Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Adab Buang Air Kecil dan Besar

Dikirim: February 6th, 2007 | Oleh: | Kategori: Bingungsiana | 19 Komentar »

KlosetKelihatannya sudah menjadi budaya yang terpelihara, entah karena tidak tahu atau mungkin sudah tahu tapi malas melakukannya. Kloset duduk itu terdiri dari 2 tutup, tutup pertama berguna untuk menutup lubang kloset, tutup kedua dipergunakan untuk duduk diatas kloset (baca: duduk bukan jongkok). Nah, laki-laki yang buang air kecil di kloset seperti ini (kloset duduk) seharusnya membuka 2 tutup tersebut. Ini perlu dilakukan agar air kencing yang keluar tidak mengotori tutup kloset yang akan dipergunakan oleh mereka yang akan duduk saat buang air besar. Seperti itulah yang seharusnya dilakukan dan menjadi adab dalam membuang air kecil.

Tetapi yang mengherankan adalah, saya jarang bahkan tidak pernah melihat kloset di tempat umum yang tutup buat duduknya terangkat. Yang sering saya temukan, tutup buat duduknya dalam keadaan tidak terangkat dan ada bercak air berwarna kuning, artinya orang sebelum saya kencing tanpa mengangkat tutup buat duduk ini. Lagi-lagi, kalau sudah begini saya berbaik hati untuk menyiram tutup buat duduk itu dan mengangkatnya sebelum saya buang air kecil.

Yang lebih parah adalah ketika ada cap sepatu kotor pada tutup buat duduk itu. Busyet, ini orang benar-benar tidak tahu cara menggunakan kloset duduk kali ya? Kloset duduk itu seperti namanya, kalau mau buang air besar ya duduk. Kalau jongkok namanya kloset jongkok yang bentuknya sudah jelas beda. Tetapi seperti itulah yang sering saya temui pada WC WC umum, meskipun klosetnya berjenis kloset duduk tetapi penggunanya menggunakan seperti kloset jongkok .. bah.

Selain para mutant yang tidak menggunakan kloset sesuai aturan mainnya, ada juga super mutant yang paling menyebalkan yaitu mereka yang tidak membersihkan (baca: membanjur) apa yang telah dia buang. Waduh! Kalau cuma sekedar buang air kecil masih tidak terlalu masalah kecuali bau pesingnya, yang jadi masalah besar adalah kalau mutant tersebut buang air besar! Beberapa hari yang lalu saya menemukan hal ini dalam gedung lingkungan kantor, luar biasa bukan? Entah apa motivasinya, air untuk membanjur ada tetapi tidak dipergunakan x-(

Sudah saatnya adab buang air kecil dan buang air besar mulai diajarkan disekolah bahkan bilamana perlu diajarkan juga diperguruan tinggi. Ini perlu dilakukan mengingat bahwa para mutant itu pun suka berkeliaran tidak hanya di WC umum, tetapi juga berkeliaran di sekolah bahkan diperguruan tinggi (kalau tidak percaya, lihat saja WC WC di sekolah/kampus). Juga perlu menjadi salah satu point yang menentukan seseorang diterima bekerja disebuah perkantoran mengingat para mutant ini pun ternyata ada lingkungan perkantoran.

Adabnya sederhana:

  • Buat laki-laki yang mau buang air kecil di kloset duduk, buka semua tutup klosetnya dan jangan lupa untuk membanjur (flush) setelah buang air kecilnya selesai.
  • Untuk perempuan yang mau buang air kecil di kloset duduk, silakan untuk duduk di atas tutup kloset (jangan jongkok) dan jangan lupa untuk membanjur (flush) setelah buang air kecilnya selesai
  • Bagi mereka yang ingin buang air besar di kloset duduk, silakan duduk di atas tutup kloset (jangan jongkok) dan jangan lupa untuk membanjur (flush) setelah buang air besarnya selesai

Gampangkan?
Airnya tidak ada? Ya jangan buang air kecil/besar di WC itu donk!


19 komentar untuk “Adab Buang Air Kecil dan Besar”

  1. 1
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 1:47 pm
    tanggal 6 February 2007

    Di Mall pun juga banyak yang gak tahu adab [-x, dan sebalnya lagi tidak ada petugas yang membersihkan -padahal petugasnya stand by disitu-.

    Setidaknya kalau bersih, pengunjung juga malu. Yang kasihan mereka yang kepepet, tahu adab yang benar tapi klosetnya sudah kotor dan gak ada kloset lain yang bersih. terpaksa jongkok juga deh ~X(

    Harusnya disetiap toilet dipasang petunjuk pemakaian kloset duduk dalam bentuk gambar maupun tulisan. Biar pada melek adab pakai kloset :-l

  2. 2
    alni
    berkomentar pada jam 10:26 am
    tanggal 7 February 2007

    iya setuju mas riyo,
    Meski disini jarang sih toilet yg parah banget, tapi kadang ada juga yg bikin geleng2 kepala, kok bisa2nya ya meninggalkan toilet dalam keadaan seperti itu.

  3. 3
    irhan
    berkomentar pada jam 9:52 am
    tanggal 16 February 2007

    Salam kenal,

    Jadi inget pernah kenal ama anak dari daerah yg blm pernah pake kloset duduk. Dia cerita gak tau gimana cara nyiramnya karena gak ada kran, ember, dan gayung. Trus gak sengaja sikutnya nyenggol knop buat membanjur…. syuuurrrr… Thx GOD! :D

  4. 4
    dhe_an
    berkomentar pada jam 8:36 am
    tanggal 22 February 2007

    yup, bener, tapi mo gmn lagi buat cewe’2..kadang kitanya ngikutin aturan, eh malah yang sebelumnya ngawur, mo gimana lagi, duduk diatas kloset kotor (bekas alas kaki yang ga jelas udah nginjak apa aja)? no way [-(
    untungnya di kampung halaman orangnya udah melek cara makenya, n sengaja dibuat seminimal mungkin fasilitas gayung n ember, jadi mereka kudu du2k tu dikloset kalo ga mau basah kuyup :d

  5. 5
    bumisegoro
    berkomentar pada jam 3:53 pm
    tanggal 5 July 2007

    setuju ma komen-nya Yuliazmi. Perlu sosialisasi yang lebih intens. Bukankah rest room sekarang udah jadi salah satu medium beriklan. anggep aja ini iklan layanan masyarakat.

  6. 6
    saifuddin Lutfi
    berkomentar pada jam 8:07 am
    tanggal 2 November 2007

    Saya pertama kali make klost duduk merasa susah buang air besar karena di daerah saya sudah terbiasa make kloset jongkok. tapi ketika karirku bertambah cemerlang dengan posisi sbgai guru di sekolah lumayan bagus. saya akhirnya terbiasa juga memakainya. dan kalau dinikmati wow asyik…apalagi kalau sambil bawa buku bacaan. (tp jgn lama-lama). teman saya cerita bahwa pernah ada orang yang jongkok di kloset tapi karena ketahanan lantainya kurang kokoh, akhirnya JROSSSH!!! orang tersebut jatuh terperosok ke lembah “sapiteng” dan kedua selangkangannya bersimbah darah. ih..ih..kasihan banget ya? itulah salah satu penyebab saya membiasakan untuk duduk di kloset dan tidak jongkok lagi. moga bermanfaat…thanks:)>-:d

  7. 7
    qq
    berkomentar pada jam 12:36 pm
    tanggal 10 March 2008

    iya saya setuju jika ditoilet dipasang petunjuk agar yang nggak tau alias orang udik jadi bisa tau cara pakainya….:)

  8. 8
    xxx
    berkomentar pada jam 2:21 pm
    tanggal 2 October 2008

    gue se7 bgt klo dikasih petunjuk ngegunain tuh kloset.biar anak2 udik bisa ngegunain tuh kloset. :) :) :)

  9. 9
    intan
    berkomentar pada jam 4:35 pm
    tanggal 15 October 2008

    Alasan kenapa orang2 berjongkok di kloset duduk umum umumnya adalah kloset itu sudah dipakai oleh sekian orang, begitu…..

  10. 10
    w
    berkomentar pada jam 1:02 pm
    tanggal 31 October 2008

    ada yg punya gambar petunjuk penggunaannya gak? at kalo bisa minta linknya dong.. g perlu neh..

    thanks

  11. 11
    zadin
    berkomentar pada jam 1:15 pm
    tanggal 1 December 2008

    :-? menurut gw kasih aja di situ yang namanya petunjuk pengunaan karena tak sedikit orang yang tidak mengerti cara menggunakan toilet duduk :-?? :-??

  12. 12
    Gerry
    berkomentar pada jam 10:52 pm
    tanggal 11 November 2009

    se 7 banget tuh……kalau gak tau cara pakex jgn dipake donk

  13. 13
    asep
    berkomentar pada jam 3:40 pm
    tanggal 23 December 2009

    cuma cara che boknya, pakai tissue atau air …?
    bisa dijelaskan dengan rinci.

    thanks

  14. 14
    Pay
    berkomentar pada jam 10:02 pm
    tanggal 24 September 2011

    namanya duduk ya buat duduk lah,,waduh kasian juga itu orang mungkin lagi ambeien kali,,,

  15. 15
    nobay
    berkomentar pada jam 10:07 pm
    tanggal 24 September 2011

    bagi sebagian orang memang lebih senang jongkok dari pada duduk,,kurangafdol katanya,,,

  16. 16
    ivan
    berkomentar pada jam 10:27 am
    tanggal 28 September 2011

    jagalah kebersihan , jangan buang pembalut dalam closet …
    harap patuhi aturan ini

  17. 17
    joy
    berkomentar pada jam 10:41 am
    tanggal 28 September 2011

    kebersihan pangkal kesehatan , sehat itu mahal

  18. 18
    hery
    berkomentar pada jam 8:13 pm
    tanggal 16 October 2011

    di tempat umum aku menghindari buang air besar di kloset duduk karena kloset duduk sangat tidak higienis dari kuman yg menempel, tidak sehat jika diduduki akan mengkibatkan gatal di bokong, kalau terpaksa aku akan buka sandal, sepatu lalu nagkring diatasnya, hehe…..

  19. 19
    JellyGamat
    berkomentar pada jam 7:44 pm
    tanggal 10 March 2014

    cuci tangan dengan bersih setelah dari toilet


Isi Komentar


  • *