Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

User Review: WordPress 2.0

Dikirim: December 29th, 2005 | Oleh: | Kategori: Wordpress | 3 Komentar »

Review berikut dihasilkan setelah melakukan berbagai hal dengan WordPress 2.0 yang baru kemarin saya install . Artinya, tidak menutup kemungkinan ada beberapa hal yang terlewat yang mungkin akan saya tambahkan atau saya ralat. Berikut review dari WordPress 2.0 stable release yang dikeluarkan WordPress.org tanggal 26 Desember 2005.

Halaman Dashboard

Isi dari halaman Dasboard sering hilang (blank), saya sendiri masih ragu apakah ini bug dari WordPress 2.0 atau hanya terjadi pada blog Catatan saya saja.

Halaman Write

  • Tampilan berubah menggunakan collapse menu. Ada bug dalam tampilannya saat collapse menu di sisi kanan di expand seluruhnya.
  • Sudah terintegrasi dengan fasilitas upload gambar. Gambar-gambar yang sudah diupload bisa diletakkan di bagian editor dengan cara drag and drop. Sayang, gambar-gambar yang diupload kelihatannya otomatis dibuat menjadi thumbnail dan sampai saat ini saya belum melihat ada menu option untuk mengubah hal ini. Jika gambar di klik (bukan setelah gambar berada dalam editor), maka muncul menu option untuk memilih apakah gambar yang akan di drag and drop (atau yang dikirim ke editor) adalah thumbnailnya atau originalnya.
  • Masih masalah upload gambar, saya juga belum menemukan option untuk menganti tempat uploadnya yang sudah dibuat default di wp-content/uploads.
  • Categories bisa langsung ditambahkan dalam halaman write post, jadi tidak perlu masuk ke manage categories untuk menambahkannya seperti pada versi WordPress sebelumnya.
  • Editor dibuat WYSIWYG (visual rich editor), mirip dengan fasilitas yang disediakan software-software pengolah kata sehingga pembuatan format jauh lebih dimudahkan.
  • Editor juga menyediakan berbagai shortcut dengan tombol-tombol yang sudah umum.
  • Disediakan fasilitas align right, align left dan align center. Sayangnya tidak disediakan align justify sehingga agak repotnya untuk mengembalikan ke align justify ketika kita telah klik salah satu dari tiga jenis align yang disediakan. Satu-satunya cara untuk membuat tulisan kembali ke align justify adalah dengan masuk ke mode pengeditan HTML dan menghapus/mengganti tag align yang ada secara manual. Jadi buat yang belum bisa HTML, pasti akan bingung.
  • Post Preview yang disediakan benar-benar menampilkan seperti apa nanti tulisan yang kita buat terlihat dalam blog.
  • Berbagai fasilitas dalam halaman ini mengakibatkan proses penulisan menjadi lebih berat terutama bagi mereka yang PC dan atau akses internetnya lambat. Jika ini terjadi, Visual Rich Editor bisa di nonaktifkan di profile.

Halaman Manage

  • WordPress 2.0 sudah memasukan Akismet Spam, sebuah utlity yang sampai saat ini saya nilai cukup handal untuk menghalau spam.
  • Juga disediakan plugin backup yang memudahkan kita untuk mem-backup data-data pada blog.

Presentation

Kali ini kita bisa melihat tampilan dari themes yang tersedia.

Plugins

Ada sedikit masalah dengan kompatibilitas. Beberapa plugin tidak bisa dijalankan dalam WordPress 2.0. Untuk lengkapnya bisa dilihat di Plugins Compatibility.

Import

Ini adalah salah satu bagian yang menarik dari WordPress 2.0. Dengan fasilitas ini, anda bisa melakukan import data langsung ke blog yang Anda miliki baik posting amaupun komentarnya.

Kesimpulan

WordPress 2.0 lebih baik dari versi sebelumnya terutama dalam hal kecepatan menampilkan halaman blog-nya. Ini dimungkinkan karena WordPress telah menggunakan caching system yang diletakkan pada direktori wp-content/cache. Selain itu, meskipun menjadi lebih berat dan ada beberapa hal yang masih dirasa kurang baik, Visual Rich Editor dan fasilitas upload serta drag and drop gambar pada editor sangat membantu proses posting. Bagi pengguna wordpress atau script blog lainnya, rasanya tidak ada alasan untuk tidak mencobanya kecuali jika masih sangat tergantung terhadap beberapa plugin yang ternyata tidak kompatibel.

Cara install atau upgrade
Installation WordPress 2.0
Upgrading WordPress 2.0


3 komentar untuk “User Review: WordPress 2.0”

  1. 1
    vq
    berkomentar pada jam 9:24 am
    tanggal 30 December 2005

    tarimakasiiiiii….. kalo ga liat postin lu di blogfam meibi gw ga tau 2.o stable dah ada ahuauuahaua lam nal!

  2. 2
    Blogging dengan WP 2.0 - Catatan Hanging
    berkomentar pada jam 12:49 pm
    tanggal 23 June 2007

    […] Hehe.. saya terprovokasi oleh riyogarta yang ingin mengubah tempat upload fotonya seperti yang dia tuliskan dalam reviewnya. Entah ya? kenapa mesti dipindah? apa takut ketahuan direktori yang diatribut 777 sehingga bisa […]

  3. 3
    Salvador
    berkomentar pada jam 2:24 am
    tanggal 27 November 2014

    .

    ñïñ çà èíôó.


Isi Komentar