Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Reframing

Dikirim: November 2nd, 2005 | Oleh: | Kategori: Buku | 3 Komentar »

Begitu tergila-gilanya saya untuk mempelajari NLP semenjak membaca buku Unlimited Power by Anthony Robbins. Lalu saya mendapatkan buku Reframing karya RH. Wiwoho di toko buku Gunung Agung Bandung. Dalam buku ini, –dan saya sudah mencobanya– kita diajarkan bagaimana melakukan reframing terhadap diri kita atau diri orang lain. Pengarang buku ini adalah murid langsung dari pencipta NLP yaitu Dr. Richard Bandler dan Prof. Dr. John Grinder.

Apa itu reframing ? Reframing menurut saya adalah teknik pengembangan kepribadian dengan cara melakukan komunikasi terhadap diri sendiri. Kalau seseorang merasa punya sifat atau tindakan negatif, maka dengan reframing hal ini bisa dihilangkan atau tepatnya diganti dengan sesuatu yang lebih positif. Dasar dari reframing adalah sebagai berikut:

  1. Semua tindakan atau prilaku selalu memiliki tujuan positif!
  2. Tubuh kita terdiri dari banyak sekali bagian, dimana masing-masing bagian memiliki tugas yang unik tetapi saling memiliki keterkaitan antara satu bagian dengan bagian yang lain.

Nah dari dua hal diatas lah, seseorang bisa melakukan reframing terhadap dirinya maupun orang lain. Intinya, reframing adalah sebuah cara untuk melakukan atau membuka komunikasi dengan diri sendiri. Orang yang sukses adalah orang yang bisa mengerti siapa dirinya dan bisa berkomunikasi dengan dirinya sendiri sehingga seluruh bagian tubuh akan gotong royong untuk mencapai tujuan . “You can’t control the wind, but you can control your sail”


3 komentar untuk “Reframing”

  1. 1
    Teddi Prasetya Yuliawan
    berkomentar pada jam 4:42 pm
    tanggal 17 April 2007

    Dear Mas Riyo,

    Saya mengundang Anda untuk berkunjung ke blog NLP saya dan juga menjadi member dari milis Indonesia NLP Society–milis yang saya dirikan sebagai media belajar NLP secara otodidak.

    Blog: http://idnlpsociety.wordpress.com
    Milis: idnlpsociety-subscribe@yahoogroups.com

  2. 2
    Handi Yan
    berkomentar pada jam 6:31 am
    tanggal 30 June 2009

    Bagus bang

  3. 3
    marion
    berkomentar pada jam 2:36 pm
    tanggal 24 November 2014

    .

    hello!


Isi Komentar