Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Floppy Disk, Masihkah Dibutuhkan?

Dikirim: August 22nd, 2006 | Oleh: | Kategori: Teknoblogia | 8 Komentar »

Pertanyaan ini sebetulnya sudah mulai muncul ketika penggunaan zipdrive  mulai marak. Kebetulan saya adalah pengguna zipdrive dan hampir selalu membawanya kemana-mana sebagai pengganti disket 3.5″ yang hanya memiliki kapasitas 1.4MB. Saat itu harapan saya adalah terjadi perubahan standar PC yang semula menggunakan floppy disk menjadi zipdrive, dengan ukuran fisik yang hampir sama tetapi memiliki kapasitas jauh lebih besar. Nyatanya, harapan saya ini tidak pernah terjadi.

Lalu teknologi semakin berkembang sehingga CD-R/W semakin bertambah murah. Saya pun mulai mengganti kebiasaan untuk menyimpan data pada zipdrive dengan kepingan-kepingan CD-RW, dari yang berkapasitas 250MB (yang berukuran kecil, sehingga mudah masuk dalam kantong) hingga yang 640MB.  Rasanya semakin hari semakin umum orang menggunakan CD-RW untuk menyimpan data.
Lalu sekarang flashdisk yang juga semakin hari semakin murah. Saat ini, sudah umum orang menggunakan flashdisk dan membawanya kemanapun. Besarnya pun tidak tanggung-tanggung, dari 128MB hingga 2GB. Tetapi toh floppy disk 3.5″ dengan kapasitas 1.4MB tetap saja tidak hilang, floppy disk drive nyaris tetap ada pada semua PC baik rakitan maupun branded.

Dilihat dari perkembangan teknologi hardware komputer, floppy disk 3.5″ yang merupakan pengganti floppy disk 5 1/4″ ini,  dari dulu hingga kini tidak mengalami perubahan. Kecepatan dan kapasitas tetap sama. Jadi boleh dikatakan, secara teknologi floppy disk ini sudah jauh tertinggal (kuno).

Tempat penyimpanan terus berkembang semakin besar, ukuran fisik semakin kecil, semakin praktis untuk dibawa dan semakin murah. Tetapi floppy disk tetap saja ada.
Silakan bagi yang memiliki floppy disk drive pada PC-nya untuk bertanya kepada diri sendiri, “Kapan saya terakhir menggunakannya?” atau “Berapa kali saya menggunakannya floppy disk dalam seminggu, sebulan bahkan setahun?

Masih butuh floppy disk?


8 komentar untuk “Floppy Disk, Masihkah Dibutuhkan?”

  1. 1
    bagonk
    berkomentar pada jam 10:56 am
    tanggal 24 August 2006

    komputer di ruangan kantor sudah tidak ada lagi yg pakai floppy disk…
    floppy disk memang sudah waktunya untuk punah… mungkin nantinya tempat floppy diganti card reader aja kali ya… harga MMC makin hari kan makin murah tuh… :)

  2. 2
    mucin
    berkomentar pada jam 5:21 pm
    tanggal 28 September 2006

    install driver raid buat server masih pake disket euy :(

  3. 3
    kurniyando
    berkomentar pada jam 8:34 pm
    tanggal 6 August 2007

    sbagai anak indonesia, tidak baik melupakan atau memusnahkan penemuan pertama seperti floopy disk.Karena kata pepatah jika dpt teman baru jangan lupakan teman lama.mkeskipun jaman sudah maju kita tidak boleh melupakannya.karena kasihan yg membuatnya dg susah payah.maka ayo kita hargai floopy disk.

  4. 4
    myna
    berkomentar pada jam 12:36 pm
    tanggal 25 August 2008

    jgn dunx …… :-w

  5. 5
    stephanie
    berkomentar pada jam 6:01 pm
    tanggal 17 September 2008

    hihihi dirumah saya malah masih ada disket ukur 51/4″ untuk maen diger..
    Mo dipake dah ga ada playernya (kompie lama dah dimuesumkan sejak 15 taon lalu) mo dibuang banyak banget kenangannya
    hiihihi

  6. 6
    astika
    berkomentar pada jam 10:41 am
    tanggal 11 January 2009

    sebenarnya flopyy disk termasuk barang yang sudah tidak asing tapi floppy disk masih sangat bermanfaat bagi kita. untuk itutolong tampilkan pengertian dan fungsi dari floppy disk agar nantinya yang buka browser tentang floopy disk mereka dapat mudah mencarinyaaaaaaaaaaaaaaa. :bringiton: :p [-( :hi: :hi:

  7. 7
    jo
    berkomentar pada jam 1:59 pm
    tanggal 2 February 2010

    masih diperlukan… flash bios harus pake floppy disk

  8. 8
    rizky
    berkomentar pada jam 3:21 pm
    tanggal 11 January 2012

    flopyy disk mmang sudah bnyak penggantinya mmang hrus di ganti dgn yang baru


Isi Komentar