Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Dunia Komputer dan Saya

Dikirim: September 20th, 2005 | Oleh: | Kategori: Kenangan | 1 Komentar »

Gila juga yah, dari jaman komputer XT 10Mhz dengan memory yang hanya 640Kb meningkat sedikit demi sedikit. Mungkin saya termasuk orang yang beruntung karena pernah memiliki berbagai teknologi processor. Komputer XT 10Mhz saya pakai untuk belajar dan mengenal komputer, dari BASIC yang masih dalam ROM dan OS DOS 3.x. Lalu dipinjemin teman AT 286. Lalu akkhirnya bisa beli sendiri AMD386, berlajut ke AMD486DX2, AMD486DX4, AMDK6 450Mhz, AMDK6 600Mhz, AMD Duron 800Mhz, AMD Athlon XP 1600+, AMD Athlon XP 2600+ dan …. terakhir sekarang AMD64 2800+ …. weeeee. Bener-bener cinta banget nih ama AMD :) Semua selalu saya rakit sendiri. Jadi sejak kuliah dulu hingga sekarang nggak pernah beli 1 PC lengkap (kecuali waktu punya yang AMD386, PC pertama milik sendiri). Karena selebihnya selalu beli ketengan, motherboard+processor. Ada duit .. beli memory, ada duit lagi beli souncard ada duit lagi ganti motherboard+processor, ada duit lagi tambah/ganti memory, ada duit lagi .. ganti monitor karena sudah rusak ada duit lagi … trus begitu. Tukar dan tambah, begitulah ;)

Kalau diingat-ingat lucu dan kelihatan sangat aneh, bayangkan, HD pertama yang saya miliki besarnya 250MB (tahun ’93) .. waktu itu terasa lega banget … padahal sekarang flashdisk yang hampir selalu ada di kantong saya besarnya juga 256MB. Pernah juga saya memiliki ZipDrive 250MB yang saat itu kelihatan sangat praktis (tahun ’96) tapi lama2 terasa kurang memadai dan nggak praktis karena ada CD-R/RW sebesar 640MB –malah sekarang saya telah punya DVD+/-RW yang besarnya 4.5-8.5GB :)

Memory ? Saya pernah mengalami punya yang namanya PC dengan memory hanya 2MB (jaman AMD386). Lalu saya tambah menjadi 4MB agar Windows 3.1 nya lebih cepat. Muncul Windows 95 saya tambah menjadi 8MB. Dooooh, kalau inget jaman itu, nyalain komputer bisa ditinggal kencing dulu hehehehe, lambaaaaat banget. Bayangkan, Windows 95 dijajalankan di AMD386 dengan memory 8MB … maksa banget saking pengen pake tuh Windows. Jaman itu mendengar rekomendasi Photoshop akan jalan dengan baik jika memory 64MB itu bener2 terlihat tidak masuk akal. Sekarang ? Jangankan memory CPU, memory Graphic Card sudah ada yang 256MB … hihihi. Punya memory CPU 256MB sekarang itu kurang tapi kalau jaman DOS 6.x dan Windows 3.1 punya memory sebesar itu …. mmmm …. bisa main Doom dengan menginstallnya di Virtual Disk sebesar 8-10MB (Virtual Disk itu adalah memory yang diubah menjadi disk virtual). Jangankan Doom sebagai game paling tenar saat itu, bisa-bisa –demi mengincar kecepatan– bisa jadi saya install pula Windows 3.1 beserta aplikasinya di Virtual Disk …. tapi sekali komputer mati .. install semua lagi hehehehe :)


Satu komentar untuk “Dunia Komputer dan Saya”

  1. 1
    Adam Fredlly
    berkomentar pada jam 9:56 am
    tanggal 9 April 2007

    I LOVE KOMPUTER


Isi Komentar


  • *