Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Kenapa Pakai Firefox?

Dikirim: January 17th, 2006 | Oleh: | Kategori: Teknoblogia | 8 Komentar »

Firefox“Kenapa pakai Firefox?”, ini yang selalu dan sering ditanyakan dari orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan browser IE. Dan tidak sedikit yang menjawab dengan yakin bahwa Firefox dipilih karena lebih cepat. Padahal, menurut penelitian yang bisa dibaca di Browser Speed Comparisons, browser tercepat diduduki oleh Opera 9 (yang pada saat tulisan ini dibuat masih dalam versi Beta). Bahkan, jika ditandingkan dengan IE (tentunya di OS Windows), Firefox hanya menang dalam hal kecepatannya untuk mengolah script (speed script), selebihnya IE menang cukup telak khususnya pada kriteria cold start.

Lalu mengapa di Windows saya masih juga menggunakan Firefox? Tidak menggunakan Opera yang bisa kita lihat dari hasil penelitiannya justru menjadi browser tercepat, bahkan hampir pada semua sistem operasi? Atau memilih IE yang sudah merupakan bagian dari OS Windows?

Tentu saja jawabannya bukan karena gratis. Karena Opera sebagai browser alternatif –yang juga pernah menjadi browser idaman saya– sudah menjadi browser gratis semenjak versi 8. Juga bukan karena fitur tabbed browsing, karena sebelumnya saya pun telah menggunakan IE dengan produk pembungkusnya yang memiliki fitur tabbed browsing bernama AvantBrowser. Dan juga (tentunya) bukan karena kecepatan.

Saya memilih FireFox sebagai browser utama di Windows lebih kepada sifat customize-nya yang luar biasa. Dengan mengunakan extension yang telah banyak tersedia dan bersifat gratis, Firefox seolah-olah menjadi browser yang memiliki fitur tanpa batas! Selain itu, ada juga “keisengan” orang mendevelope ulang Firefox menjadi Firefox portable sehingga kita bisa menggunakannya dimana saja tanpa melakukan installasi … woow.

Terakhir, Anda akan semakin kagum ketika mengetahui bahwa dibalik interface-nya yang apik, tersimpan teknologi XUL, sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Mozilla untuk mendeskripsikan interface grafik. Apa dan bagaimana XUL itu? Akan saya bahas di tulisan lainnya … soalnya saya juga lagi mempelajarinya saat ini hehehe :D


8 komentar untuk “Kenapa Pakai Firefox?”

  1. 1
    Kang Ebet
    berkomentar pada jam 12:01 am
    tanggal 18 January 2006

    ga tau kudu komen gimana neh…
    soalnya udah kadung kebiasaan pake firefox, jadinya sebel aja kalo pake IE :-? alasannya? ga tau :d

  2. 2
    udung
    berkomentar pada jam 11:48 am
    tanggal 19 January 2006

    firefox mantabs, cman load-nya kadang lama… apalagi kalo buka beberapa tab. tapi engga jadi masalah kok! *suruh siapa buka url 15biji* huehuehuehuehue nice…. pokoke FF is the best!

    menurut majalah lokal yg saya baca juga utk kecepatan yg menang opera (waktu opera 8) dan sekarang ? tetep… heheheheh :D

  3. 3
    dani
    berkomentar pada jam 10:27 am
    tanggal 11 February 2006

    untuk grafis dan web developer..mnrt saya mending pake firefox..krn tampilan gambar, css lbh ‘sesuai’..,
    untuk small screen, kecepatan..ya pake opera..,
    utk uji website..krn yg pake ie masi banyak..ya pake ketiganya akhirnya… :)

  4. 4
    Catatan » Saatnya Opera Mengambil Alih?
    berkomentar pada jam 6:44 am
    tanggal 3 January 2007

    […] Beberapa lama kemudian muncul Firefox dan saya pun langsung jatuh hati dengan browser penantang IE ini. Dengan fitur extension yang dimilikinya, firefox menjadi satu-satunya browser dengan fitur tanpa batas (Baca: Kenapa Pakai Firefox?). Saya pun menggunakan browser ini sejak versi pertamanya hingga versi terakhir saat ini yaitu versi 2.0.0.1. […]

  5. 5
    Ribont
    berkomentar pada jam 12:43 am
    tanggal 13 February 2008

    Bener tuh…
    Soalnya Firefox banyak fiturnya..klo mo donlot youtube gampang.. jadinya kebiasan pake firefox deh…b-)

  6. 6
    Sergio
    berkomentar pada jam 7:27 am
    tanggal 18 November 2014

    .

    thanks for information!

  7. 7
    stephen
    berkomentar pada jam 12:18 pm
    tanggal 23 November 2014

    .

    tnx for info.

  8. 8
    Robert
    berkomentar pada jam 12:42 am
    tanggal 28 November 2014

    .

    áëàãîäàðñòâóþ!


Isi Komentar


  • *