek kesini kok ga berhasil ya :D yawda, manual aja :P [...]

  21. 21
    diah
    berkomentar pada jam 1:31 pm
    tanggal 26 August 2007

    Indonesia bisa maju, klo smua warganya *utamanya dan special bagi para pelajar yg menumbuhkan minat baca sejak dini :d/

    *sok teuu… kebuurrr ahhhh:-\\”

  22. 22
    mitra w
    berkomentar pada jam 2:31 pm
    tanggal 26 August 2007

    ^_^, emang sih… padahal zaman dulu buat bisa baca aja susahnya ampun2an… musti dari keturunan ningrat lah… bla…bla..bla..

    nah, mas… aku jg punya masalah yg sama, “suka beli buku, tp males baca”

    dan aku jg tipe ga suka baca koran, mending berita di tv…

    LHO?? kok jadi curhat?? :P

    hehehe. lam kenal deh mas…, ni abis ngbur dari blog nya ale.. :)>-

  23. 23
    ab haryanto
    berkomentar pada jam 12:56 pm
    tanggal 14 September 2007

    inilah yang terjadi jika budaya kita langsung melangkah pada budaya lisan. di negeri kita tradisi atau budaya lisan lebih sering digunakan ketimbang budaya baca. berbeda dengan bangsa barat yang melewati budaya baca dulu kemudian budaya lisan/tulisan.
    sebenarnya jika melihat pada sejarah salah satu agama samawi dalam kitab sucinya Tuhan menurunkan surat pertama dalam kitab suci sekaligus sebagai perintah yaitu ‘Iqra’ (bacalah). pertanyaannya kenapa Tuhan memerintahkan manusia untuk membaca terlebih dahulu bukan menulis, bukan bercerita.

    Jadi, jika sekarang ada orang yang masih belum minat membaca apalagi seorang mahasiswa dan orang yang memiliki dan berkesempatan mendapat pendidikan yang layak perlu dipertanyakan kadar pemahaman terhadap perintah agamanya (dengan catatan Ia adalah penganut agama samawi yang saya sebutkan diatas).

    buat yang belum baca, mulailah membaca, membaca apa saja, kapan saja dan dimana saja, toh apa yang dibaca saya yakin tidak ada yang sia-sia.

  24. 24
    Axel
    berkomentar pada jam 1:05 pm
    tanggal 14 September 2007

    Sia-sianya ya…menurut saya tergantung orangnya. Walau banyak yang dibaca, kalau “facts”-nya memang bohong atau tidak tepat, sang pembaca juga akan menyusun suatu pendapat yang “salah” atau “kurang tepat”.

    Seiring dengan minat membaca, seorang pembaca juga harus berpikir dengan pikiran jernih dan tidak harus takut untuk bertanya “kenapa?”

    (lha, kok kaya iklan rokok?!)

  25. 25
    Ayuningtyas
    berkomentar pada jam 4:46 pm
    tanggal 23 September 2007

    Assalammu’alaikum. wr.wb.
    memang sih budaya membaca dalam masyarakat Indonesia sangatlah minim, itulah kenapa banyak masyarakat Indonesia banyak yang mudah di bohongi.
    he..he.. sebenarnya saya sendiri termasuk tipe orang yang malas membaca, tapi berhubung sekarang ini saya kuliah di jurusan bahasa&sastra Indonesia, saya benar- benar di gembleng dan di haruskan membaca oleh dosen saya.:d
    kaget sih ketika harus menerima kenyataan bahwa saya HARUS MEMBACA.. di benak saya kebosanan akan menghampiri, tapi secara perlahan sekarang saya sudah mulai menasehati diri dengan cara membeli dan membaca buku bagaimana cara membaca cepat dan mengambil maknanya dengan baik.
    mungkin bergabung dengan komunitas orang-orang yang senang membaca dapat menambah semangat saya untuk membaca;)
    sekian tanggapan saya..:-h
    Wassalam

  26. 26
    ainun
    berkomentar pada jam 8:28 pm
    tanggal 2 December 2007

    minta tolong donk gimana cara pasang kotak komen, soalnya aku dah sering coba tapi loom berhasil…………syukran ya….main ya ke blog aku nich webnya http://WWW.Kakainun.blogspot.com

  27. 27
    kecrexz
    berkomentar pada jam 12:46 pm
    tanggal 11 May 2008

    tau car2 yang efektif gak biar kita hobi membaca buku dsb :D

    maaf kalo mengangu ^:)^

  28. 28
    wini desiana darussalam
    berkomentar pada jam 1:32 pm
    tanggal 28 May 2008

    minat baja di pengaruhi dari latar belakang lingkungan dan keluarga. biasanya orang tua hanya menyerahkan anak pada sekolah sedangkan mereka tidak peduli dengan anaknya. apakah guru dapat efisien mendidik 30-45 siswa dalam satu kelas dan anak pun karakternya berbeda2. itulah kenapa minat baca kurang. andai saja minat baca di mulai dari lingkungan keluarga berjalan dengan lancar mungkin dengan sendirinya mereka akan memiliki minat baca yang baik. dan indonesia tidak akan seperti sekarang2 ini. sejujurnya saya sedih dengan keadaan indonesia saat ini, indonesia yang kaya ternyata bisa menjadi pengemis.

  29. 29
    Rian jambi
    berkomentar pada jam 12:11 pm
    tanggal 9 December 2008

    =)) =)) :horor: :muntah: :muntah: :munta
    we sob napa kok di jaman secanggih ne
    kurangnya minat kita membaca????
    mungkin karna kurang menarik ya…..
    ato faktor indifidu yang malas?????
    u hebat sob hahaha

  30. 30
    ermi
    berkomentar pada jam 11:45 am
    tanggal 17 December 2008

    artikelx bagus bgt tapi lebih bagus klo di tambah data2 otentik tentang rating minat baca pelajr n mahasiswa d ato jg bisa kan riset2 khusus githu…….. artikelx cukup membantu tugas q ne ………. tks ywwwwwwww :p

  31. 31
    man jakun
    berkomentar pada jam 9:39 am
    tanggal 10 May 2009

    apa ….
    woi gigi aq hilang ..
    pengunguman,kalo terjumpa tlg bg balik… [-( :d :-o =))

  32. 32
    moko
    berkomentar pada jam 3:29 pm
    tanggal 4 October 2009

    thx ya atas ulasan tentang ‘minat membacanya”. sangat berguna untuk saya yang sedang menyelesaikan karya tulis dengan tema membaca.

  33. 33
    pengkhengsun
    berkomentar pada jam 2:59 pm
    tanggal 9 November 2009

    Baru-baru ini saya mempunyai ide yang saya namakan Reading Record(RR). RR bermanfaat mengukur dan merangsang minat baca. Sejauh ini RR yang saya dan teman-teman buat sesuai dengan harapan. Bagi pihak yang benar-benar ingin meningkatkan minat baca, saya sarankan untuk mencoba RR. Hubungi email saya untuk mendapatkan artikel Manfaat dan Cara Membuat Record Reading.

  34. 34
    anty
    berkomentar pada jam 6:54 pm
    tanggal 18 December 2009

    emank benner sih… q aja yang ebagai pelajar mengalami hal yang seperti itu… kadan minat belajar iru gag ada….
    ada yang punya solusinya????? :s

  35. 35
    Puji astuti
    berkomentar pada jam 1:20 pm
    tanggal 20 December 2009

    aslm..aku mhasiswi smster 7 ners UNHAS, mau buat proposl ttng minat abca di kampusku..ada nga referensi yang bagus buat draftku,sharing dong..thanks before///
    waslm

  36. 36
    eva bandung
    berkomentar pada jam 4:49 pm
    tanggal 29 December 2009

    terkadang minat baca hilang gara2 gangguan.seperti pekerjaan,keluarga dan teman saat mengajak berkumpul….tapi,,,kadang bembaca bisa menjadi membosankan ketika temanya tidak menarik lagi….

    ada yg tau ga cara membuat website

  37. 37
    rharha
    berkomentar pada jam 7:14 pm
    tanggal 27 January 2010

    hmmm.. untunkk aqo hobby ngebaca n nulis,, hehehe

  38. 38
    sandra
    berkomentar pada jam 1:46 pm
    tanggal 26 March 2010

    mas……. sebenarnya gak da yg salah dgn minat dalam diri sesorang…….. yang salah itu adalah pendidikannya. pendidika yg ia dapat…. pengalaman yg ia dapat. minat tidak pernah salah krna itu timbul dari dalam diri. apa mas tau gunanya pisau waktu umur 5 taun????…….. saya rasa enggak… bahkan masih banyak orang yg belum tau gunanya pisau setelah ia dewasa. bukannya salah dia tetapi pendidikannya tentang gunanya pisau belum sampai ke sana…. jadi dia hanya gunakan pisau sesuka hatinya. bgitu jga dengan internet sebagai pustaka besar dunia…… jangan kenalkan pada anak yg masih belum pantas mengenalnya. jadi, pendidikan dari orang-orang yg terdahulu yg patut disalah kan. bukan pada jaman sekarang. jadi indonesia sekarang banyak yg belum paham tentang psikologis anak sehingga mengajarkan apa yg sebenarnya belum mereka ketahui. itulah letak titik kesalahan kita Indonesia. Minat tidak pernah salah… itu timbul dengan rangsangan. gitu menurut saya mas.

  39. 39
    cheap bali villas
    berkomentar pada jam 9:17 am
    tanggal 1 October 2010

    thanks infonya ya bos..kebetulan saya lagi belajar menyeting modem.

  40. 40
    oo
    berkomentar pada jam 8:17 pm
    tanggal 30 December 2011

    saya hobi mmbca..
    & ingin mmbli bku”..
    but..
    not enough money..
    msh blm krj..
    T.T


Isi Komentar


  • *