Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Akibat Sering Ber-Multitasking

Dikirim: April 13th, 2007 | Oleh: | Kategori: Diary | 19 Komentar »

Beberapa hari yang lalu saya membaca berita di detik.com dengan judul Anak ‘Budeg’ dan Otak Berkabut Lantaran Gadget. Yang menarik sekaligus serem adalah bukan karena saya penggemar gadget, tetapi lebih kepada apa yang sangat sering saya lakukan, yaitu melakukan kegiatan secara mutltitasking (melakukan beberapa kegiatan sekaligus dalam satu waktu).

Semula, saya menganggap kemampuan yang alhamdulillah saya miliki ini sangat bermanfaat, selain membuat kegiatan menjadi lebih efisien, juga agar otak selalu aktif dalam setiap saat. Kata orang, kalau otak tidak digunakan maksimal, selain berarti kita tidak mensyukuri nikmat yang diberikan-Nya, juga bisa berakibat berkurangnya kecepatan berpikir seseorang. Oleh sebab itu, kemampuan otak untuk melakukan multitasking saya anggap anugerah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Alhasil, adalah biasa bagi saya untuk melakukan beberapa hal yang menurut sebagian orang adalah luarbiasa. Misalnya, mendengarkan orang berbicara sembari membaca buku. Isi pembicaraan tetap saya terima dengan baik sebaik apa yang saya baca. Memang kelihatannya tidak sopan, itu sebabnya saya hanya melakukan hal ini kepada beberapa orang yang sudah kenal baik dengan saya ;)

Atau hal lainnya, seperti melakukan kegiatan programming sambil ngobrol ngalor-ngidul, bermain catur sambil memikirkan ide atau solusi yang berhubungan dengan apa yang sedang saya kerjakan, menyetir kendaraan sambil memikirkan hal lain –weee .. yang ini BAHAYA euy!– dan masih banyak lagi. Itu pula jawabannya mengapa saya bisa melakukan pekerjaan yang secara umum lebih cepat selesai dibandingkan yang lain —meskipun dampaknya terkadang membuat saya kesal :((

Sekarang, saya sedang berusaha untuk tidak lagi melakukan hal-hal tersebut. Kenapa? Karena ternyata kebiasaan bermultitasking itu bisa memicu apa yang disebut brain fog atau fibro fog. Penyakit yang dikutip dari detik mengakibatkan “… kepikunan, sering salah memanggil nama orang, dan lupa di mana letak benda yang sebenarnya sedang di genggaman.“. Mmmm, untuk bagian yang nama orang kok kayaknya agak nyerempet nih, saya memang agak susah menghafalkan nama orang. Bahkan, sampai sekarang hanya beberapa siswa saya saja yang saya hafal namanya :(

Ok, that’s enough, … do one task at a time!
**hanya kok masih susah ya meninggalkan kebiasaan ini :(


19 komentar untuk “Akibat Sering Ber-Multitasking”

  1. 1
    JiE
    berkomentar pada jam 10:51 pm
    tanggal 13 April 2007

    Oitss.. hati2 lho.. otak pria tidak didesain ‘Dual Core’ oleh sang Khalik. Beda dengan wanita yang mampu mengerjakan 2 hal sekaligus :)

  2. 2
    Luthfi
    berkomentar pada jam 7:13 am
    tanggal 14 April 2007

    @ 1: koq gitu?

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 8:42 am
    tanggal 14 April 2007

    @JiE
    Pernah sih mendengar .. tetapi nyatanya saya dan beberapa orang yang saya kenal bisa juga tuh melakukannya :p

  4. 4
    JiE
    berkomentar pada jam 10:54 am
    tanggal 14 April 2007

    Gw baca buku : Why men don’t listen and women can’t read maps.
    Penulisnya : Allan & Barbara Pease

    Buku yg bagus, semacam buku Men are from Mars and Women are from Venus. Mengupas ciri2 fisik & psikologis pria dan wanita yang ternyata berbeda ‘blueprint’-nya. Kalo abis baca buku itu, dijamin bisa memahami lawan jenis lebih baik lagi :)

    *loh..kok malah review buku di blog orang :D

  5. 5
    Agam
    berkomentar pada jam 2:52 am
    tanggal 16 April 2007

    @ JiE : Bukunya sepertinya bagus. dijual di Indonesiakah?

  6. 6
    aribowo
    berkomentar pada jam 9:33 am
    tanggal 16 April 2007

    wah gawat nih, laptop gue sering gue pake multitasking, jangan-jangan umur nya ntar gak panjang.

  7. 7
    Meda
    berkomentar pada jam 8:42 pm
    tanggal 16 April 2007

    umumnya kita kan emang suka multitasking .. praktis kan? kayaknya susah ngilangin kebiasaan ini … :d

  8. 8
    Rizma
    berkomentar pada jam 2:42 pm
    tanggal 17 April 2007

    Gile,, itu Ma banget!! oo,, jadi bakal sering lupa nama orang ya,, (pernah sih beberapa kali, Ma kira kebetulan lagi lupa aja,, :-?)

  9. 9
    calupict
    berkomentar pada jam 3:50 pm
    tanggal 17 April 2007

    Kabarnya cowok emang agak susah multitasking, beda ama cewek. Kalau gw sih biasanya multitask kayak nyetir sambil makan (bahaya sih) atau enggak nyatet pelajaran sambil chatting. Hihihi. Tapi efeknya suka keteteran nyatetnya.

  10. 10
    bagonk
    berkomentar pada jam 9:01 pm
    tanggal 18 April 2007

    hehe… cowo memang ga bisa multitasking… kalo terima telpon aja musti kecilin suara TV dulu ! :P

  11. 11
    donny
    berkomentar pada jam 11:46 pm
    tanggal 18 April 2007

    Wah, dari dulu nggak pernah bisa multitasking kayak gitu. Tapi, kok udah mulai pikun ya? Kalau baca sambil makan, dijamin makannya leleeeet banget ;))

  12. 12
    rime
    berkomentar pada jam 1:08 pm
    tanggal 19 April 2007

    gua juga bisa multitasking, tapi yg rinagn-ringan aja, seperti sambil menyelam minum air, atau membaca buku sambil memasak air…

    wakakakak… kalo gitu sih, nenek-nenek pikun juga bisa… :))

  13. 13
    ario dipoyono
    berkomentar pada jam 5:45 pm
    tanggal 20 April 2007

    klo lupa ya… jangan sampai lupa dong..!! mangaknya diingat2:-?:-?

  14. 14
    tito
    berkomentar pada jam 11:05 pm
    tanggal 20 April 2007

    ini ngomongin gadget, behaviour apa ngomongin wanita?:o

  15. 15
    dina
    berkomentar pada jam 6:24 pm
    tanggal 28 May 2007

    hehehe…waduh ga sangka otak juga bisa mendung ya:-
    waduh padahal itu mah kebiasaan gw banggeeeth… jadi ga boleh neh…
    klo soal ngingetin nama…weleh tobat tenan, emang tanda2 yang itu mah dah lama pisan euy…kumaha gimana atuuuhhh…
    lha wong dah pake multitasking aja ga beres juga sabreg kerjaan, klo atu-atu…weeeeks…kapan selesenya yaaaa…#:-s

  16. 16
    ummi
    berkomentar pada jam 12:01 am
    tanggal 29 June 2007

    nah itu lah fungsinya nyatet sesuatu…..
    untuk diingat kembali klo lupa tinggal di baca
    ky nyatet no hp orang…kn panjang tuh

  17. 17
    ummi
    berkomentar pada jam 12:01 am
    tanggal 29 June 2007

    nah itu lah fungsinya nyatet sesuatu…..
    untuk diingat kembali klo lupa tinggal di baca
    ky nyatet no hp orang…kn panjang tuh:d

  18. 18
    Catatan » Script Sebagai Pembantu
    berkomentar pada jam 8:25 am
    tanggal 16 August 2007

    […] yang lainnya yang sekedar just hello — Padahal saya sudah tidak ingin melakukan hal ini lagi semenjak tahu risikonya, hanya susah juga ya […]

  19. 19
    the sandalian
    berkomentar pada jam 1:26 pm
    tanggal 16 August 2007

    lupa cara menulis dengan tangan termasuk ngga mas?


Isi Komentar