Jika Sang Khalik menghendaki, maka semua manusia akan memiliki warna kulit yang sama, agama yang hanya satu, tidak ada yang namanya negara, suku bangsa dan tidak ada perbedaan. Artinya Sang Khalik memang menghendaki adanya perbedaan. Perbedaan adalah hakekat penciptaan. Perbedaan itu indah.

Fakta 17 Agustus

Dikirim: August 25th, 2005 | Oleh: | Kategori: Uncategorized | 39 Komentar »

Menarik membaca kiriman email dari salah satu teman saya mengenai berbagai fakta sehubungan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang selalu kita rayakan setiap tanggal tanggal 17 Agustus. Fakta-fakta ini didapatkan si pengirim email dari Harian Suara Merdeka , hari Jumat, tanggal 18 Agustus 1995, halaman VII, dalam rangka memperingati 50 tahun kemerdekaan Indonesia.

Berikut pengatar dan fakta-fakta mengenai hari kemerdekaan Indonesia:

Sejarah bisa diceritakan dalam berbagai versi dan gaya. Kali ini, seorang pemerhati sejarah di Jakarta, Iwan Satyanegara, menyajikan “Lintasan Sejarah” dari sisi dan style lain. Selain bisa menambah wawasan, tulisan yang diramu dari berbagai sumber dan hasil renungan penulisnya itu diharapkan juga mampu memberikan hiburan segar dalam rangka nuansa Indonesia Emas.

  • Mungkinkah Revolusi Kemerdekaan Indonesia disebut sebagai revolusi dari kamar tidur? Coba simak ceritanya. Pada 17 Agustus 1945 pukul 08.00, ternyata Bung Karno masih tidur nyenyak di kamarnya, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini. Dia terkena gejala malaria tertiana. Suhu badannya tinggi dan sangat lelah setelah begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda.
    “Pating greges”, keluh Bung Karno setelah dibangunkan dr Soeharto, dokter kesayangannya. Kemudian darahnya dialiri chinineurethan intramusculair dan menenggak pil brom chinine. Lalu ia tidur lagi.
    Pukul 09.00, Bung Karno terbangun. Berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta.
    Tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah.
    “Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!”, ujar Bung Karno di hadapan segelintir patriot-patriot sejati. Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera pusaka Merah Putih. Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya. masih meriang. Tapi sebuah revolusi telah dimulai…

  • Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata berlangsung tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor dan tak ada pancaragam. Tiang bendera pun dibuat dari batang bambu secara kasar, serta ditanam hanya beberapa menit menjelang upacara. Tetapi itulah, kenyataan yang yang terjadi pada sebuah upacara sakral yang dinanti-nanti selama lebih dari tiga ratus tahun!
  • Bendera Pusaka Sang Merah Putih adalah bendera resmi pertama bagi RI. Tetapi dari apakah bendera sakral itu dibuat? Warna putihnya dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto!
  • Setelah merdeka 43 tahun, Indonesia baru memiliki seorang menteri pertama yang benar-benar “orang Indonesia asli”. Karena semua menteri sebelumnya lahir sebelum 17 Agustus 1945. Itu berarti, mereka pernah menjadi warga Hindia Belanda dan atau pendudukan Jepang, sebab negara hukum Republik Indonesia memang belum ada saat itu.
    “Orang Indonesia asli” pertama yang menjadi menteri adalah Ir Akbar Tanjung (lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 30 Agustus 1945), sebagai Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993).
  • Menurut Proklamasi 17 Agustus 1945, Kalimantan adalah bagian integral wilayah hukum Indonesia. Kenyataannya, pulau tersebut paling unik di dunia. Di pulau tersebut, ada 3 kepala negara yang memerintah! Presiden Soeharto (memerintah 4 wilayah provinsi), PM Mahathir Mohamad (Sabah dan Serawak) serta Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei).
  • Hubungan antara revolusi Indonesia dan Hollywood, memang dekat. Setiap 1 Juni, selalu diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila semasa Presiden Soekarno. Pada 1956, peristiwa tersebut “hampir secara kebetulan” dirayakan di sebuah hotel Hollywood.
    Bung Karno saat itu mengundang aktris legendaris, Marylin Monroe, untuk sebuah makan malam di Hotel Beverly Hills, Hollywood. Hadir di antaranya Gregory Peck, George Murphy dan Ronald Reagan (25 tahun kemudian menjadi Presiden AS). Yang unik dari pesta menjelang Hari Lahir Pancasila itu, adalah kebodohan Marilyn dalam hal protokol. Pada pesta itu, Maryln menyapa Bung Karno bukan dengan “Mr President” atau “Your Excellency”, tetapi dengan “Prince Soekarno!”
  • Ada lagi hubungan erat antara 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, “Tahun Vivere Perilocoso” (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film The Year of Living Dangerously. Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan asing di Indonesia pada 1960-an. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing!
  • Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah! Anehnya, naskah historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan draft proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.
    Pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari.
  • Ketika tiba di Pelabuhan Sunda Kelapa 9 Juli 1942 siang bolong, Bung Karno mengeluarkan komentar pertama yang janggal didengar. Setelah menjalani pengasingan dan pembuangan oleh Belanda di luar Jawa, Bung Karno justru tidak membicarakan strategis perjuangan menentang penjajahan. Masalah yang dibicarakannya, hanya tentang sepotong jas!
    “Potongan jasmu bagus sekali!” komentar Bung Karno pertama kali tentang jas double breast yang dipakai oleh bekas iparnya, Anwar Tjokoroaminoto, yang menjemputnya bersama Bung Hatta dan segelintir tokoh nasionalis.
  • Rasa-rasanya di dunia ini, hanya the founding fathers Indonesia yang pernah mandi air seni. Saat pulang dari Dalat (Cipanasnya Saigon), Vietnam,13 Agustus 1945, Soekarno bersama Bung Hatta, dr Radjiman Wedyodiningrat dan dr Soeharto (dokter pribadi Bung Karno) menumpang pesawat fighter bomber bermotor ganda. Dalam perjalanan, Soekarno ingin sekali buang air kecil, tetapi tak ada tempat.
    Setelah dipikir, dicari jalan keluarnya untuk hasrat yang tak tertahan itu. Melihat lubang-lubang kecil di dinding pesawat, di situlah Bung Karno melepaskan hajat kecilnya. Karena angin begitu kencang sekali, bersemburlah air seni itu dan membasahi semua penumpang. Byuuur…
  • Berkat kebohongan, peristiwa sakral Proklamasi 17 Agustus 1945 dapat didokumentasikan dan disaksikan oleh kita hingga kini.
    Saat tentara Jepang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan peristiwa penting tersebut, Frans Mendoer, fotografer yang merekam detik-detik proklamasi, berbohong kepada mereka. Dia bilang tak punya negatif itu dan sudah diserahkan kepada Barisan Pelopor, sebuah gerakan perjuangan. Mendengar jawaban itu, Jepang pun marah besar.
    Padahal negatif film itu ditanam di bawah sebuah pohon di halaman Kantor harian Asia Raja. Setelah Jepang pergi, negatif itu diafdruk dan dipublikasi secara luas hingga bisa dinikmati sampai sekarang. Bagaimanakalau Mendoer bersikap jujur pada Jepang?
  • Kali ini, Bung Hatta yang berbohong demi proklamasi. Waktu masa revolusi, Bung Karno memerintahkan Bung Hatta untuk meminta bantuan senjata kepada Jawaharlal Nehru. Cara untuk pergi ke India pun dilakukan secara rahasia. Bung Hatta memakai paspor dengan nama “Abdullah, co-pilot”.
    Lalu beliau berangkat dengan pesawat yang dikemudikan Biju Patnaik, seorang industrialis yang kemudian menjadi menteri pada kabinet PM Morarji Desai. Bung Hatta diperlakukan sangat hormat oleh Nehru dan diajak bertemu Mahatma Gandhi. Nehru adalah kawan lama Hatta sejak 1920-an dan Dandhi mengetahui perjuangan Hatta.
    Setelah pertemuan, Gandhi diberi tahu oleh Nehru bahwa “Abdullah” itu adalah Mohammad hatta. Apa reaksi Gandhi? Dia marah besar kepada Nehru, karena tidak diberi tahu yang sebenarnya. “You are a liar !” ujar tokoh kharismatik itu kepada Nehru
  • Bila 17 Agustus menjadi tanggal kelahiran Indonesia, justru tanggal tersebut menjadi tanggal kematian bagi pencetus pilar Indonesia. Pada tanggal itu, pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, WR Soepratman (wafat 1937) dan pencetus ilmu bahasa Indonesia, Herman Neubronner van der Tuuk (wafat 1894) meninggal dunia.
  • Bendera Merah Putih dan perayaan tujuh belasan bukanlah monopoli Indonesia. Corak benderanya sama dengan corak bendera Kerajaan Monaco dan hari kemerdekaannya sama dengan hari proklamasi Republik Gabon (sebuah negara di Afrika Barat) yang merdeka 17 Agustus 1960.
  • Jakarta, tempat diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia dan kota tempat Bung Karno dan Bung Hatta berjuang, tidak memberi imbalan yang cukup untuk mengenang co-proklamator Indonesia. Sampai detik ini, tidak ada “Jalan Soekarno-Hatta” di ibu kota Jakarta.
    Bahkan, nama mereka tidak pernah diabadikan untuk sebuah objek bangunan fasilitas umum apa pun sampai 1985, ketika sebuah bandara diresmikan dengan memakai nama mereka.
  • Gelar Proklamator untuk Bung Karno dan Bung Hatta, hanyalah gelar lisan yang diberikan rakyat Indonesia kepadanya selama 41 tahun! Sebab, baru 1986 Permerintah memberikan gelar proklamator secara resmi kepada mereka.
  • Kalau saja usul Bung Hatta diterima, tentu Indonesia punya “lebih dari dua” proklamator. Saat setelah konsep naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia rampung disusun di rumah Laksamana Maeda, Jl Imam Bonjol no 1, Jakarta, Bung Hatta mengusulkan semua yang hadir saat rapat dini hari itu ikut menandatangani teks proklamasi yang akan dibacakan pagi harinya. Tetapi usul ditolak oleh Soekarni, seorang pemuda yang hadir. Rapat itu dihadiri Soekarno, Hatta dan calon proklamator yang gagal : Achmad Soebardjo, Soekarni dan Sajuti Melik.
    “Huh, diberi kesempatan membuat sejarah tidak mau”, gerutu Bung Hatta karena usulnya ditolak.
  • Perjuangan frontal melawan Belanda, ternyata tidak hanya menelan korban rakyat biasa, tetapi juga seorang menteri kabinet RI. Soepeno, Menteri Pembangunan dan Pemuda dalam Kabinet Hatta, merupakan satu-satunya menteri yang tewas ditembak Belanda.
    Sebuah ujung revolver, dimasukkan ke dalam mulutnya dan diledakkan secara keji oleh seorang tentara Belanda. Pelipis kirinya tembus kena peluru. Kejadian tersebut terjadi pada 24 Februari 1949 pagi di sebuah tempat di Kabupaten Nganjuk , Jawa Timur. Saat itu, Soepeno dan ajudannya sedang mandi sebuah pancuran air terjun.
  • Belum ada negara di dunia yang memiliki ibu kota sampai tiga dalam kurun waktu relatif singkat. Antara 1945 dan 1948, Indonesia mempunyai 3 ibu kota, yakni Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948) dan Bukittinggi (1948-1949).
  • Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Jenderal Soedirman, pada kenyatannya tidak pernah menduduki jabatan resmi di kabinet RI. Beliau tidak pernah menjadi KSAD, Pangab, bahkan menteri pertahanan sekalipun!
  • Wayang ternyata memiliki simbol pembawa sial bagi rezim yang memerintah Indonesia. Betapa tidak, pada 1938-1939, Pemerintah Hindia Belanda melalui De Javasche Bank menerbitkan uang kertas seri wayang orang dan pada 1942, Hindia Belanda runtuh dikalahkan Jepang.
    Pada 1943, Pemerintah Pendudukan Jepang menerbitkan uang kertas seri wayang Arjuna dan Gatotkoco dan 1945, Jepang terusir dari Indonesia oleh pihak Sekutu.
    Pada 1964, Presiden Soekarno mengeluarkan uang kertas baru seri wayang dengan pecahan Rp 1 dan Rp 2,5 dan 1965 menjadi awal keruntuhan pemerintahannya menyusul peristiwa G30S/PKI.
  • Perintah pertama Presiden Soekarno saat dipilih sebagai presiden pertama RI, bukanlah membentuk sebuah kabinet atau menandatangani sebuah dekret, melainkan memanggil tukang sate !!!
    Itu dilakukannya dalam perjalanan pulang, setelah terpilih secara aklamasi sebagai presiden. Kebetulan di jalan bertemu seorang tukang sate bertelanjang dada dan nyeker (tidak memakai alas kaki).
    “Sate ayam lima puluh tusuk!”, perintah Presiden Soekarno. Disantapnya sate dengan lahap dekat sebuah selokan yang kotor. Dan itulah, perintah pertama pada rakyatnya sekaligus pesta pertama atas pengangkatannya sebagai pemimpin dari 70 juta jiwa lebih rakyat dari sebuah negara besar yang baru berusia satu hari.
  • Kita sudah mengetahui, hubungan antara Bung Karno dan Belanda tidaklah mesra. Tetapi Belanda pernah memberikan kenangan yang tak akan pernah dilupakan oleh Bung Karno.
    Enam hari menjelang Natal 1948, Belanda memberikan hadiah Natal di Minggu pagi, saat orang ingin pergi ke gereja, berupa bom yang menghancurkan atap dapurnya. Hari itu, 19 Desember 1948, ibu kota Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda.
  • Sutan Sjahrir, mantan Perdana Menteri RI pertama, menjadi orang Indonesia yang memiliki prestasi “luar biasa” dan tidak akan pernah ada yang menandinginya. Waktu beliau wafat 1966 di Zurich, Swiss, statusnya sebagai tahanan politik. Tetapi waktu dimakamkan di Jakarta beberapa hari kemudian, statusnya berubah sebagai Pahlawan Nasional Indonesia

39 komentar untuk “Fakta 17 Agustus”

  1. 1
    iwan satyanegara
    berkomentar pada jam 6:52 pm
    tanggal 24 January 2006

    Terima kasih teman-temanku. Ternyata tulisan dan ide- saya masih dianggap dan dihargai oleh orang lain, meski hal itu saya tulis 10 tahun lalu untuk sebagai hadiah 50 Tahun negara kita. Yang Anda baca baru sekitar 15%dari data yang saya miliki. Akan saya tulis lebih lengkap lagi pada waktu mendatang, Terima kasih.

    Merdeka!

    Iwan Satyanegara Kamah

  2. 2
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 10:27 pm
    tanggal 24 January 2006

    Waaaa, penulis Fakta 17 Agustus. Salut untuk mas Iwan atas penelitiannya untuk mendapatkan fakta-fakta hari paling bersejarah dari bangsa Indonesia. Saya tunggu 85% lagi …. di 17 Agustus 2006? :)

  3. 3
    Tri Lestari
    berkomentar pada jam 1:24 pm
    tanggal 2 March 2006

    TERIMA KASIH ATAS INFORMASI TENTANG KEMERDEKAAN INDONESIA. I LOVE U INDONESIA:x:

  4. 4
    engeline
    berkomentar pada jam 10:48 pm
    tanggal 4 August 2006

    saya senang mendapat fakta fakta ini, berguna bagi saya untuk sharekan ke anak didik. Trims ya……

  5. 5
    Indra PRABOWO
    berkomentar pada jam 2:54 pm
    tanggal 16 August 2006

    Trims Pak Riyo…

    SEMOGA INDONESIA YANG DICITA-CITAKAN PARA FOUNDING FATHERS KITA DAPAT TERWUJUD.

    MERDEKA!!!

  6. 6
    devit boy
    berkomentar pada jam 5:01 pm
    tanggal 29 August 2006

    kak iwan,,,bisa minta tolong kirimin teks pidato soekarno pada saat 17 agustus 1945 ga?Tolong ka,,,,:(:(.itu untuk tugas adik saya. kita berdua sudah susah carinya. sampai sekarang ga ketemu. tolongin ka,,,kalau bisa sekarang,coz besok tugasnya mau dikumpulin:(:”>:)>-

  7. 7
    iwan satyanegara
    berkomentar pada jam 9:28 pm
    tanggal 29 August 2006

    Soekarno tidak pidato tanggal itu. Dia cuma basa-basi (preambule) buat menerangkan mengapa kita berkumpul di pagi itu. Setelah itu basa-basi dikit, berdoa, kibarin bendera, selesai dan tidur lagi. Jadi tidak ada pidato. Tahun 1946 sampai 1966, beliau berpidato setiap 17 Agustus . Tradisi ini terus berlanjut sampai sekarang. Bedanya, pidato kenegaraan di sampai SEBELUM 17 Agustus dan di depan parlemen. Sedangkan Bung Karno dihadapan rakyat langsung.

    Kenapa mendadak mintanya?

  8. 8
    renungin
    berkomentar pada jam 12:08 am
    tanggal 28 January 2007

    Ada apa dengan masa lalu kita ?

    Kawan semoga engkau yang membaca disini masih dalam keadaan waras dan mampu membuka mata hati lebar lebar. Tarik napas dalam2 dan keluarkaan perlahan lahan sebelum membaca semua tulisan dibawah ini. Jiak ingin kencing maka segeralah keluarkan. Jika menpunyai asma maka siapkan oksigen disampingmu kawan.
    Kita semua orang indonesia termasuk orang yang goblok, bodoh, tak pernah mau bangga terhadap sesuatu yang berharga yang kita miliki dan semuanya kita sia siakan. Kadang kala kita selalau menerima begitu saja apa yang di beritahukan oleh orang lain mengenai masa lalu kita. Sedangkan sebuah catatan sejarah biasanya di tulis oleh para pemenang peradaban alias penguasa pada jamannya. Apakah kita meyakini semua yang kita baca dalam sejarah masa lalu kita itu benar? Ingatlah kasus kerusuhan di berbagai daerah pada masa prgerakan reformasi tahun ‘98 pun kita tidak tahu dalang yang sebenarnnya, disusul kasus isu kudeta pada lengsernya suharto pun kita tidak tahu, padahal saksi sejarah dan pelaku sejarahnya masih hidup. Itu adalah sebuah sejarah delapan tahun yang lalu pun kita diselimuti oleh kabut tebal. Apalagi dengan kisah sejaran puluh tahun bahkan ratusan tahun lalu yang membahas asal muasal bangsa kita.
    Stigma buruk yang di buat oleh pengusaa menjadi alat untuk menutupi kenyataan sejarah. Atau subjektivisme terhadap suatu suku penguasa menjadi faktor dominan terhadap catatan sejarah. Coba kita baca kembali buku PSPB (pendidikan sejarah dan perjuangan bangsa) SD hingga buku sejarah nasional SMP dan SMAN. Dimulai dari kerajaan hindu budha di Indoneaia hanya catatan sejarah di dominasi oleh kerajaan dari daerah itu itu saja sedangkan kita tahu Indonesia itu luas bukan dari suku itu saja, atau bukan dari pulau itu saja. Dulu kita meyakini Majapahit yang menguasai hampir seluruh asia tenggara hingga madakaskar hanya dalam masa kehidupan hayam wuruk dan gajah mada (periode yang sangaat cepat untuk penaklukan satu wilayah yang luas terpecah oleh lautuan dan terhalangi oleh hutan) tapi saat ini kenyataan tersebut dipertanyakan, hingga ada dari cerita dari daerah lain yang mengklaim hal itu (kerajaan pajajaran ). Memasuki jaman kerajaan islam pun sama. Yang dimasyhurkan ialah 9 orang dari satu suku penyebar agama islam, dan dalam sejarah mengkaliam mereka orang asli dari daerah itu padahal, kecuali satu, semuannya berasal dari luar indonesia tepatnya dari gujarat. Selanjutnya saat abad penjajahan kelam yanmg menimpa bangsa kita oleh belanda. Begitu juga saaat masa penjajahan belanda yang banyak di bhas lebih dalam dari perjuangan nasional tetap dari suku itu saja. Mengapa perjuangan nasional dari daerah lain tidak pernah lebih dalam sesungguhnya dari wilayah indonesia yng luas ini mereka memiliki peranan yang besar untuk kemerdekanan indonesia.
    Memasuki masaa pergerakan nasional, kita tahu semua elemen bangsa melakukan perjuangan demi tercapainya kemerdekaan indonesia. Termasuk didalamnya dari aliran yang berdasarkan komunis seperti PKI dan partai partai sosialis lainnya. Mereka bahu membahu bersama kekutan islam yaitu diantaranya muhamadiyah, syarekat islam dan nahdatul ulama, dan organisasi nasionalis seperti indisje partij, bersama2 membangun kesadaran kebangsaan dan pentingnya melepaskan diri dari penjajahan. Itulah tiga kekuatan utama ynag membangun bangsa indonesia seperti ini, hingga bung karno dengan lantang menyebutnya NASAKOM, Nasionalis Islam Komunis. Tetapi unsur pembangun ketiga mengalami pemusnahaan dan mendapatkan stigma buruk sepanjang masaa, yaitu komunis dan kekutan kedua selalu mengalami penindasan dan tekanan terhadap kekuatannya, yaitu islam. Dan nasionalis kini sedang dipertaruhkan eksistensinya untuk kalangan orang indonesia sendiri. Itulah menurut saya merupakan idieologi yang sebenarnya bagi bangsa indonesia. Sesungguhnya saat merumuskan piagam jakarta yang akan menjadi asal dari ideologi pancasila, bung karno bersama panitia sembilannya merupakan perwakilan dari ketiga kekutan diatas. Dan islam mendapatkan kedudukan tertinggi dalam passal satu, ketuhanan maha esa dan menjalankan syariat islam. Nasionalisme mendapatkan jatah di pasal kedua ketiga. Dan komunis atau sosialis mendapat kedudukan dalam pasal ke 4 dan kelima. Sudah jelas kita melihat kenyataan nya hanya saja akibat dari stigma dan tekanan yang keras dari penguasa orba kita dipaksa untuk tidak tahu. Keadaan carut marut ini akibat dari kita tidak mempelajari sejarah dan akibat dari penghilangan dari kenyataan yang seharusnya kita jalankan.
    Jika mendengar lagu Indonesia Raya, kita merasakan aura yang berbeda.rasa patriotik nasionalis dan kebanggan merasuk dalam dada. Tapi tahukah menurut isu yang berkembang lagu ciptaan Wage Rudolp Supratman ini ternyata hasil dari plagiat. Dari lagu daerah di pedesaan prancis sana. Dan jika kita mendengar iramanyapun itu bukan irama lokal. Mengapa dari sekian banyak lagu daerah dari ratusan bahasa yang ada di indonesia tidak ada stu yang dipilih menjadi irama lagu kebangsaan. Meskipun sangat sepele
    Dan yang paling sangat penting,ialah nama Indonesia sendiri pun harus kita pertanyaka. Suatu menunjukan identtas dan sebuah harapan begitulah orangtua memilih sebuah nama bagi anak anaknya. Begitu pula dengan sebutan indonesia. Apakah ada padanan bahasa lokal untuk Indonesia. Jawabannya tidak ada. Sesungguhnya yang memberikan nama ini ialah James Ricardson Logamn seorang ahli hukum kelahiran Skotlandia, ia menerbitkan The journal of Indian archipelago and eastern asia tahun 1847. dengan terbitnya karangan rusel jones di majalah archipel 6 , SECMI 1973 yang berjudul ear logan and indonesia, maka tumbuhlah pengertian dan anggapan nama Indonesia. Dan nama indonesia ialah DWIPANTARA yang banyak digunakan oleh orang orang hindu indonesia dan memang jauh sebelumnya yang menguasai indonesia ialah Kerajaan Hindu. Ternyata kebanggan mengenai hal hal kebarat baratan itu bukan saja banyak terjadi untuk saat ini tapi juga sudah terjadi sejak jaman pergerakan dahulu melalui mahsiswa indonesia yang belajar di belanda yang untuk perkenalkan nama “indonesische Vereeninging� untuk pertama kali secara resmi di remikan oleh orang2 pribumi.
    Mengenai hal itu sebetulnya bangsa indonesia belum pernah dijajah oleh bangsa lain, karena bangsa indonesia sendiri lahir pada tanggal 17 agustus 1945. secara hukum pada saat itu pemimpin negara kita secara syah menamakan indonesia dan semenjak kelahirannya tidak ada satupun negara yang menjajah kita secara fisik dan politik. Maka yang telah dijajah selama 350 tahun itu bukan indonesia seperti yang disebutkan oleh buku buku sejarah. Melakukan DWIPANTARA ini, yang wilayahnya membentang luas hampir seluruh asia tenggara sebagian australia utara dan terus merangsek menuju madakaskar(sisa budaya yang mirip dengan kita maasih ada hingga kini). Dan setelah itu luas wilayahnya terpotong potong oleh politik imprialismenya bangsa eropa (membagi bagi daerah jajahan). Seharusnya bung karno saat mengumandangkan kemerdekaan mengkalim wilayahnya bukan daerah jajahan belanda dari sabag sampai merauke ( Suriname juga jajahan Belanda dan ada orang jawanya kenapa tidak diakui ya..?). katakanlah seluruh indonesia dijajah selam 350 tahun sesunguhnya itu tidak dibenar karena Aceh baru ditaklukan sekitar tahun 1900 melalui strategi pendekataan budaya Dr Snouckhorgonje.
    Dalam catatan sejarah indonesia, bung karno dan bung hatta pernah ditawari kemerdekaan oleh pemerintah penjajah jepang Jendral terauchi di dalat vietnam. Juga mengapa hasil dari pertemuan itu tidak pernah di jelaskan lebih rinci dan terbuka demi kebenaran sebuah sejarah. Hanya ditulis melakukan pertemuan untuk membicarakan kemungkinan kemerdekanaan Indonesia. Dan seharusnya kita harus mencermati lebih dalam mengapa para pendiri bangsa ini harus merumuskan teks pancasila di rumah seorang pemimpin militer jepang Laksamana Maeda. Tak mungkin seorang pemimpin militer negara jajahan merelakan begitu saja negara yang susah payah dia rebut dan ditaklukan, di depan mata sendiri ingin menyatakan kemerdekaan. Kita tahu sendiri watak dasar orang jepang ialah memiliki loyalitas dan kesetiaan tertinggi terhadap, hasil usahanya, keyakinannya serta atasannya, disini ialah kaisar.
    Dan setelah mengumandangkan kemerdekaan para prajurit jepang di indonesia yang masih banyak memegang kekuasaan dan masih bisa mengendalikan situasi seolah olah diam tidak melakukan tindakan apapun akibat dari pembangkangan bangsa indonesia yang berani mengumandangkan kemerdekaan. Lihat sejarah sebelumnya jepang sangat tidak pernah mengenal ampun terhadap para pejuang, kejadian blitar dan perlawanan di singaparna menjadi saksi kekejaman jepang. Dalam dunia militer seorang prajurit tidak akan melakukan tindakan apapun jika tidak ada perintah dari pimpinan. Dan disini pimpinannya seolah olah tutup mata atas kejadian yang terjadi. Adapun tindakan yang dilakukan jepang ialah saat rakyat melakukan gerakan perebutan senjata. Itu pun dilakukan nya hanya sebagai bentuk pertahanan bukan penyerangan. Dari hal tersebut apakah kita masih percaya kemerdekaan pada tanggal 17 agustus tahun 45 itu hasil dari perjuangan murni bangsa Indonesia.

    Masihkah kita berbangga diri dengan sebutan Indonesia
    :d/

  9. 9
    anak SD wisnton
    berkomentar pada jam 3:43 pm
    tanggal 25 July 2007

    halo boleh minta tahu gak ya tentang tentang aejarah 17 agustus menjadi hari kemerdekaan indonesia :d:d.abis aku susah cari nya kayak nya senin mingu ini aku harus kumpul pr tentang hari kemerdekaan Indonesia terimakasih :)>-:d:)[-(

  10. 10
    Riyogarta
    berkomentar pada jam 12:46 am
    tanggal 26 July 2007

    Lha? Yang sampeyan baca diatas itu sejarahnya :-?

  11. 11
    Juniarto
    berkomentar pada jam 11:12 am
    tanggal 16 August 2007

    teks proklamasi yg asli kalau bisa di tampilkan di sini donk. supaya kita semua tahu persisnya.

  12. 12
    yuni
    berkomentar pada jam 5:06 pm
    tanggal 17 August 2007

    aku mau tanya dong,, asal mula pesta rakyat untuk memperingati 17 agustus itu brasal darimana sih?? apa hubungannya lomba” yang diadakan di pesta rakyat tersebut dengan merdekanya Indonesia?? sbelumnya, trims atas jawabannya..

  13. 13
    maia
    berkomentar pada jam 6:24 pm
    tanggal 21 August 2007

    hii.. sy mau tanya dong! sebenarnya..siapa sih pencetus nama PANCASILA? dan darimana anda tahu sampai detail sekali apa yang dikatakan?dibicarakan oleh soekarno?? dibalas ya.. tx o:-)

  14. 14
    cahya
    berkomentar pada jam 1:48 pm
    tanggal 23 August 2007

    hari kemerdekaan tahun ini sangat berkesan, karena hari, tanggal, dan bulannya sama seperti 17 agustus 1945. makasih……. yu…..:((:((

  15. 15
    azmi
    berkomentar pada jam 10:12 am
    tanggal 24 August 2007

    aku cinta INDONESIA
    sekarang dan selamanya INDONESIA adalah NEGARA KU
    MERDEKA…!!!!!!
    :x

  16. 16
    SAFA
    berkomentar pada jam 11:43 am
    tanggal 26 August 2007

    Ass. Wah udah tahun kapan jih? kok blm dilanjutin.

  17. 17
    bow aja
    berkomentar pada jam 12:20 am
    tanggal 30 August 2007

    :dgreat
    man ini yang bkn rasa nasionalisme kita makin mantabbb
    tahu sejarah…!!!!
    :-?tapi sumbernya bener kan :-w
    [-(bangsa ini udah cape lo dibohongin
    :)>-kedamaian buat indonesia
    :d:d:d:d

  18. 18
    syahrul m.h
    berkomentar pada jam 12:31 pm
    tanggal 28 October 2007

    Indosia adalah satu-satunya negaraku,negara tercintaku.negara abadiku.negara indonesia adalah negara yang tentran.sampai mati indonesia tetap negaraku.negara yang merdeka…………!!!!!!!!

  19. 19
    rins
    berkomentar pada jam 4:18 am
    tanggal 2 November 2007

    hiii…kang iwan boleh dong minta contoh pidato perigatan hari kemerdekaan dalam bahasa sunda…hatur nuhun:)

  20. 20
    nanda
    berkomentar pada jam 1:04 pm
    tanggal 21 March 2008

    Tanggal 26 August 2007 jam 11:43 am dari Indonesia Indonesia
    Menggunakan Internet Explorer Internet Explorer 6.0 on Windows Windows XP

  21. 21
    aydira mircha
    berkomentar pada jam 7:40 pm
    tanggal 1 June 2008

    saya ada tugas dari kampus neh,,
    disuruh bikin makalah sejarah indonesia dari setelah 17 agustus smp era reformasi,bisa bntu ga ????

  22. 22
    lintar
    berkomentar pada jam 8:32 pm
    tanggal 9 June 2008

    :) indonesia yang udah gimana ancurnya negara tetep aja negara kita gak boleh dijelekin trus kasihan sama ibu pertiwinya ama pejuang kemerdekaan yang udah susah payah ngelapsin negara ini dari cengkraman penjajah. jadi, biar gimana juga kita harus bangga punya negara yang namanya indonesia

  23. 23
    putri
    berkomentar pada jam 4:06 pm
    tanggal 17 July 2008

    mau tanya dong ,,
    tentang kejadian G30sPKI dan tentang kunjungan beserta peristiwa2 saat Jendral Terauchi datang ke Dalath??
    Makasih bny ats jawabannya. Saya tunggu di email saya. :d

  24. 24
    leonie
    berkomentar pada jam 6:05 pm
    tanggal 13 August 2008

    [-( aq ada tugas suruh nyari peringatan 17 agustus.bs bantu nggak?

  25. 25
    mitha
    berkomentar pada jam 9:28 pm
    tanggal 11 May 2009

    gak ada conto nya………… :-w

  26. 26
    download mp3 indonesia
    berkomentar pada jam 9:29 am
    tanggal 22 July 2009

    bagus blognya
    thanks ya

  27. 27
    sukadi kagan
    berkomentar pada jam 2:19 pm
    tanggal 1 August 2009

    Komunitas 17 Agustus Indonesia berdiri tanggal 17 Agustus 2009. Kami bangga atas kepedulian anda tentang penelitian yang anda sajikan buat bangsa. Semoga menambah rasa mencintai terhadap NKRI dan mau peduli bagi yang membacanya untuk lebih mencintai dan berkarya di zaman yang sudah merdeka.

  28. 28
    Ghustie Samosir
    berkomentar pada jam 12:13 am
    tanggal 17 August 2009

    Wah ini harus diketahui semua rakyat indonesia kayaknya hehehe, ijin copas yach sob, linknya pasti saya kasih kesini, makasih infonya sob :)
    .-= Ghustie Samosir´s last blog ..28 tahun… =-.

  29. 29
    long-but-fun facts « zenith.zealot.zooper
    berkomentar pada jam 3:44 pm
    tanggal 2 March 2010

    […] from http://riyogarta.com/2005/08/25/fakta-17-agustus/ Tags: aug17, bung karno, indonesia, kwn, merdeka, […]

  30. 30
    REkSyawan
    berkomentar pada jam 7:23 pm
    tanggal 29 July 2010

    huuff…
    app kacc isi pidato.y Ir.soekarno tgL 15 agstus 1849 ???????????????????????????????????????????

  31. 31
    hanna
    berkomentar pada jam 10:11 pm
    tanggal 4 August 2010

    hy bang iwan
    sy mta tlong dong
    ksih tw jwbn nya
    ” knpa indonesia merdeka tgl 17 agustus 1945 tapi secara syah baru tgl 18 agustus 1945″ ??

    skrg d tggu jwb nya bang iwan
    .trims.

  32. 32
    Proklamasi Kemerdekaan RI | KECaKOT
    berkomentar pada jam 1:01 am
    tanggal 17 August 2010

    […] Demikianlah saudara-saudara! Kita sekarang telah merdeka. Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita! Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara Merdeka. Negara Republik Indonesia merdeka, kekal, dan abadi. Insya Allah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu“. Tulisan ini ditulis pada tanggal 17 Agustus 2009 dan dipublikasikan ulang pada 17 Agustus 2010… Selamat Hari Merdeka!!!… Simak juga: Fakta 17 Agustus yg jarang diketahui […]

  33. 33
    Andy MSE
    berkomentar pada jam 1:01 am
    tanggal 17 August 2010

    nge-link ah!

  34. 34
    yonobae
    berkomentar pada jam 5:44 am
    tanggal 13 August 2011

    catatan ini bagus dan sangat informatif membuat orang menjadi tahu bahwa pernah terjadi peristiwa itu,

  35. 35
    Noy
    berkomentar pada jam 5:47 am
    tanggal 13 August 2011

    dimasukin ke kurikulum pelajaran di sekolah mungkin boleh juga ya,,biar generasi selanjutnya tahu sejarah kemerdekaan begitu panjang ceritanya,,,

  36. 36
    rojas
    berkomentar pada jam 5:50 am
    tanggal 13 August 2011

    wah jadi tahu ada informasi seperti itu,,terimakasih mas,,

  37. 37
    Jorge
    berkomentar pada jam 4:45 pm
    tanggal 19 November 2014

    .

    ñïñ!

  38. 38
    leon
    berkomentar pada jam 4:34 am
    tanggal 22 November 2014

    .

    ñýíêñ çà èíôó.

  39. 39
    John
    berkomentar pada jam 5:12 pm
    tanggal 26 November 2014

    .

    thanks.


Isi Komentar


  • *