Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Family Tree

Dikirim: July 12th, 2006 | Oleh: | Kategori: Diary | 16 Komentar »

Family TreeApa sih Family Tree? Family tree adalah bagan yang menggambarkan garis keturunan keluarga atau silsilah keluarga. Susah buatnya? Asli .. dari pengalaman saya membuat script menggunakan php, kiranya inilah script yang menurut saya paling rumit yang pernah saya buat.

Kerumitan pertama sudah muncul saat merancang databasenya. Saya ingin rancangan family tree yang saya buat bisa mendukung dua sistem sekaligus, yaitu sistem garis keturunan laki-laki dan garis keturunan perempuan, sehingga tergantung penggunanya mau menggunakan yang mana –atau mau mengacuhkannya? Bisa saja kok .. justru disini keinginan saya, yaitu membangun silsilah besar tanpa melihat apakah silsilah tersebut menggunakan garis keturunan laki-laki atau perempuan —tetapi bukan berati tidak bisa jika hanya ingin menggunakan salah satu sistem garis keturunan tersebut.

Keinginan berikutnya adalah keinginan untuk membuat family tree yang bisa memuat tanpa batas silsilah keluarga besar atau sangat besar. Jadi, rancangan yang saya buat memungkinkan dua atau lebih silsilah untuk bergabung menjadi sebuah silsilah besar melalui pernikahan. Mmm, ternyata cukup membuat pusing saat merancangnya, lebih-lebih MySQL yang saya gunakan di server adalah versi MySQL yang belum mendukung sub-query .. duh.

Setelah rancangan jadi, maka saya membuatkan script-nya (menggunakan PHP) dan saya jadikan family tree tersebut sebagai plugin wordpress … ** jadi hingga saat ini saya telah membuat plugin wordpress sebanyak 4 buah, tetapi hanya satu yang saya publish, yaitu def-link :)

Sudah selesai? Belum.

Diluar dugaan, ternyata pembuatan bagan silsilah memiliki tingkat kerumitan diatas lumayan. Ini dikarenakan saya tetap memilih menggunakan text, bukan grafik. Jadi yang saya lakukan adalah membuat script yang men-generate sebuah table dengan bantuan CSS untuk membuat garis kotak maupun garis penghubung. Hasilnya, bisa dilihat contohnya disini.

Pfff .. akhirnya … kecuali yang belum-belum … Family Tree kelar juga :)


16 komentar untuk “Family Tree”

  1. 1
    yuliazmi
    berkomentar pada jam 11:29 pm
    tanggal 12 July 2006

    Pfff, memang harus selesai dong (kecuali yang belum-belum :)) ) wong sampai bermalam-malam gak tidur ngebut “nyekrip” … hihihi… kejar tayang kayak sinetron

    kenyang deh sama semua “curhatan”nya ;) keep fighting yah Yang :x kamu masih punya banyak rencana bikin aplikasi lain :)>-

  2. 2
    Susi Safrina Irawati
    berkomentar pada jam 4:18 am
    tanggal 24 November 2006

    Kbetulan gw hobby bikin silsilah keluarga …. dan pernah kuliah di BL. Coba deh pake’ software FAMILY TREE MAKER 2006,….. salam!

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:18 am
    tanggal 24 November 2006

    @Susi
    Masalahnya adalah keinginan untuk membuat Family Tree online (diakses via web). Sementara software yang Anda pakai tidak bisa :p

  4. 4
    Eka
    berkomentar pada jam 10:19 am
    tanggal 26 February 2007

    Keren. Clean.

    Saya sendiri pake buatan orang: phpmyfamily dgn “sedikit” modifikasi. Sayangnya, dia hanya bisa menampilkan pedigree, bukan tree seperti punya Anda.

    :)>-

  5. 5
    Luthfi
    berkomentar pada jam 11:02 am
    tanggal 26 January 2008

    nyasar kemari :d
    gara2 urusan marga arab yang ribet :((
    *lg nyari asal usul marga almudhir ama al baraqbah*

    Posting terakhir di blognya Luthfi Dem

  6. 6
    Refrizon Yunus
    berkomentar pada jam 8:52 pm
    tanggal 1 April 2008

    Saya ingin dibuatkan satu website family tree kampung saya. Untuk diketahui saya adalah orang Minang yang matrilineal dan tentunya muslim. Jika boleh sebelum website kita buat kita ketemu dulu

  7. 7
    krisna
    berkomentar pada jam 9:20 am
    tanggal 2 January 2009

    tolong gimana si sintax dari penggunaan tree dalam silsilah keluarga???

  8. 8
    awank
    berkomentar pada jam 11:55 pm
    tanggal 12 June 2009

    family tree nya dah ada contoh jadinya?
    penasaran pengen nyobain juga……

  9. 9
    rozie ar baraqbah
    berkomentar pada jam 10:01 pm
    tanggal 13 April 2010

    saya memang sedang mencari program tsb sehub dg tugas dn tanggung jawab saya untuk mengumpulkan nasab, tolong kirimkan saya programnya

  10. 10
    Maria
    berkomentar pada jam 3:08 pm
    tanggal 21 June 2010

    Riyo, lagi searching di om google tentang ‘Family Tree’, nyangkut di blog kamu. Baca2 komentar diatas, akhirnya saya putuskan utk kontak kamu.

    Saya orang Batak yang sdg mencari sofware Family Tree, saya sdg membuat silsilah dari keluarga besar (marga). Seperti yg kamu bilang, di beberapa software yg ditawarkan (sy pernah coba), memang tidak bisa input data lewat website.

    Saya tertarik dgn software yg kamu buat. Pls contact saya di emal address saya. Thanks

  11. 11
    alex
    berkomentar pada jam 5:15 pm
    tanggal 26 April 2011

    aku pernah kepikiran membuat yang beginian. banyak hal yang akan menyangkut nilai2 sebagai hubungan keluarga. apalagi kita bisa menemukan family kita yang selama ini dan tanpa kita ketahui.
    melalui gen, marga, kakek atau kakek buyut. dll dah .. apapun itu. jika ada yang bisa menyelesaikannya , saya yakin ini program yang sangat baik.

  12. 12
    iwan
    berkomentar pada jam 2:04 pm
    tanggal 7 June 2011

    saya butuh bantuannya nich ….Kebetulan saya sedang tugas akhir.. gimana ya cara membuat family tree tsb.

  13. 13
    iwan
    berkomentar pada jam 2:09 pm
    tanggal 7 June 2011

    saya butuh bantuannya nich ….Kebetulan saya sedang tugas akhir.. gimana ya cara membuat family tree tsb.

  14. 14
    Bambang Supriyanto
    berkomentar pada jam 9:25 am
    tanggal 21 October 2011

    Apa ada yng bisa kasi info family tree online

  15. 15
    willy
    berkomentar pada jam 10:29 am
    tanggal 3 January 2012

    emang buat tree family online bisa ya??

  16. 16
    sergio
    berkomentar pada jam 11:14 pm
    tanggal 21 November 2014

    .

    thank you!


Isi Komentar


  • *