Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Salah Satu Al-Quran Terkecil Di Dunia?

Dikirim: October 30th, 2006 | Oleh: | Kategori: Spesial | 102 Komentar »

Al Quran MiniThumbnail foto Al-Quran yang terdapat pada posting ini merupakan Al-Quran koleksi dari Almarhum Bapak saya (silakan klik foto tersebut untuk melihat lebih jelas). Al-Quran ini memiliki ukuran fisik yang sangat kecil dengan ukuran area ayat-ayatnya yang nyaris sama kecilnya dengan Al-Quran terkecil didunia. Secara fisik, Al-Quran yang memiliki ketebalan 496 halaman ini memiliki ukuran panjang 3,1 cm, lebar 2,2 cm dan tebal 1,8 cm. Tetapi, jika margin kiri, kanan, atas dan bawah diabaikan, maka Al-Quran ini memiliki panjang 2,2 cm dan lebar 1,9 cm.

Konon Alquran terkecil telah dicatat dalam Guinness Book of Record merupakan milik seorang dokter asal Pakistan, Muhammad Karim Beebani. Menurut Karim yang bekerja di sebuh rumah sakit di Jeddah, Alquran tersebut didapatnya di Inggris. Namun, di dalamnya tercatat bahwa Alquran mungil itu dicetak di Kairo, Mesir, tahun 1892. Alquran ini hanya terdiri atas 571 halaman dengan ukuran panjang 1,7 cm, lebar 1,28 cm, dan tebal 0,72 cm. Sumber: Tokoh

Menurut almarhum Bapak yang sempat melakukan pengujian kepada beberapa ahli Al-Quran, Al-Quran yang dinyatakan memiliki 114 surat lengkap ini didapatkan dari seseorang tak dikenal. Pada saat itu Bapak masih menjadi mahasiswa di Bandung dan orang tak dikenal itu tiba-tiba saja muncul meminta bantuan uang untuk membeli makan. Namun karena saat itu Bapak tidak memegang uang, maka Bapak memberikan baju dan sepatunya. Sebagai rasa terimakasih, tanpa diduga orang tak dikenal itu memberikan Al-Quran kecil ini kepada Bapak. Siapa orang itu hingga kini merupakan pertanyaan yang belum bisa dijawab.

“Ini adalah salah satu barang koleksi milik Bapak,” kata Ibu ketika menyerahkan Al-Quran yang sebelumnya saya tanyakan keberadaannya ketangan saya. “Tolong kamu simpan baik-baik.” Ya, insya Allah akan saya simpan baik baik Bu, lalu saya titipkan ke istri saya untuk segera menyimpannya.

Tidak berapa lama, istri saya berkomentar, “Hanya perasaan aku saja atau bukan, Al-Quran ini rasanya hangat dalam genggaman tangan Yuli Bu,” katanya kepada Ibu. “Memang,” jawab ibu Enteng. “Coba kamu pegang, memang Al-Quran ini kalau dipegang akan terasa hangat,” kata Ibu seraya menyuruhku untuk mencoba menggenggam Al-Quran ini. Ya, mungkin ini adalah salah satu hal yang sulit diterangkan akal sehat, rasa hangat itu menjalar perlahan dalam genggaman tangan. Hal yang sama pun terjadi beberapa menit yang lalu ketika saya hendak memotret Al-Quran tersebut untuk saya upload dan tuliskan dalam blog.

Hari ini tepat 1 tahun Bapak yang kami cintai meninggal dunia, Riyono Pratikto, 27 Agustus 1932 – 30 Oktober 2005.


102 komentar untuk “Salah Satu Al-Quran Terkecil Di Dunia?”

  1. 1
    Cucu atuk bah
    berkomentar pada jam 11:23 pm
    tanggal 8 October 2016

    Warisan dari nenek buyut alquran nul karim panjang 2.1 lebar 1.9 tebal 1.1.. ceritanya sich oleh2 saat beliau ke mekkah. Di mahar 900jt. Silahkan bagi yg berminat cp : 081575843559. Wasalam

  2. 2
    widy_kancil
    berkomentar pada jam 12:27 am
    tanggal 8 December 2016

    Alhamdulillah,. Sya jga msh megang alquran kecilnya,.
    Minat mahar. 081912997797


Isi Komentar