Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Yellowdog Updater Modified

Dikirim: January 31st, 2006 | Oleh: | Kategori: Teknoblogia | 1 Komentar »

Saya sudah lama sekali meninggalkan kegiatan untuk mempelajari Linux. Beberapa hari yang lalu saya mencoba kembali menginstall dan melihat-lihat Linux Fedora Core 4, versi Redhat yang tersedia secara gratis atau tepatnya distro linux yang dipergunakan sebagai kelinci percobaan Redhat Enterprise Linux –itu kata S’to :)

Karena saya sudah benar-benar tertinggal, jadi saya baru tahu kalau ada command yum yang dijalankan dalam terminal (console). Dengan perintah ini, menginstall paket program menjadi lebih mudah. Hanya saja –ada tapinya nih– saya tidak merekomendasikan pada Anda yang masih menggunakan dial-up untuk akses internet-nya, kecuali Anda merasa mampu membayar pulsa yang kian hari kian mahal :)

Sebagai contoh, jika Anda ingin menginstall apache, mysql dan php maka Anda cukup mengetikkan perintah di terminal sebagai berikut:

jika Anda masuk bukan sebagai root, ketik
su
lalu isi password root. Setelah command prompt kembali keluar, ketikkan:
yum -y install httpd php mysql mysql-server php-mysql
** jika hanya ingin mengupdate, ganti perintah install dengan update

Selanjutnya anda tidak perlu melakukan apapun kecuali hanya menunggu proses hingga selesai.

Apakah ada versi yum yang bisa dijalankan dalam GUI? Jawabnya ada, nama paketnya adalah yumex (yum extender) yang bisa anda install menggunakan perintah pada konsole sebagai berikut:

yum -y yumex

Selamat mencoba.


Satu komentar untuk “Yellowdog Updater Modified”

  1. 1
    michael
    berkomentar pada jam 1:24 am
    tanggal 20 November 2014

    .

    ñýíêñ çà èíôó!!


Isi Komentar