Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Salah Satu Al-Quran Terkecil Di Dunia?

Dikirim: October 30th, 2006 | Oleh: | Kategori: Spesial | 75 Komentar »

Al Quran MiniThumbnail foto Al-Quran yang terdapat pada posting ini merupakan Al-Quran koleksi dari Almarhum Bapak saya (silakan klik foto tersebut untuk melihat lebih jelas). Al-Quran ini memiliki ukuran fisik yang sangat kecil dengan ukuran area ayat-ayatnya yang nyaris sama kecilnya dengan Al-Quran terkecil didunia. Secara fisik, Al-Quran yang memiliki ketebalan 496 halaman ini memiliki ukuran panjang 3,1 cm, lebar 2,2 cm dan tebal 1,8 cm. Tetapi, jika margin kiri, kanan, atas dan bawah diabaikan, maka Al-Quran ini memiliki panjang 2,2 cm dan lebar 1,9 cm.

Konon Alquran terkecil telah dicatat dalam Guinness Book of Record merupakan milik seorang dokter asal Pakistan, Muhammad Karim Beebani. Menurut Karim yang bekerja di sebuh rumah sakit di Jeddah, Alquran tersebut didapatnya di Inggris. Namun, di dalamnya tercatat bahwa Alquran mungil itu dicetak di Kairo, Mesir, tahun 1892. Alquran ini hanya terdiri atas 571 halaman dengan ukuran panjang 1,7 cm, lebar 1,28 cm, dan tebal 0,72 cm. Sumber: Tokoh

Menurut almarhum Bapak yang sempat melakukan pengujian kepada beberapa ahli Al-Quran, Al-Quran yang dinyatakan memiliki 114 surat lengkap ini didapatkan dari seseorang tak dikenal. Pada saat itu Bapak masih menjadi mahasiswa di Bandung dan orang tak dikenal itu tiba-tiba saja muncul meminta bantuan uang untuk membeli makan. Namun karena saat itu Bapak tidak memegang uang, maka Bapak memberikan baju dan sepatunya. Sebagai rasa terimakasih, tanpa diduga orang tak dikenal itu memberikan Al-Quran kecil ini kepada Bapak. Siapa orang itu hingga kini merupakan pertanyaan yang belum bisa dijawab.

“Ini adalah salah satu barang koleksi milik Bapak,” kata Ibu ketika menyerahkan Al-Quran yang sebelumnya saya tanyakan keberadaannya ketangan saya. “Tolong kamu simpan baik-baik.” Ya, insya Allah akan saya simpan baik baik Bu, lalu saya titipkan ke istri saya untuk segera menyimpannya.

Tidak berapa lama, istri saya berkomentar, “Hanya perasaan aku saja atau bukan, Al-Quran ini rasanya hangat dalam genggaman tangan Yuli Bu,” katanya kepada Ibu. “Memang,” jawab ibu Enteng. “Coba kamu pegang, memang Al-Quran ini kalau dipegang akan terasa hangat,” kata Ibu seraya menyuruhku untuk mencoba menggenggam Al-Quran ini. Ya, mungkin ini adalah salah satu hal yang sulit diterangkan akal sehat, rasa hangat itu menjalar perlahan dalam genggaman tangan. Hal yang sama pun terjadi beberapa menit yang lalu ketika saya hendak memotret Al-Quran tersebut untuk saya upload dan tuliskan dalam blog.

Hari ini tepat 1 tahun Bapak yang kami cintai meninggal dunia, Riyono Pratikto, 27 Agustus 1932 – 30 Oktober 2005.


75 komentar untuk “Salah Satu Al-Quran Terkecil Di Dunia?”

  1. 1
    alni
    berkomentar pada jam 9:09 pm
    tanggal 30 October 2006

    Subhanallah ya,
    Mungkin tidak banyak alquran seperti itu ada. Tapi kalau buat dibaca sehari-hari, tulisannya jelas ga mas yo?

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:37 pm
    tanggal 30 October 2006

    Jelas kok .. maksudnya jelas pusing hehehe, soalnya kecil banget. Harus pakai kaca pembesar.

  3. 3
    alni
    berkomentar pada jam 11:51 pm
    tanggal 30 October 2006

    iya tuh, abis ngeliatnya cuma sejempol. Kaca pembesarnya mungkin lebih besar dari alquran nya sendiri:D
    Tapi Insya Allah, di alquran sekecil itu terkandung pedoman hidup umat islam keseluruhan:)

  4. 4
    Ad@m
    berkomentar pada jam 8:55 am
    tanggal 31 October 2006

    Waduh……. gimana bacanya yah Mas, pasti pusing tujuh keliling euy hehe. Btw, lam kenal mas, saya Ad@m….Mas Riyo suaminya Mbak Yuliazmi yah hehehe???

  5. 5
    eman
    berkomentar pada jam 12:00 pm
    tanggal 1 November 2006

    wah keren tuh mas.itu kan barang langka kalau bisa di abadikan.
    wah ngapa gak dimasukin muri aja mas?

  6. 6
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:13 pm
    tanggal 1 November 2006

    @eman

    Inginnya sih begitu, hanya bagaimana cara mendaftarkannya yah? Sama ragu jangan2 MURI sudah punya yang lebih kecil dari itu.

  7. 7
    Urang
    berkomentar pada jam 2:41 pm
    tanggal 2 November 2006

    coba di check ke muri

  8. 8
    andri
    berkomentar pada jam 9:43 am
    tanggal 28 January 2007

    assalamualaikum aq andri dirumah aq pya alquran uk 3*2cm saat ini aq nganggur 2thn aq berniat siapa yg mau beli al quran itu hub085931070386 aq terpaksa ……..

  9. 9
    ahmad yani elbanis
    berkomentar pada jam 8:11 pm
    tanggal 6 February 2007

    Andaikan saya bisa membaca hingga khatam?. Saya punya Alquran mini itu tapi ukurannya mirip yang ada di suku Muslim Uygur Tiongkok. Saya khatamkan benda antik itu, dan jamaah Masjid Jamik Darul Yaqin Dusun Ngangkrik, Desa Balun, Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan juga pernah melakukan sema’an Alquran mini tersebut. Saya berharap bisa bertemu langsung dengan Anda. Saya ingin melakukan sema’an Alquran mini itu secara berjama’ah dan menyatukan Alquran mini peninggalan kejayaan Islam pada era kerajaan Usmani ini. Dengan begitu akan terjalin ukhuwah Islamiyah dan menyatukan umat Islam.

    Bagi yang memiliki benda antik bersejarah itu jangan pernah meninggalkannya, baca dan khatamkan. Semoga diberkati Allah SWT. Untuk cara membacanya silakan klik di website google.com dan ketik Alquran mini cari topik Mengintip Sema’an Alquran Mini di Lamongan. Terimakasih. Salam. Ahmad Yani Elbanis. 081357333777:)>-

  10. 10
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 4:16 am
    tanggal 8 February 2007

    Amin.
    Berikut link yang saya dapatkan dari google mengenai Sema’an.

    Baru tahu saya ada istilah Sema’an :)
    Salam kenal.

  11. 11
    denal
    berkomentar pada jam 2:01 pm
    tanggal 16 July 2007

    saya juga punya tp ukurannya lebih besar 4cmX3cm bagi yg ingin memiliki bisa hub.0818123613

  12. 12
    Sufyan AtsTsaury
    berkomentar pada jam 10:15 pm
    tanggal 27 September 2007

    maaf terima kasih atas infonya atas quran terkecil sedunia tapi kalo ingin lihat qur,an di tulis pake tinta emasyang lebih kecil lagi ada di kami silahkan hubungi kami .ukuran 1,8×2,1 Cm ada di majalengka jawa barat indonesia kalo informasi lebih lanjut hubungi Sufyan AtTsaury HP 085923145708

  13. 13
    indrapangasian
    berkomentar pada jam 1:35 pm
    tanggal 28 November 2007

    Mas udah dicek dibuat dr bahan apa tulisan dan sampulnya.
    Salam kenal aja.

  14. 14
    deddy
    berkomentar pada jam 7:58 pm
    tanggal 15 December 2007

    saya juga punya dari peninggalan ayahanda tercinta ukurannya tebal 1 cm lebar 1.9 cm tinggi 2.9 cm sampul depan bagian dalam tertulis 19 avril 1893.

  15. 15
    opang
    berkomentar pada jam 9:20 am
    tanggal 16 April 2008

    subhanallah…..

    kalo bacanya gimana y mas ?

  16. 16
    mahyus
    berkomentar pada jam 7:40 pm
    tanggal 4 May 2008

    Saya juga punya al-qur’an bergambar dua pedang kalau ditarik hanya satu lembar bolak balik.

  17. 17
    husein
    berkomentar pada jam 10:26 am
    tanggal 26 June 2008

    mas saya punnya juga tapi titipan orang katanya ingin dijual sudah 5o thn di simpan didapatkan waktu masih usia 8 thn dan sekarang belia 68 thn karena belia ingin biaya naik haji jadi saya diminta tolongin jual 100 jt cash, peminat hub. pagargunung@yahoo.com nanti kita kirim potonya

  18. 18
    Bobi
    berkomentar pada jam 12:05 am
    tanggal 20 July 2008

    Saya juga punya AlQuran Mini ukuran 2,2mm x 1,8mm x 1,1mm. Sama persis dengan yang digambar (100% yakin). Bagi yang berminat bisa hubungi saya Bobi 08563030121. Saya bisa lepas dengan harga sewajarnya dan sangat realistis. Terima kasih

  19. 19
    Bobi
    berkomentar pada jam 12:08 am
    tanggal 20 July 2008

    Saya juga punya AlQuran Mini ukuran 2,2mm x 1,8mm x 1,1mm. Sama persis dengan yang digambar (100% yakin). Bagi yang berminat bisa hubungi saya Bobi 08563030121. Saya bisa lepas dengan harga sewajarnya dan sangat realistis. Terima kasih dan siapa cepat dia dapat. . . . . .

  20. 20
    Marco Diputra
    berkomentar pada jam 8:10 pm
    tanggal 21 July 2008

    Hallo, Salam kenal semua….mengenai Al-Quran mini, saya jadi ingat peninggalan keluarga saya…tapi yang satu ini memiliki keistimewaan sendiri, yaitu terdapat sebuah cover (penutup) yang terdapat kaca pembesarnya (sayang di comment ini tidak disediakan browse buat tampilkan gambar) dan memang rencananya mau dijual juga..(uk. tebal 1cm; lebarnya 2cm dan tingginya 2,5cm) konon peninggalan dari kerajaan Mataram, bagi para kolektor benda antik bisa menghubungi saya di 081 357 085002 harga mulai Rp.500jt bisa nego dijamin asli!!

  21. 21
    Sugi
    berkomentar pada jam 11:38 am
    tanggal 19 August 2008

    Assalamualaikum,
    Saya punya AlQuran Mini ukuran 2,2cm x 1,8cm x 0,8cm. Bagi yang berminat bisa hubungi saya Sugi 08164207124. Saya bisa lepas dengan harga cukup untuk biaya pergi haji berdua dengan istri. Terima kasih

  22. 22
    Ghurabaa
    berkomentar pada jam 6:53 pm
    tanggal 7 October 2008

    Assalamualaikum, salam kenal, saya juga memiliki Al-Quran Supermini 30 juz, dengan ukuran 2,5 x 2 cm, tebalnya sekitar 0,75 cm. jilidnya terbuat dari bahan semacam kulit dan memiliki penutup dari logam dengan kaca pembesar. uniknya lagi, walaupun ukurannya supermini, tapi tulisannya dilengkapi dengan kaligrafi khat madinah yang indah, usianya sekitar 300 tahunan, benda tersebut peninggalan turun temurun dari keluarga. bagi yang berminat ingin melihat Aslinya, atau kolektor yang ingin memiliki bisa meng-email saya di mujahid_ungu@yahoo.co.id atau di HP 085294695164…

  23. 23
    Chan Ahmed
    berkomentar pada jam 12:12 pm
    tanggal 8 December 2008

    Asmlkm, sy jg punya qur’an ukuran p;2,5cm l;1,8cm tbl;1cm. Sya berminat menjualx kpada kolektor harga mulai rP 500,000. Yg berminat hubungn di 081802880179 atw 085659478106 trmkash.

  24. 24
    herumansyah
    berkomentar pada jam 3:07 pm
    tanggal 22 January 2009

    subhanallah………………..!!!!!! ^:)^ ^:)^ ^:)^

  25. 25
    alhammidy
    berkomentar pada jam 7:08 pm
    tanggal 30 January 2009

    saya juga punya. katanya mbah, quran itu adlh pmberian pemerintah kepada jama’ah haji. tp katanya dosen senior IAIN surabaya, quran itu dibuat oleh pemerintahan kolonial untuk dijadikan jimat. krn bnyak orang yang sk bw jimat. shg bnyak yang akan melupakann untk membaca quran dan penerapan dlm ksehari-hari….

  26. 26
    sony
    berkomentar pada jam 3:40 pm
    tanggal 16 February 2009

    saya juga punya alquran mini dengan cover gambar pedang menyilang n gambar bulan bintang : itu jenis apa ya? :-??

  27. 27
    zikrul amar
    berkomentar pada jam 11:46 am
    tanggal 23 February 2009

    [-O< [-O< [-O<
    Ya Allah….Begitu agung kebesaran-Mu. Knapa manusia banyak yang mengingkari. Smoga keberadaan Alquran itu tidak membuat yg memilikinya menjadi sombong dan menggunakannya ke arah yang tidak sepatutnya…Amiiiin

  28. 28
    memey
    berkomentar pada jam 8:50 am
    tanggal 3 April 2009

    wah kerennnnnn buangetttt…..
    gmna cra bacanya y?????
    salut aq…
    Inilah Salah satu Anugrah ALLAH…

  29. 29
    zummmmmmmmmmm
    berkomentar pada jam 11:05 am
    tanggal 11 April 2009

    ix woowwwwwwwwwwwww
    k ^:)^ ^:)^
    kueren bgtzzzzzzzzzzzz
    gmana za bkin nua ???????
    ajrin donk iar q ja isa bwt nua………..

  30. 30
    adam
    berkomentar pada jam 11:05 am
    tanggal 8 May 2009

    saya punya al quran terkecil itu ukurannya sebesar uang coin 500 rupiah…

  31. 31
    ferdi
    berkomentar pada jam 10:18 am
    tanggal 18 May 2009

    wah bacanya gimana?

  32. 32
    Adhi
    berkomentar pada jam 6:48 am
    tanggal 25 May 2009

    Memang banyak yang punya alquran mini tapi yang asli? Hanya beberapa dan sebagian besar telah masuk alam lain mungkn karena ga ad orang yg co2k membwanya.
    Ciri2 alquran mini yang asli:
    1. Dengan tinta emas (hti2 jg karena sekarng pun bnyak yg palsu yg mengaku dngn tinta emas)memang sulit membedakan tapi kalau sudah melhat ke 2 nya bru anda tau perbdaan.
    2. Sampulnya berwarna merah kehtam_hitaman dan ad lambang 2 pedang silang.
    3. Untuk menguji suruh paranormal asli bukan gadungan atau jg kiai. Karena pasti mereka akan merasakan kebesaran allah.

  33. 33
    sandi
    berkomentar pada jam 6:02 am
    tanggal 14 July 2009

    wah kalo punya gue si ukurannya (2.5 x 2.2 x 0.9 cm)
    mo gue jual ni coz gi butuh duit cepet.
    Al-Qur’an mini ni pemberian nenek sepulangnya dari makkah tahun 1989-an. Gue jual Rp. 7.050.000,-
    Kalo tertarik and serius bisa hubungi gue di nomor 087 839 097 122
    kalo mo lihat gambarnya, http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2172867
    atau di
    http://s818.photobucket.com/albums/zz102/mausadi/?newest=1
    .-= sandi´s last blog ..What are top 10 online cultural center based on the website traffic? =-.

  34. 34
    sandi
    berkomentar pada jam 6:07 am
    tanggal 14 July 2009

    gue juga punya Al-Qur’an mini ukurannya 2.5 x 2.2 x 0.9 cm. Al-qur’an punya gue asli dari makkah.
    Kalo mo lihat gambar – gambarnya ada di sini ni:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=101927088
    atau
    http://s818.photobucket.com/albums/zz102/mausadi/?newest=1
    .-= sandi´s last blog ..What are top 10 online cultural center based on the website traffic? =-.

  35. 35
    Ha'eM Noerzaman
    berkomentar pada jam 10:03 am
    tanggal 16 July 2009

    saya juga punya Al-Qur’an kecil dengan tinta emas, malah kata kakek yang memberikannya kepada saya (skrg. umur 54 th) Qur’an tsb. sudah berumur 100 tahunan….
    ukuran panjang 2,7 cm – lebar 2,2 cm – tebal 0,9 cm.
    malah kalau tidak ada margin ukurannya 2,25 x 1,4 cm.

    Demikian komentar saya, terima kasih atas perhatiannya.
    .-= Ha’eM Noerzaman´s last blog ..What are top 10 online cultural center based on the website traffic? =-.

  36. 36
    Faiz abidano
    berkomentar pada jam 10:54 am
    tanggal 1 August 2009

    Saya jg punya..ukuran 2×1,5×0,5(cm)bentuk buku dng cover putih bergambar pedang silang warnah merah dan isinya di tuliskan dng tinta merah
    no.hp:085237738457.
    Kupang(NTT)

  37. 37
    Rudi sudarsana.
    berkomentar pada jam 3:15 pm
    tanggal 13 October 2009

    Allohu Akbar….
    I had small Quran with size;
    Length : 1,8cm
    Width : 1,3 cm
    Thick : 0,5 cm
    Included iron cover and magnifying glass. Original…You can
    ask it ( Al Quran ) for Magic showing…” Moving North – Sourth also East – West..” Wallohu allam. Allohu Akbar.

    Rudi Sudarsana, North Bali. Indonesia.

  38. 38
    eka(vhalle)
    berkomentar pada jam 8:33 am
    tanggal 27 January 2010

    saya juga punya 3 buah warisan dari kakek, salah satunya mau di lelang dengan harga 400 juta bagi yang berminat bisa hubungi email saya aa_vhalle@yahoo.com atau 085719609787 di jamin asli barang antik/ bersejarah, dulu pernah di bawa berperang melawan belanda dan jepang, transaksi dilakukan secara langsung datang kerumah saya di bogor untuk menghindari penipuan

  39. 39
    deny
    berkomentar pada jam 4:57 pm
    tanggal 4 March 2010

    subbanaallah kebesaran allah…,di jaga dengan baik mas.

  40. 40
    andi
    berkomentar pada jam 8:07 am
    tanggal 7 March 2010

    subhanaloh
    adayang terkecil lagi saya mau liat

  41. 41
    amara
    berkomentar pada jam 3:21 pm
    tanggal 1 July 2010

    subhanallah apabila saya yg baca saya tidak mampu melihatnnya

  42. 42
    arjuna
    berkomentar pada jam 8:43 am
    tanggal 22 July 2010

    saya pny yg terkecil dgn sampul berwarna merah kehitam2an dan ada lambang pedang silang. Untuk para kolektor dan juragan yang kelebihan uang dan bagi yg berminat ingin memilikinya, silakan hub. 0819 3455 6161, 0813 5063 9191

  43. 43
    cyber komputer
    berkomentar pada jam 1:00 pm
    tanggal 27 July 2010

    subhanallah….jadi ingin lihat nih….sedikit lagi bulan ramadhan,,,perbanyak baca alquran,,,,

  44. 44
    Nisa
    berkomentar pada jam 8:44 am
    tanggal 13 August 2010

    Seru baca komen teman2, Subhanallah ternyata banyak juga yg punya Alqur’an mini ya. Bagaimana kalo dibentuk suatu perkumpulan (apapun namanya) biar bisa terus terhubung dan berbagi informasi.

  45. 45
    soi
    berkomentar pada jam 11:37 am
    tanggal 2 September 2010

    subkhanallah …….maha suci ALLAH SWT

  46. 46
    http://www.villas-canggu.com
    berkomentar pada jam 9:24 am
    tanggal 27 October 2010

    Terima kasih atas informasinya

    Sungguh keajaiban Allah.SWT,,gunakan lah n manfaatkan lah Al Qur’an itu dengan baik.
    Mungkin orang yang memberi itu bisa juga seorang malaikan atau utusan Allah.Semoga diberi anugrah bagi yang memiliki Al Qur’an mini itu..amieeeennn….

    Salam kenal

  47. 47
    jamel ambya
    berkomentar pada jam 9:02 am
    tanggal 28 October 2010

    Saya ada juga quran versi yang sama..saya mau jual kan, siapa berminat hubungi saya 013-8948827 Sarawak Malaysia..RM350K

  48. 48
    Oji
    berkomentar pada jam 11:16 pm
    tanggal 14 March 2011

    Saya jg punya Al-Qur’an mini, 3×2 cm, bgi kolektor yg berminat hub. 085345515848

  49. 49
    dzulyatie
    berkomentar pada jam 9:37 am
    tanggal 27 April 2011

    saya pun ada satu ,( QURAN ) sama macam tu..dari instanbul
    pamberian daripada kawan bapa saya
    iaitu ustaz dari surabaya , indonesia.
    Sungguh keajaiban Allah.SWT,,gunakan lah n manfaatkan lah Al Qur’an itu dengan baik.
    Semoga diberi anugerah bagi yang memiliki Al Qur’an mini itu..

  50. 50
    raden dodi
    berkomentar pada jam 11:56 pm
    tanggal 2 June 2011

    saya punya ukuran al quran kuno dgn ukuran 1,5 x 1 x 0.3 cm sangat kecil kurang dari ibu jari, Al quran ini lengkap dengan tajwidnya bila menggunakan lup/kaca pembesar. Bila ada yang berminat silahkan hubungi di 0818615733, cukup dengan 10juta saja, akan tetapi bila menginginkan yang lainnya dengan ukuran 3x2x1cm dimaharkan cukup dengan 1jt saja. Al quran ini lengkap 30 juz. yg lainnya dgn ukuran 4x5x0,8cm cukup dengan 100ribu saja, semua barang berasal dari import negara Turkey dan tidak beredar lagi dipasaran.

  51. 51
    E rislan adni ramdhan
    berkomentar pada jam 7:39 am
    tanggal 21 June 2011

    Kang kalo harga Al-Qur`an tersebut berapa sich????

  52. 52
    muhamad Derry
    berkomentar pada jam 1:43 pm
    tanggal 12 July 2011

    aing geh boga alquran kecil mah di imah urang lebar na 2cm panjang na 2 setengah cm

  53. 53
    akhmad shufron
    berkomentar pada jam 1:51 pm
    tanggal 6 October 2011

    sya jga punya alkuran terkcil sya lg butuh uang tlong yg brmnat hub saya 081903397252

  54. 54
    Jamel
    berkomentar pada jam 12:57 pm
    tanggal 13 October 2011

    Saya juga ada al-quran lama yang sama ukuran 3X2X1, siap berminat hubungi 60138948827 (Sarawak, Malaysia)

  55. 55
    Jamel
    berkomentar pada jam 1:09 pm
    tanggal 13 October 2011

    Harga ditawarkan hanya 350 juta RP sahaja…

  56. 56
    ahmad
    berkomentar pada jam 5:19 pm
    tanggal 29 October 2011

    sy jg pny al-qur’an mini kurang lebih se ibu jari. Keterangan lebih lanjut hub. 085711057571. Serang-banten

  57. 57
    Ridwan Suleman
    berkomentar pada jam 5:31 pm
    tanggal 27 January 2012

    Saya juga mempunyai Al Quran yang lebih kecil lagi dari yang ini yaitu lebar 2,1 cm panjang 2,7 cm yang berminat silahkan kirim kometarnya elalui email saya

  58. 58
    tito
    berkomentar pada jam 2:22 pm
    tanggal 2 June 2012

    alhamdulilah saya punya alkuran mini ukururan 2.2 cm x 2.4 cm peninggalan kake saya… yang ingin memilikinya bisa hub saya ke no 083822824048. atau bisa langsung ktm drmh saya di bandung

  59. 59
    syahrul
    berkomentar pada jam 1:47 pm
    tanggal 9 June 2012

    Saya punya Al-Quran Mini (1,5×3 cm) warna tulisan kuning,bagi kolektor yang berminat silahkan email:ahmadsyahrullah95@yahoo.com atau call:085269161988…maap tidak melayani Mediator.
    Terimaksih

  60. 60
    Fian/petani lada di Ds.Pklbuluh Kec.Payung Kab.Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung
    berkomentar pada jam 9:36 pm
    tanggal 28 June 2012

    Alhamdulillah…Saya juga memiliki Al Qur’an supermini berumur sdh ratusan tahun serta tidak dapat dibaca dengan mata telanjang,ukuran panjang 2,5 cm dan lebar 1,8 cm sdgkn tebal 0,8 cm.Bagi siapa saja/kolektor yang berminat dengan niat baik mohon langsung hubungi saya (tanpa perantara/mediator) ke nomor Hp.085320349036.

  61. 61
    Belajar Internet
    berkomentar pada jam 6:01 pm
    tanggal 30 June 2012

    Subhanallah… meskipun ini kecil tpi tetap saja makna dalam Al-Quran tersebut tetaplah besar.. <3

  62. 62
    rijal
    berkomentar pada jam 11:57 am
    tanggal 8 April 2013

    bagi anda yg berminat ingin mmliki istambul (alqur”an kecil)
    hub:082370513357

  63. 63
    chucky
    berkomentar pada jam 11:02 am
    tanggal 30 May 2013

    bagi anda yang ingin memiliki Al-Qur,an kecil (panjang 2,8cm / lebar 2cm / tinggi 1,8cm) tinta emas…
    hub: 085723037290 Sukabumi Jawa Barat

  64. 64
    hendra
    berkomentar pada jam 10:43 pm
    tanggal 15 July 2013

    Alhamdulillah klian punya semua,tolong dijaga diturunkan m anak cucu nya….jgn diperjual belikan klau g perlu sekali…
    itu alquran kuno.
    ini sekedar biar info biar tau siapa yg membawa pertama x,tapi jgn salah alquran kecil bermacem2, dan orang nya pun berbeda yg membawa nya..
    ini ulasan dari blog tetangga.
    Beberapa tahun yang lalu, di Propinsi Xinjiang ditemukan sebuah kitab Allah «Al’quran», para ahli berpendapat kitab tersebut bawaan Cheng Hoo dari Negara Arab waktu “Mengarungi Samudera Hindia”. Dengan demikian, kitab «Al’quran» yang paling mini di dunia ini menjadi barang bukti sejarah mengenai jasa Cheng Hoo terhadap peradaban budaya manusia, juga berperan sebagai penyebar budaya Islam dalam “Perjalanan Perdamaian”nya.

  65. 65
    efendi
    berkomentar pada jam 5:33 pm
    tanggal 7 August 2013

    lillah…saya jga mempunyai Al Qur,an,supermini.umur g ada yg tau cmn dipekirkan aja ratusan taun.samping helai kertas terdapat emas.bisa dibaca dengan mata kelanjang yg normal..
    stambul:
    panjang 2,2cm.
    lebar 1,7cm.
    tebal 0,8cm.ada rumah nya.
    Handarund:
    panjang 3,4cm.
    lebar 2cm.
    tebal 1,3cm.ada rumah nya karna tebal g bisa ditutup.
    rumah nya terdapat ukiran ditengah nya bulat ada kaca pembesar. warisan dari kakek saya,menurut crita kakek saya sering bawa2 sapi kluar. ini didapat kan di hongkong.percaya apa gak, saya g tau dari mana yg jlas dpat ini al,qur,an stambul m handarun.
    yg minat saya maharkan 1,5m,bisa nego.
    no hp. 081915666788
    trimkasih.

  66. 66
    Asy'ari Yogatama
    berkomentar pada jam 9:04 am
    tanggal 14 August 2013

    Assalaamu’alaikum.
    Subhannallaah info yang menarik ttg AL-Qur’an mini yang saya baca diatas. saya pun ingin menginformasikan tentang Al-quran yang dimiliki paman saya, berikut spesifikasinya :
    1. Panjang = 1,6 cm
    2. Lebar = 1,2 cm
    3. Tebal = 0,4 cm.

    Al-Qur’an ini mempunyai 2 kotak pembungkus terdiri atas
    1. Kotak pembungkus dari kayu
    2. didalamnya masih terbungkus kotak yang terbuat dari kuningan.
    3. Kotak pembungkus kayunya menyatu dengan tasbih kayu berwarna coklat kehitaman.

    Informasi dari paman saya, Al-Qur’an ini sudah dimilikinya lebih dari 20 thn dan dibuat sekitar tahun 300 SM. sebenarnya beliau tidak ingin menjual Al-Qur’an ini sejak 20thn lalu, namun saat ini beliau maharkan untuk kepentingan umat dan keluarga.

    jika berminat silahkan menghubungi
    no.hp 0857-1016-5819.

    Mohon Maaf tidak melayani Mediator, namun saya juga sedang mencari informasi untuk kontes Al-Qur’an International, barangkali ada yang bisa membantu menginformasikan. sangat saya hargai bantuannya.
    Terima kasih.

    Assalaamu’alaikum.

  67. 67
    H. TOSIN HERMAN
    berkomentar pada jam 5:24 pm
    tanggal 19 August 2013

    Assalaamu’alaikum
    sy umur 65 tahun AL QUR’AN warisan kakek ini pastinya sudah ratusan tahun
    Spesifikasinya :
    Panjang : 3 Cm
    Lebar : 2 Cm
    Tebal : 1 Cm
    Tempat/kotak tidak ada,jilid warna merah gambarnya sudah pudar isi/tulisan didamnya masih jelas bisa dibaca bila pake kaca pembesar.

    kini saya dalam keadaan sakit strook jadi Al Qur’an tersebut mau sy maharkan untuk biaya berobat permintaan 150 000 000 kepada yg berminat silahkan hubungi sy di 081 222 13 18 75 Kab Bandung JAWA BARAT yg serius bisa nego. terima kasih
    wassalam

  68. 68
    Tabronih H. Tokih
    berkomentar pada jam 7:16 pm
    tanggal 9 September 2013

    Assalamu’alaikum…

    Saya tinggal di Depok Jawa barat Indonesia, punya Al-Qur,an mini yang ukuran Panjang=4 cm Lebar=3 Tebal=1,3 cover berwarna coklat. ini didapat dari orang tua (Alm) saya sewaktu ibadah haji di mekah, dan yang ingin saya usulkan bisakah kita mendata jumlah Al-Qur’an mini di seluruh dunia sampai berapa jumlah yang beredar. terima kasih

  69. 69
    EkaAfnii
    berkomentar pada jam 12:32 pm
    tanggal 10 January 2014

    asalamualaikum wr. wb
    agan-agan … nama saya eka saya di jakarta … saya juga punya al-quran terkecil dengan ukuran lebar 1.8cm panjang 2.5cm tebal 0.8cm jika margin dihilangkan maka ukuran nya menjadi panjang 1.8cm lebar 1.1cm
    benda ini saya dapat dari kakek saya yang diwariskan ke orangtua saya… umur nya sudah berkisar ratusan tahun… kondisinya masih sangat bagus dan lengkap… dengan sampul warna merah bata… karena saat ini orangtua saya sedang butuh uang.. maka ayah saya bersedia memaharkan al-quran ini … untuk harga langsung hubungi saya 085774668168 atau email ekaafnii@gmail.com nanti akan saya beri fotonya.. terimakasih.. wasalam

  70. 70
    HambaAllah
    berkomentar pada jam 4:23 am
    tanggal 18 February 2014

    assalamualaikum wr wb.
    wah pada byk yg punya yah. tapi kok pada mau jual kan itu Alquran langkah. antik. alangkah baik nya di warisi ke anak cucu.

  71. 71
    anwar
    berkomentar pada jam 10:38 pm
    tanggal 10 May 2014

    Saya juga punya ukurannya sama … tp saya dr yaman … bagi yg berminat silahkan hubungi 081297842214 pin 22f9e6e1

  72. 72
    AbG
    berkomentar pada jam 7:37 pm
    tanggal 18 July 2014

    Abg dari Sarawak, malaysia, ingin mendapatkan al quran yg kecil, walaupun bersaiz 4cm sebagai koleksi., sesiapa yg ada sila email Abg d treecard75@gmail.com

  73. 73
    Ynf
    berkomentar pada jam 2:08 pm
    tanggal 6 August 2014

    Subhanallah,.. kok jadi t4 iklan jualan al quran mini yaa,.. knapa mesti dijual? harusnya dijaga n dirawat, dibaca sampai khatam,.. afwan..

  74. 74
    farkhan
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 8 August 2014

    saya juga punya Al-quran terkecil alhamdulillah saat ini masih menamani aktifitasku.

  75. 75
    Bintulu, SarawaK
    berkomentar pada jam 11:57 am
    tanggal 20 August 2014

    HELLO SEMUANYA!! Saya dari Bintuu, SarawaK,. ingin memiliki sebuah al quran istambul buat koleksi peribadi,. yang berwarna ka, yang bertinta emas ka,. Sila kirimkan fotonya ya,. pastikan barangannya masih elok,. OK. Kalo ada yang sudi sila e-mail : treecard75@gmail.com

    SEKIAN!!


Isi Komentar


  • *