Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

“Secara”, Bahasa Yang Aneh

Dikirim: May 29th, 2007 | Oleh: | Kategori: Bingungsiana | 32 Komentar »

Akhir-akhir ini saya sering sekali mendengar kata “secara” yang diletakkan pada sebuah kalimat, baik dalam pembicaraan maupun penulisan saat chatting, dengan arti yang membuat saya bingung. Misalnya yang baru saja terjadi saat saya menanyakan melalui YM kepada salah seorang teman saya:

Riyogarta (29/05/2007 9:42:45): ada di kantor gak siang ini?
AL (29/05/2007 9:43:24): blm tau euy …secara kemaren gw egk masuk krn anak2 gw pd sakit, inibr dateng udh byk kerjaan bgt
AL (29/05/2007 9:43:31): ntar loe telp gw aja ya
Riyogarta (29/05/2007 9:43:50): oke

Ya, bisa kita lihat kata “secara” nongol dengan fungsi yang menurut saya melenceng dari arti kata tersebut.

Apa bedanya antara:

blm tau euy …secara kemaren gw egk masuk krn anak2 gw pd sakit, inibr dateng udh byk kerjaan bgt

dengan kata “secara” yang dihilangkan

blm tau euy …kemaren gw egk masuk krn anak2 gw pd sakit, inibr dateng udh byk kerjaan bgt

Tidak ada bedanya toh? Justru menurut saya kalimat tersebut jadi tidak terlihat aneh. Belum lagi kalau berbicara masalah penghematan, kalimat kedua lebih hemat 6 digit plus 1 spasi –ini akan berasa kalau kirim sms :p.

Maka, penasaran dengan fenomena penggunaan kata “secara” yang aneh dan akhir-akhir ini menjadi trend, saya hari ini googling mencari kalau-kalau ada pakar bahasa membahas fenomena ini. Saya mendapatkannya di Wisata Bahasa pada harian Pikiran Rakyat dengan judul Secara Gaul. Nah, dalam tulisan tersebut penulis sebagai peminat bahasa sepaham nih dengan saya :p, berikut saya kutip:

… pemakaian “secara” yang digunakan dalam bahasa gaul memang tidak sesuai dengan konsep secara yang bermakna “keterangan yang menyatakan jalannya suatu peristiwa berlangsung“?. Variasi bahasa yang ada dalam bahasa gaul berkaitan dengan pemakaian “secara”? memang sebuah kenyataan yang menyimpang dari kaidah bahasa. Pemakaian bahasa gaul dengan kata “secara”? yang menyimpang ini suatu saat mungkin akan hilang dengan sendirinya seiring munculnya tren baru bahasa gaul.

Jadi, yang suka menggunakan kata “secara” harusnya tahu bahwa itu adalah bahasa gaul yang menyalahi kaidah bahasa Indonesia :p

**Halah, ini kata “secara” bikin gue bingung ajah :-?


32 komentar untuk ““Secara”, Bahasa Yang Aneh”

  1. 1
    iftiron
    berkomentar pada jam 10:42 am
    tanggal 30 May 2007

    secara gw juga bingunk…=))

  2. 2
    JiE
    berkomentar pada jam 8:27 am
    tanggal 31 May 2007

    Kalo ga salah sih awalnya dipake ama artis2, trus jadi kondang deh..

  3. 3
    Rizma
    berkomentar pada jam 2:05 pm
    tanggal 1 June 2007

    secara itu jadi kaya kata ‘since’ di bahasa inggris ya??

  4. 4
    rime
    berkomentar pada jam 3:50 pm
    tanggal 1 June 2007

    mas Riyo… kemana ajah…? ini udah jadi ‘kegemparan’ dalam berbahasa sejak lama… yah walopun ga lama2 amat seh..

    bulan Juni 2006, aku juga udah pernah nulis ini

    dalam kalimat blm tau euy …secara kemaren gw egk masuk krn anak2 gw pd sakit, inibr dateng udh byk kerjaan bgt mungkin ‘secara’ memiliki ‘arti’ sama dengan “soalnya” atau “karena”..

  5. 5
    9racehime
    berkomentar pada jam 3:58 pm
    tanggal 1 June 2007

    kalo buat saya sih….sm kaya kata rizma..
    scara itu artinya kira2 kaya “since” di bahasa inggris…
    tapi emg ga fdhol sih kalo ga pk scara…
    scara udh kbiasaan juga…hehe
    :d

  6. 6
    9racehime
    berkomentar pada jam 3:59 pm
    tanggal 1 June 2007

    btw, slm kenal….:)

  7. 7
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:07 pm
    tanggal 1 June 2007

    @rime
    Hihihi, iya ternyata :”>, soalnya bagi saya fenomena “secara” baru muncul beberapa bulan yang lalu. Ternyata, setelah googling, sudah ada dan sudah dibahas sejak tahun 2005 :d

    2005:
    http://daffodilsky.blogspot.com/2005/07/penggunaan-kata-secara-aslinya-kata.html
    2006:
    Selain punya rime di
    http://kopipakegula.blogspot.com/2006/06/secara-gitu-loh.html
    juga punya Jay
    http://yulian.firdaus.or.id/2006/06/20/secara/

    Tapi tetep ajah tuh secara saya gak ngerti, kenapa kata secara kok sekarang digunakan secara begitu =))

  8. 8
    Agam
    berkomentar pada jam 1:43 pm
    tanggal 2 June 2007

    Kalo bahasa melayu malah lebih aneh.
    Temenku yang orang malaysia aja mengakui bahwa bahasa melayu itu emang aneh.

  9. 9
    donny
    berkomentar pada jam 8:54 pm
    tanggal 3 June 2007

    Udah sembuh toh, syukur lah…:)
    Kalau saya sih sebel banget ngedengernya, bikin jadi gk jelas…apalagi pernah suatu kali dalam seminar yang tentunya serba ilmiah, seorang mahasiswa bertanya pake kata ‘secara’ yang malah bikin nggak jelas.
    “secara gitu loh…”, katanya. Apa sih maksudnya? :-\”

  10. 10
    Ridu
    berkomentar pada jam 8:10 am
    tanggal 4 June 2007

    Iya siy, kata “secara” udah terdengar sejak sekitar Juni 2006, kata tersebut dipopulerkan oleh Prambors (kata2 seperti “gitu lho” juga dipopulerkan dari situ dan masih banyak yg lain). Dari situ banyak yg mengikutinya, bahkan pembuat viruspun ngikutin tren bahasa gaul, yaitu munculnya virus brondong, terbukti dengan salah satu extention dari virus tersebut adalah ber-ekstension .scr (.secara) :d:d:)>-

  11. 11
    mysyam
    berkomentar pada jam 1:58 pm
    tanggal 4 June 2007

    kalimat:
    “secara gue blum sarapan tadi pagi, jadinya lemes deh”
    “secara kemaren gue nggak masuk…”

    kalau saya perhatikan dari beberapa kalimat, arti kata “secara” lebih cenderung berarti “oleh karena”

    kalimat diatas menjadi:
    “oleh karena gue blum sarapan, jadinya lemes deh”
    “oleh karena gue nggak masuk..”

    saya juga ga tahu apa makna sebenarnya yang dimaksud oleh si pengguna kata, kebanyakan mereka hanya IKUT-IKUTAN dan di PAS-PAS in dengan kalimat yang mereka buat..:-\”

  12. 12
    aribowo
    berkomentar pada jam 11:58 am
    tanggal 5 June 2007

    kalo aku justrus dapet neeh kata dari blogger yang lain, jadi ikut2an deh :d

  13. 13
    udung
    berkomentar pada jam 10:28 pm
    tanggal 5 June 2007

    sepertinya sudah jadi kebiasaan dech, btw memang kedengaran rancu yach ? menarik juga bahasan mengenai penggunaan “secara” ini. baru baca juga sih penulisan kek gitu, atau mungkin pernah juga dapet “jatah” obrolan seperti itu hanya udung ngga begitu merhatiin…

  14. 14
    bumisegoro
    berkomentar pada jam 8:13 am
    tanggal 13 June 2007

    secara??? aku ga ngerti dech . ada yang bilang….dong-dong think smart dong :o

  15. 15
    satanz
    berkomentar pada jam 6:09 pm
    tanggal 13 June 2007

    dsadsadsdas:ddsadsa

  16. 16
    cK
    berkomentar pada jam 11:25 pm
    tanggal 15 June 2007

    hhmm…gimana ya? secara sekarang saya juga lumayan sering menggunakan kata-kata itu kekekekekekk :D

  17. 17
    yeye
    berkomentar pada jam 4:57 pm
    tanggal 19 June 2007

    “secara” gue cuma ikutin trend aj “booow”..;)

  18. 18
    ayok
    berkomentar pada jam 1:40 pm
    tanggal 21 June 2007

    Daripada saya, sebaiknya tidak berkomentar saja…. :))

  19. 19
    super_kecil
    berkomentar pada jam 1:44 pm
    tanggal 22 June 2007

    SECARA saia juga bingung kenapa orang pake ngomong SECARA diletakkan di awal kalimat… SECARA cuman buat gaul… :)>-:-?

  20. 20
    cK
    berkomentar pada jam 10:54 pm
    tanggal 24 June 2007

    secara gitu deeh :d

  21. 21
    ummi
    berkomentar pada jam 2:37 pm
    tanggal 30 June 2007

    secara ……:-?
    karena begitu jadi begini……..:”>
    secara adalah sebab akibat…..

  22. 22
    Ryan
    berkomentar pada jam 12:55 pm
    tanggal 20 July 2007

    secara gw juga bingung ma secara,pokoknya secara gitu loh,.,.,.:d=)):d:”>

  23. 23
    marti
    berkomentar pada jam 11:44 am
    tanggal 26 August 2007

    secara, gw ga ngerti maksud orang ngomong “secara”
    :-?
    secara qt bingung, secara itu apa siy…jeng????
    :o

  24. 24
    ilma
    berkomentar pada jam 11:52 am
    tanggal 26 August 2007

    pokoknya secara ya secara :d
    secara gw ga ngerti artinya secara,
    ya..udah secara!:-@[-(

  25. 25
    fenny
    berkomentar pada jam 3:13 pm
    tanggal 28 August 2007

    :-? kok bisa ya…” Secara” nongol sembarangan di kalimat yang nggak tepat

  26. 26
    vierasy
    berkomentar pada jam 5:36 pm
    tanggal 11 September 2007

    g tepat aja penggunaanya, jg mmbuat bngung….ato yg pke g ngerti arti yg sesungguhnya, jd asl pke aja x.[-x^:)^

  27. 27
    Ayn
    berkomentar pada jam 3:28 pm
    tanggal 26 May 2008

    :)) =)) ^:)^ ^:)^

    haahahhaaa…. ternyata emng bnyak orng bingung dgn kata ‘secara’ yg aneh ini.. hehehe…

    check this out, bro:

    http://mertanus.wordpress.com/2007/06/20/penggunaan-istilah-secara-dalam-bahasa-gaul/

    bnyak org lain juga bingung koq.. heheheh..

  28. 28
    Penggunaan kata secara « Waskita Adijarto
    berkomentar pada jam 3:06 am
    tanggal 29 May 2008

    [...] http://riyogarta.com/2007/05/29/secara-bahasa-yang-aneh/ [...]

  29. 29
    Ghal
    berkomentar pada jam 8:10 pm
    tanggal 13 December 2008

    Omong-omong soal “secara”, saya telah melakukan penelitian bahasa pada kata tersebut. Kata secara yang bermakna “dengan cara” dirancukan dengan makna baru “soalnya (bentuk kasual kata penghubung sebab-akibat)” karena terdapat hubungan asosiatif antara kata dasar yang membentuk kedua kata tersebut; “soal” dan “cara”. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi blog saya di http://perubahanmakna-katasecara.blogspot.com/ (bisa langsung masuk ke bagian “Pembahasan” untuk menghemat waktu baca “]).

  30. 30
    Said Mukadam Alatas
    berkomentar pada jam 5:22 pm
    tanggal 18 July 2010

    Kalau saya perhatikan kalimat kalimat diatas memang pemakaian kata “secara” itu salah. “Secara” itu bahasa Melayu yang pemakaiannya sudah jarang sekali. Secara = dengan cara. Contoh. Katakan secara benar! Maksudnya katakan dengan cara yang benar.

  31. 31
    RIZKY AULIA
    berkomentar pada jam 8:18 am
    tanggal 8 August 2011

    secara garis besar, Kata “secara” bikin jengkel banget ngedegernya kalo kebetulan lagi ngobrol sama temen…
    contohnya ” secara gituloh diakan banyak duit” ck ck ck…

  32. 32
    Susilo Bambang Yudhoyono
    berkomentar pada jam 12:42 pm
    tanggal 9 February 2013

    Kami mengimbau warga-warga Indonesia agar selalu menggunakan kata-kata Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar, serta Ejaan Yang Telah Disempurnakan.

    Salam,
    Susilo Bambang Yudhoyono


Isi Komentar


  • *