Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

User Review: WordPress 2.0.1

Dikirim: February 6th, 2006 | Oleh: | Kategori: Wordpress | 6 Komentar »

Saya melakukan upgrade blog Catatan yang mengunakan WordPress 2.0 ke WordPress 2.0.1. Menurut pengembang WordPress dalam situsnya, ada 114 bugs yang dibetulkan, meskipun ternyata hanya 113 bugs yang berhasil di betulkan. Selebihnya masih ada 5 bugs yang belum berhasil diperbaiki.

Ada 8 hal yang menjadi point penting pada release perbaikan ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam situsnya. Yaitu:

  1. Sekarang kita bisa menentukan dimana folder untuk upload file akan kita letakkan. Perubahan ini tentunya tanpa harus mengubah script seperti yang pernah diulas oleh Kenz dalam blognya. Selain itu, penyimpanannya pun bisa kita pilih apakah menggunakan penamaan folder berdasarkan tanggal atau tidak.
  2. Perbaikan pada Caching systemnya, sembari saya sendiri tidak pernah mengalami masalah dengan hal ini. Apa mungkin bugs inilah yang dialami oleh Kenz seperti yang ditulis dalam Blogging dengan WP 2.0 pada blognya.
  3. Perbaikan pada permalinks. Sama halnya dengan point nomor 2, saya pun tidak mengalami mesalah dengan hal ini di versi WP 2.0.
  4. Perbaikan pada XMLRPC-nya sehingga proses uploading bisa bekerja dengan baik. Yang ini juga saya belum jelas, karena selama ini saya tidak menemukan masalah ketika menggunakan Performancing atau pun Blogjet.
  5. Perbaikan untuk kompatibilitas dengan PHP versi sebelumnya. Juga tidak saya rasakan karena saya sudah menggunakan PHP versi terbaru meskipun bukan PHP 5.
  6. Perbaikan pada editor WYSIWYG-nya. Tetapi entah kenapa, tombol underscore tetap disembunyikan, padahal fasilitas ini ada dengan menggunakan shortcut Ctrl-U. Selain itu, masalah ketika melakukan undo dimana cursor langsung melompat ke awal posting juga belum dibetulkan.
  7. Perbaikan pada fasilitas import yang katanya lebih hemat dalam hal penggunaan memory-nya. Saya tulis “katanya” karena saya sama sekali belum pernah mencoba fasilitas ini.
  8. Perbaikan sehingga WordPress bisa bekerja pada MySQL 5.0 dalam strict mode. Yang ini saya juga tidak bisa kasih komentar karena saya masih menggunakan MySQL 4.0.25-standard.

Dari 8 point diatas, saya hanya bisa merasakan (secara kasat mata) hanya untuk point nomor 1 dan 6. Selebihnya, niat saya untuk “menjahili” blog teman saya menggunakan bug yang sempat saya temukan, sudah tidak bisa dilakukan lagi karena sudah ada patch-nya :D

Apakah Anda mau melakukan upgrade? Rasanya tidak masalah kok seandainya Anda melakukannya juga :) Atau mau iseng seperti I Made Yanuarta :D


6 komentar untuk “User Review: WordPress 2.0.1”

  1. 1
    yuliazmi
    berkomentar pada jam 9:40 pm
    tanggal 6 February 2006

    Wah, blog ibu blom di upgrade WP-nya nih :-?

  2. 2
    kenz
    berkomentar pada jam 12:09 am
    tanggal 7 February 2006

    hihihi.. ketahuaan yeeaaa.. yang mau jahil… ;)
    eh btw yang WP 2.01 saya juga kaget dengan 114 bugs, padahal saya hanya menemukan 5 bugs… saya sudah upgrade ke 2.01, dan setuju dengan ulasan diatas, banyak perubahan yang tak kasat mata..

  3. 3
    Eko
    berkomentar pada jam 9:06 am
    tanggal 7 February 2006

    Hihihi…sebagai seseorang yang pernah merasa terancam blognya, saya berterimakasih berat sama wordpress yang sudah menyediakan patch buat WP 2.0.1, paling ga bisa sedikit bernapas lega, tau deh kalo besok2 “doi” nemuin lagi celah baru. :D

  4. 4
    Magenta^Log » Info lebih soal wordpress
    berkomentar pada jam 1:01 am
    tanggal 1 March 2006

    […] 3. review wp 2.0.1 >> 1. ini dulu, ntar tak tambahin lagi You can also bookmark this on del.icio.us or check the cosmos […]

  5. 5
    Catatan » Wordpress 2.0.2
    berkomentar pada jam 6:28 pm
    tanggal 12 March 2006

    […] Untuk ketiga kalinya bloig Catatan milik saya diupgrade. Pertama tanggal 28 Desember 2005 dengan WordPress 2.0. Kedua tanggal 6 Februari 2006 dengan WordPress 2.0.1, dan yang ketiga adalah hari ini dengan WordPress 2.0.2. […]

  6. 6
    willy
    berkomentar pada jam 10:56 am
    tanggal 3 January 2012

    nice share


Isi Komentar