Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Hello World

Dikirim: February 21st, 2006 | Oleh: | Kategori: Teknoblogia | 7 Komentar »

Judul ini merupakan kata-kata sakti yang selalu muncul pada tutorial hampir semua bahasa pemrograman. Jadi, jika Anda termasuk para maniak programming yang sering mempelajari berbagai bahasa pemrograman, kata ini tentunya sudah sangat familiar ;)

Hari ini teman saya, Samodra, mengirimkan link Hello World kepada saya melalui YM. Isinya cukup luar biasa, yaitu perbandingan penggunaan CPU dan memory dari 49 bahasa pemrograman untuk sekedar menuliskan “Hello World” pada mesin Intel Celeron 550Mhz dengan memory sebesar 256MB.

Disini saya bisa melihat, misalnya PHP, VBscript dan JScript. Ketiga script ini perbedaannya terletak pada penggunaan CPU dan memory. PHP menggunakan memory yang lebih besar (2.796KB) tetapi penggunaan CPU-nya kecil (11.47s). Sementara VBScript dan JScript menggunakan memory yang lebih kecil (2.208KB dan 2.149KB) tetapi penggunaan CPU-nya jauh lebih besar (30.70s dan 30.28s).

Yang ternyata cukup parah adalah JAVA —untungnya saya memang tidak pernah suka dengan pemrograman JAVA. Sesuai dengan hasil yang tertulis, untuk menulis “Hello World” saja JAVA membutuhkan memory (4.556KB) dan CPU (89.15s) yang besar menempati peringkat ‘terboros‘ setelah bahasa pemrograman nice. Pantes aplikasi berbasis JAVA lambat :D

Yang membuat saya lebih senang adalah karena Delphi, bahasa pemrograman yang selalu saya jagokan, ternyata sangat hemat menggunakan resource untuk menulis “Hello World” (memory 576KB dan CPU 1.52s). Sayangnya, VB (VisualBasic) tidak termasuk bahasa pemrograman yang di test disini sehingga saya tidak bisa mengetahui perbandingannya.


7 komentar untuk “Hello World”

  1. 1
    Samodra
    berkomentar pada jam 12:27 pm
    tanggal 21 February 2006

    Tentang VB, jangan-jangan bukannya nggak di test, sudah di test, tapi hasilnya tidak memuaskan, pengen di tampilkan tapi takut di boikot sama Microsoft… tapi kaya’nya nggak ya… :P

  2. 2
    Hedi
    berkomentar pada jam 10:09 pm
    tanggal 21 February 2006

    gimana dengan C++? apa bhs jenis itu sekarang lagi ngetop…terkenal karena paling jarang yang bisa dan paling dibutuhin juga…

  3. 3
    vi3
    berkomentar pada jam 8:37 am
    tanggal 22 February 2006

    duh vi3 ngga ngerti deh kalo masalah programming gini.. angkat tangan dah… pusing.. 8-|

  4. 4
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 1:13 pm
    tanggal 22 February 2006

    buat Hedi:
    C++ ada tuh di urutan ke-2, silakan lihat di Hello Word :)

  5. 5
    magenta
    berkomentar pada jam 1:46 am
    tanggal 1 March 2006

    :-w menarik.

  6. 6
    wulida
    berkomentar pada jam 8:49 am
    tanggal 2 February 2009

    maaf OOT, tapi, saya ingin menanyakan sedikit tentang aplikasi delphi.

    Bagaimana triknya supaya aplikasi delphi kita hemat memori? apakah dengan mengurangi USE – nya? tapi setelah saya coba, nggak berkurang tuh mintanya.

    Pas saya build pake runtime packages, malah ukuran filenya yang semakin kecil.

    Mohon pencerahan [-O< , mungkin bisa ditampilkan di postingan selanjutnya.

    Nuhuun.

  7. 7
    Michael
    berkomentar pada jam 3:15 am
    tanggal 20 November 2014

    .

    thank you!


Isi Komentar