Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Seminggu Dengan Windows Vista

Dikirim: December 23rd, 2006 | Oleh: | Kategori: Operating System | 126 Komentar »

Sudah seminggu saya menggunakan Windows Vista (Build:6000) dan bagi saya, mungkin inilah versi Windows terbaik yang pernah saya pergunakan. Yang membuat saya (lebih) suprise adalah OS ini bisa diinstall pada notebook Axioo NL658i dengan performance yang cukup baik meskipun hanya memiliki memory 512MB. Berikut beberapa point yang membuat saya jatuh hati dengan OS terbaru Microsoft ini.

  • Start Menu yang lebih mudah digunakan dan lebih terlihat rapi. Yang menjadi favorit saya dalam hal ini adalah tersedianya Start Search yang sangat memudahkan pengguna ketika Start Menu telah terisi berbagai program aplikasi atau utility. Tidak perlu lagi melakukan penjelajahan menu start seperti yang telah dilakukan pada Windows terdahulu, cukup ketik sebuah kata kunci, pilih jika hasilnya lebih dari satu dan klik (atau tekan tombol ENTER). Tidak sebatas program, tetapi Start Search juga akan mencari kata kunci yang kita ketik pada Favourite dan History. Simple.

    Start Search

  • Task Manager yang lebih powerfull. Sekarang, Task manager juga menyediakan informasi berkenaan dengan services berikut tombol untuk mengaksesnya. Selain itu, beberapa fitur seperti Create Dump File, Virtualization dan Set Affinity. Create Dumb File dimanfaatkan untuk membuat dumb file dari program yang bermasalah. Virtualization membuat program yang bermasalah (not responding) untuk tidak menganggu program lainnya seperti yang sering terjadi pada versi Windows terdahulu. Yang terakhir, Set Affinity, adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menentukan agar sebuah program dijalankan pada core tertentu (atau pada beberapa core). Fitur ini hanya muncul pada PC yang processornya memiliki core lebih dari satu.

    Task Manager 2Task Manager 1

  • Windows Explorer muncul dengan tampilan baru, bukan saja lebih menarik tetapi juga lebih nyaman digunakan.

    Explorer

  • Anda dapat menggunakan flashdisk untuk memompa kinerja Windows Vista dengan memanfaatkan fitur ReadyBoost. Tentu saja ada beberapa syarat dari flashdisk yang dapat digunakan, pertama ukurannya harus lebih besar sama dengan 256MB atau memiliki space kosong minimum 256MB. Yang kedua, tidak semua flashdisk dapat digunakan. Dalam hal ini, sistem akan melakukan pengecekan terhadap kemampuan baca/tulis flashdisk tersebut, hanya flashdisk yang memiliki kemampuan baca/tulis yang baik saja yang dapat dimanfaatkan oleh ReadyBoost.

    ReadyBoost

  • Mixer Volume pada Windows Vista memungkinkan pengguna untuk mengatur individual volume pada program-program yang sedang aktif.

    Volume Mixer

  • Kemudahan dalam melakukan setup dan pengaturan networking serta firewall.

    Network

    Sistem juga akan memberitahukan permasalahan yang terjadi pada jaringan secara visual dan akan memberikan solusi atas permasalah tersebut.

    Network Trouble

    Fitur View Full Map yang disediakan dapat menggambarkan peta jaringan secara lengkap dan interaktif. Sudah barang tentu hal ini sangat membantu bagi pada administrator jaringan dalam pekerjaannya. Sayangnya, fitur ini hanya bekerja untuk menampilkan komputer-komputer yang telah terinstall Windows Vista :(

  • Bagi Anda yang sering mengubah-ubah besaran partisi, silakan untuk tidak lagi mempergunakan Partition Magic atau utility sejenis karena Windows Vista telah menyediakannya secara built-in pada Disk Management-nya :).

    Disk Manajemen

  • Windows Defender memang bukanlah sebuah Antivirus, tetapi “Protection againts malicious and unwanted software”, yaitu utility yang mencegah software-software yang mencurigakan dan tidak diinginkan. Seharusnya, dengan adanya Windows Defender, UAC (User Acount Control) dan built-in Firewall, Windows Vista memang menjadi versi Windows yang paling aman.

    Defender

    **Paling tidak, saya tidak perlu lagi mengintall Ad-Aware atau sejenisnya :d

  • Bagi mereka yang komputernya multiuser (digunakan banyak orang), Windows Vista menyediakan fasilitas Activity Reporting yang berguna untuk melihat apa saja yang telah dilakukan seseorang yang telah menggunakan komputer kita, seperti situs-situs yang telah dikunjungi, apa yang telah didownload, program apa saja yang telah dipergunakan dsb. Tidak hanya itu, Windows Vista juga memberikan fitur Parental Control yang sangat berguna bagi para orang tua.

    Parental Control

  • Meskipun tidak secanggih SnagIt, Snipping Tools adalah program bawaan Windows Vista yang lebih baik dibandingkan sekedar menekan tombol printscreen atau alt-printscreen seperti pada versi Windows terdahulu.

    Snipping Tools

  • Terakhir, tentu saja tampilan AERO yang menarik, cantik dan kinclong meskipun harus dibayar mahal dengan menghabiskan resource sistem yang ada :(

Satu hal yang mengganjal pada Windows Vista adalah tools Disk Defragmenter yang terlalu sederhana dan tidak informatif. Selain tidak bisa memilih drive yang akan di-defrag melalui GUI, pengguna juga tidak bisa mengira-ngira kapan proses ini akan berakhir. Satu-satunya yang dapat dilihat hanya tulisan yang berbunyi, “This may take from a few minutes to afew hours” #-o

Defragmenter

Untung saja ada yang berbaik hati membuatkan tools defragmenter yang kompatible dengan Windows Vista, Auslogics Disk Defrag 1.1. Kelebihan tools ini selain memiliki tampilan yang informatif dan bisa bekerja dengan baik (bahkan terbilang cepat) dalam lingkungan Windows Vista, juga karena tools ini dibuat dengan lisensi freeware alias gratis :d.

Auslogics  Auslogics 2

Gabung ke Milis Windows Vista Indonesia
Tempat diskusi pengguna Windows Vista di Indonesia

Link terkait:
Feautures New to Windows Vista
Windows Vista Software Compability List

Update (31 Desember 2006):
Dengan mematikan AERO, menggunakan tampilan Vista Basic, performance meningkat drastis. Akhirnya saya memilih menggunakan mode ini untuk sementara –meskipun tampilan cantiknya berkurang– sambil menunggu dana untuk membeli memory tambahan sebesar 512MB.

Update (7 Februari 2007)
Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga punya rejeki buat menambah memory notebook menjadi 1GB.

Update (14 Juni 2007)
Alahmdulillah, bukan hanya menambah memory menjadi 2GB, tetapi juga mengganti notebook dari Axioo NL658 menjadi NL758 (beda hanya pada processornya). Windows Vista semakin baik performance-nya :)


126 komentar untuk “Seminggu Dengan Windows Vista”

  1. 1
    ben's
    berkomentar pada jam 12:04 pm
    tanggal 15 December 2007

    :(( Ada yg punya vista home premium keygen & installation id gak? soalnya tinggal 14 hr lg :((

  2. 2
    sudar
    berkomentar pada jam 5:45 pm
    tanggal 29 December 2007

    wah pakai wista kern abis.tapi cari instalan progam baru sulit soalnya disini jarang banget yg pakai huruf abc.tolongin aku dong :-?:-?

  3. 3
    Herry Ferdian
    berkomentar pada jam 4:05 pm
    tanggal 1 February 2008

    Riyogarta, aku mau nanya,, kemarin vista ku trouble,,habis kugunakan nge lan buat back up dta teman ke laptop ku,, tapi setelah semuanya beres,, ada yang aneh,, setiap aku klik kanan, pada explorer, langsung windows explorer stop working,, beitu terus setiap aku lakukan klik kanan, pada start menu,, my computer,, pokonya, hal yang ada di bar yang muncul ketika kita nge klik kanan mouse, seperti properties, copy, delete, dll, windows explorer langsung stop worknigg,, apa ynag erjadi ya>>??? apakah itu virus atau gimana??? ya akhirnya saya instal ulang aja,,,, mohon responnya

  4. 4
    Herry
    berkomentar pada jam 6:30 pm
    tanggal 8 February 2008

    waduhhh, kog disini jadi sepi,,
    mohon responnya dong
    aku juga ada 1 masalah lagi,, lptopku hbs kena vbs, dan dokumen asli ter hidden,, nah setelah itu,, yang terhiden tadi ngga bisa di unhidden, gmana caranya ya?? itu yang kena dokumen word, aku klik propoertism,, centand di kotak hidden ga bisa di hilangin,, gmana cara nya!!??

  5. 5
    Dita
    berkomentar pada jam 9:16 pm
    tanggal 26 February 2008

    @ Budi

    setuju nih sama Budi,, gw juga mau install SQL 2000 di vista, tapi belom dapet informasi gimana caranya yg bener.
    Dan katanya kl kita gagal install SQL 2000 kita harus format ulang lagi yah supaya bisa nginstall lagi?? ahh tidaakk:o

    mohon bantuannya ..
    terimakasih

  6. 6
    dian adi
    berkomentar pada jam 10:25 am
    tanggal 30 May 2008

    bagaimana cara meng optimal kan kerja windows vista agar lebih cepat?trus bagaimana cara mempercepat saat kita shut down?

  7. 7
    Wijayanto
    berkomentar pada jam 6:52 pm
    tanggal 24 August 2008

    Mas, aku juga suka banget sama winvista selain tampilannya bagus, fitur-fiturnya juga lengkap tapi vistaku ko gak ada fitur defragmentationnya ??padahal versi vistaku sama kayak punya mas.
    please help me..thanks…

  8. 8
    Wijayanto
    berkomentar pada jam 6:54 pm
    tanggal 24 August 2008

    Mas, aku juga suka banget sama winvista selain tampilannya bagus, fitur-fiturnya juga lengkap tapi vistaku ko gak ada fitur defragmentationnya ??padahal versi vistaku sama kayak punya mas.
    please help me..thanks… :(

  9. 9
    infini3
    berkomentar pada jam 5:09 am
    tanggal 1 September 2008

    kl ng ada fitur defragmentationnya, jangan-jangan itu windows vista lite yang udah dipreteli bagian-bagiannya yg tdk terlalu penting, sehingga jalannya lebih gesit

  10. 10
    infobisnis
    berkomentar pada jam 6:17 am
    tanggal 1 September 2008

    walah…koq ada yang fun berat vista,
    nih gw matian cari driver win xp buat laptop Toshiba gw yang buit in vista.
    abiss jengkel banget banyak software yang ga compatible
    pokoknya menjengkelkan hingga posting comment ini, gw lagi googling cari solusinya…

    ada yang bantuin gw install Tranlator Xp ke vista ga ya?

    infobisnis’s last blog post..TRADING FOREX GBP/USD,EUR/USD TURUN TETEP PROFIT..

  11. 11
    lub4ra
    berkomentar pada jam 8:55 am
    tanggal 3 September 2008

    [-(
    emang vista ini rewel banget…,
    abis upgrade dari XP…,
    kok banyak hardware yg gak jalan….,
    dh nyari kemana2…,
    dasar nasib……
    balik lagi ke XP SP3…,

  12. 12
    gabriel
    berkomentar pada jam 7:43 pm
    tanggal 12 September 2008

    Btw Windows XP_SP3 tuCh keRjaNy gaK oPtimaL. .BeDa mA yang oRi keLuaraN Microsoft. Mending pake XP_SP2. N WindOwS Vista mSiy bLm sTaBiL coz bLm bnYk s0ftware Yg Support win Vista..pErcUma Jg q bLi wInd0ws Vista Ori. :(

  13. 13
    blid
    berkomentar pada jam 11:58 pm
    tanggal 27 September 2008

    mas gmana caranya buat vista trial jadi full version tanpa koneksi dengan internet.tolong yach :)

  14. 14
    Ne0n
    berkomentar pada jam 11:16 am
    tanggal 4 October 2008

    Om q mau tany
    lapt0p aq merk ny axioo pke ram 512mb bisa pke os vista gk ya? Pls bntu aq om soal ny gw pengen banget make vista nih
    :)

  15. 15
    Izoel
    berkomentar pada jam 1:15 pm
    tanggal 4 October 2008

    Mana kuat, 2 GB aja masih ngadat2.

  16. 16
    infini3
    berkomentar pada jam 8:47 pm
    tanggal 15 November 2008

    Saya pake Windows Vista ng pernah ada masalah apa2 tuh. Malahan saya sependapat kl Windows Vista adalah versi Windows terbaik yg pernah ada. Sekarang saya migrasi (cuma sekedar testing) ke Windows 7. Ada yg udah pake Windows 7?

  17. 17
    infini3
    berkomentar pada jam 8:48 pm
    tanggal 15 November 2008

    =)) Windows 7 dibaca sebagai Windows NT 6.1 :)) . Kayaknya masih belum di-update tuh daftar OS-nya.

  18. 18
    kizuna
    berkomentar pada jam 7:43 pm
    tanggal 24 November 2008

    pny ku toshiba A205 vista home besic.
    setelah RAM ditambah jd 2GB kerjanya jd lambat.
    inipun sudah banyak fitur yang dibuang tpi ga ada
    perubahan.
    kepada master2 sekalian tolong dong solusinya….
    terima kasih

  19. 19
    del
    berkomentar pada jam 4:56 pm
    tanggal 5 December 2008

    salam kenal ne,,,maaf ne langsung tanya-tanya,,,,gimana sih cara mmemakai adminpack sp1 2003 server di vista,,,,,toloong email ya klo bisa,,,,trims atas pencerahannya.. :)

  20. 20
    ido
    berkomentar pada jam 11:58 am
    tanggal 6 December 2008

    hai smua

    aq pengguna windows vista home basic

    note bookq kena blue screen
    aq sudah coba mengintallnya beberapa kali tapi blue screennya ga mau hilang

    jd gmn ya cara menghilangkan blue screennya ?

    and apa dampak dari blue screen !

  21. 21
    maryati
    berkomentar pada jam 1:38 pm
    tanggal 16 December 2008

    Kenapa delphi 7 tidak bisa saya gunakan di Vista? :-?
    apa memang vista memang belum layak untuk digunakan
    kalau bisa tolong email caranya ke saya [-O<

  22. 22
    maz_fach
    berkomentar pada jam 11:13 pm
    tanggal 13 April 2009

    he..he…newbie vista nih pas mw partisi disk, trnyata dah ada 3partisi tp g ada drive letter. Yg ada cm letter C: nah partisi yg laen ada keterangan healthy (primary partition), tu maksudnya apaan? trus kalo partisi tu dihapus (delete) gmn? karena lugu about vista, sampe skrg disk g dipartisi, abis pusing…jd save file di document, music, pictures, pokoknya basic bgt dah…

  23. 23
    rangga
    berkomentar pada jam 2:56 am
    tanggal 24 July 2009

    mau ngikut nimbrung nih….
    aku juga pake vista di axioo pico processonya intel atom Ram 1G….baru seminggu ini aku pakai….ga ada masalah tuh,tampilan keren….futuristic….dah
    Bravo…Windows…

  24. 24
    Brudin
    berkomentar pada jam 10:59 pm
    tanggal 23 October 2009

    om.. laptopku axioo masih baru akan aku install win Xp 2 dengan menggunakan cd dos versi 7 atau windows 98 lah, tapi booting sudah masuk ke A prompt dan tidak bisa membaca dvdRW, saya ingin mempartisi harddisk menjadi 3 partisian tapi masalahnya cd dosku tadi tidak bisa membaca dvdrw yang bawaan laptop itu, biasanya cd dos v7 ku itu saya gunakan ke laptop selain merk axioo itu bisa membaca dvcRW, nah om..gimana caranya untuk bisa menggunakn cd dos v 7 yang bisa membaca dvdRW itu ?

  25. 25
    JOMJOM
    berkomentar pada jam 7:28 am
    tanggal 25 March 2010

    KOK SETIAP NJALANIN APLIKASI DI WINDOWS VISTA ULTIMATE KOK SLALU DI PROTEK TRUSS SSICH……… GMANA NEHH…………………………………………………………………………………………….

  26. 26
    brad
    berkomentar pada jam 11:48 pm
    tanggal 27 November 2014

    .

    tnx for info!


Isi Komentar