Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Pemecatan Desainer .. Hiks

Dikirim: July 6th, 2007 | Oleh: | Kategori: Diary | 19 Komentar »

Pekerjaan yang paling banyak menyita waktu bagi kami saat mendevelop sebuah software, desktop maupun web-based adalah saat merancang desain tampilan (user interface). Menyita waktu bukan karena kami tidak bisa melakukannya, tetapi karena biasanya menjadi terlalu ‘keasyikan’ dengan kegiatan mendesain tersebut sampai-sampai lupa kalau masih ada kegiatan lain yang seharusnya sudah kami lakukan seperti mendesain sistem, database, programming dsb :))

Alhasil, dalam proyek kali ini kami mencoba mempekerjakan seorang desainer untuk urusan tersebut. Dengan maksud (tentunya) agar konsentrasi kami tidak lagi terganggu dengan masalah desain. Kami kebetulan punya kenalan dari seorang sobat yang terbiasa dengan urusan desain-mendesain. Ketika saya tanya apakah dia sudah terbiasa menggunakan CSS dalam mendesain, jawabnya “bisa”. Saya tanyakan hal ini karena karya-karya desainnya yang sudah saya lihat dan saya nilai keren itu semua dibuat menggunakan flash.

Singkat cerita, akhirnya dia bekerja sebagai pegawai kontrak (base project) selama 3 bulan dengan tugas membuat desain aplikasi web-based yang sedang kami bangun. Mulanya semua kelihatan berjalan lancar hingga untuk pertama kalinya dia memberikan rancangan desain hasil karyanya. Saat itu saya langsung was-was, karena apa yang saya lihat masih dirancang dalam model yang biasa dia buat menggunakan flash. Saya hanya mengatakan bahwa rancangan desain seperti ini, selain terlalu gelap (seperti situs-situs underground hehehe) juga sulit dibuat menggunakan HTML dan CSS kecuali menggunakan tambahan grafik dimana-mana #-o

Hari demi hari saya semakin curiga melihat hasil desainnya yang tidak ada kemajuaannya hingga suatu hari, setelah melalui dialog agak lot, akhirnya dia mengaku belum bisa dan nyaris belum pernah menggunakan CSS. Gubrak! Akhirnya, yang saya lakukan adalah memberikan referensi buku maupun beberapa referensi link mengenai CSS dan memberikan dia kesempatan untuk mempelajari CSS –tentunya tidak dalam waktu yang berlama-lama.

Sebetulnya saya suka dengan tipe orang nekad seperti ini, mengatakan BISA dalam kondisi saat itu belum BISA bahkan belum BISA sama sekali. Soalnya, saya pun sering melakukan hal ini hahaha :d Hanya kalau saya bilang BISA padahal saat itu belum BISA, saya akan usaha keras hingga akhirnya menjadi BISA dalam waktu yang sudah diperjanjikan. Alhamdulillah, dari sekian banyak kejadian, saya jadi BISA betulan :) Artinya, saya suka dengan tipe orang seperti ini, dengan catatan orang tersebut menyanggupi konsekuensi kata “BISA” yang sudah diucapkannya

Waktu berjalan terus, tetapi hasilnya sama sekali tidak menunjukkan kebolehan dia dalam mendesain dengan memanfaatkan berbagai fitur CSS. Hasilnya nyaris seperti orang yang baru mengenal HTML dan CSS :((

Saya selalu menekankan agar desainnya lebih berwarna (cerah, tidak pucat), terlihat elegan dan tentunya eye catchy. Dia kelihatannya mengerti apa yang saya maksud, hanya skill menggunakan dan memanfaatkan CSS untuk urusan seperti ini kelihatannya belum mumpuni :((

Yang saya sesalkan adalah, dia tidak pernah mau mengakui kalau dirinya tidak sanggup tetapi malah memutar-balikan fakta seolah-olah saya yang salah. Waduh. Padahal selama ini saya sebagai pemberi kerja sudah memberikan beberapa kali excuse baik dari skill yang dia miliki maupun dalam hal waktu (beberapa kali dia mangkir dari janji). Ya sudah, apa boleh buat, per hari kemarin saya sudahi perjanjian kontrak secara sepihak :(

Alhasil, sekarang kami kudu balik lagi membuat desain sendiri :(( Mudah-mudahan waktunya masih cukup. Amin.

**btw, jika Ada pembaca yang merasa dirinya menguasai CSS dan terbiasa atau senang dengan web-desain, bilang-bilang ya :), siapa tahu kita bisa bekerja sama ;)


19 komentar untuk “Pemecatan Desainer .. Hiks”

  1. 1
    mysyam
    berkomentar pada jam 2:25 pm
    tanggal 6 July 2007

    btw ini lowongan yah.. ;))

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:37 pm
    tanggal 6 July 2007

    Kelihatannya begitu ;))
    Hanya untuk next project barangkali, karena project yang sekarang sudah kepalang mepet waktunya.

  3. 3
    Luthfi
    berkomentar pada jam 2:50 pm
    tanggal 6 July 2007

    untungnya bukan aku yang dikontrak
    bs2 lbh parah :-)
    gak jadi2 :-P

  4. 4
    mysyam
    berkomentar pada jam 2:59 pm
    tanggal 6 July 2007

    pelamar yang waktu itu apa tidak di test dulu tentang kemampuan CSS nya, mungkin sedikit diberi tugas, lalu di evaluasi hasilnya. Kalau OK baru taken kontrak. Yah ini pelajaran supaya tidak asal comot saja yah.. :D hehehe…

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 5:09 pm
    tanggal 6 July 2007

    Hahaha, itu lah. Saya percaya dengan dia, pertama karena dia adalah teman baik sobat saya dan saya sudah lihat hasil karya flash-nya yang saya akui sangat bagus. Saat saya tanya bisa atau tidak desain dengan CSS, dia bilang bisa, ya wis … terjadilah hehehe.

    Ya betul juga, ambil pelajarannya saja :)

  6. 6
    aribowo
    berkomentar pada jam 7:19 pm
    tanggal 6 July 2007

    kalo aku justru kalo lagi ada proyek membuat web terkadang terbatasnya ide akan thema dari web

  7. 7
    Yan
    berkomentar pada jam 6:46 am
    tanggal 7 July 2007

    “Trust no one!” Hehe. Ini pelajaran ke berapa ya? Om Riyo dikibulin. Jadi, kalau dibutuhkan yang bisa CSS, ya lihat hasil karyanya yang pakai CSS. Kok malah yang disodorin hasil karya pakai Flash. Kagak nyambung bos.

  8. 8
    -tikabanget-
    berkomentar pada jam 9:52 am
    tanggal 7 July 2007

    eehh.. butuh sampe kapan?? ntar sayah sebarken..

  9. 9
    heru
    berkomentar pada jam 10:39 am
    tanggal 7 July 2007

    pekerjaan pertama yg penting seorang pemulai usaha adalah mencari mitra yg sesuai harapan…. dan mengelola emosi melihat harapan itu bersinar namun kemudian hancur…..
    lanjut terus bos….

  10. 10
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:46 am
    tanggal 7 July 2007

    @ari bowo
    Gitu ya? :)

    @Yan
    Hehehe, ini baru pertama kalinya boss :d Mudah-mudahan gak akan kejadian untuk kedua kalinya [-o< @-tikabanget- Sampai kapan ajah, hanya untuk next project. Soalnya proyek yg ini sudah mepet waktunya.

  11. 11
    wildan
    berkomentar pada jam 7:22 pm
    tanggal 7 July 2007

    Wah, gw juga pernah kayak gitu, dan untungnya berhasil,he3… Kenekatan ( kalau berhasil ) bakalan ngasih skill baru yang belum tentu kita mau pelajari di hari2 biasa.

    CSS ? Saya BISA ! :d Cuman kalau masalah design gak mahir ( gak ada sense dari sononya kali ? he3.. ) cuman kalau udah ada gambarnya, gw bisa convert jadi CSS dan XHTML.

    Dijmain Valid W3C , he3..

  12. 12
    ario dipoyono
    berkomentar pada jam 5:51 pm
    tanggal 10 July 2007

    mas apa masih buka lowongan ???:d

  13. 13
    donny
    berkomentar pada jam 11:06 am
    tanggal 18 July 2007

    Artinya, saya suka dengan tipe orang seperti ini, dengan catatan orang tersebut menyanggupi konsekuensi kata “BISA� yang sudah diucapkannya

    Berarti saya masuk dong…;))

  14. 14
    dhe_an
    berkomentar pada jam 12:04 pm
    tanggal 30 July 2007

    CSS? Bisa banget, tapi taon depan ya baru di uji hehehe..
    Ntar deh di sebarin ke teman2 lain..
    Ntar kalo ada, confirm nya kemana ya?:-\”

  15. 15
    Jauhari
    berkomentar pada jam 11:45 am
    tanggal 1 August 2007

    Saya Mendaftar mas… siapa tau masuk KRITERIA… :x

  16. 16
    Firman Hadi
    berkomentar pada jam 9:21 am
    tanggal 30 August 2007

    Freelance boleh gak mas? :)

  17. 17
    hariadhi
    berkomentar pada jam 10:21 pm
    tanggal 28 January 2009

    desain gw ga bagus, tapi dah full pake css (baru belajar, soalnya :) )

    http://www.hariadhi.com

    tertarik?

  18. 18
    terrence
    berkomentar pada jam 8:24 am
    tanggal 20 November 2014

    .

    ñïàñèáî!!

  19. 19
    Stuart
    berkomentar pada jam 10:57 am
    tanggal 28 November 2014

    .

    áëàãîäàðåí!


Isi Komentar