Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Saatnya Opera Mengambil Alih?

Dikirim: January 3rd, 2007 | Oleh: | Kategori: Teknoblogia | 8 Komentar »

OperaHari ini saya men-download Opera 9.1 dan mencoba menggunakannya. Rasanya seperti nostalgia mengingat browser ini adalah browser yang sempat lama saya gunakan sebelum munculnya AvantBrowser. Dulu saya pergunakan Opera hanya karena kesenangan saya atas fitur tab browsernya, jadi gak perlu buka banyak window seperti yang terjadi pada IE. Sayangnya, saat itu Opera memiliki masalah dengan rendering page-nya, hingga sering sekali terjadi Opera menampilkan halaman yang kacau balau padahal jika dilihat menggunakan IE halaman tersebut terlihat normal bahkan bagus. Itulah sebabnya saya pun pindah hati ke AvantBrowser.

Beberapa lama kemudian muncul Firefox dan saya pun langsung jatuh hati dengan browser penantang IE ini. Dengan fitur extension yang dimilikinya, firefox menjadi satu-satunya browser dengan fitur tanpa batas (Baca: Kenapa Pakai Firefox?). Saya pun menggunakan browser ini sejak versi pertamanya hingga versi terakhir saat ini yaitu versi 2.0.0.1.

Sayang, entah ada apa dengan firefox pada versi terakhir ini. Versi Firefox kali ini benar-benar rakus terhadap memory sehingga menurunkan performance yang dulu sangat saya sukai. Update terakhir pun rasanya tidak membuat hal ini menjadi lebih baik, isu leak memory yang terjadi rasanya belum menjadi pehatian utama para pengembang firefox. Atau jangan-jangan ini bug Firefox 2.0 yang sulit untuk dibetulkan sehingga para pengembang lebih berkonsentrasi untuk langsung mengembangkan Firefox 3.0?

Sungguh sangat disayangkan, nama besar Firefox sebagai penantang kuat dominasi IE kali ini mungkin agak tersandung (minimal bagi saya). Saya saat ini mungkin akan memilih Opera sebagai browser alternatif (belum menjadi default) sambil berharap dan menunggu adanya perbaikan dari para pengembang Firefox.

Disisi lain, saya cukup kagum dengan perkembangan Opera saat ini, tidak hanya dengan kecepatannya yang mengungguli kedua pesaingnya (Firefox dan IE), tetapi juga penggunaan memory yang jauh lebih kecil walaupun dalam keadaan tab yang banyak terbuka. Selain itu, apa yang dulu membuat saya pindah dari browser ini kelihatannya sudah tidak terjadi lagi, bahkan rendering page yang dilakukan (kecuali kecepatannya) nyaris sama baiknya dengan apa yang saya dapatkan dari Firefox.

Kembali ke masa lampau saat perang antara IE dan Netscape semakin memanas, Opera muncul sebagai alternatif yang cukup banyak diminati. Saat ini ketika perang panas terjadi lagi antara IE dan Firefox, Opera kembali muncul sebagai browser yang (mungkin) cukup banyak diminati. Akankah Opera mengambil kesempatan ini untuk kedua kalinya dengan harapan tidak gagal seperti yang terjadi pada kesempatan pertama? Hal ini sangat mungkin apalagi Opera yang telah menggratiskan diri semenjak versi 8 ini telah tersedia pada berbagai sistem operasi. Saat ini, Opera bahkan memiliki versi Opera Mobile dan Opera Mini untuk para pengguna piranti mobile, serta Opera Device (saat ini sudah tersedia untuk Wii).

Seandainya saya adalah bagian dari para pengembang Opera, yang saya lakukan adalah menambahkan fitur extension pada browser ini, karena hanya pada bagian inilah Opera kalah dibandingkan Firefox.


8 komentar untuk “Saatnya Opera Mengambil Alih?”

  1. 1
    Yuliazmi
    berkomentar pada jam 9:16 pm
    tanggal 3 January 2007

    Hmmm, iya nih Opera browser andalan kita dulu sebelum akhirnya kepincut Firefox. Hmmm, balik lagi ke Opera, harus dicoba dulu nih. Cuma aku dah kepincut banget sama extension² Firefox :X yg pas banget untuk pindah2 “alam”…, alam rumah dan alam kampus yang sama sekali bertentangan. Gimana dong :((

  2. 2
    rudzi
    berkomentar pada jam 3:08 pm
    tanggal 4 January 2007

    heheh..kalo aku dah cinta ma firefox..(yg 2.0.0.1)
    extensionnya keyen² pak :D

  3. 3
    Uare
    berkomentar pada jam 10:30 am
    tanggal 22 January 2007

    \:d/ Tetep cinta ma Opera 7.54 (PC), Opera Mini dan Opera 6.31 (Mobile)

  4. 4
    vandoyo
    berkomentar pada jam 2:21 pm
    tanggal 23 January 2007

    setelah coba sana dan sini, pilihanku akhirnya jatuh ke opera … sayangnya di opera ada yang malfunction kalo pake firefox di satu pc

  5. 5
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 2:35 pm
    tanggal 23 January 2007

    Ohya? Dimana malfunction nya? Bisa kasih info?
    Saya kebetulan juga menggunakan Firefox dan Opera dalam satu PC, tetapi selama ini tidak ada masalah.

  6. 6
    vandoyo
    berkomentar pada jam 5:03 pm
    tanggal 23 January 2007

    malfunctionnya saat aku login ke multiply atau buka email, opera gak respon sama sekali, tapi laen halnya saat coba login / email pake firefox semuanya lancar. tolonk dunk kasih saran karena aku lebih suka pake opera khususnya untuk donlut dari multiply

  7. 7
    slamet
    berkomentar pada jam 9:08 pm
    tanggal 27 January 2007

    Yup, aku pikir firefox 2.0 sudah mengalami obesitas, jadi gak gesit lagi. Dengan file instalasi yg lebih kecil dibading ff2, opera9 memiliki fitur yang lebih banyak. atau mungkin itu yang kelihatan, maklum aku hanya pengguna internet yang merasa nyaman dengan browser gesit walau hanya bisa buat browsing, tanpa extension atau active-x atau java, bahkan aku gak peduli sama yang namanya flash.

  8. 8
    willy
    berkomentar pada jam 10:44 am
    tanggal 3 January 2012

    firefox lebih mantap gan


Isi Komentar