Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Masih Adakah Makanan Yang Sehat?

Dikirim: January 12th, 2006 | Oleh: | Kategori: Uncategorized | 14 Komentar »

Akhir-akhir ini kita mendengar mengenai kandungan formalin pada beberapa makanan seperti halnya baso yang bisa menyebabkan kanker paru-paru serta gangguan pada alat pencernaan dan jantung. Sebelumnya, beberapa tahun yang lalu juga heboh masalah borax sebagai bahan pengawet makanan yang dapat menyebabkan gangguan pada hati, otak dan kulit. Belum selesai dengan semua masalah itu, salah satu televisi swasta menyiarkan mengenai betapa menjijikkannya proses pembuatan sauce sambal dan tomat. Beberapa hari kemudian, muncul juga hebohnya baso dengan daging tikus.

Masih belum selesai mikirin berbagai hal mengenai kandungan makanan yang menyeramkan itu, hari ini saya mendapatkan email dari kawan dengan subjek “Yang nggak ramah buat hidupmu!“. Isinya, duh … banyak aduhnya :(( Berikut petikan isi email tersebut:


Ini membahas mengenai bahayanya bekas botol plastik:

…. bahan plastic botol (disebut juga sebagai polyethylene terephthalate or PET) yang dipakai di botol2 ini mengandung zat2 karsinogen (atau DEHA). Botol ini aman untuk dipakai 1-2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama, tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh ditempat yang jauh dari matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak Dan zat karsinogen itu bisa masuk ke air yang kita minum.

Zat karsinogen adalah zat penyebab kangker

Yang ini harus diketahui bagi para penggemar sate

… karena Ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil
Pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.

Ayoo para tukang sate, siapin timun yah ;)

Lalu ada masalah antara udang dan vitamin C

Jangan makan udang setelah Anda makan Vitamin C. Karena ini akan Menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang Dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

Gila. Jadi arsenik yang tahun lalu sempat bikin heboh sebagai racun mematikan bisa diramu menggunakan udang dan vitamin C :(

Yang ini sih sudah sering dengar, hanya baru tahu kalau itu semua gara-gara lapisan lilin pada mie

Terdapat lilin yang melapisi mi instan. Itu sebabnya mengapa MI Instan tidak lengket satu sama lainnya ketika dimasak. Konsumsi mie Instan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan seseorang terjangkiti kanker.

Ada lagi masalah makanan dalam kemasan, berikut cuplikan bahan kemasan makanan yang perlu Anda waspadai.

Kertas

Beberapa kertas kemasan Dan non-kemasan (kertas koran dan majalah) yang sering digunakan untuk membungkus makanan, terdeteksi mengandung timbal (Pb) melebihi batas yang ditentukan. Di dalam Tubuh manusia, timbal masuk melalui saluran pernapasan atau Pencernaan menuju sistem peredaran darah dan kemudian menyebar ke Berbagai jaringan lain, seperti: ginjal, hati, otak, saraf dan tulang.
Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai dengan gejala 3 P, yaitu Pallor (pucat), pain (sakit) & paralysis (kelumpuhan). Keracunan yang Terjadipun bisa bersifat kronis dan akut.

Styrofoam

… Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada system endokrinologi dan reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan.

“Waduh,” begitu kali kata Bajuri kalau baca semua ini.


14 komentar untuk “Masih Adakah Makanan Yang Sehat?”

  1. 1
    yuliazmi
    berkomentar pada jam 3:02 pm
    tanggal 12 January 2006

    Waduh… :-?? ibu jadi harus siapin makanan apa buat dimakan bapaknya?
    #-o

  2. 2
    alni
    berkomentar pada jam 8:51 am
    tanggal 13 January 2006

    Jangan makan udang setelah Anda makan Vitamin C. Karena ini akan Menyebabkan keracunan dari racun Arsenik (As) yang merupakan proses reaksi dari Udang Dan Vitamin C di dalam tubuh dan berakibat keracunan yang fatal dalam hitungan jam.

    Hmmm…..yang ini kayaknya..hoax deh mas riyo. Ini pernah di bahas di milis dan secara kimia juga ga logis:)
    Arsenik itu salah satu unsur, element, ga bisa terbentuk dari zat yang ada di udang atau vitamin C yg jelas2 strukturnya ga mengandung As (arsenik) sama sekali.

    ** kecuali udangnya emang udah tercemar arsenik, kalau ini sih, ikan atau ayam yg tercemar bakal ngasih efek yg sama, heuheuheu

    Jadi…ga apa kok makan vit C setelah makan udang;)

  3. 3
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 9:14 am
    tanggal 13 January 2006

    Waaa, kalau Alni yang kasih tahu ini saya percaya deh ;)
    Makasih ya Ni …

  4. 4
    dhepe
    berkomentar pada jam 6:45 pm
    tanggal 22 February 2006

    :((:(( yang penting makan and kenyang getoloh…………………..

  5. 5
    Lina
    berkomentar pada jam 10:08 am
    tanggal 14 April 2006

    wah…..memang yang alami lebih asyik n aman lagi.daun jadi mahal nih, woooiii para pedagang makanan jgn pakai kertas n plastik bungkusnya, trussss pake apaan doong !:”>[-(

  6. 6
    Lies Pramana Sari
    berkomentar pada jam 11:43 am
    tanggal 4 September 2006

    tuh kan emang banyak banget masalah pangan di Indonesia ini. jangankan kemasannya, isinya pun udah bermasalah.ambil contoh aja, makanan adek2 kita yang minuman serbuk, jelly, dll yang mengandung bahan pengawet, pemanis dan pewarna makanan yang juga memberikan efek negatif buat tubuh.so..back to nature aja lah..kalo liat makanan yang aneh2 warnanya udahlah gak usah dibeli.trus bungkus juga heheheh..mending masak sendiri aja kali yah….buat konsumen indonesia..jangan lupa aja guys baca label dulu sebelum beli makanan oke!!!

  7. 7
    tobul
    berkomentar pada jam 11:15 am
    tanggal 2 May 2007

    kodok bner juga ape kate lo mendingan lo semua mulai hari ni mulai detik ni u jauhin deh yang namanya makanan sampah n jauhin sex bebas tp klo yg byar gak papa[-([-([-([-([-([-(:-w:-w:-w:-\”:-\”:-\”:-?:-?:o:o:o/:)/:)/:)8-|:((:((:((:d:d:d:d:((:((:((

  8. 8
    astuti yovita gunawan
    berkomentar pada jam 11:34 am
    tanggal 23 September 2007

    wah,ternyata kita perlu hati2 banget ya dlm memilih makanan dan kemasannya klo gitu mending makan dirumah aja,uda sehat n murah lagi:d:x:)>-:d

  9. 9
    Rini
    berkomentar pada jam 9:32 pm
    tanggal 19 October 2007

    Iya .. bener. Lebih baik capek dikit masak sendiri daripada mengkonsumsi makanan instan yg sangat berbahaya. Saya bahkan sudah mengalaminya. Sekarang kapok!

  10. 10
    karina
    berkomentar pada jam 7:45 pm
    tanggal 30 October 2007

    Mie kering kalau direbus diberi sedikit minyak sepertinya juga gak akan saling lengket, deh. Apa bener mie instan itu ada lapisan lilinnya?

  11. 11
    Hendra
    berkomentar pada jam 10:13 am
    tanggal 26 January 2008

    Menjawab pertanyaannya Karina, emang bener kalo mie kering / mie instan itu ada lapisan lilinnya. Cara menanggulanginya dengan cara merebus mi terlebih dahulu. Setelah mie matang, lalu buang semua air rebusan tadi karena mengandung lilin. Setelah itu cuci mie dengan air matang (air minum) lalu untuk mie kuah tinggal diganti dengan air minum untuk kuahnya, baru masukkan bumbu. Untuk mie goreng tinggal dibuang air bekas rebusan mie tadi lalu baru diberi bumbu. Selamat mencoba…http://riyogarta.com/smilies/yahoo_love.gif
    :x

  12. 12
    LucKy
    berkomentar pada jam 3:52 pm
    tanggal 28 April 2008

    setahu g, yg namanya mie instan itu ada lilinnya! :)

    jd kt orang yg g knl, bgsnya mie itu dimasak 2x!jd air yg pertm itu d buang.klo kyk gt kan lbh sehat! :)

  13. 13
    Rach
    berkomentar pada jam 3:17 pm
    tanggal 11 August 2009

    nah kalau makanan kayak kue-kue bolu yg dalam kemasan gimana tuh mas? aman gak tuh, kan sekarang makin banyak tuh…

  14. 14
    Jordan
    berkomentar pada jam 12:09 pm
    tanggal 24 November 2014

    .

    thanks for information!


Isi Komentar