Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Game Komputer? Tidak ada Inovasi Baru?

Dikirim: August 9th, 2006 | Oleh: | Kategori: Games | 22 Komentar »

Dulu, ketika saya sudah pusing dengan berbagai teka-teki yang muncul saat membuat program atau script, atau sekedar pusing akibat kuliah atau pekerjaan kantor yang menumpuk saat sudah bekerja, maka obatnya adalah bermain game di komputer. Entah game yang sudah terinstall atau mencari game baru dengan melihat review di Gamespot.com.

Tapi sekarang, saya sama sekali tidak menemukan game komputer yang mengasyikan. Semua cenderung membosankan dan bahkan terlihat tidak ada inovasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Saya ingat, ketika dulu saya kuliah, berbagai inovasi muncul. Mulai dari Wolfenstein yang mulai mengenalkan permainan 3D dengan gaya First Person Shooter (FPS). Disusul beberapa tahun berikutnya seperti Doom, Quake, Half Life dsb yang akhirnya memicu hardware berkembang agar bisa menampilkan tampilan 3D yang semakin realistis. Dari FPS yang semula sradak-sruduk, lalu muncul pula FPS yang dilakukan dengan gaya berhati-hati bahkan membunuh dilakukan jika perlu saja seperti Thieft. Lalu FPS yang dimainkan multiplayer seperti Counter Strike yang tetap digandrungi hingga kini.

Red Alert muncul sebagai pelopor permainan real-time strategi yang mengasyikan, disusul dengan Age of Empire yang legendaris. Di masa-masa ini banyak sekali game real-time strategi bermunculan, tetapi menurut saya, semua game real-time yang ada saat itu hanya perpaduan antara Read Alert dan Age of Empire. Red Alert sebagai pelopor real-time menggantikan model turn-base dan Age of Empire mengenalkan upgrade jaman dengan banyak bangsa yang masing-masing memiliki kemampuan yang unik.

Di model permainan lainnya, ada Lara Croft dengan Tomb Raider-nya yang memadukan antara model RPG dan Action berikut teka-teki yang mengasyikan dan selalu membuat penasaran. Ada juga Diablo yang modelnya diikuti oleh game keluaran Microsoft yang cukup beken yaitu Dungeon Siege.
Ini belum termasuk pada game-game Sim-X, seperti SimCity 2000, SimTower, SimLife hingga akhirnya The Sim versi pertama. Masih termasuk game-game Sim, saya suka dengan game-game simulasi buatan Sid Meier, seperti Civilization, SimGolf, Pirates, Railroad Tycoon dsb. Atau game-game simulasi keluaran Sierra, seperti Caecar, Pharaoh, Zeus dsb. Game-game model seperti ini biasanya saya mainkan jika ingin bermain game santai ;)

Belum habis dengan semua itu, saya juga suka sekali dengan game-game berjenis simulator, baik simulator pesawat atau pun simulator kendaraan darat. Bermain sebagai pilot pesawat tempur dengan mode realistic yang mengasyikkan. Atau bermain balap mobil Need For Speed yang masih mengeluarkan rilis baru hingga kini (meskipun semakin kesini kurang seru karena mobilnya menjadi mobil yang tidak bisa rusak). Sayang, saya perhatikan game-game berjenis pesawat tempur saat ini tidak pernah berkembang, apa mungkin karena peminatnya kurang?

Masih ada lagi, yaitu game-game bejenis olah raga. Sebut saja FIFA [tahun_release+1] yang tahun ke tahun bertambah bagus tampilannya, atau FIFA Manager [tahun_release+1], Champion Manager [tahun_release]. Ada juga Golf, F1 dan masih banyak lagi.

Entah kenapa, bermain game komputer saat itu benar-benar mengasyikan. Berbeda dengan saat ini, rasanya kok game benar-benar stack dan tidak menemukan inovasi baru kecuali inovasi di sisi tampilan yang semakin membuat berat sistem dan atau dijalankan secara online.

Inovasi game yang terakhir saya nilai cukup baik adalah Black & White versi pertama, game dengan model God Game ini memadukan antara strategi, tamagochi, fighting dan teka-teki dalam mode real-time. Selebihnya, belum ada lagi game yang inovatif :(
Mmm, kapan yah game komputer menemukan inovasi yang baru lagi? Inovasi dalam permainannya BUKAN pada sisi grafisnya.


22 komentar untuk “Game Komputer? Tidak ada Inovasi Baru?”

  1. 1
    harry
    berkomentar pada jam 7:50 am
    tanggal 10 August 2006

    Yo, elo betul… memang sudah banyak orang yang juga komplain mengenai hal ini. Setelah banyak diskusi, kelihatannya hal ini (hilangnya inovasi) adalah karena banyak studio game yang dicaplok oleh perusahaan2 besar. Nah, perusahaan2 besar ini tidak suka inovasi dan tanpa gairah (passion, mereka juga suka memperlakukan para developer/creative staff nya seperti budak); mereka lebih suka meraup laba sebesar-besarnya.

    Makanya jadilah FIFA 95 sampai 200x (bwahaha), atau yang lebih populer di Amerika adalah seri baseball & basket mereka (dan game2 lainnya). Intinya, cari selamat dan keuntungan sebesar2nya.
    btw; seri FIFA katanya kini sudah agak mendingan, mungkin karena sudah terancam oleh WE.

    Sialnya, perusahaan2 besar ini bisa membeli eksposure sebesar2nya, sehingga orang2 cuma tahunya mereka saja. Sedangkan studio game kecil2 yang masih tersisa jadi tidak diketahui keberadaannya, dan mati satu per satu.

    Gua kalau pas refreshing dengan main game sama juga, game2 jadul, hehe. Tapi seringnya sih sekarang jadi baca blog, atau nge blog saja ;)

    btw; link Gamespot.com nya kok ke blog gue ?? :D

  2. 2
    yuliazmi
    berkomentar pada jam 8:54 am
    tanggal 10 August 2006

    Ada satu yang asyik juga The Longest Journey… :D sayang belom selesai mainnya… dimana CD-nya ya? mudah2an ketemu deh 8-|

    [-o< berharap The Incredible Machine rilis lagi utk versi Windows

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:15 am
    tanggal 10 August 2006

    @harry: Opps, sorry .. wah ini akibat clipboard sebelumnya yang di copy paste .. #-o

    @yuliazmi: Duh … the longest journey mah udah lama euy .. lupa yah? Btw, iya, jadi inget juga tuh The Incredible Machine, tapi seingetku game ini sudah pernah keluar versi Windows-nya, hanya tanpa inovasi alias sama persis dengan versi DOS-nya.

  4. 4
    Kukuh TW
    berkomentar pada jam 12:27 pm
    tanggal 10 August 2006

    Artikel yang bagus sekali. Tantangan buat game developer untuk menemukan inovasi baru di dunia games. Penggunaan controler yang diperkenalkan oleh Nintendo Wii kemarin di E3 rasanya termasuk inovasi baru. Online games juga bisa disebut inovasi baru untuk bermain games. Games yang menggunakan alat musik seperti drum / gitar dan keyboard di timezone itu juga bisa dibilang inovasi. Games yang memerlukan pergerakan tubuh itu juga bisa dianggap inovasi.
    But anyway memang harus ada inovasi gameplay di games komputer ataupun videogames….sebentar ya mikir dulu…..hmhm….

    :-?:-?:-?

  5. 5
    amma
    berkomentar pada jam 4:53 pm
    tanggal 10 August 2006

    game? ama gak gitu tahu soal game yang ada di komp. paling game2 yang standar, itu aja jarang diaplikasikan :)

  6. 6
    Tajid
    berkomentar pada jam 8:01 pm
    tanggal 14 August 2006

    Dulu emang sama seneng maen game, tapi lama-kelamaan bukannya refreshing game malah bikin puyeng sama gak bisa istirahat :d, akhirnya gua main game yang ringan2 aja .. kayak dynomite, magic lines .. itu baru refreshing :)

  7. 7
    Tongki
    berkomentar pada jam 12:08 pm
    tanggal 6 March 2007

    Game2 sekarang itu larinya ke arah Grafis dan Online,
    itu termasuk Xbox dan Playstation 3, jadi, kenyataan nya emang
    begitu, dan sadar gak sadar, game2 online memang lebih menarik
    untuk dimainkan karena itu sama saja kita “bermain dalam kehidupan”,
    seandainya, dalam online games saya bertarung dengan Ryo, terus
    saya kalah melulu, saya bisa donk bilang, “oum Ryo, voor dikid donk” :D

    Kalau kita lawan komputer, selain tombol RESET CPU, gak ada cara
    laen buad mengalahkannya :))

    Need 4 Speed semenjak Most Wanted, gua udah gak napsu lagi,
    terlalu aneh dan gak wajar banged, masak gua udah bagus2
    corneringnya, itu CPU bisa sodok sedemikian rupa dan gua disalip ? :-w

    Game2 simulasi pesawat terbang gua juga suka,
    terutama jaman dulu ada game F-14 Tomcat dan F-15 Flying Eagle,
    2 pesawat favorit gua tuh :D Gua gak suka F-16, modelnya jelek :))
    Dulu waktu maen pesawat ini, gua gak suka maenkan Rudal,
    lebih suka Dog-fight dengan senapan mesin jarak dekat :))

    Hiks, kalau ingad serunya maen game simulasi pesawat itu,
    sekarang developer game udah males buad game simulasi pesawat,
    karena sekarang banyak larangan seputar peristiwa 911,
    itulah akibad ulah teroris, kita jadi gak bisa dapat game simulasi
    bagus lagi :p

  8. 8
    wulan
    berkomentar pada jam 1:39 pm
    tanggal 16 June 2007

    :-? uh klw bs di perbanyak game nya.

  9. 9
    izad
    berkomentar pada jam 4:27 pm
    tanggal 16 August 2007

    :((

  10. 10
    dika
    berkomentar pada jam 8:34 am
    tanggal 5 October 2007

    saya beritahu karenqa :x

  11. 11
    opuaryo
    berkomentar pada jam 2:26 pm
    tanggal 20 October 2007

    gue ada inovasi baru tentang game simulator, tapi kemana ya gue mencari developernya? maksud gue untuk merealisir inovasi tersebut. tolong hub sms hp no. 081 9310 71036. tq, fr opuaryo

  12. 12
    opuaryo
    berkomentar pada jam 2:28 pm
    tanggal 20 October 2007

    gue ada inovasi baru tentang game simulator, tapi kemana ya gue mencari developernya? maksud gue untuk merealisir inovasi tersebut. tolong hub sms hp no. 081 9310 71036. fr opuaryo. surabaya 20-10-2007. tq

  13. 13
    Agam
    berkomentar pada jam 8:21 pm
    tanggal 16 December 2007

    Kalo pengen inovasi permainan, coba deh rFactor. Itu game racing, tapi All in one. Semua mobil jadi satu. Mulai dari F1, Nascar, Rally, dll.
    Kalo FPS, battlefield : seperti perang sebenarnya. Bisa naik mobil, pesawat, helicopter, boat, dll. Bener2 real en fun.
    Battle field 1942 itu zaman dulu (WWII) .
    Battlefield 2 sekarang, timur tengah.
    Battlefield 2142, masa depan (dng robot2).
    Marvel Ultimate Alliace juga inovatif. Menggabungkan semua komik marvel. En bisa multiplayer hingga 4 orang. Ini best game menurutku. Yang menggarapnya banyak banget. Jadi efek gamenya emang bener2 keren. Mulai grafik, cerita, dan juga gameplaynya.
    Oh ya di Ultimate Alliance ini ada banyak teka teki. Jadi kalo ngalahin musuh gak cuma pukul2an doank. Tapi harus mikir. Gimana caranya melumpuhkan musuh. Nah proses mikirnya ini yang keren. Kadang2 gak kita duga. Trus ada arena labirinnya juga. Ada juga masuk ke dunia game lawas. Main pitfall jaman dulu banget, tapi yang jadi pemain anggota Marvel. Nilai 100 deh buat Ultimate Alliance.
    Itu semua bukan dari awal lho. Tengah2nya baru seru. Pertamanya biasa aja. Kalo pengen gampang pake cheat aja. Keluarin semua tokohnya. Jadi bisa milih dengan leluasa.

  14. 14
    yohanes
    berkomentar pada jam 12:50 am
    tanggal 4 January 2008

    Sebenarnya di sisi game FPS ada beberapa yang bener2 inovatif dari segi gameplay, sebut saja BIOSHOCK & CRYSIS, bioshock unggul dari segi gameplay yang beda dari FPS biasa yg asal dar der dor, sedangkan crysis unggul dari sisi realisme yang bisa dibilang “gila2an” :d

    Saya sendiri suka banget maen crysis karena memang saya menyukai dunia yang real tanpa banyak kejanggalan seperti yang banyak ditemui di game FPS saat ini. Sayang game crysis ini butuh requirement yang ga maen2, vga saja minimal seri geforce 88xx untuk bisa memainkan lancar, belum lagi processor core2duo :-w

  15. 15
    firman
    berkomentar pada jam 12:19 pm
    tanggal 17 May 2008

    Wah ngemeng-ngemeng soal game.. kesukaan gamenya mirip neh dengan riyo… jadi teringat masa2 lengket di kursi depan monitor :))
    maen railroad tycon2 dari jam 7 malam ga kerasa sampe subuh :p
    trus yang asik juga colonizationya sid meier :)
    btw, Transport Tycoon Deluxe… ada yang terbaru nya ga ya… (ato yang mirip2)
    mohon informasi ya.. :)

  16. 16
    Recent Links Tagged With "inovasi" - JabberTags
    berkomentar pada jam 8:04 pm
    tanggal 11 February 2009

    […] by msittig on Tue 03-2-2009 Pekan Produk Budaya Indonesia 2008 Saved by tranqy on Tue 03-2-2009 Comment on Game Komputer? Tidak ada Inovasi Baru? by firman Saved by KarateConTino on Sat 31-1-2009 KINI HADIR DI INDONESIA PRODUK REVOLUSIONER DENGAN […]

  17. 17
    Bhahe
    berkomentar pada jam 3:14 pm
    tanggal 13 January 2010

    Daripada mainin game sekarang….
    mending download aja game game buatan 2003 ke bawah
    seperti Neightbought from hell 2 yang lucu abiz……
    atau empire earth yang gak butuk VGA Besar…….

  18. 18
    free games to play on the net
    berkomentar pada jam 7:30 pm
    tanggal 1 March 2010

    Sebenarnya di sisi game FPS ada beberapa yang bener2 inovatif dari segi gameplay, sebut saja BIOSHOCK & CRYSIS, bioshock unggul dari segi gameplay yang beda dari FPS biasa yg asal dar der dor, sedangkan crysis unggul dari sisi realisme yang bisa dibilang “gila2an”
    Kalau kita lawan komputer, selain tombol RESET CPU, gak ada cara
    laen buad mengalahkannya

  19. 19
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 11:12 am
    tanggal 2 March 2010

    @free games to play on the net
    itu pun sebenarnya tidak baru :) banyak game FPS sebelumnya juga tidak mengutamakan dar der dor, misalnya Thieft. Mengenai sisi realisme, ini sebenarnya juga bukan baru, karena hanya teknologi yang membatasi sis realisme dalam sebuah game. Jadi realisme sebuah game 10 tahun yg lalu ya seperti itu mentoknya, realisme game saat ini pun akan terlihat kuno ketika dilihat di 5 tahun ke depan. Namun semuanya tetap belum membuat game-game yang dibuat sekarang memiliki inovasi yang terbilang baru.

  20. 20
    ud
    berkomentar pada jam 8:28 pm
    tanggal 3 June 2010

    masa sih gak ada inovasi? mungkin kitanya aja kali yang dah gak banyak waktu maen game2 berat karena kesibukan kerja, terakhir gw maen fps gear of war ama dark sector tapi skr dah jarang maen game, sibuk mikirin kerjaan.

    btw, emang inovasi2 seperti apa sih yang diharapkan sapa tau gw bisa masukin ide2 nya kalo suatu saat gw bikin game :D

    kalo gw bikin game kayak cs, pb, ava gitu laku gak ya, sayang gak ada dananya :P, kalo ada mau tuh bikin game online kyk gitu, coz kalo online rpg kelamaan bikinnya.

  21. 21
    lintaskomputer
    berkomentar pada jam 11:27 am
    tanggal 8 June 2010

    nice share..mas emang game skarang parah2
    .-= lintaskomputer´s last blog ..Daftar 10 Extensions/ Addons Terbaik Google Chrome =-.

  22. 22
    willy
    berkomentar pada jam 10:51 am
    tanggal 3 January 2012

    uda ada inovasi kok mas
    yaitu game yang melatih kepribadian seseorang dalam kehidupan sehari hari


Isi Komentar