Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Makhluk Halus di Bondowoso?

Dikirim: February 10th, 2006 | Oleh: | Kategori: Uncategorized | 701 Komentar »

Saya mendengar dari teman, katanya ada makhluk halus yang bisa di tertangkap kamera di daerah Bondowoso. Karena penasaran, saya akhirnya pinjam VCD tersebut dan saya tonton malam kemarin. Setelah saya lihat, terutama bagian yang ada makhluk halusnya itu, saya kok rasanya tidak percaya kalau ini adalah film tanpa rekayasa. Maaf yah bagi yang membuat, tapi serius, saya benar-benar tidak percaya. Berikut beberapa gambar yang saya capture dari film tersebut, silakan Anda nilai sendiri apakah pendapat saya salah atau benar.

kuntilanak

kuntilanak 2

Ini adalah gambar (mungkin) kuntilanak yang saya capture dari VCD tersebut. Saya yakin ini sebuah rekayasa karena tertangkapnya aneh sekali, kameramen mengambil seolah-olah sangat yakin bahwa kuntilanak tersebut tetap ditempat. Jika Anda melihat film ini, Anda bisa lihat bahwa kameramennya sempat menggerakkan kameranya meninggalkan fenomena kuntilanak ini untuk mengambil gambar orang-orang disekitarnya. Saya hanya mencoba berpikir logis, meninggalkan pengambilan fenomena seperti ini adalah sebuah tindakan yang tidak tidak masuk akal untuk dilakukan oleh seorang kameramen baik profesional maupun amatir. Setelah itu kameramen kembali mengarahkan kameranya ke kuntilanak ini lagi. Yang membuat saya heran lagi, ini kuntilanak kok seolah-olah siap di ambil gambarnya dengan tetap ditempat, tidak bergeser kemanapun :)

Pocong

Yang ini adalah muka pocong. Lucunya si pocong juga seolah-olah siap untuk diambil gambarnya. Yang lebih bikin saya heran adalah si pocong ternyata nggak malu ketika sorotan senter mengenai wajahnya. Pada gambar, sorotan senter masih terlihat pada kepala bagian atas.

wajah setan

Ini salah satu close up wajah makhluk halus. Hebat kan kameramennya bisa melakukan hal ini. Jauh lebih hebat jika Anda melihat 3 gambar dibawah ini. Wajah dan tangan mahkluk halus yang begitu detil mirip dengan topeng dan sarung tangan karet yang dipergunakan dalam film-film horor ;)

setan 1

Tangan setan

setan 2

Akhir kata, saya adalah umat beragama yang mempercayai dan sangat mempercayai adalanya makhluk-makhluk gaib di sekitar. Karena ini semua adalah kekuasaan Allah SWT. Tetapi mohon maaf, penampakkan makhluk tersebut di film ini sungguh-sungguh tidak bisa saya percayai, saya cenderung untuk mengatakan bahwa film ini adalah sebuah film rekayasa. Wallahualam.


701 komentar untuk “Makhluk Halus di Bondowoso?”

  1. 1
    info lomba
    berkomentar pada jam 7:42 pm
    tanggal 30 October 2011

    utk kasus ini saya sepakat dg mas riyo

  2. 2
    BERLIANA
    berkomentar pada jam 3:19 pm
    tanggal 2 November 2011

    GK JELAS TUH FOTONYA

  3. 3
    andy
    berkomentar pada jam 1:33 am
    tanggal 9 November 2011

    percaya gk percaya sh….tpi klo bneran kok mau sih yg jlanin? mang gk takut mati lg to?

  4. 4
    sylvi
    berkomentar pada jam 1:07 pm
    tanggal 30 December 2011

    asli or rekayasa yang penting untuk nambah pengetahuan rupa wujud asli hantu, daripada ketemu langsung bisa pipis dicelana.

  5. 5
    adi rajawali
    berkomentar pada jam 11:19 pm
    tanggal 8 January 2012

    setan memang ada,,yg gayip memang ada,,kita smua pnyanut ilmu gayip lo.
    tpi yang dliyat kan skrang itu adalah semangsa jin.
    beda lo sma setan.
    klau gw lyat gambar gw sih percya.
    krna kehidupan lai tu mang ada.
    itu aja deh.hihih

  6. 6
    hari
    berkomentar pada jam 4:54 pm
    tanggal 13 January 2012

    koyo ngerti-ngertio ae cak

  7. 7
    totttox
    berkomentar pada jam 10:13 pm
    tanggal 11 February 2012

    ALLAH SWT menciptakan iblis dan setan sebelum manusia diciptakan…dan maaf bagi sampeyan yang nggak percaya adanya setan dan iblis berarti tidak percaya pada KEBESARAN GUSTI ALLAH SWT karena di AL-QUR’AN sudah di terangkan akan hal itu boss….maaf beribu maaf bukannya saya sok tau…silahkan boss2 sekalian membuka AL-QUR’AN dan membacanya…..dan setan tidak akan hilang dari muka bumi ini sampai menjelang kiamat,tugas mereka menjerumuskan manusia untuk dijadikan batu pijakan dalam jurang api neraka…maka berhati2lah kita dalam menjalankan keinginan apapun…apakah manusia pernah membayangkan bila terbakar di dalam api yg berkobar begitu besarnya dan iblis tau akan hal itu maka iblis mengajak manusia untuk berbuat maksiat jika itu sudah tercapai maka iblis akan menghina manusia sebagai makhluk yang BODOH bukan lagi makhluk yang diciptakan dengan sangat sempurna oleh GUSTI ALLAH SWT…meskipun kita tau manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan….dan ini aja ya boss semoga kita kelak dapat menikmati syurga yang di janjikan oleh GUSTI ALLAH SWT…… AMIIIIN……

  8. 8
    muhlis
    berkomentar pada jam 6:03 pm
    tanggal 24 February 2012

    ih takut

  9. 9
    JUFRIH
    berkomentar pada jam 3:02 pm
    tanggal 18 March 2012

    AKU PERCAYA DENGAN HAL GAIB …. TAPI KALAU VIDIO DI ATAS KAYAKNYA BOHONGAN DECH ……… EMANG BONDOWOSO TERKENLAL DAERAH ANGKER KUSUSNYA DI PEMAKAMAN KI RONGGO ……. TAPI KALAU VIDIO DIATAS SEPERTINYA HANYA PERBUATAN ORANG2 TAK BERTANGGUNG JAWAB …………. AKU DARI BONDOWOSO DAN ASLI BONDOWOSO ……….. RUMAHKU DI TENGGARANG

  10. 10
    ANDO RAHARDJO
    berkomentar pada jam 1:44 am
    tanggal 3 April 2012

    Setuju sama si Jufrih. Sy tinggal di Ki Ronggo tau persis itu hanya rekayasa. Lha kameramennya aja tetangga sebelah rumah sy. Itu hanya proyek buat narik wisatawan karena waktu itu Bondowoso lagi down pendapatan daerahnya. So, dipakailah teknik itu buat narik wisatawan berkunjung ke Bondowoso. Hasilnya lumayan buat 3 bulan sejak video itu muncul. Semua hotel penuh bahkan ada yang sampe nginep di Jember dan Situbondo. So, buat temen-temen, DON’T BELIEVE THAT’S! Okay?

    NB: Bentar lagi ada lagi video baru Kalong Wewe di Grujugan. Siap2 ya. Ini Hoax versi ke-2

  11. 11
    Kulingeblog
    berkomentar pada jam 5:24 pm
    tanggal 18 April 2012

    Hehe pd gak percaya yach?..

    klo sy percaya soalnya sudah pernah liat…. klo pernah ikut silat atau ngelmu pasti deh pernah liat muka cantiknya kuntilanak kyk apa….. hehehe:D

    Mereka itu ada disekitar kita namun karena memang hijab dr Allah kita tidak serta merta dapat melihat semua wujudnya kecuali atas kehendak Yang Kuasa.

    Pencitraan mereka bisa dalam berbagai bentuk, warna atau ujud aselinya.Jadi ujud mahluk ghoib ini wajib kita percaya karena ada dan diciptakan oleh ALLAH namun tidak perlu untuk kita percayai.

    Jadi maaf klo anda belom pernah liat, ibarat kata Seeing is believing… maka berbahagialah saja karena anda tidak pernah melihatnya, mereka juga gak pada narsis tuh pengen dilihat sama anda… hihihihihiii ….

  12. 12
    JANCOX
    berkomentar pada jam 2:58 pm
    tanggal 15 June 2012

    YANG SEX COBA DITAMPILKAN

  13. 13
    ajhie
    berkomentar pada jam 2:29 pm
    tanggal 20 June 2012

    weleh weleh….palsu banget…
    kalo mank berani datang ke BENGKULU ntar gw anter dah kalian pada….mau liat HANTU or something like that….gw antar kalian…makanya jangan jadi jawa KATRO’

  14. 14
    caplin
    berkomentar pada jam 10:26 pm
    tanggal 21 June 2012

    plis jangan rasisme atau bawa2 suku ,,, kita ini orang indonesia bukan jawa atau yg lainnya,,

  15. 15
    anthon
    berkomentar pada jam 9:12 pm
    tanggal 6 July 2012

    setau saya mhlk hlus jin dan sbangsaxa bla terkna kamera akan brbntuk orbs

  16. 16
    Drs.H.Fathur Rohman Ms.MH.
    berkomentar pada jam 9:10 am
    tanggal 3 August 2012

    tanpa kamerapun mereka bisa dilihat oleh orang yang punya amalannya, coba ngaji kitab Dairoby, Syamsul Ma’arif, Aufaq, Manba’ Ushulil Hikmah dan semacamnya, jangan dilogikan makhluq halus itu…tapi diriyadloi, ditirakati dan sejenisnya, masuk dulu dalam dunianya, insyaallah akan tahu, saya berdekatan sekali dengan lokasi shotingnya. percaya dan tidak terserah anda. Mau ngaji dan ingin lihat mereka..??? kalau anda nggak kuat bila gila (tapengsor), tapi ada yang tidak membuat bila walaupun anda tidak kuat, dalam Syamsul Maarif ada amalan bila anda mau baca surat jin 1000x dimulai hari selasa dengan puasa mutih tiga hari, malam jum’atnya anda tunggu, seorang jin bernama Yusuf datang menghadap anda bersama empat jin lainnya dibelakangnya, dia siap disuruh apa yang anda mau asal baik. ciri2nya dia bertubuh pendek berkulit kemerah2an, telinganya panjang, namun bila jiwa anda tidak tahan maka mereka akan pergi menghilang dari mata anda dan anda tidak terpengaruh sedikitpun hanya rodlo’ gelo dikit, sudah payah2 berusaha malah nggak kuat pada akhirnya… oke selamat mencoba memasuki dunianya…

  17. 17
    priya
    berkomentar pada jam 9:43 pm
    tanggal 25 August 2012

    setelah sekian lama baru ku berkomentar bahwa film tsb nyata nyata rekayasa terbukti dengan suara anjing tang menggonggong terus padahal diarea makam Ki Ronggo setahu saya tidak ada suara anjing yang begitu

  18. 18
    andisya awwali
    berkomentar pada jam 11:20 am
    tanggal 15 September 2012

    hantu HA HA HA HA HA aku ngak percaya

  19. 19
    JIHAN ASLA FIRYAL
    berkomentar pada jam 11:30 am
    tanggal 15 September 2012

    HANtu ITu CUma baYaGan YAng SEraM

  20. 20
    ADHIE CUCA COLA BJM
    berkomentar pada jam 12:10 pm
    tanggal 27 September 2012

    rekayasa semata :)

  21. 21
    kurnia sri yuliandiah
    berkomentar pada jam 7:40 am
    tanggal 24 October 2012

    mang beneran tach itu makhluk halus kok ada ya hantu sek nampak bangetx. ma kamera mungkin jha ituw hantu congocoh orang berpura2 jdi hantu beneran?????

  22. 22
    Satria The Spo-Poopies sabang
    berkomentar pada jam 12:07 pm
    tanggal 21 December 2012

    dari sisi agama jika makhluk halus menampakkan diri kepada manusia. itu merupakan hal yang sangat rugi buat makhluk halus tersebut. karena identitasnya adalah mkhluk halus yang tidak bisa di lihat oleh manusia.

  23. 23
    iqbal cb bondowoso
    berkomentar pada jam 3:34 pm
    tanggal 28 January 2013

    sebenarnya penampakan itu sunguhan awal mulanya ada yang memotong pohon di tpu kironggo tampa izin penjaga jadi para penghuni disana marah bahkan bupati kita bersama2 ikut berdoa
    kami sekeluarga besar KIRONGGO BONDOWOSO

  24. 24
    ivan
    berkomentar pada jam 4:39 pm
    tanggal 11 February 2013

    jaman sekarang orang2 dah ga takut tuh sama pocong atau kuntilanak, mereka semua dah beralih propesi jadi bintang film, ada pocong pake kain pink lah, pake kain rainbow lah,
    parah….

  25. 25
    wakim
    berkomentar pada jam 10:29 pm
    tanggal 12 March 2013

    w pernah liat ni tayangan di VCD nya, jjur buat w shc gk percaya, ni jelas rekayasa, karana dalam penayanganya memang tu setan gila exsen, benar sekali ketika si kameramen mengalihkan pengambilan gambar dari si kutilanak atau pocong kearah kerumunan orang seolah si setan itu menanti untuk di exspos lagi gambarnya, melihat sikameramenya juga sepertinya santai / seolah berfikir banyak setan ditempat ini yg akan terambil gambarnya, mengexspos sosok setan dan mengexspos sosok manusia dampaknya hampir sama mudahnya. itu menurut penghayatan w ketika melihat tayangan kisah nyata ini, kalu memang setan bisa semudah dan seexsis itu w bisa pergi kondangan bareng seta naik bajay. . . :)

  26. 26
    wakim
    berkomentar pada jam 10:35 pm
    tanggal 12 March 2013

    w pernah liat ni tayangan di VCD nya, jjur buat w shc gk percaya, ni jelas rekayasa, karana dalam penayanganya memang tu setan gila exsen, benar sekali ketika si kameramen mengalihkan pengambilan gambar dari si kutilanak atau pocong kearah kerumunan orang seolah si setan itu menanti untuk di exspos lagi gambarnya, melihat sikameramenya juga sepertinya santai / seolah berfikir banyak setan ditempat ini yg akan terambil gambarnya, mengexspos sosok setan dan mengexspos sosok manusia dampaknya hampir sama mudahnya. itu menurut penghayatan w ketika melihat tayangan kisah nyata ini, kalu memang setan bisa semudah dan seexsis itu w bisa pergi kondangan bareng seta naik bajay. . . !

  27. 27
    Riza Surya Darma
    berkomentar pada jam 6:17 pm
    tanggal 6 April 2013

    ah ‘ apaan sih gausah dipercaya lagian jg dh ketauan bgt..!!! kan itu rekayasa :/ mana mungkin makhluk halus bisa ketangkep basah gituu …!!!! :D

  28. 28
    Cara Menurunkan Kolesterol
    berkomentar pada jam 11:15 am
    tanggal 19 April 2013

    bikin penasaran banget dech… banyak yang bahas disini, dapetin vcdnya dimana to? and judule apa?

  29. 29
    fachrudin
    berkomentar pada jam 5:04 pm
    tanggal 28 May 2013

    temen anda ada yang masih nyimpen g VCD nya

  30. 30
    aam
    berkomentar pada jam 4:25 am
    tanggal 14 June 2013

    Sesuatu yg kalian tidak mengerti dbalik semua itu,
    Sesuatu yg tak pernah kalian pikirin dlm vdeo itu
    Percayalah ,, ada hikmah yg kalian dpatkan ..,
    Cz tuhan tak hanya menciptakan manusia semata

    Jgn menghujat apa yg mereka berikan
    Blm tentu kalian bisa mmbuat vdeo sebaik itu !!!!!
    Jga lah perasaan org
    Sperti kalian menjaga tubuhmu

  31. 31
    aam
    berkomentar pada jam 4:30 am
    tanggal 14 June 2013

    Gk semudah itu bray
    Menarik hantu
    Butuh ritual khusus

  32. 32
    Supplier Herbal Murah
    berkomentar pada jam 12:54 pm
    tanggal 21 June 2013

    “Aku berlindung dari godaan syetan yang terkutuk”
    ane hanya sumbang komentar yang sering diajarkan oleh para Ustadz ketika mengetahui hal-hal yang terduga datang dari syetan. .
    :)

  33. 33
    BooDee
    berkomentar pada jam 11:59 pm
    tanggal 29 June 2013

    eeeet dahhh heboh amat yakkk
    :))
    yang jelas hanya Allah SWT yang tahu apa ini sungguhan ataupun tidak…

  34. 34
    holgy
    berkomentar pada jam 12:38 pm
    tanggal 11 August 2013

    banyak amat yg komen

  35. 35
    Andrendre
    berkomentar pada jam 10:18 pm
    tanggal 13 August 2013

    Hantunya ALAY pengen ngeksis di Kamera…

  36. 36
    santoso
    berkomentar pada jam 8:38 pm
    tanggal 9 September 2013

    bajindoollll….. kon metu nang ngarep ku kene tak jotose matane…

  37. 37
    sekawan
    berkomentar pada jam 11:16 am
    tanggal 11 January 2014

    pokoknya yang percaya sama film tersebut guwoblok banget ttik gk pakek koma

  38. 38
    Yanz Crazy
    berkomentar pada jam 2:23 pm
    tanggal 4 February 2014

    menakutkan ikh serem banget http://goo.gl/ty4Vj3

  39. 39
    Apoed
    berkomentar pada jam 9:42 am
    tanggal 7 February 2014

    saya lebih sependapat dengan komentarnya mujahidin… terlepas benar atau ng’ganya film tersebut saya bukan pakar film.. bohong jujurnya tanggung sendiri sama yang buat.. Tuhan maha tau ko.. tapi saya percaya adanya mahluk gaib.

  40. 40
    Krisna
    berkomentar pada jam 1:39 pm
    tanggal 11 April 2014

    Maaf Saya Mau Tanya Kalau Yang Bawa Mutiara Bohng Apa Bnran Cis @KMamprank:

  41. 41
    Cara Mengobati Kanker Payudara Secara Tradisional
    berkomentar pada jam 8:40 am
    tanggal 1 May 2014

    Thank’s Gan atas infonya…!!!

    Sangat Bermanfaat Sekali….!!! :)
    http://goo.gl/3tZfXY

  42. 42
    Obat Tradisional Keputihan
    berkomentar pada jam 1:08 pm
    tanggal 1 May 2014

    Infonya sangat bagus gan.

    Di tunggu info Lainnya
    http://goo.gl/Z9x0TA

  43. 43
    dukun beranak
    berkomentar pada jam 12:31 pm
    tanggal 29 October 2014

    Editan sama kostumnyaa kurang keren broo. Dinegara2 luar lebih kerenn editannya kalo buat beginiann…. Bwkwkwkakakakakakaka :D

  44. 44
    taupik
    berkomentar pada jam 6:06 pm
    tanggal 15 November 2014

    BOHONG

  45. 45
    Nicholas
    berkomentar pada jam 8:06 am
    tanggal 25 November 2014

    .

    ñïàñèáî çà èíôó!

  46. 46
    Ijlkon
    berkomentar pada jam 8:51 am
    tanggal 30 November 2014

    SOAK INI MAH

  47. 47
    Mantra Pengasihan
    berkomentar pada jam 9:12 am
    tanggal 7 April 2015

    itu kalau dilihat mendebarkan banget. emang makhluk hidup itu serem kayak gitu ya? nggak ada yag unyu-unyu, trus saya pelet denganIlmu Pengasihan Tingkat Tinggi supaya dia ikut dengan saya…

  48. 48
    【14時までのご注文は即日発送】【レイバン国内正規品販売認定店】RX7046F 5485
    berkomentar pada jam 1:44 pm
    tanggal 11 December 2015

    素晴らしい 絵画!ネット|インターネット| これはされていることがあります 。 上位の 我慢ポストポジショニングこの のためのGoogleをエンジンを追求に| 恥辱恥!オーバーに来て、訪問 ウェブサイト。 =)

  49. 49
    Sueso
    berkomentar pada jam 11:44 pm
    tanggal 27 December 2015

    bner nggak.x yg penting g ngerugiin kita, toh inti dr smua ini hxa untk hiburan & ketertarikan saja…

  50. 50
    venderas
    berkomentar pada jam 6:53 am
    tanggal 31 December 2015

    Lihat video aslinya disini untuk lebih jelas apakah nyata atau tidak https://www.youtube.com/watch?v=-1lzY7y_PFk


Isi Komentar