Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Salah Satu Al-Quran Terkecil Di Dunia?

Dikirim: October 30th, 2006 | Oleh: | Kategori: Spesial | 99 Komentar »

Al Quran MiniThumbnail foto Al-Quran yang terdapat pada posting ini merupakan Al-Quran koleksi dari Almarhum Bapak saya (silakan klik foto tersebut untuk melihat lebih jelas). Al-Quran ini memiliki ukuran fisik yang sangat kecil dengan ukuran area ayat-ayatnya yang nyaris sama kecilnya dengan Al-Quran terkecil didunia. Secara fisik, Al-Quran yang memiliki ketebalan 496 halaman ini memiliki ukuran panjang 3,1 cm, lebar 2,2 cm dan tebal 1,8 cm. Tetapi, jika margin kiri, kanan, atas dan bawah diabaikan, maka Al-Quran ini memiliki panjang 2,2 cm dan lebar 1,9 cm.

Konon Alquran terkecil telah dicatat dalam Guinness Book of Record merupakan milik seorang dokter asal Pakistan, Muhammad Karim Beebani. Menurut Karim yang bekerja di sebuh rumah sakit di Jeddah, Alquran tersebut didapatnya di Inggris. Namun, di dalamnya tercatat bahwa Alquran mungil itu dicetak di Kairo, Mesir, tahun 1892. Alquran ini hanya terdiri atas 571 halaman dengan ukuran panjang 1,7 cm, lebar 1,28 cm, dan tebal 0,72 cm. Sumber: Tokoh

Menurut almarhum Bapak yang sempat melakukan pengujian kepada beberapa ahli Al-Quran, Al-Quran yang dinyatakan memiliki 114 surat lengkap ini didapatkan dari seseorang tak dikenal. Pada saat itu Bapak masih menjadi mahasiswa di Bandung dan orang tak dikenal itu tiba-tiba saja muncul meminta bantuan uang untuk membeli makan. Namun karena saat itu Bapak tidak memegang uang, maka Bapak memberikan baju dan sepatunya. Sebagai rasa terimakasih, tanpa diduga orang tak dikenal itu memberikan Al-Quran kecil ini kepada Bapak. Siapa orang itu hingga kini merupakan pertanyaan yang belum bisa dijawab.

“Ini adalah salah satu barang koleksi milik Bapak,” kata Ibu ketika menyerahkan Al-Quran yang sebelumnya saya tanyakan keberadaannya ketangan saya. “Tolong kamu simpan baik-baik.” Ya, insya Allah akan saya simpan baik baik Bu, lalu saya titipkan ke istri saya untuk segera menyimpannya.

Tidak berapa lama, istri saya berkomentar, “Hanya perasaan aku saja atau bukan, Al-Quran ini rasanya hangat dalam genggaman tangan Yuli Bu,” katanya kepada Ibu. “Memang,” jawab ibu Enteng. “Coba kamu pegang, memang Al-Quran ini kalau dipegang akan terasa hangat,” kata Ibu seraya menyuruhku untuk mencoba menggenggam Al-Quran ini. Ya, mungkin ini adalah salah satu hal yang sulit diterangkan akal sehat, rasa hangat itu menjalar perlahan dalam genggaman tangan. Hal yang sama pun terjadi beberapa menit yang lalu ketika saya hendak memotret Al-Quran tersebut untuk saya upload dan tuliskan dalam blog.

Hari ini tepat 1 tahun Bapak yang kami cintai meninggal dunia, Riyono Pratikto, 27 Agustus 1932 – 30 Oktober 2005.


99 komentar untuk “Salah Satu Al-Quran Terkecil Di Dunia?”

  1. 1
    E rislan adni ramdhan
    berkomentar pada jam 7:39 am
    tanggal 21 June 2011

    Kang kalo harga Al-Qur`an tersebut berapa sich????

  2. 2
    muhamad Derry
    berkomentar pada jam 1:43 pm
    tanggal 12 July 2011

    aing geh boga alquran kecil mah di imah urang lebar na 2cm panjang na 2 setengah cm

  3. 3
    akhmad shufron
    berkomentar pada jam 1:51 pm
    tanggal 6 October 2011

    sya jga punya alkuran terkcil sya lg butuh uang tlong yg brmnat hub saya 081903397252

  4. 4
    Jamel
    berkomentar pada jam 12:57 pm
    tanggal 13 October 2011

    Saya juga ada al-quran lama yang sama ukuran 3X2X1, siap berminat hubungi 60138948827 (Sarawak, Malaysia)

  5. 5
    Jamel
    berkomentar pada jam 1:09 pm
    tanggal 13 October 2011

    Harga ditawarkan hanya 350 juta RP sahaja…

  6. 6
    ahmad
    berkomentar pada jam 5:19 pm
    tanggal 29 October 2011

    sy jg pny al-qur’an mini kurang lebih se ibu jari. Keterangan lebih lanjut hub. 085711057571. Serang-banten

  7. 7
    Ridwan Suleman
    berkomentar pada jam 5:31 pm
    tanggal 27 January 2012

    Saya juga mempunyai Al Quran yang lebih kecil lagi dari yang ini yaitu lebar 2,1 cm panjang 2,7 cm yang berminat silahkan kirim kometarnya elalui email saya

  8. 8
    tito
    berkomentar pada jam 2:22 pm
    tanggal 2 June 2012

    alhamdulilah saya punya alkuran mini ukururan 2.2 cm x 2.4 cm peninggalan kake saya… yang ingin memilikinya bisa hub saya ke no 083822824048. atau bisa langsung ktm drmh saya di bandung

  9. 9
    syahrul
    berkomentar pada jam 1:47 pm
    tanggal 9 June 2012

    Saya punya Al-Quran Mini (1,5×3 cm) warna tulisan kuning,bagi kolektor yang berminat silahkan email:ahmadsyahrullah95@yahoo.com atau call:085269161988…maap tidak melayani Mediator.
    Terimaksih

  10. 10
    Fian/petani lada di Ds.Pklbuluh Kec.Payung Kab.Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung
    berkomentar pada jam 9:36 pm
    tanggal 28 June 2012

    Alhamdulillah…Saya juga memiliki Al Qur’an supermini berumur sdh ratusan tahun serta tidak dapat dibaca dengan mata telanjang,ukuran panjang 2,5 cm dan lebar 1,8 cm sdgkn tebal 0,8 cm.Bagi siapa saja/kolektor yang berminat dengan niat baik mohon langsung hubungi saya (tanpa perantara/mediator) ke nomor Hp.085320349036.

  11. 11
    Belajar Internet
    berkomentar pada jam 6:01 pm
    tanggal 30 June 2012

    Subhanallah… meskipun ini kecil tpi tetap saja makna dalam Al-Quran tersebut tetaplah besar.. <3

  12. 12
    rijal
    berkomentar pada jam 11:57 am
    tanggal 8 April 2013

    bagi anda yg berminat ingin mmliki istambul (alqur”an kecil)
    hub:082370513357

  13. 13
    chucky
    berkomentar pada jam 11:02 am
    tanggal 30 May 2013

    bagi anda yang ingin memiliki Al-Qur,an kecil (panjang 2,8cm / lebar 2cm / tinggi 1,8cm) tinta emas…
    hub: 085723037290 Sukabumi Jawa Barat

  14. 14
    hendra
    berkomentar pada jam 10:43 pm
    tanggal 15 July 2013

    Alhamdulillah klian punya semua,tolong dijaga diturunkan m anak cucu nya….jgn diperjual belikan klau g perlu sekali…
    itu alquran kuno.
    ini sekedar biar info biar tau siapa yg membawa pertama x,tapi jgn salah alquran kecil bermacem2, dan orang nya pun berbeda yg membawa nya..
    ini ulasan dari blog tetangga.
    Beberapa tahun yang lalu, di Propinsi Xinjiang ditemukan sebuah kitab Allah «Al’quran», para ahli berpendapat kitab tersebut bawaan Cheng Hoo dari Negara Arab waktu “Mengarungi Samudera Hindia”. Dengan demikian, kitab «Al’quran» yang paling mini di dunia ini menjadi barang bukti sejarah mengenai jasa Cheng Hoo terhadap peradaban budaya manusia, juga berperan sebagai penyebar budaya Islam dalam “Perjalanan Perdamaian”nya.

  15. 15
    efendi
    berkomentar pada jam 5:33 pm
    tanggal 7 August 2013

    lillah…saya jga mempunyai Al Qur,an,supermini.umur g ada yg tau cmn dipekirkan aja ratusan taun.samping helai kertas terdapat emas.bisa dibaca dengan mata kelanjang yg normal..
    stambul:
    panjang 2,2cm.
    lebar 1,7cm.
    tebal 0,8cm.ada rumah nya.
    Handarund:
    panjang 3,4cm.
    lebar 2cm.
    tebal 1,3cm.ada rumah nya karna tebal g bisa ditutup.
    rumah nya terdapat ukiran ditengah nya bulat ada kaca pembesar. warisan dari kakek saya,menurut crita kakek saya sering bawa2 sapi kluar. ini didapat kan di hongkong.percaya apa gak, saya g tau dari mana yg jlas dpat ini al,qur,an stambul m handarun.
    yg minat saya maharkan 1,5m,bisa nego.
    no hp. 081915666788
    trimkasih.

  16. 16
    Asy'ari Yogatama
    berkomentar pada jam 9:04 am
    tanggal 14 August 2013

    Assalaamu’alaikum.
    Subhannallaah info yang menarik ttg AL-Qur’an mini yang saya baca diatas. saya pun ingin menginformasikan tentang Al-quran yang dimiliki paman saya, berikut spesifikasinya :
    1. Panjang = 1,6 cm
    2. Lebar = 1,2 cm
    3. Tebal = 0,4 cm.

    Al-Qur’an ini mempunyai 2 kotak pembungkus terdiri atas
    1. Kotak pembungkus dari kayu
    2. didalamnya masih terbungkus kotak yang terbuat dari kuningan.
    3. Kotak pembungkus kayunya menyatu dengan tasbih kayu berwarna coklat kehitaman.

    Informasi dari paman saya, Al-Qur’an ini sudah dimilikinya lebih dari 20 thn dan dibuat sekitar tahun 300 SM. sebenarnya beliau tidak ingin menjual Al-Qur’an ini sejak 20thn lalu, namun saat ini beliau maharkan untuk kepentingan umat dan keluarga.

    jika berminat silahkan menghubungi
    no.hp 0857-1016-5819.

    Mohon Maaf tidak melayani Mediator, namun saya juga sedang mencari informasi untuk kontes Al-Qur’an International, barangkali ada yang bisa membantu menginformasikan. sangat saya hargai bantuannya.
    Terima kasih.

    Assalaamu’alaikum.

  17. 17
    H. TOSIN HERMAN
    berkomentar pada jam 5:24 pm
    tanggal 19 August 2013

    Assalaamu’alaikum
    sy umur 65 tahun AL QUR’AN warisan kakek ini pastinya sudah ratusan tahun
    Spesifikasinya :
    Panjang : 3 Cm
    Lebar : 2 Cm
    Tebal : 1 Cm
    Tempat/kotak tidak ada,jilid warna merah gambarnya sudah pudar isi/tulisan didamnya masih jelas bisa dibaca bila pake kaca pembesar.

    kini saya dalam keadaan sakit strook jadi Al Qur’an tersebut mau sy maharkan untuk biaya berobat permintaan 150 000 000 kepada yg berminat silahkan hubungi sy di 081 222 13 18 75 Kab Bandung JAWA BARAT yg serius bisa nego. terima kasih
    wassalam

  18. 18
    Tabronih H. Tokih
    berkomentar pada jam 7:16 pm
    tanggal 9 September 2013

    Assalamu’alaikum…

    Saya tinggal di Depok Jawa barat Indonesia, punya Al-Qur,an mini yang ukuran Panjang=4 cm Lebar=3 Tebal=1,3 cover berwarna coklat. ini didapat dari orang tua (Alm) saya sewaktu ibadah haji di mekah, dan yang ingin saya usulkan bisakah kita mendata jumlah Al-Qur’an mini di seluruh dunia sampai berapa jumlah yang beredar. terima kasih

  19. 19
    EkaAfnii
    berkomentar pada jam 12:32 pm
    tanggal 10 January 2014

    asalamualaikum wr. wb
    agan-agan … nama saya eka saya di jakarta … saya juga punya al-quran terkecil dengan ukuran lebar 1.8cm panjang 2.5cm tebal 0.8cm jika margin dihilangkan maka ukuran nya menjadi panjang 1.8cm lebar 1.1cm
    benda ini saya dapat dari kakek saya yang diwariskan ke orangtua saya… umur nya sudah berkisar ratusan tahun… kondisinya masih sangat bagus dan lengkap… dengan sampul warna merah bata… karena saat ini orangtua saya sedang butuh uang.. maka ayah saya bersedia memaharkan al-quran ini … untuk harga langsung hubungi saya 085774668168 atau email ekaafnii@gmail.com nanti akan saya beri fotonya.. terimakasih.. wasalam

  20. 20
    HambaAllah
    berkomentar pada jam 4:23 am
    tanggal 18 February 2014

    assalamualaikum wr wb.
    wah pada byk yg punya yah. tapi kok pada mau jual kan itu Alquran langkah. antik. alangkah baik nya di warisi ke anak cucu.

  21. 21
    anwar
    berkomentar pada jam 10:38 pm
    tanggal 10 May 2014

    Saya juga punya ukurannya sama … tp saya dr yaman … bagi yg berminat silahkan hubungi 081297842214 pin 22f9e6e1

  22. 22
    AbG
    berkomentar pada jam 7:37 pm
    tanggal 18 July 2014

    Abg dari Sarawak, malaysia, ingin mendapatkan al quran yg kecil, walaupun bersaiz 4cm sebagai koleksi., sesiapa yg ada sila email Abg d treecard75@gmail.com

  23. 23
    Ynf
    berkomentar pada jam 2:08 pm
    tanggal 6 August 2014

    Subhanallah,.. kok jadi t4 iklan jualan al quran mini yaa,.. knapa mesti dijual? harusnya dijaga n dirawat, dibaca sampai khatam,.. afwan..

  24. 24
    farkhan
    berkomentar pada jam 11:02 pm
    tanggal 8 August 2014

    saya juga punya Al-quran terkecil alhamdulillah saat ini masih menamani aktifitasku.

  25. 25
    Bintulu, SarawaK
    berkomentar pada jam 11:57 am
    tanggal 20 August 2014

    HELLO SEMUANYA!! Saya dari Bintuu, SarawaK,. ingin memiliki sebuah al quran istambul buat koleksi peribadi,. yang berwarna ka, yang bertinta emas ka,. Sila kirimkan fotonya ya,. pastikan barangannya masih elok,. OK. Kalo ada yang sudi sila e-mail : treecard75@gmail.com

    SEKIAN!!

  26. 26
    ross
    berkomentar pada jam 5:44 am
    tanggal 19 November 2014

    .

    ñïñ!

  27. 27
    Herman
    berkomentar pada jam 9:17 pm
    tanggal 20 November 2014

    .

    hello.

  28. 28
    RRG
    berkomentar pada jam 12:29 am
    tanggal 6 March 2015

    saya juga punya kecil dan lemaran nya tipis

  29. 29
    fajar
    berkomentar pada jam 12:45 pm
    tanggal 9 March 2015

    Saya juga punyo, lebih kurang sbesar kuku jempol tagan,
    Munkin ad yg minat, hub 082288135200,
    Saya bingung mau mengunakan nya.

  30. 30
    budi syahputra
    berkomentar pada jam 2:58 pm
    tanggal 18 April 2015

    punya saya ada ukurannya sebesar uang koin
    kalau ada yang minat hub 085360762021
    tanhks…..

  31. 31
    Jan Tri Subakti
    berkomentar pada jam 4:49 pm
    tanggal 9 June 2015

    Saya juga memiliki dengan ukuran yang sama yang lokasi JABODETABEK kalau bisa kopi darat yuuuk… Tri 08161471227

  32. 32
    ahmad
    berkomentar pada jam 11:33 pm
    tanggal 13 June 2015

    untuk wilayah serang banten juga ada hub 085711057571

  33. 33
    arham
    berkomentar pada jam 9:53 pm
    tanggal 24 June 2015

    Bsa pinjam quranx stu hari sja???

  34. 34
    Rio
    berkomentar pada jam 6:23 am
    tanggal 20 July 2015

    Sya punya 2 .. Turun temurun.. Hampir 5 generasi. Minat pin ..57CEC0D9 atau tlpon 082257098708 rio.. Mojokwerto

  35. 35
    arief
    berkomentar pada jam 9:13 pm
    tanggal 21 July 2015

    Sy punya ukuran panjang 1,2 cm lebar, o,9cm tebal 0,7 cm, minat hub 082293067207

  36. 36
    handy aja
    berkomentar pada jam 12:23 pm
    tanggal 1 November 2015

    Saya juga punya Al-Qur’an mini dan ingin menjual dgn harga murah. Butuh dana cepat nih…
    PIN: 2af09006
    Hp : 082319192219
    Area sulawesi tengah

  37. 37
    fendi
    berkomentar pada jam 8:14 pm
    tanggal 28 December 2015

    alkuran mini meskipun umurnya tua namun jumlahnya cukup banyak di Indonesia, di Papua juga ada tuh. Kalo sudah banyak kayaknya tidak antik lagi…simpan saja sebagai kenangan dari masa ke masa. saya juga punya.

  38. 38
    h.sutijono sw
    berkomentar pada jam 2:16 pm
    tanggal 31 December 2015

    saya punya al qur’an hampir seperti itu, saya peroleh di sulawesi utara 1977 setelah saya meditasi 3 hari 3 malam ngebleng karena almh seperti gila, saya obati dengan cara apapun tidak sembuh. maka atas syaran paranormal keturunan jerman, saya supaya berusaha semampu sendiri.
    selanjutnya saya meditasi.
    al qur’an mini tsb diberikan oleh seorang keturunan pendeta Nasrani, pendeta tersebut yang mengurus makam Imam Bonjol di Pineleng kampung Kali (maaf prosesnya panjang yg diluar nalar)
    Pusaka yg ditunjukkan kepada saya :
    1.Pedang ada tulisan arab, ada lobang2 3(tiga) baris memanjang; baris atas diisi emas lobang ditengah diisi swasa mas 16K dan lobang terbawah berisi perak
    2. Al Qur’an lembaran ini ada tuahnya “Anti Cukur”
    3. Yg diberikan ke saya, maaf tempatnya waktu itu didalam kitab Injil yang ditengahnya lobang untuk tempat ke 2 al qur’an mini tsb. dan tidak saya bawa. maaf saya muslim. dan ada kejadian-2 aneh selama saya pegang (maaf tidak saya ceritakan, jangan sampai saya dianggap musrik). maaf kalau berniat hub. 081314992999
    wass.ww.

  39. 39
    fajar saputra
    berkomentar pada jam 9:36 am
    tanggal 17 January 2016

    sya ada alqur’an trkecil, tidak ada niatan menjual,..
    hanya sya maharkan, sepatut nya,. karna alqur’an itu firman alloh subhanollohu wa ta a’la..

  40. 40
    aduka
    berkomentar pada jam 12:46 am
    tanggal 22 January 2016

    Sy juga memiliki alquran saiz sebesar syiling 50 sen malaysia..ingin di maharkan juga..berminat boleh menghubungi sy di num 0162094066…lokasi penang

  41. 41
    Abu Izzah
    berkomentar pada jam 12:12 am
    tanggal 31 January 2016

    Al Quran mini ukuran P:2,5 cm, L :1,5 cm, Tebal : 1,0 cm. +- Tahun 1745.Tinta emas,kertas cina.Sdh pernah ditayangkan di AN TV (ada CDnya),sdh diperiksa di : Pesantren as Shiddiqiyyah_Jakarta, Bait al Quran TMII,Perpustakaan nasional,dll.(semua ada bukti tertulis).Yang berminat silahkan email ke muslichmursalin@gmailsayassaya:muslichmursalin@gmail.com

  42. 42
    Abu Izzah
    berkomentar pada jam 12:21 am
    tanggal 31 January 2016

    Koleksi pribadi,Al Quran mini ukuran P:2,5 cm, L :1,5 cm, Tebal : 1,0 cm. +- Tahun 1745.Tinta emas,kertas cina.Sdh pernah ditayangkan di AN TV (ada CDnya),sdh diperiksa di : Pesantren ash_ Shiddiqiyyah_Jakarta, Bait al Quran TMII,Perpustakaan nasional,dll.(semua ada bukti tertulis).Yang berminat silahkan email ke :muslichmursalin@gmail.com atau telp 081280223436. Maaf tdk melayani mediator.Trims.

  43. 43
    lucky
    berkomentar pada jam 12:56 pm
    tanggal 16 February 2016

    Sy juga punya al quran kecil,hubungi 0)85219204775

  44. 44
    wahyu permana
    berkomentar pada jam 6:39 pm
    tanggal 19 February 2016

    Assallam mu’alaikum.Al_qur’an terkecil di dunia sangat banyak.di andaranya saya pun punya satu.bukan kertas&tulisan jaman sekarang tentunya.di perkirakan umurnya +- sudah ratusan tahun. Info lebih lanjut :082217236077 bm : 53379d37

  45. 45
    widi
    berkomentar pada jam 11:48 pm
    tanggal 18 March 2016

    Kirain cuma beberapa biji alquran mini di indonesia,
    Ternyata banyak juga ya,
    Termasuk saya,.
    Dijaga dirawat sobat

  46. 46
    Dewi
    berkomentar pada jam 4:05 pm
    tanggal 25 March 2016

    Al quran mini saya juga ada tapi saya rawat warisan nenek soalnya kecil bgt ..klo minat hub 085642472800 bm 754cf17c

  47. 47
    ahmad
    berkomentar pada jam 10:21 pm
    tanggal 2 April 2016

    ane juga punya yang minat hp 087849421853

  48. 48
    Achmad Rizal Ali
    berkomentar pada jam 7:34 pm
    tanggal 16 June 2016

    Paman saya juga punya, ukuran nya 2,7cm x 2cm

    monggo yang berminat 081334284367

  49. 49
    arif rahman
    berkomentar pada jam 3:13 pm
    tanggal 29 June 2016

    saya juga punya al qur’an mini tersebut diperkirakan usianya udah ratusan tahun.cover warna merah,pernah dibawa kakek buyut saat perang.harga yang ditawarkan RP.350 jt /tinta emas.yg minat hubungi saya
    hp:085274399606
    pin:5c364ED8


Isi Komentar