Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Install VMWare Tools pada Ubuntu

Dikirim: August 23rd, 2006 | Oleh: | Kategori: Ubuntu | 14 Komentar »

Pada saat kita menginstall Ubuntu pada VMWare, kita seharusnya menginstallkan juga VMware tools yang telah disediakan sehingga hardware virtual seperti kartu grafis, kartu jaringan dan lainnya berjalan maksimal. Berikut langkah-langkah menginstall VMWare tools pada Ubuntu.

  1. Klik Install VMWare Tools yang ada pada menu VM. Langkah ini akan memunculkan CD-ROM VMWare Tools.
  2. Double klik VMWareTools-{Version number}.tar.gz yang ada dalam CD-ROM dan extract kedalam Desktop. Hasilnya adalah sebuah direktory bernama vmware-tools-distrib yang terlihat pada Desktop.
  3. Dari terminal, ketik:
    • sudo apt-get update
    • sudo apt-get install build-essential
    • uname-r
      perintah ini untuk mengambil versi kernel yang akan dipergunakan untuk menginstall linux-header pada langkah selanjutnya.
    • sudo apt-get install linux-headers-{ketikan nomor yang muncul dari perintah uname-r lengkap}
      perintah ini akan menginstalkan linux-header yang dibutuhkan untuk melakukan kompilasi VMWare Tools.
    • cd Desktop/vmware-tools-distrib/
    • sudo ./vmware-install.pl
      selanjutnya tekan saja enter-enter dan enter sampai selesai :)
  4. Hapus vmware-tools-distrib pada Desktop dan restart Ubuntu.
  5. Selesai

**
Untuk memanggil VMWare Tools Properties, ketikan /usr/bin/vmware-toolbox pada terminal.


14 komentar untuk “Install VMWare Tools pada Ubuntu”

  1. 1
    bagonk
    berkomentar pada jam 10:37 pm
    tanggal 25 August 2006

    doh… blom ngerti mas… vmware sering dengar tapi blom tau fungsinya… harus banyak belajar lagi neh… :)>-

  2. 2
    hafidz
    berkomentar pada jam 4:07 pm
    tanggal 28 August 2006

    Kerasa nggak bos bedanya? performanya laen nggak? makasih

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:08 pm
    tanggal 28 August 2006

    bedanya pasti kerasa, tapi tidak terlalu mengganggu (tergantung spek komputernya tentunya)

  4. 4
    ame
    berkomentar pada jam 10:37 pm
    tanggal 28 August 2006

    vmware tool itu kan untuk meningkatkan performa grafis dan mouse di OS Guest ya? dan memudahkan switching desktop dan klak klik mouse, jadi ngga repot pencet CRTL + ALT.

    eniwei, kalo sering bolak balik ke full screen mode (CTRL + ALT + ENTER) os guestnya error dan harus di power on seperti pertama lagi… penyakitnya emang gini ato cuma saya aja yang ngalami?

    sekedar info vmware server di install di ubuntu 6.06 64bit, dan guest nya win XP pro

  5. 5
    een sungailiat bangka
    berkomentar pada jam 10:57 am
    tanggal 30 April 2008

    mas, kog tampilannya gak seperti UBuntu beneran, cuma kaya bios aj gak bisa ya start menu dll diganti ubuntu?
    thanks before

  6. 6
    ovhieck
    berkomentar pada jam 8:04 am
    tanggal 25 November 2008

    :pusing: ada yang taw cara install vmware d linux ubuntu ga >,<” moon bantuannya iawH.

  7. 7
    ovhieck
    berkomentar pada jam 8:06 am
    tanggal 25 November 2008

    :weeee: ovick gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  8. 8
    Ryan
    berkomentar pada jam 6:16 pm
    tanggal 9 December 2008

    thank mas :wow:
    kl ada yg laen kasih tau ya….

  9. 9
    topic_mail
    berkomentar pada jam 1:36 pm
    tanggal 5 June 2009

    jangan lupa di mounting dulu /cdrom nya tuh .. ehehehe .. tar ada yang bingung nyari nya.

  10. 10
    Arman
    berkomentar pada jam 1:35 pm
    tanggal 12 June 2009

    waduh, aku belum berhasil nih, padahal tinggal setting screen size, tapi malah nge-hang. padahal aku pakai di core 2 duo 2.2Ghz ram 2 gb, kenapa eui?

  11. 11
    marganda
    berkomentar pada jam 8:08 am
    tanggal 14 May 2010

    Yth. Pak Admin
    Saya memiliki masalah dalam settingan card grafis di Guest OS (Wind XP sp2) Vm ware 6.5 . Host nya adalah wind xp 64 bit 8GB Memory, 1 GB card grafis Ati Radeion 4700.
    Settingan Guest adlah 3GB Ram, tapi card grafisnya hanya mendetek SVGA II 16 MB. Apakah ada tools untuk menaikkan settingan ini menjadi 512 MB atau lebih ??
    Mohon bantuannya , tolong dikrimkan ke email kami : margandatua.agp@gmail.com

    tks

  12. 12
    fiedzback
    berkomentar pada jam 9:36 pm
    tanggal 25 June 2010

    blog nya bagus om.simpel tapi majur…..sip dengan slogannya “mencatat yang tidak perlu dicatat” dan catatannya bener juga :D

  13. 13
    za
    berkomentar pada jam 3:20 pm
    tanggal 5 July 2011

    VMware ini berjalan di atas sistem operasi apa Mas? Bukan di atas Ubuntu ya?

  14. 14
    samuel
    berkomentar pada jam 12:26 am
    tanggal 23 November 2014

    .

    thank you.


Isi Komentar