Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

VMWare

Dikirim: August 8th, 2006 | Oleh: | Kategori: Teknoblogia | 13 Komentar »

Sudah lama software ini saya pergunakan dan boleh dikata banyak sekali jasanya untuk saya yang punya hobi bereksperimen dengan software. Jadi, biasanya saya memiliki Windows XP yang terintall dalam VMWare. Kalau saya menemukan software yang menarik tetapi sedikit meragukan, takut menggangu sistem yang sudah berjalan, maka saya coba software tersebut dalam VMWare terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, untuk belajar –misalnya belajar Linux– juga sangat bermanfaat, lebih-lebih dengan fasilitas snapshoot yang dimilikinya. Jadi, setiap OS yang saya install didalam VMware minimal memilik satu snapshoot yang dibuat saat pertama kali OS tersebut selesai diinstall. Jadi, kalau ada apa-apa akibat eksperimen yang saya lakukan, saya tinggal mengembalikan OS tersebut kedalam keadaan semula seperti baru diinstall, atau dikembalikan ke posisi dari beberapa snapsoot yang telah disiapkan/dibuat.

Bagi yang bingung apa sih VMware itu, VMware itu adalah software yang mampu membuat mesin virtual didalam sebuah PC/Server dengan OS Windows maupun Linux. Mesin virtual ini layaknya sebuah PC/Server yang dapat diinstall berbagai OS, Windows, Linux dari berbagai Distro, Novell dan Sun Solaris lengkap beserta peripheralnya seperti USB, Soundcard, CD-ROM hingga kartu jaringan.

Makin senang ketika membaca blog kawan saya, yang mengatakan bahwa VMware Server saat ini sudah gratis. Wah, top banget, karena yang saya tahu dulunya hanya VMWare Player yang gratis. Langsung saya coba mendownload VMware Server sebesar kurang lebih 140MB. Hasilnya .. ada dua yang saya sayangkan. Yang pertama, performance masih kalah dengan VMware Workstation 5.5 yang saya miliki. Yang kedua, fasilitas Manage Snapshoot yang sering saya pergunakan untuk menyimpan berbagai snapshoot eksperimen dihilangkan. Duh … sayang sekali. ** udah gratis masih komplain :D

Tetapi, bukan berarti VMWare Server ini tidak punya kelebihan. Kelebihannya adalah bisa melakukan remote server, sesuatu yang tidak didapatkan di VMware Workstation 5.5.

Lalu apa untungnya menggunakan VMware Server ini? Bisa langsung dibaca di http://harry.sufehmi.com/archives/2006-07-29-1222/

Situs VMware


13 komentar untuk “VMWare”

  1. 1
    harry
    berkomentar pada jam 7:52 am
    tanggal 10 August 2006

    Ada tips untuk mengatasi masalah performa, bisa dibaca disini :)

  2. 2
    harry
    berkomentar pada jam 6:23 pm
    tanggal 14 August 2006

    mengenai snapshot – sorry gua gak punya VMware 5.5 jadi gak bisa membandingkan langsung; tapi, fasilitas snapshot masih ada kok di VMware server ini :)

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 6:58 pm
    tanggal 14 August 2006

    Yup ada, yang gak ada itu manage snapshot-nya. Jadi, kalau di VMW 5.5 kita bisa buat banyak snapshot, tinggal pilih2 mau pakai yang mana saat bereksperimen ;)

    Mungkin pada VMW Server bisa juga sih dilakukan secara manual seperti yang pernah saya lakukan pada VMW versi-versi terdahulu.

  4. 4
    harry potter
    berkomentar pada jam 10:40 am
    tanggal 13 November 2006

    ada yg punya Netware versi klasik tidak (dibawah ver 5)? hubungi saya di ganefo@gmail.com. saya beli deh asal harganya cocok.

  5. 5
    gogon
    berkomentar pada jam 9:24 pm
    tanggal 11 December 2007

    :)>- mau nanya nih , gmn caranya nginstall vmware di slackware , geu masih bingung nih , kasih tau donk .

  6. 6
    hasssan
    berkomentar pada jam 2:07 am
    tanggal 12 October 2009

    artikel singkat padat jelas.

    dulu pernah pake tapi konflik dengan driver audio

  7. 7
    amy
    berkomentar pada jam 8:45 am
    tanggal 7 December 2009

    makasih yaA… atas artikelnya.
    walaupun singkat tapi jelas, dan saya dapat mengerti dengan isi artikel nya….

    TKB BGT…..

  8. 8
    mustofa
    berkomentar pada jam 5:22 am
    tanggal 16 July 2010

    gan kalo vmware itu bisa install win 7 juga ya plus ada xp nya. jadi dalam komputer ada 2 os ya ? apa bisa di pake keduanya sekaligus ?

  9. 9
    willy
    berkomentar pada jam 12:54 am
    tanggal 3 January 2012

    ijin nyimak ya mas, ga begitu paham kalo soal yang ini he

  10. 10
    Rudy
    berkomentar pada jam 9:18 pm
    tanggal 18 September 2014

    Terima kasih informasinya, apakah program ini bisa di jalankan untuk kebutuhan kerja saya, maksudnya saya pake laptop baru dengan sysytem operasi Windows 7 akan tetapi beberapa printer dan scaner saya tidak sudi mengenali windows 7 tersebut dan sudah saya keliling dunia mencari driver tersebut yang compatible dengan win7, namun alhasil nihil dan saya tidak bisa print/bekerja, jika software ini bisa di jalankan mohon pencerahannya, maksudnya saya bekerja pengen menggunakan win7 dan apakah di saat keperluan print bisa di aplikasikan ke win xp yang sudah pasti bisa mengenalin driver printer2 saya ini.

    demikian pak, mohon pencerahanny, jika berkenan mohon di jabarkan step by stepnya, please help nya,, yaa,,,

    Salam,

  11. 11
    roger
    berkomentar pada jam 7:58 pm
    tanggal 24 November 2014

    .

    good info!!

  12. 12
    Cornelia
    berkomentar pada jam 11:49 pm
    tanggal 6 May 2016

    Thank you for any other informative web site. Where else could I am getting that kind of info written in such an ideal manner? I have a challenge that I am just now working on, and I have been on the look out for such innoomatirf.

  13. 13
    http://www.rehabsandrentals.com/
    berkomentar pada jam 8:24 am
    tanggal 13 May 2016

    Why does some one always look for fault in some ones answer. Every one seems to be missing the point if ego-friendly property care co. did not place the flyers under the wipers there would be no papers all over the parking lot. We are talking about one parking lot and I am sure they placed flyers under wipers all over town.


Isi Komentar